Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 4 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Kelapa Genjah Entok Agar Tumbuh Dengan Maksimal dan Menghasilkan Buah Dengan Produktif

Inilah 4 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Kelapa Genjah Entok Agar Tumbuh Dengan Maksimal dan Menghasilkan Buah Dengan Produktif

Diposting pada 7 January 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 10.771 kali

Inilah 4 Panduan Budidaya Kelapa Genjah Entok Agar Tumbuh Dengan Maksimal dan Menghasilkan Buah Dengan Produktif

Budidaya kelapa Genjah Entok

Budidaya kelapa Genjah Entok

Budidaya Kelapa Genjah Entok – Ada banyak jenis pohon kelapa yang sudah dikembangkan di Indonesia, tetapi ada satu jenis kelapa yang sekarang ini sedang diminati dan diburu oleh petani kelapa yaitu kelapa jenis genjah entok. Yups, Kelapa genjah entok menjadi fenomena tersendiri untuk dunia perkebunan Indonesia. Dengan ukuran batang yang pendek, masa berbuah terbilang pendek yakni 3-5 tahun setelah tanam dan bahkan ukuran buahnya hampir sama dengan kelapa dalam biasa.

Selain itu, Kelapa genjah entok termasuk tanaman bernilai jual tinggi, mengingat tanaman ini memiliki produktifitas hingga mencapai 140 butir per pohon per tahun di usia dewasanya. Dengan keunggulan tersebut, sekarang ini cukup banyak daerah-daerah yang melakukan peremajaan tanaman kelapa dengan memilih kelapa genjah entok untuk di budidayakan.

Pohon Genjah Entok unggul

Pohon Genjah Entok unggul

Syarat Tumbuh Kelapa Genjah Entok

– Iklim
Iklim juga mempengaruhi perkembangan kelapa genjah entok. Pada dasarnya semua jenis kelapa akan lebih maksimal apabila ditanam pada Negara beriklim tropis. Indonesia sebagai salah satu negara tropis ternyata sangat cocok apabila dijadikan sebagai tempat untuk membudidayakan semua jenis kelapa termasuk kelapa genjah entok. Memang kelapa seringkali kita jumpai tumbuh subur didaerah pantai karena banyaknya sinar matahari dan sumber air. Tetapi kelapa genjah entok pun dapat tumbuh maksimal di wilayah pegunungan asalkan tempat tersebut mempunyai sinar matahari dan sumber air yang cukup. Suhu yang cocok untuk budidaya kelapa genjah entok berkisar antara 25OC – 30OC. Kelapa genjah entok akan tumbuh dengan maksimal apabila ditanam pada ketinggian kurang dari 600 mdpl atau kurang ari 600 meter diatas permukaan laut.

– Kondisi Tanah
Pada dasarnya kepala genjah entok dapat tumbuh dengan baik diberbagai macam jenis tekstur tanah, baik itu lahan berpasir (gembur) sampai dengan tanah berlempung dengan kondisi memiliki drainase dan aerasi yang baik. Yang perlu diperhatikan ketika menanam genjah entok, adalah pH tanah. Pada kelapa genjah entok pH tanah yang cocok berkisar antara 5,5 – 7,5. Kelapa genjah entok juga akan tumbuh dengan maksimal apabila tanahnya mengandung unsur hara yang tinggi. Untuk mendapatkan tanah dengan unsur hara yang tinggi, petani dapat memberikan pupuk kandang dari kotoran ternah secara rutin pada kelapa genjah entok yang sedang ditanam.

– Curah Hujan
Curah hujan yang paling baik untuk genjah entok adalah berkisar antara 1.200 – 2.500 pertahun dengan penyinaran matahari minimal 2.000 jam pertahun atau sekitar 180 jam per bulan dengan kelembaban udara sekitar 80-90%. Oleh sebab itu, kelapa genjah entok sangat cocok apabila dibudidayakan di Indonesia yang mempunyai iklim tropis dan dengan musim kemarau yang relatif pendek. Apabila agroklimat dapat dipenuhi maka hanya diperlukan waktu sekitar 3 tahun agar kelapa genjah entok dapat berseludang.

Baca Juga :   Inilah 8 Panduan Yang Baik dan Benar dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Montong Agar Tumbuh dengan Baik dan Cepat Berbuah

Budidaya Kelapa Genjah Entok

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menbudidayakan kelapa genjah entok ini karena pada dasarnya kelapa jenis ini bisa tumbuh dimana saja asalkan ditanam pada tempat yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Lalu bagaimanakah cara membidudayakan kelapa genjah entok dan apa sajakah yang harus diperhatikan petani ketika ingin menanam kelapa genjah entok ini supaya dapat menghasilkan buah yang berlimpah?. Yups, Untuk mendapatkan hasil maksimal petani harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Berikut adalah beberapa tahap dalam  membudidayakan kelapa genjah entok agar mampu tumbuh subur dan berbuah dengan lebat : 

Tahap 1 : Pemilihan Bibit
Hal pertama yang harus dipehatikan ketika akan membudidayakan kelapa genjah entok adalah pemilihan bibit kelapa genjah entok. Dalam pemilihan bibit unggul dapat dilakukan secara sendiri yakni dengan menyemai bibit sendiri atau membeli bibit kelapa genjah entok yang sudah siap tanam.

Untuk menyemai bibit sendiri, hal yang perlu diperhatikan adalah memilih pohon induk. Dalam memilih pohon induk ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi yaitu dalam memilih pohon induk yang bagus adalah apabila batang pohon kokoh tegak dan bagian bawahnya tidak menggembung. Tidak hanya itu, Batang pohon juga harus mempunyai pelepah dengan warna hijau muda dan cerah. Warna buah sebelum kering adalah hijau muda dan cerah. Tidak menunjukkan gejala serangan hama penyakit dan juga berumur maksimal 12 tahun.

Sedangkan yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan bibit kelapa genjah entok. Bibit kelapa genjah entok harus berasal dari pohon induk terpilih, berumur 12 bulan yang dapat dilihat dari kulit buah kelapa yang berwarna coklat dan berbunyi nyaring apabila buahnya digoncang. Buah kelapa berbentuk bulat, tidak ada tonjolan dan bagian ujung buah melemgkung kedalam. Buah kelapa harus dalam keadaan sehat, kulit tidak cacat akibat serangan hama penyakit. Daya berkecambag selama 3 bulan sejak di kecambahkan adalah 80% dengan kemurnian 96%. Dan yang paling penting adalah ukuran benih memnpunyai ukuran lingkar memotong 55-62cm dan lingkar memanjang 60-63 cm.

bibit Genjah Entok

bibit Genjah Entok

Tahap 2 : Penyemaian dan Perawatan Bibit Kelapa Genjah Entok
Setelah medndapatkan buah yang sesuai untuk dijadikan benih, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyimpan bibit yang sudah disiapkan selama kurang lebih sekitar 1 bulan sebalum dilakukan penyemaian benih bibit yang hendak ditanam.

Baca Juga :   Inilah 4 Faktor Pendukung dan Lingkungan ideal Untuk Pertumbuhan Kelapa Kopyor Agar mampu Tumbuh Dengan Maksimal

Penyemaian bibit dapat dilakukan didalam bedengan. Sebelum menyemai bibit, tanah didalam bedengan harus terlebih ahulu digemburkan. Cara menggemburkannya adalah dengan mencangkul tanah sedalam 30-40 cm lalu bedengan dibuat dengan ukuran kira 2 meter. Selain itu bedengan juga harus dibuat dengan lebar 25 cm dan tinggi dan jarak dibuat dengan kisaran 60 – 80 cm. kemudian benih yang sudan disiapkan disayat dengan menggunakan pisau pada tonjolan sabut sebelah tangkai dengan lebar sekitar 5 cm. penyayatan benih ini dikenal dengan istilah pendederan. Setelah dilakukan pendederan pada benih, kemudian benih ditanam dalam bedengan kira-kira 2/3 bagian dengan sayatan berada dibagian atas. Kemudian tunggu sampai benih bertunas dengan panjang sekitar 3-4 cm barulah benih dapat dipindahkan ke dalam polybag.

Bibit kelapa yang sudah disemai harus mendapatkan perawatan agar dapat tumbuh dengan maksimal. Penyiraman pada bibit sangat diperlukan setidaknya dilakukan sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Penyiraman dapat dilakukan dengan cara menggembor. Selain menyiram, perawatan lain yang harus dilakukan adalah dengan memberikan insektisida ataupun fungisida. Perawatan ini bertujuan agar bibit terhidar dari serangan hama penyakit. Agar bibit terhindar dari serangan gulma dapat pula dilakukan penyiangan gulma minimal satu bulan sekali dengan cara menyemprotkan herbisida. Pemberian pupuk NPK dan Magnesium juga sangat dibutuhkan agar bibit dapat cepat bertunas sehingga dapat dipindahkan ketika sudah berumur sekitar 5 sampai dengan 12 bulan.

Tahap 3 : Tahap Penanaman Bibit Kelapa
Setelah bibit kelapa genjah entok berumur maksimal 12 bulan, bibit kelapa genjah entok sudah dapat dipindahkan dari polybag ke tanah. Tetapi sebelum penanaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  antara lain :

  • Lahan yang akan ditanami harus dibersihkan dahulu kemudian tanah harus digemburkan terlebih dahulu.
  • Kemudian pindahkan bibit kelapa dari polybag, lakukan dengan hati-hati supaya akar tidak rusak.
  • Kemudian masukkan bibit kedalam lubang dengan ukuran sekitar 60 x 60 x 60 cm atau 100 x 100 x 100 cm dengan jarak lubang tanam sekitar 9 x 9 x 9 meter.
  • Jangan lupa agar memberi pupuk TSP yang sudah dicampur dengan bagian topsoil sebanyak 300 gram. Kemudian masukkan bibit yang sudah disiapkan.
  • Bibit kelapa genjah entok yang baik berjumlah sekitar 160 batang dengan 17 batang diantaranya siapkan untuk penyulaman. Bibit diletakkan ditengah lubang dengan kedalaman sekitar 10 meter dari permukaan tanah.

Tahap 4 : Perawatan Kelapa Genjah Entok
Jika bibit kelapa genjah entok sudah dipindahkan ketanah maka perlu dilakukan perawatan yang intensif agar kelapa dapat tumbuh dengan maksimal dan produktif dalam menghasilkan buah. Tanaman kelapa akan sangat rentan terserang gulma, oleh karena itu lakukanlah penyiangan gulma secara rutin sebulan sekali pada musim hujan atau dapat juga disesuaikan dengan gulma yang tumbuh. Pohon kelapa harus disiram secara rutin paling tiak 2-3 kali sehari.

Baca Juga :   Kurma Barhee, Buah Kurma Dengan Segudang Keistimewaan

– Pemberian Mulsa dan Pemagaran
Setelah bibit kelapa genjah entok ditanam ditanah, sebaiknya membuat mulsa di sekitar bibit kelapa genjah entok. Kemudian letakkan daun daun hijau atau jerami padi secara melingkar. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan air, menjaga kelembaban tanah, menekan pertumbuhan gulma dan menyuburkan tanah. Disamping itu, anda juga bisa membuat pagar di sekitar tanaman kelapa. Hal ini untuk mencegah serangan hewan liar yang mungkin menyerang pohon kelapa.

– Pengairan
Kegiatan penyiraman penting dilakukan secara rutin hingga tanaman bibit kelapa genjah entok tumbuh kuat di umur 3 tahun. pengairan ini bertujuan untuk menghindari kematian bibit akibat kekeringan terutama di musim kemarau. Namun bila musim hujan tidak perlu melakukan penyiraman lagi. Hanya saja perlu dilakukan pengechekan agar air tidak terlalu berlebihan (selalu tergenang).

– Penyulaman
Penyulaman biasanya dilakukan saat ditemukan bibit kelapa genjah entok yang mati atau tumbuh kerdil atau terserang hama penyakit. Penyulaman pertama bisa dilakukan di awal musim hujan dan penyulaman berikutnya dilakukan di akhir musim hujan. Supaya tanaman kelapa susulan atau sulaman tidak tertinggal jauh dengan kelapa yang sudah ditanam, sebaiknya lakukan perawatan intensif dengan
memberikan nutrisi yang mencukupi.

– Penyiangan, Penggemburan dan Pembumbunan
Penyiangan pada tahun pertama dilakukan selebar 1 meter di sekeliling bibit kelapa genjah entok, tahun kedua selebar 1,5 meter dan ketiga selebar 2 meter. Caranya, bersihkan gulma dengan arit atau parang. Intensitas penyiangan dilakukan selama empat minggu sekali bila musim hujan dan 6-8 minggu sekali bila musim kemarau.

– Pemupukan
Setelah dilakukan penyiangan untuk membuang gulma, maka langkah selanjutnya adalah pemupukan. Pemupukan bisa dilakukan dengan menaruh kotoran organik dari kambing di sekitar bibit kelapa genjah entok. Harapannya agar bibit kelapa genjah entok tumbuh subur dan tumbuh kembang dengan maksimal.

Pohon Genjah Entok

Pohon Genjah Entok

Demikianlah informasi tentang panduan mudah membudidayakan kelapa genjah entok supaya dapat tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan buah dengan produktif. Dalam artikel tersebut kita telah membahas syarat tumbuh kelapa genjah entok dan tatacara bertanam kelapa genjah entok mulai dari pemilihan bibit, penanaman hingga perawatan bibit kelapa genjah entok. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 4 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Kelapa Genjah Entok Agar Tumbuh Dengan Maksimal dan Menghasilkan Buah Dengan Produktif kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 4 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Kelapa Genjah Entok Agar Tumbuh Dengan Maksimal dan Menghasilkan Buah Dengan Produktif | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Inilah 4 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Kelapa Genjah Entok Agar Tumbuh Dengan Maksimal dan Menghasilkan Buah Dengan Produktif

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 21%
Jual Bibit Mangga Namdokmai Golden 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mangga Namdokmai GoldenRp 75.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 41%
Jual Bibit Markisa Manis 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Markisa ManisRp 85.000 Rp 145.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 145.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Benih Bunga Lavender English (Haira Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.000 Rp 16.000
Tersedia
Rp 12.000 Rp 16.000
Stok: Tersedia
OFF 23%
Jual Bibit Anggur Shine Muscat 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR