Buka Pukul 09.00 WIB s/d Pukul 21.00 WIB, Sabtu- Minggu Tetap Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 4 Faktor Pendukung dan Lingkungan ideal Untuk Pertumbuhan Kelapa Kopyor Agar mampu Tumbuh Dengan Maksimal

Inilah 4 Faktor Pendukung dan Lingkungan ideal Untuk Pertumbuhan Kelapa Kopyor Agar mampu Tumbuh Dengan Maksimal

Diposting pada 9 January 2018 oleh Ali Arwani

Inilah 4 Faktor Pendukung dan Lingkungan ideal Untuk Pertumbuhan Kelapa Kopyor Agar mampu Tumbuh Dengan Maksimal

Seperti tanaman kelapa lain pada umumnya, tanaman kelapa kopyor membutuhkan lingkungan hidup yang sesuai untuk pertumbuhan dan produksinya. Faktor lingkungan itu adalah sinar matahari, temperatur, curah hujan, kelembaban, keadaan tanah dan kecepatan angin. Disamping itu, iklim merupakan faktor penting yang ikut menentukan pertumbuhan tanaman kelapa. Beberapa faktor iklim yang perlu diperhatikan adalah: letak lintang, ketinggian tempat, curah hujan, temperatur, kelembaban, penyinaran matahari dan sebagainya. Tanaman kelapa tumbuh optimum pada 10o LS – 10o LU, dan masih tumbuh baik pada 15o LS – 15o LU. Maka tidak heran tanaman kelapa banyak dijumpai tumbuh di daerah tropis seperti Philipina, India, Indonesia, Srilangka, dan Malaysia.

Sebelum membahas faktor apa saja sich yang berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya kelapa kopyor. Ada baiknya kita membahas sekelumit info dasar tentang tanaman kelapa kopyor terlebih dahulu. Sebenarnya terdapat 2 jenis tanaman kelapa kopyor, yaitu: Jenis Dalam dan Jenis Genjah. Masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda. Jenis dalam memiliki khas batang besar, mempunyai bol pada pangkal batang, mulai berbunga pada umur 5-7 tahun, buah berukuran cukup besar tetapi jumlahnya sedikit, dan memiliki keragaman genetik yang tinggi karena bunganya menyerbuk silang sehingga peluang bertemunya gen resisif pada bunga betina dan serbuk sari relatif kecil. Secara alami, tanaman kelapa kopyor jenis dalam hanya menghasilkan buah kopyor 1-2 butir per tandan. Kelapa kopyor jenis dalam banyak ditemukan di Kalianda (Lampung Selatan), Ciomas (Bogor), Sumenep dan Jombang (Jawa Timur) dan Pati (Jawa Tengah).

Sedangkan kelapa kopyor jenis genjah memiliki batang lebih kecil dibanding jenis dalam, tidak memiliki bol, mulai berbuah pada umur 3-4 tahun, buah berukuran lebih kecil tetapi banyak. Kelapa kopyor jenis genjah menghasilkan buah kopyor per tandan lebih banyak dari jenis dalam, kadang-kadang dapat mencapai 50% hal ini disebabkan kelapa jenis genjah termasuk tanaman menyerbuk sendiri sehingga peluang bertemunya gen resisif pada bunga betina dan serbuk sari lebih besar. Kelapa kopyor jenis genjah banyak ditemukan di Pati (Jawa Tengah), Sumenep (Jawa Timur), Ciomas (Bogor, Jawa Barat), Kalianda (Lampung Selatan), Riau dan Kalimantan Timur.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Buah kelapa kopyor tipe Dalam terdiri atas 3 warna, yitu hijau, hijau kekuningan dan coklat, hijau kekuningan, sedangkan buah kelapa kopyor tipe Genjah terdiri atas 5 warna, yaitu; hijau, hijau kekuningan, coklat tua, coklat muda, kuning, (gading wulan) dan orange (gading). Berdasarkan tipe buah, kelapa kopyor dengan daging buah yang tebal dan buahnya berwarna hijau dan coklat memiliki rasa yang lebih enak dan gurih.

Lingkungan Ideal Kelapa Kopyor

Lingkungan Ideal Kelapa Kopyor

 

Berikut ini adalah Beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan kelapa kopyor :

1. Tanah dan Kebutuhan Air

Tanaman kelapa kopyor tumbuh pada berbagai jenis tanah seperti aluvial, laterit, vulkanis, berpasir, tanah liat, ataupun tanah berbatu, tetapi paling baik pada endapan aluvial. Kelapa dapat tumbuh subur pada pH 5-8, optimum pada pH 5.5-6,5. Pada tanah dengan pH diatas 7.5 dan tidak terdapat keseimbangan unsur hara, sering menunjukkan gejala-gejala defisiensi besi dan mangan.

Pohon Kelapa kopyor membutuhkan air tanah pada kondisi tersedia yaitu bila kandungan air tanah sama dengan laju evapotranspirasirasi atau bila persediaan air ditambah curah hujan selama 1 bulan lebih besar atau sama dengan potensi evapotranspirasi, maka air tanah cukup tersedia. Keseimbangan air tanah dipengaruhi oleh sifat fisik tanah terutama kandungan bahan organik dan keadaan penutup tanah. Jeluk atau kedalaman tanah yang dikehendaki minimal 80-100 cm.

Tanaman kelapa kopyor membutuhkan lahan yang datar (0-3%). Pada lahan yang tingkat kemiringannya tinggi (3-50%) harus dibuat teras untuk mencegah kerusakan tanah akibat erosi, mempertahankan kesuburan tanah dan memperbaiki tanah yang mengalami erasi.

2. Ketinggian Tempat

Tanaman kelapa kopyor secara komersial dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian dari pinggir laut sampai 600 meter di atas permukaan laut. Ketinggian yang optimal 0 -450 m dpl. Bibit Kelapa kopyor dapat tumbuh diatas ketinggian tersebut, namun hasilnya menjadi berkurang. Pada ketinggian 450-1000 m dpl waktu berbuah terlambat, produksi sedikit dan kadar minyaknya rendah. Di beberapa lokasi dipinggir pantai, banyak kelapa tumbuh dengan baiknya.

Kelapa Kopyor unggul

Kelapa Kopyor unggul

3. Iklim

Kelapa kopyor menyukai sinar matahari dengan lama penyinaran minimum 120 jam/bulan atau 2000 jam/tahun sebagai sumber energi fotosintesis. Bila dinaungi, pertumbuhan tanaman muda dan buah akan terlambat. Pada bulan-bulan dimana jumlah penyinaran per bulan lebih tinggi dari rata-rata, jumlah produksinya biasanya menjadi lebih banyak.

Baca Juga :   Cara Mudah Mengawinkan Kurma Jantan Dengan Kurma Betina Agar Dapat Segera Menghasilkan Buah

Kelapa kopyor tumbuh baik pada daerah dengan curah hujan antara 1300 -2300 mm/tahun, bahkan sampai 3800 mm atau lebih, sepanjang tanah mempunyai drainase yang baik. Akan tetapi distribusi curah hujan, kemampuan tanah untuk menahan air hujan serta kedalaman air tanah, lebih penting daripada jumlah curah hujan sepanjang tahun. Selain itu, Angin berperan penting pada penyerbukan bunga (untuk penyerbukannya bersilang) dan transpirasi tanaman.

Kelapa kopyor sangat peka pada suhu rendah dan tumbuh paling baik pada suhu 20-27 derajat C. Pada suhu 15 derajat C, akan terjadi perubahan fisiologis dan morfologis tanaman kelapa. Pertumbuhan kelapa kopyor sangat dipengaruhi oleh suhu, terutama saat berbuah. Suhu rendah tidak cocok untuk tanaman kelapa kopyor, karenanya penyebaran tanaman kelapa kopyor terbatas pada daerah tropis. Suhu tahunan yang optimal adalah 27oC dengan variasi harian maksimum 7oC.

4. Kelembaban

Selain cuaca panas tanaman kelapa kopyor juga menyukai udara yang lembab. Namun, bila udara terlalu lembab dalam waktu lama, juga tidak baik untuk pertumbuhan tanaman kelapa kopyor, karena mengurangi penguapan dan penyerapan unsur hara serta mengundang penyakit akibat cendawan.

kelapa kopyor akan tumbuh dengan baik pada rH (relatif Humidity/kelembaban relatif) bulanan rata-rata 70-80% minimum 65%. Bila rH udara sangat rendah, evapotranspirasi tinggi, tanaman kekeringan buah jatuh lebih awal (sebelum masak), tetapi bila rH terlalu tinggi menimbulkan hama dan penyakit

Demikianlah informasi tentang faktor pendukung dan lingkungan ideal untuk pertumbuhan kelapa kopyor, informasi tersebut juga bisa diterapkan pada jenis kelapa genjah lainnya lainnya seperti kelapa wulung, kelapa wulung, kelapa genjah entok. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita tentang budidaya kelapa kopyor. terima kasih.

Baca Juga :   6 Keunggulan Bibit Tanaman Kurma Tropis KL-1 Yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Pilihan Yang Tepat Dalam Investasi Usaha Bertanam Kurma

 

Bagikan informasi tentang Inilah 4 Faktor Pendukung dan Lingkungan ideal Untuk Pertumbuhan Kelapa Kopyor Agar mampu Tumbuh Dengan Maksimal kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 4 Faktor Pendukung dan Lingkungan ideal Untuk Pertumbuhan Kelapa Kopyor Agar mampu Tumbuh Dengan Maksimal | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 4 Faktor Pendukung dan Lingkungan ideal Untuk Pertumbuhan Kelapa Kopyor Agar mampu Tumbuh Dengan Maksimal

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kontak Kami :

Hubungi Kami Kapan Saja :

 

– Hotline : 085.707.858.020
– WhatsApp : 085.707.858.020
– Gmail : rawabibit@gmail.com

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan