Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 3 Tips Mudah Membuahkan Nangkadak Agar Mampu Berbuah Dengan Lebat Dan Berdaging Tebal

Inilah 3 Tips Mudah Membuahkan Nangkadak Agar Mampu Berbuah Dengan Lebat Dan Berdaging Tebal

Diposting pada 15 October 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 7.443 kali

Inilah 3 Tips Mudah Membuahkan Nangkadak Agar Mampu Berbuah Dengan Lebat Dan Berdaging Tebal

Membuahkan nangkadak

Membuahkan nangkadak

Tips Membuahkan NangkadakNangkadak adalah salah satu jenis tanaman buah nangka unggulan yang dihasilkan dari rekayasa perkawinan antara campedak dengan nangka mini. Beberapa keunggulan yang dimiliki nangkadak antara lain jenis tanaman memiliki sifat adaptif yang tinggi terhadap iklim Indonesia sehingga tak heran, jika banyak tanaman nangkadak yang tumbuh dengan baik di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Keunggulan lainnya adalah buah nangkadak mempunyai citarasa yang manis baik dimusim hujan maupun kemarau. daging buahnya juga bertekstur lembut dan getah yang dihasilkan sedikit serta memiliki aroma tidak tajam layaknya campedak, sehingga tak mengherankan buah nangkadak ini banyak diburu penggemarnya.

Tanaman nangkadak untuk menghasilkan buah yang berkualitas, tentunya tentunya sangat bergantung pada beberapa faktor antara lain syarat tumbuh nangkadak, pemilihan bibit nangkadak unggul dan pemeliharaan. Jika beberapa faktor tersebut dipenuhi, maka buah nangkadak yang dihasilkan akan mempunyai kualitas unggul. Dalam bertanam nangkadak tentunya tidak akan berjalan mulus, pastinya selalu ada hambatan. Nah salah satu masalah yang sering muncul dalam budidaya nangkadak adalah pembuahan buah. Sering kali tanaman nangkadak yang sudah kita rawat tak kunjung berbuah. Kalaupun berbuah, buah nangkadak yang dihasilkan hanya memiliki daging yang sedikit atau bahkan hampir tak berdaging buah, atau hampir semuanya berisi dami. Lalu pertanyaan yang muncul kenapa tanaman nangkadak tak kunjung berbuah? bagaimana solusinya agar tanaman nangkadak cepat berbuah?. Berikut penjelasannya.

Tips membuahkan Nangkadak

Faktor Penyebab Nangkadak Tidak Berbuah

Faktor apa saja sich yang menyebabkan tanaman nangkadak yang sudah kita rawat tak kunjung berbuah? simak ulasannya:

  • Kurang Asupan Nutrisi
    Dalam masa pertumbuhan dan pembuahan, tanaman buah nangkadak tentunya sangat membutuhkan beberapa unsur hara seperti Natrium, Fosfor dan kalium. Oleh karena itu, apabila tanaman nangkadak mengalami kekurangan unsur hara tersebut maka tanaman nangkadak akan berpotensi tidak dapat tumbuh dengan optimal dan pada akhirnya akan berdampak pada buah yang dihasilkan.
  • Terkena Hama dan Penyakit
    Hama dan penyakit menjadi musuh besar dalam bertanam nangkadak. Hama dan penyakit yang menyerang tanaman nangkadak dapat berdampak pada menghambatnya pertumbuhan sehingga berpengaruh pada pembuahan. yang lebih parah lagi, serangan ham dan penyakit dapat menyebabkan kematian.
  • Penyerbukan Tidak Sempurna
    faktor terakhir adalah penyerbukan bunga jantan dan bunga betina yang tidak sempurna. Seperti yang lansir dari majalah trubus, bahwa pohon nangkadak menghasilkan bunga betina sebanyak 90%, dan bunga jantan hanya 10%. Hal ini mengakibatkan bunga betina yang dibuahi oleh bunga jantan hanya 10% dan sisanya 80% terbuang percuma.
Nangkadak Unggul

Nangkadak Unggul

Tips Membuahkan Nangkadak

Berikut ini beberapa tips mudah agar tanaman nangkadak cepat berbuah menghasilkan buah nangkadak yang penuh dengan daging dan tebal.

Baca Juga :   Inilah 13 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

1. Pemupukan Secara Rutin
Dalam budidaya nangkadak, Jenis pupuk yang diberikan pada tanaman nangkadak berupa pupuk organik dan pupuk kimiawi. Pemberian pupuk organik 1 – 2 kali setahun sebanyak 20 kg per tanaman. Sementara pemberian pupuk anorganik dan pemupukan lanjutan sebagai berikut.

  • Pupuk NPK pada umur 1 minggu dengan dosis 100 g/tanaman.
  • Pupuk NPK pada umur 6 bulan dengan dosis 150 g/tanaman.
  • Pupuk NPK pada umur 12 bulan dengan dosis 200 g/tanaman.
  • Pupuk NPK pada umur 18 bulan dengan dosis 250 g/ tanaman.
  • Pupuk NPK pada umur 24 bula dengan dosis 300 g/tanaman.

Untuk tanaman nangkadak yang sudah berbunga, dapat ditambahkan pupuk organik 650 g/tanaman. Sedangkan, untuk merangsang pembentukan daun, diperlukan tambahan pupuk daumn setiap selang dua minggu sampai tanaman nangkadak berumur 17 bulan. Jika media tampak berkurang atau memadat, tambahkan pupuk kandang 10 kg per tanaman. Beri pupuk NPK 16:16:16 sebanyak tiga sendok makan setiap selesai panen dan ketika bunga muncul.

2. Lakukan Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman nangkadak yang tidak subur dan tidak produktif serta bertajuk rimbun agar sinar matahari tidak terhalangi sehingga merangsang pembungaan. Pemangkasan dibatasi pada penjarangan pucuk ketika pohon ditanam dan pemotongan dahan-dahan yang mengandung buah agar mudah membungkus dan memetik buah saat panen. Pemangkasan cabang dimaksudkan untuk mengatur pembuahan karena bunga betina muncul pada batang utama atau cabang primer.

3. Melakukan Penyerbukan Buatan
Tanaman buah Nangkadak memiliki bunga yang bertipe monoecious (berumah satu). Hal ini berarti bunga jantan dan bunga betina Ietaknya terpisah namun masih berada dalam satu pohon sehingga untuk memaksimalkan pembentukan buah masih perlu dilakukan penyerbukan buatan.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Budidaya Buah Naga Merah Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

Karakteristik bunga betina nangkadak berbentuk agak gendut sedangkan bunga jantan nangkadak mirip bunga pejantan nangka. Adapun waktu yang tepat untuk penyerbukan buatan yakni mulai dari pukul 17.00 sampai 08.00 hari berikutnya. Hal ini karena pada waktu tersebut bunga betina siap kawin. Ciri-ciri bunga betina nangkadak yang siap kawin adalah diselimuti bulu-bulu lembut dengan warna hijau cerah. Bila sudah kering dan mengeras, artinya waktu kawin sudah lewat.

Nagkadak yang tidak berisi itu biasanya disebabkan karena kurang penyerbukan, untuk membantu hal tersebut, jika ada tanaman nagka lain disekitarnya akan lebih baik akan membantu penyerbukan. Namun jika tidak ada, tanaman nangkadak harus di bantu oleh manusia. Seharusnya dibantu penyerbukannya antara putik betina dan jantan yang betina itu bakal buah. Adapun cara melakukan penyerbukan buatan cukup mudah mudah, cukup menepukkan atau mengesekkan dengan perlahan atau mengoyangkan bunga jantan didatas bunga betina nangkadak. Yang penting serbuh bunga jantan menempel di bungan betina. Proses penyerbukan buatan sebaiknya dilakukan pada sore hari. Jika sudah demikian, dijamin nangkadak anda akan dipenuhi daging buah. Biasanya pohon nangkadak mampu memproduksi buah antara 50-75 buah setiap tahun ketika tanaman baru mencapai usia 2-3 tahun. Dan akan terus meningkat seiring bertambahnya usia pohon.

Demikianlah informasi tentang tips mudah membuahkan nangkadak. Agar tanaman nangkadak cepat berbuah dan berbuah lebat terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan antara lain pemupukan, pemangkasan dan melakukan penyerbukan buatan. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 3 Tips Mudah Membuahkan Nangkadak Agar Mampu Berbuah Dengan Lebat Dan Berdaging Tebal kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 3 Tips Mudah Membuahkan Nangkadak Agar Mampu Berbuah Dengan Lebat Dan Berdaging Tebal | JualBenihMurah.com

7 komentar untuk Inilah 3 Tips Mudah Membuahkan Nangkadak Agar Mampu Berbuah Dengan Lebat Dan Berdaging Tebal

  • Depi says:

    Nagkadak yg tdk berisi Krn kurang penyerbukan kl ada tanaman nagka lain disekitarnya nya lebih baik akan membantu penyerbukan jika tdk ya mesti di bantu manusia.
    Seharusnya dibatu penyerbukan nya antara putik betina dan jantan yg betina itu bakal buah sedangkan jantan adalah babal
    Penyerbukan butan dilakukan sore hari

  • Hari Supriyanto says:

    Saya punya pohon nangka mini
    Sdh berbuah tapi isinya cuma biji kenapa ya?

    • Ali Arwani says:

      Tanaman nangka mini yang menghasilkan buah nangka yang berukuran kecil dan tidak berdaging dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : kurang asupan nutrisi, terkena hama dan penyakit dan faktor mikroklimat.

      Adapun tips untuk membuat tanaman nangka mini menghasilkan buah nangka yang berdaging tebal dan bercitarasa manis yakni dengan melakukan Pemupukan yang tepat dan berimbang, Pemberian Pupuk Pemanis Buah, pengendalian hama & penyakit. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

  • MALATHI says:

    Buah nangka saya besar tapi tidak berisi. Kenapa?

  • bambang says:

    sayang foto bunga jantan dan betina gk di kasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 41%
Bibit Cherry Vietnam 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 115.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 115.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Alpukat Wina 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Alpukat WinaRp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Bibit Buah Naga Kuning 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Naga Kuning UnggulRp 65.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 29%
Benih Rumput Jepang (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR