Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 3 Tips Tepat Dalam Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Menghasilkan Buah Yang Lebat

Inilah 3 Tips Tepat Dalam Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Menghasilkan Buah Yang Lebat

Diposting pada 16 March 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 24.393 kali

Inilah 3 Tips Tepat Dalam Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Menghasilkan Buah Yang Lebat

Tips Mengatasi Kerontokan Bunga Pada Durian – Buah durian merupakan salah satu buah yang paling digemari oleh orang Indonesia. Durian menempati urutan keempat sebagai buah yang paling sering dikonsumsi setelah buah mangga, pisang dan jeruk. Karena permintaan durian yang tinggi sehingga mengakibatkan harga durian menjadi mahal. Tetapi harga yang mahal tidak menyurutkan niat para penggemar durian untuk membeli dan menyantap durian, terlebih lagi Indonesia mempunyai spesies durian terbanyak didunia maka tak heran jika durian menjadi buah yang sangat disukai.

Sekarang ini banyak para petani yang sudah mulai tertarik untuk membudidayakan durian secara komersil. Petani sudah mulai menyadari bahwa budidaya durian adalah usaha yang mempunyai peluang yang menguntungkan dimasa yang akan datang. Hal ini terlihat dari usaha petani durian yang mulai mengaembangkan varietas durian unggul yang didapat dari mengawinkan beberapa spesies durian lokal yang unggul dengan durian unggul dri Malaysia dan Thailand guna mendapatkan varietas baru yang lebih unggul jika dibandingan durian impor dari Malaysia dan Thailand. Sehingga harapannya durian Indonesia akan mampu bersaing dengan durian dari Malaysia dan Thailand.

Boleh dibilang, dalam membudidayakan durian memang agak susah-susah gampang. Sebenarnya Indonesia sudah dianugerahi lahan pertanian yang sangat cocok untuk pembudidayaan durian. Sebagai negara beriklim tropis basah, Indonesia mempunyai semua hal yang dibutuhkan durian agar tumbuh dengan optimal. Hanya saja memang untuk masalah pemeliharaan tanaman petani dituntut untuk melakukannya secara intensif dan berkelanjutan agar durian yang dihasilkan mempunyai kualitas unggul.

Untuk menghasilkan buah durian unggul tentu banyak yang harus dilakukan oleh petani. Mulai dengan memilih bibit unggul. Bibit unggul adalah salah satu syarat penting agar dapat menghasilkan durian yang bermutu tinggi. Selain bibit unggul, hal lain yang wajib dilakukan oleh petani dalam membudidayakan tanaman durian unggul adalah pemeliharaan. Pemeliharaan meliputi pemeliharaan pada saat tanaman baru dibibitkan, saat tanaman belum berbuah, saat tanaman sedang berbuah sampai dengan pemeliharaan pasca panen. Pemeliharaan yang baik dapat menghasilkan tanaman dengan mutu dan kualitas yag prima tetapi sebaliknya jika pemeliharaan yang dilakukan kurang intensif dan kontinu maka hasil yang akan diperoleh juga tidak akan maksimal.

Tips Mengatasi Kerontokan Bunga durian

Tips Mengatasi Kerontokan Bunga durian

Faktor Kerontokan Bunga Pada Durian

Beberapa masalah yang timbul yang disebabkan oleh pemeliharaan tanaman yang kurang baik antara lain : tanaman mudah terkena hama dan penyakit, kerontokan pada bunga, tanaman berbunga dan berbuah lebih lama dari waktu yang ditentukan, ukuran buah yang dihasilkan tidak maksimal, rasa dan aroma buah durian tidak enak dan hambar.

Salah satu masalah yang sering timbul pada tanaman durian adalah kerontokan pada bunga dan buah. Bunga pada tanaman durian adalah bakal buah, artinya bunga yang muncul pada tanaman durian nantinya akan menjadi buah durian yang akan kita nikmati. Jika terjadi kerontokan pada bunga otomatis buah durian yang dihasilkan akan berkurang. Tentu saja kita tidak menginginkan hal ini terjadi. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kerontokan bunga pada tanaman durian dan cara untuk mengatasinya.

Baca Juga :   4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

Tanaman durian yang sedang keluar bunga ini umumnya rentan sekali pada berbagai macam masalah, diantaranya rontok. Terdapat banyak faktor yang mengakibatkan bunga ataupun bakal calon buah durian sering mengalami rontok sehingga bila tidak bisa dicari penyebabnya maka dengan sendirinya tidak mengetahui bagaimana cara ampuh atasi bunga durian yang sering rontok itu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah pemahaman, minimal mengetahui apa faktor penyebab bunga durian sehingga sering mengalami rontok.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kerontokan bakal buah pasca persarian bunga pada tanaman durian :

– Kerontokan karena faktor fisiologis kimiawi 
Penyebab kerontokan bunga pada tanaman durian yang pertama adalah karena disebabkan oleh faktof fisiologis kimiawi. Seperti kita tahu bahwa ketika menanam durian kita harus memperhatikan lahan tanam. Lahan tanam yang ideal untuk tanaman durian adalah tanah yang mempunyai kandungan nutrisi atau unsur hara yang tinggi. Nutrisi yang diperlukan oleh tanah adalah hara fosfat (P) dan kalium (potassium = K). Kandungan unsur hata yang terbatas dalam tanah atau media tanam tabulampot menjadi faktor penyebab utama kerontokan bunga dan bakal buah atau buah yang sedang mengalami proses pembesaran. Tetapi Jika kandungan kalium dalam tanah sangat terbatas, maka kerontokan buah akan menjadi lebih banyak. Kerontokan buah ini akan semakin parah jika pasokan air dari dalam tanah ke tanaman juga terbatas.

– Kerontokan karena faktor biologis 
Kerontokan bunga juga dapat disebabkan oleh faktor biologis yaitu tanaman durian terkena hama dan penyakit. Setelah tanaman menghsilkan bunga, seharusnya diikuti oleh pembentukan bakal buah yang akan berkembang menjadi buah sempurna, namun sering terjadi bakal buah rontok karena terserang beberapa jenis hama maupun penyakit buah. Hama-hama ini umumnya menyerang, dimulai pada saat pembentukan kelopak bunga hingga pembentukan bakal buah pasca persarian bunga. Beberapa hama berwujud ulat yang memakan bakal buah yang baru terbentuk, hama penggerek berupa serangga yang menghisap cairan sel bakal buah yang baru terbentuk, serta beragam jenis kutu penghisap cairan sel yang mengeluarkan sejenis madu yang disukai oleh semut. Simbiosis antara kutu dengan semut ini menimbulkan gejala lapisan hitam (embun jelaga) di sekujur bakal buah dan daun di sekelilingnya. Selain merusak buah muda, tampilan tanaman secara keseluruhan juga menjadi jelek karena lapisan jelaga hitam terlihat mengotori tanaman. Selain itu, jelaga hitam juga menghalangi daun tanaman untuk berfotosintesis dengan normal, dan mengurangi jumlah fotosintat yang terbentuk untuk disimpan sebagai cadangan bahan kering (biomassa) di dalam tubuh tanaman.

Bunga durian

Bunga durian

– Kerontokan karena faktor fisik 
Kerontokan bunga juga dapat disebabkan oleh cuaca. Seperti kita tahu bahwa tanaman durian sangat tidak tahan terhadap air yang berlebihan. Banyak masalah yang timbul pada saat musim hujan. Hal ini terjadi karena musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi, yang mengguyur terus-menerus dengan intensitas jangka waktu panjang, menjadi penyebab utama rontoknya bunga atau bakal buah pasca persarian. Dalam kondisi basah, benangsari (alat kelamin jantan pada bunga) lengket satu sama lain karena terikat oleh air, benangsari tidak bisa bertemu dan membuahi kepala putik (alat kelamin betina pada bunga). Sebaliknya di musim kemarau, suhu panas yang ekstrim disertai dengan pengaruh kelembaban yang rendah di siang hari, juga menjadi faktor fisik penyebab kegagalan persarian, karena pada suhu ekstrim, viabilitas atau daya hidup dan vigor benangsari menjadi sangat rendah (singkat) sehingga sulit bagi benangsari untuk tetap viabel dan membuahi kepala putik. Akibat kedua penyebab utama ini, bunga akhirnya layu dan gagal membentuk bakal buah karena proses persarian bunga tidak berlangsung secara normal.

Baca Juga :   Inilah 6 Cara Tepat Budidaya Alpukat Wina Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

– Kekurangan Air
selain ketiga faktor diatas, kerontokan bunga pada tanaman durian juga disebabkan karena kurangnya kadar air yang dibutuhkan tanaman. Air adalah salah satu makanan tanaman durian. Tanaman durian sangat membutuhkan air pada saat musim berbunga karena pada masa itu tanaman mulai menimbun karbohidrat hasil fotosintesa dengan bantuan hormon tertentu. Jika persediaan air tercukupi maka pertumbuhan putik pada tanaman durian akan berlangsung normal hingga saat bunga mekar tetapi jika ketersediaan air tidak mencukupi maka menyebabkan bunga dan buah muda akan rontok.

– Gagalnya Penyerbukan
Kekurangan air bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan kerontokan pada bunga gagal penyerbukan juga dapat menyebabkan kerontokan pada bunga. Tanaman durian umumnya melakukan penyerbukan silang maksudnya adalah putik bunga dari satu pohon durian haris diserbuki oleh serbuk sari dari pohon lain. Penyerbukan hanya dapat terjadi pada saat bunga mekar penuh yaitu sekitar pukul 5 sore hingga pukul 3 dinihari. Penyerbukan silang sangat bergantung pada serangga malam, jika tidak ada serangga atau tidak ad pohon durian lain maka penyerbukan akan gagal dan bunga akan rontok. Gagalnya penyerbukan kadang juga disebabkan oleh angin kencang dan hujan lebat membuat serbuk sari banyak yang terbang dan jatuh sehingga mengakibatkan gagalnya penyerbukan.

– Umur dan diameter Cabang
Tanaman durian akan mulai belajar berbunga pada saat umur tanaman 2 tahun. Semakin besar ukuran cabang atau dahan pohon tanaman durian maka akan semakin besar pula kemampuan pohon untuk menimbun makanan yang dibutuhkan oleh pohon untuk menghasilkan bunga. Ukuran minimal yang harus dimiliki pohon agar mampu berbungan adalah memiliki diameter sekitar 2 cm.

– Penyemprotan bahan kimia
Penggunaan pupuk daun, pupuk buah, insektisida dan fungisida juga bisa mengakibatkan bunga menjadi rontok. bagi bunga penyemprotan bahan bahan kimia tadi adalah barang asing sehingga mengganggu proses pembungaan dengan sempurna. Jika ingin melakukan penyemprotan dengan bahan kimia di daun entah itu pupuk daun, pupuk buah, dan pestisida lakukan sebelum keluar bunga atau tunggulah proses dari pembungaan selesai menjadi bintil buah.

 

Bakal Buah Durian

Bakal Buah Durian

Tips Mengatasi Kerontokan Bunga Durian

Setelah Anda tahu faktor penyebab kerontokan bunga dan bakal buah pada tanaman durian, selanjutnya Anda wajib mengetahui cara ampuh untuk mengatasi kerontokan bunga durian supaya Anda tidak akan mengalami gagal panen durian sehingga tidak akan pernah bisa menikmati bagaimana lezatnya buah durian. Untuk mengatasi bunga durian yang mudah rontok terdapat beberapa tips antara lain :

– Rajin Melakukan Penyiraman
Seperti yang kita ketahui bahwa durian sangat rentan terhadap penyakit apabila kelebihan air tetapi tanaman durian pun tidak boleh kekurangan air. Apabila tanaman durian telah mulai mengeluarkan bunga sebaiknya Anda mesti lebih sering menyiraminya supaya tanah tidak kekeringan. Suplai air mesti tetap ada, khususnya pada musim kemarau. Pasalnya saat tanaman durian sedang berbuah sehingga akan lebih banyak memerlukan nutrisi dan air guna menguatkan dan menjadikan bunga durian semakin sehat.

Baca Juga :   Inilah Kandungan Nutrisi Yang Wajib Anda Ketahui dari Sebutir Kelapa Kopyor dan Pemanfaatanya Untuk Industri, Sungguh Mengagumkan

– Upayakan Menanam Lebih Dari Satu Tanaman Durian
Salah satu yang menyebabkan bunga durian sering rontok adalah tidak terjadi penyerbukan silang. Yaitu putik bunga dari satu pohon durian haris diserbuki oleh serbuk sari dari pohon lain. Apabila selama ini tanaman durian yang ditanam mengeluarkan bunga tetapi tidak pernah menjadi buah sebab sering gugur, mungkin inilah faktor penyebabnya. Jadi alangkah baiknya bila Anda tidak cuma menanam satu tanaman/pohon durian saja, namun tanamlah yang cukup banyak agar penyerbukan silang bisa terjadi.

– Penuhi Nutrisi Tanaman Durian
Jika kerontokan buah disebabkan oleh faktor malnutrisi kalium, maka pemberian pupuk kalium, baik dalam bentuk tunggal (Kalium Chloride, KCl) maupun dalam bentuk majemuk (Kalium nitrate, KNO3) dapat menjadi solusi untuk mengatasi kerontokan buah. Pemberian pupuk yang mengandung kalium harus dilakukan seawal mungkin, sebelum pembungaan berlangsung dan pasca persarian selesai sehingga pemanfaatan unsur hara oleh tanaman dapat terjadi secara optimal. Pada beberapa kasus, pemberian pupuk fosfat yang dikombinasikan dengan kalium (pupuk MKP, mono kalium phosphate, KH2PO4 misalnya) sangat membantu tanaman untuk berbunga dan berbuah dengan normal karena pasokan kalium diberikan dalam jumlah lebih sedikit, namun diberikan bersamaan dengan pemberian fosfat yang sangat dibituhkan tanaman saat memasuki periode vegetatif untuk berbunga dan berbuah.

Pasokan air sebagai salah satu komponen utama dalam proses fotosintesis juga akan sangat membantu mencegah timbulnya masalah kerontokan bakal buah. Pasokan air yang cukup jangan diartikan bahwa tanaman harus mendapatkan air dalam jumlah berlebihan, namun harus dimaknai bahwa kondisi tanah di sekeliling media tanam haruslah selalu berada dalam keadaan lembab (bukan becek, apalagi tergenang), untuk memastikan bahwa pasokan air selalu tersedia saat dibutuhkan oleh tanaman untuk proses persarian, pembesaran dan pemasakan buah. Ketersediaan kalium dan fosfat yang baik akan lebih bermakna bagi tanaman jika ketersediaan air juga mencukupi, sehingga proses pembentukan dan pengisian buah akan berlangsung dengan baik pula.

Demikianlah Informasi tentang faktor apa saja yang menyebabkan bunga dan bakal buah pada tanaman durian mudah rontok dan informasi diatas juga memaparkan bagaimana tips jitu dalam mengatasi kerontongan bunga pada pohon duroin. semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita tentang budidaya durian dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

 


kata terkait,
Buah Durian, bunga Durian, Cara Ampuh Atasi Bunga Durian Yang Sering Rontok, Cara Mengatasi Bunga Rontok Pada Durian, cara mengatasi kerontokan pada durian, cara mengatasi rontok bunga dan buah durian, cara pemupukan durian, Cara Sederhana Mengatasi Bunga Durian Agar Tidak Rontok, Mengatasi bunga durian rontok, Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Durian, nutrisi penguat bunga durian, obat bunga durian tidak rontok, obat durian agar tidak rontok, obat penguat bunga durian, obat semprot bunga durian, penyebab bunga dan buah durian mudah rontok, Pohon durian, pupuk agar bunga durian tidak rontok, Tips Ampuh Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok, Tips mengatasi kerontokan bunga pada durian, Tips mudah mengatasi kerontokan bunga,

Bagikan informasi tentang Inilah 3 Tips Tepat Dalam Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Menghasilkan Buah Yang Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 3 Tips Tepat Dalam Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Menghasilkan Buah Yang Lebat | JualBenihMurah.com

30 komentar untuk Inilah 3 Tips Tepat Dalam Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Menghasilkan Buah Yang Lebat

  • H. Suryadi says:

    Terima kasih, informasi yang sangat bermanfaat…sy menanam bbrp pohon durian, yg mulai berbunga baru satu pohon…semoga bs mjd buah meskipun belum ada penyerbukan silang nantinya, syukur kalo pohon yglain jg menyusul berbunga.
    Apakah penyiraman harus setiap hari bila di musim kemarau seperti saat ini?

  • I Made Patru says:

    Terima kasih atas penjelasannya yang sangat runut sekali dari pemilihan bibit, penanaman, pemeliharaan dan samapai pada pencegahan hama dan penyakit dan mengatasi kerontokan bunga dan bakal buah durian. semoga sangat membantu petani durian dan menadapatkan hasil yang memuaskan.

  • ahmad says:

    Apakah bisa kalo kita memupuknya saat keluar bunga

    • Ali Arwani says:

      Salah satu faktor kerontokan kerontokan bunga dan bakal buah pada tanaman adalah Penyemprotan bahan kimia. Penggunaan pupuk daun, pupuk buah, insektisida dan fungisida juga bisa mengakibatkan bunga menjadi rontok. bagi bunga penyemprotan bahan bahan kimia tadi adalah barang asing sehingga mengganggu proses pembungaan dengan sempurna.

      Jika ingin melakukan penyemprotan dengan bahan kimia di daun entah itu pupuk daun, pupuk buah, dan pestisida lakukan sebelum keluar bunga atau tunggulah proses dari pembungaan selesai menjadi bintil buah.

      Pemberian pupuk yang mengandung kalium harus dilakukan seawal mungkin, sebelum pembungaan berlangsung dan pasca persarian selesai sehingga pemanfaatan unsur hara oleh tanaman dapat terjadi secara optimal. Pasokan air sebagai salah satu komponen utama dalam proses fotosintesis juga akan sangat membantu mencegah timbulnya masalah kerontokan bakal buah. Semoga bermanfaat. terima kasih.

  • Nadiah says:

    Tambahan, untuk memperoleh buah yang super manis, termasuk buah durian, coba pelihara ikan lele di terpal, air kolam tersebut jadikan untuk menyebor tanaman, Insya Allah akan menghasilkan buah yg tidak mengecewakan, itu pengalaman saya

  • Budi P says:

    Terimakasih informasinya, ini sangat membantu saya karena sy punya beberapa pohon Durian yang sudah berbunga tetapi setelah menjadi bakal buah rontok.
    mohon do`anya smoga menjadi petani sukses. aamiin

    • Ali Arwani says:

      semoga tips dalam mengatasi kerontokan bunga dan bakal buah durian dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua.

      Untuk informasi bibit durian unggul silahkan hubungi kami : 085707858020
      terima kasih

  • lulut says:

    kalau untuk mengatasi rayap tanah bagaimana ya pak?
    soalnya bbrapa pohon durian saya mati karena rayap

    • Ali Arwani says:

      Serangga rayap ini dikenal sebagai hama bagi tanaman. Seluruh tanaman yang batangnya berkayu bisa saja menjadi target hama ini, baik itu tanaman pangan, hortikultura maupun tanaman perkebunan. Rayap tanah terdapat pada lahan kering/tegalan dan tidak ditemukan pada lahan basah seperti sawah dan lahan yang sering terendam banjir. Adapun cara pengendalian hama rayap pada tanaman antara lain :

      1. Menggunakan perangkap
      cara ini dapat dilakukan dengan membuat umpan yang terbuat dari gulungan kertas tisu yang telah dicelupkan ke dalam larutan hexalflumoran. Umpan tersebut kemudian diletakkan dalam perangkap yang ditanam di dalam tanah dan ditempatkan pada titik-titik jalur lalu lalang rayap atau dekat sarang rayap. Rayap yang sudah terkontaminasi oleh hexaflumuran tidak langsung mati akan tetapi menyebarkannya kepada rayap lain karena rayap memiliki sifat trofalaksis.

      2. Secara kimiawi
      Secara kimiawi, hama rayap yang menyerang tanaman bisa dikendalikan menggunakan insektisida kimia. Aplikasinya dapat dilakukan dengan cara disemprotkan, ditaburkan atau dengan perendaman bahan tanaman. Beberapa jenis insektisida kimia yang ampuh untuk mengendalikan hama rayap antara lain ; curater, regent, furadan, dan insektisida berbahan aktif imidakloprid misalnya Confidor, Caleb Tsan, Winder, Klopindo, Imidor, Topdor atau Kimida. semoga bermanfaat.

  • Trisyandi says:

    Berapa bulan timbul bunga hingga mnjadi buah siap panen

    • Ali Arwani says:

      Selamat pagi,
      Pada umumnya buah durian akan siap panen atau mengalami tingkat kematangan sempurna setelah berumur kurang lebih 4 bulan setelah bunga mekar,

      Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

  • Yuliarthy says:

    hormon apa yg bs mencegah bakal buah tidak rontok ?

    • Ali Arwani says:

      Selamat pagi,
      ika kerontokan bakal buah durian disebabkan oleh faktor malnutrisi kalium, maka pemberian pupuk kalium, baik dalam bentuk tunggal (Kalium Chloride, KCl) maupun dalam bentuk majemuk (Kalium nitrate, KNO3) dapat menjadi solusi untuk mengatasi kerontokan buah.

      Pemberian pupuk yang mengandung kalium harus dilakukan seawal mungkin, sebelum pembungaan berlangsung dan pasca persarian selesai sehingga pemanfaatan unsur hara oleh tanaman dapat terjadi secara optimal. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

  • Hilman says:

    Saya punya pohon durian hanya satu, saat ini bakal buah sdh sangat lebat yamg sangat dikhawatirkan karena tdk adanya penyerbukan silang.solusi apa yg paling tepat agar bakal buah berhasil menjadi buah dan menghasilkan?trima kasih

  • Muhroji says:

    Kebetulan dirumah saya cuma ada satu pohon durian dan Alhamdulillah sekarang baru pertama kali berbunga.
    Apa masih di mungkinkan bunga itu jadi buah sekalipun tidak ada kawin silang tsb.
    Atas petunjuknya saya ucapkan terima.

  • Subardi P says:

    bisakah dilakukan penyerbukan manual, semisal cuma ada 1 tumbuhan saja?

  • Min suratna says:

    Saya menanam durian hanya 1 pohon saja apakah besuk bs berbuah ya ? Kebetulan ini jg sdh mulai berbunga, tks

  • Tugiono Nugi says:

    Info nya sangat bagus,

  • Bambang H says:

    Terima Kasih atas Ilmu nya ,Bagai mana Kalau pakai pupuk cair organik ?

  • witarsa says:

    hai sobat, adakah cara lain yg kreatif diluar standar textbook, semisal pasang jaring agar air hujan tdk terlalu kuat menghantam putiknya , atau penghalang angin dgn metode tertentu, karna saya punya kebun alpukat , mayoritas penti jatuh oleh kedua faktor tsb, mksh kalau sobat ada penelitian secara lapangan

  • K Puspa Adnyana says:

    Terima kasih atas penjelasannya. akan kami coba implementasikan.

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 16%
Pupuk Dekastar (6-13-25) – 100 Gram

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

pupuk-dekastar-6-13-25-100-gramRp 21.000 Rp 25.000
Tersedia
Rp 21.000 Rp 25.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 37%
Jual Bibit Durian Si Mimang 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 120.000 Rp 190.000
Tersedia
Rp 120.000 Rp 190.000
Stok: Tersedia
OFF 20%
Jual Bibit Mamey Sapote Lorito 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 2.000.000 Rp 2.500.000
Tersedia
Rp 2.000.000 Rp 2.500.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Caisim Tosakan – 25 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Caisim TosakanRp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR