Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 6 Keistimewaan Durian Petruk Khas Kota Jepara, Durian Lokal Unggul Yang Memiliki Citarasa Yang Unik

Inilah 6 Keistimewaan Durian Petruk Khas Kota Jepara, Durian Lokal Unggul Yang Memiliki Citarasa Yang Unik

Diposting pada 24 March 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 4.635 kali

Inilah 6 Keunggulan Durian Petruk, Durian Lokal Unggul Yang Memiliki Citarasa Yang Unik

Keunggulan Durian Petruk

Keunggulan Durian Petruk

Keunggulan Durian Petruk, JeparaDurian Petruk merupakan tanaman durian ikonik khas Jepara. Namanya dikenal sejak era 80-an, lalu mulai melejit pada tahun-tahun berikutnya. Buah Durian Petruk dikenal mempunyai banyak keunggulan dan keistemewaan yang tak dipunyai durian lain, baik lokal maupun impor. Hal ini membuatnya masih tetap menjadi favorit penggemar sejati buah durian setelah puluhan tahun kemunculannya.

Durian Petruk memiliki ciri bentuk buahnya yang panjang dan besar. Kulit buah Durian Petruk tajam dan runcing dengan warna kulitnya hijau kekuningan / kuning kecokelatan. Daging buahnya amat tebal, berwarna kekuningan, dan berbiji kecil. Jumlah pongge per buah berkisar antara 5-10 biji sempurna. Buah durian Petruk mempunyai aroma dan bau buah yang harum menyengat, hal ini tentu akan sangat menggugah selera para penggemar durian sejati. Citarasa daging buahnya sangat manis dengan sedikit rasa pahit yang menambah mantap kelezatannya. Kemampuan produksi antara 50 – 150 buah per pohon dengan berat buah masing-masing antara 1 kg – 2 kg. Biji buah durian petruk berukuran sangat kecil sehingga daging buahnya terlihat tebal. Hal ini tentu menambah rasa mantap tersendiri saat menikmati kelezatan daging buahnya.

Layaknya tokoh Petruk adalam pewayangan, Buah durian Petruk juga lepas dari sorotan dunia dan dipandang sebelah mata. Dunia lebih mengakui kehebatan Durian Montong, sang raja durian dari Thailand dan Durian Musangking, sang raja durian dari Malaysia. Padahal kalau diteliti Durian Petruk juga memiliki keunggulan-keunggulan yang tak bisa ditandingi kedua raja durian tersebut, termasuk durian lokal lain pada umumnya. Lalu apa saja sich keunggulan yang dimiliki oleh durian petruk sehingga layak menyandang gelar durian unggulan. Berikut ulasannya.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Air Black Diamond Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Berikut ini beberapa keunggulan tanaman buah durian petruk, jepara Yang wajib anda ketahui :

1. Citarasa Manis Pahit

Keunggulan utama dari durian petruk ini adalah citarasanya yang khas dan unik. Bayangkan saja, buah durian petruk ini mempunyai rasa setengah manis dan setengah pahit. Selain itu, durian petruk juga mempunyai aroma khas yang harum dan kuat menyengat menggugah selera, membuat kita sudah berliur bahkan sebelum sampai ke lidah, layaknya durian musangking.

Durian Petruk Jepara

Durian Petruk Jepara

2. Bentuk Buah Unik

Keunggulan lain dari durian petruk ini adalah bentuk buahnya yang unuk yakni berbentuk lonjong, tidak seperti bentuk durian lokal lainnya yang lebih berbetuk bulat atau oval. Buah durian petruk ini juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Biasanya satu buah Durian Petruk memiliki berat berkisar 1-2 kilogram saja. Kulit durian petruk berwarna hijau kekuningan denga duri berbentuk kerucut kecil dan rapat.

3. Daging Buah Tebal

Durian petruk juga dikenal mempunyai daging buah berwarna kuning dan agak tebal. tekstur daging agak sedikit lembek dan berserat halus. Selain itu, durian petruk juga mempunyai biji yang berukuran kecil.

4. Kaya Nutrisi

Durian Petruk mengandung berbagai nutrisi, vitamin dan senyawa-senyawa yang mempunyai efek positif untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, bahkan mengobati sakit. Kandungan serat dalam durian petruk dipercaya mampu membantu untuk memperlancar dan melindungi kesehatan pencernaan, vitamin C yang terkandung dalam durian petruk juga dipercaya memelihara kesehatan kulit, durian petruk juga mengandung piridoksin yang mampu mengurangi stres. Durian petruk juga kaya akan kalsium dan potassium yang baik untuk kesehatan persendian dan tulang serta Kandungan vitamin B1-nya bisa meningkatkan selera makan.

Baca Juga :   Kurma, Tanaman Buah Istimewa dan Sumber Pangan Masa Depan Dalam Pandangan Al-Qur’an dan Hadits

5. Tahan Hama Penyakit

Salah satu kesaktian Durian Petruk adalah ketahanannya terhadap penyakit busuk akar dan berbagai hama penyakit. Sebagaimana kita tahu, penyakit Busuk Akar adalah momok yang sangat menakutkan bagi para petani durian. Penyakit ini menyerang bagian paling penting dari tanaman durian yaitu sistem perakarannya. Saat terserang dan tanpa adanya penanganan, bias dipastikan tanaman mengalami kematian. Saat sudah terlanjur terserang pun penanganannya cukup sulit dan bahkan apabila sembuh pun tanaman durian sudah mengalami gangguan dalam pertumbuhannya. Gejala yang sering terjadi adalah timbulnya bercak nekrotik pada akar lateral dimulai dari bagian ujung. Pada tingkat serangan yang tinggi, di atas permukaan tanah terdapat ujung cabang pohon yang mati, diikuti dengan berkembangnya dari cabang di bawahnya, daun layu dan gugur.

Tanaman durian Petruk tak hanya tahan terhadap penyakit Busuk Akar namun juga berbagai hama penyakit lainnya. Hal ini jelas sangat mempemudah dalam perawatannya. Anda tidak perlu memboroskan banyak-banyak waktu, tenaga dan rupiah Anda untuk berbagai macam obat-obatan dan anti hama. Pengguanaan zat-zat kimiawi bisa ditekan seminimal mungkin.

Durian Petruk Unggul

Durian Petruk Unggul

6. Nilai Ekonomis Tinggi

Keunggulan Durian Petruk lainnya adalah mampu meningkatkan pundi-pundi kekayaan pemiliknya. Meski harganya pada pasar lokal dibawah Durian Montong dan Musangking, namun tetap saja jauh lebih mahal dibanding durian lokal lainnya. Sebagai contoh durian lokal dibanderol dengan harga rata-rata sekitar Rp. 20.000 sampai 50.000, sedang Durian Petruk dibanderol dengan harga paling murah Rp. 75.000 untuk buah ukuran kecil. Tentu saja, untuk durian yang berukuran lebih besar harganya juga lebih mahal.

Demikianlah informasi tentang keunggulan yang ada pada tanaman buah durian petruk jepara. Semoga infomasi tersebut dapat menambah wawasan kita tentang durian petruk khas daerah jepara. Dengan informasi tersebut diharapkan kita semakin cinta terhadap buah-buahan lokal yang ternyata mempunyai kualitas yang gak kalah dengan buah-buahan import.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Dalam Menanam dan Merawat Tanaman Buah Durian Petruk, Jepara Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Jika anda tertarik untuk mengoleksi durian petruk ini dan berminat untuk membudidayakannya, ada baiknya anda memaham terlebih dahulu panduan budidaya durian petruk agar tumbuh subur dan cepat berbuah mulai dari pemilihan bibit, penanaman, pemangkasan, pemupukan hingga tahap panen. Semoga informasi tersebuat dapat membantu Anda sedikit lebih memahami tentang seluk beluk durian petruk. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 6 Keistimewaan Durian Petruk Khas Kota Jepara, Durian Lokal Unggul Yang Memiliki Citarasa Yang Unik kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 6 Keistimewaan Durian Petruk Khas Kota Jepara, Durian Lokal Unggul Yang Memiliki Citarasa Yang Unik | JualBenihMurah.com

3 komentar untuk Inilah 6 Keistimewaan Durian Petruk Khas Kota Jepara, Durian Lokal Unggul Yang Memiliki Citarasa Yang Unik

  • Klara S. says:

    Terimakasih utk informasi ttg durian Patruknya. Sentra bibit durian Petruk yg berkualitas dimana ya Pak? Terimakasih

  • Nurhakim says:

    Minta artikel panduan perawatan budidaya durian petruk

    • Ali Arwani says:

      terima kasih atas masukkannya dan semoga kita dapat segera mungkin menyusun panduan budidaya durian petruk.
      secara umum perawatan durian petruk hampir sama dengan perawatan jenis durian lainnya seperti durian bawor, montong maupun musangking. terima kasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 27%
Bibit Durian Montong Kaki 3 Dongkelan Produktif

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 550.000 Rp 750.000
Tersedia
Rp 550.000 Rp 750.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Jual Bibit Bisbul 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 23%
Planter Bag 40 Liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 13.500 Rp 17.500
Tersedia
Rp 13.500 Rp 17.500
Stok: Tersedia
OFF 30%
Tanaman Anggrek Dendrobium Yellow Purple Tongue

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Anggrek Dendrobium Yellow Purple TongueRp 105.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 105.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR