Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 3 Kesalahan Fatal Pada Pembuahan Lengkeng New Kristal Sehingga Gagal Berbuah

Inilah 3 Kesalahan Fatal Pada Pembuahan Lengkeng New Kristal Sehingga Gagal Berbuah

Diposting pada 21 May 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 1.673 kali

Inilah 3 Kesalahan Fatal Pada Pembuahan Lengkeng New Kristal Sehingga Gagal Berbuah

Dalam membudidayakan tanaman buah tidak semuanya dapat semua berjalan akan berjalan dengan mudah, lancar, dan cepat berbuah karena dibutuhkan kesabaran dan keuletan. Tak terkecuali tanaman lengkeng new kristal, dalam bertanam lengkeng new kristal ini pastinya ada sedikit atau hambatan atau rintangan yang tidak terduga. Nah, salah satu kendala yang sering terjadi dalam membudidayakan lengkeng new kristal adalah kesulitan dalam membuahkan tanaman lengkeng ini. terkadang para penghobiis maupun para petani dibuat bingung oleh tanaman lengkeng ini, Walaupun tanaman lengkeng new kristal sudah dirawat dengan baik, mulai dari pemilihan bibit unggul, penanaman, penyiraman, pemangkasan, pemupukan hingga pemberian pupuk pembuahan sudah dilakukan dengan baik, namun terkadang tanaman lengkeng new kristal masih tetap sulit berbuah.

Sebelum mencari tahu faktor apa saja yang membuat lengkeng new krsital susah berbuah, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu karakter tanaman lengkeng new kristal ini. Tanaman lengkeng new kristal atau lengkeng kateki ini merupakan salah satu jenis lengkeng unggulan yang mampu tumbuh dengan baik pada dataran tinggi dan dataran rendah. Tanaman lengkeng new kristal akan mulai berbuah pada umur 2-3 tahun. Dalam proses pembuahan lengkeng new kristal ini membutuhkan memerlukan perlakukan khusus yakni dengan memberikan tambahan obat tertentu untuk memberikan rangsangan sehingga memacu munculnya bunga dan buah. Pada umumnya tanaman lengkeng new kristal tersebut akan menghasilkan bunga pada usia sekitar 40 hari setelah diberi obat perangsang tersebut. Namun, apabila setelah 40 hari sejak pemberian obat pembuahan, tanaman lengkeng new kristal masih saja belum berbuah, maka bisa dipastikan tanaman lengkeng new kristal tersebut mengalami masalah.

Faktor Penyebab Pembuahan Lengkeng New Kristal gagal

Faktor Penyebab Pembuahan Lengkeng New Kristal gagal

Dalam memberikan obat perangsang pembuahan atau pupuk pada tanaman lengkeng new kristal ini memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Tetapi dibutuhkan pengetahuan tentang tata cara pemberian yang benar. Tanpa pengetahuan bisa jadi anda melakukan kesalahan dalam memberikan pupuk sehingga mengakibatkan tanaman lengkeng new kristal tidak tumbuh sesuai dengan yang diharapkan. Lalu apa saja sich faktor yang menyebabkan lengkeng new kristal ini gagal untuk berbuah dan bagaimana cara mengatasi lengkeng new kristal yang gagal berbuah ?. tanpa panjang lebar simak yuk penjelasannya.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Buah Nangka Unggulan Dengan Rasa Yang Manis dan Layak Untuk dibudidayakan di Lahan atau Tabulampot Dengan Iklim Indonesia

Beberapa kesalahan yang terjadi dalam penggunaan pupuk perangsang pembuahan pada tanaman lengkeng new kristal yaitu :

1. Salah Menentukan Waktu Pemberian Pupuk

Dalam memberikan pupuk perangsang pembuahan dapat dilakukan jika tanaman lengkeng new kristal sudah memiliki umur tertentu dan dengan kondisi pucuk daun berumur setengah tua. Ketidaktahuan tentang informasi dapat membuat tanaman bukan hanya tidak berbuah tetapi bisa juga mengakibatkan kematian pada tanaman. Umur terbaik tanaman lengkeng siap untuk diberi obat perangsang pembuahan adalah 2 tahun atau lebih.

2. Salah Memilih Lingkungan

Tanaman lengkeng sangat membutuhkan sinar matahari, jika anda menanam lengkeng di tanah pekarangan yang rimbun maka akan berakibat tanaman lengkeng tidak akan tumbuh maksimal karena sinar matahari terhalang oleh pekarangan yang rimbun dan sejuk.

3. Salah Perawatan Setelah Pemberian Pupuk

Dan kesalahan yang berpotensi dilakukan yang ketiga adalah salah dalam merawat tanaman disaat tanaman tersebut telah diberi pupuk perangsang pembuahan. Salah satu ancaman yang besar terhadap tanaman yang baru saja diberi pupuk perangsang buah lengkeng kateki adalah turunnya hujan. Dengan turunnya hujan, maka air hujan akan meresap ke tanah yang sama dengan tanah tampat meresapnya pupuk perangsang buah yang baru saja diberikan. Apabila hal itu terjadi, maka dosis pupuk perangsang buah tersebut terancam pudar. Dan pada akhirnya, tanaman lengkeng new kristal atau kateki ini tidak dapat mengolah dengan baik pupuk perangsang buah yang dosisnya pudar tersebut. Itulah ketiga kesalahan penggunaan pupuk perangsang buah kelengkeng yang berpotensi dilakukan. Oleh karena itu, kewaspadaan untuk menghindari kesalahan-kesalahan diatas sekiranya perlu ditingkatkan.

Langkah-langkah antisipasi kegagalan pembuahan

Berbagai langkah persiapan pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng ini dilakukan bukan lain adalah untuk mengantisipasi adanya potensi kegagalan tanaman dalam berbuah. Karena, meskipun pemberian pupuk tersebut dapat dilakukan dengan cukup mudah, tetapi karena persiapan pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng yang kurang maksimal, maka tanaman lengkeng new kristal tetap tidak dapat berbuah. Maka dari itu, harus ada langkah prosedur yang matang pada persiapan pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng, agar pemberian pupuk tersebut dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Dan pada artikel ini, Urbanina akan membahas mengenai apa saja persiapan matang yang perlu dilakukan sebelum memberikan pupuk perangsang buah kelengkeng terhadap tanaman. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan :

Baca Juga :   Rahasia Sukses Membuahkan Lengkeng New Kristal Agar Mampu berbuah Dengan Lebat Sepanjang Tahun

– 1. Memastikan kesiapan umur tanaman
Persiapan yang pertama adalah memastikan kesiapan umur tanaman. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memberikan pupuk perangsang buah kelengkeng new kristal, dan langkah yang pertama adalah dengan memastikan kesiapan umur tanaman. Hal ini penting dilakukan karena tanaman lengkeng new kristal hanya akan mampu menyerap pupuk perangsang buah kelengkeng apabila umurnya memang sudah cukup. Apabila umur belum cukup tetapi sudah diberi pupuk perangsang buah, maka hal ini hanya akan sia-sia saja karena tanaman tersebut akan tetap tidak dapat berbuah. Untuk tanaman lengkeng jenis new kristal, umur yang cukup siap untuk dilakukan pembuahan adalah ketika tanaman sudah berumur 2,5 tahun.

– 2. Memastikan kesiapan pucuk daun
Hal yang kedua yang perlu dipersiapkan juga adalah memastikan kesiapan pucuk daun. Sebelum diberi pupuk perangsang buah, tanaman juga harus memiliki pucuk daun yang siap untuk diberi pupuk perangsang buah. Secara garis besar, pucuk daun yang siap diberi pupuk perangsang buah adalah ketika pucuk daun tersebut telah berumur setengah tua. Adapun umur setengah tua tersebut bisa ditandai dengan banyaknya pucuk daun muda yang jumlahnya kira-kira 10% lebih sedikit dibanding pucuk daun tua.

– 3. Memastian kesiapan lingkungan
Hal yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah untuk memastikan kesiapan lingkungan. Kekhawatiran akan terjadinya kegagalan dalam pemberian pupuk perangsang buah lengkeng kateki ini tetap ada dibenak setiap petani yang melakukannya. Oleh karena itu, kesiapan lingkungan harus dipastikan tersebih dahulu agar dapat berhasil membuahkan tanaman lengkeng new kristal yang ditanam. Salah satu kesiapan lingkungan yang perlu diperhatikan adalah untuk memastikan bahwa setelah selesai pemberian pupuk perangsang pembuahan, tidak akan terjadi hujan di lingkungan tanaman lengkeng tersebut. Karena, apabila hujan turun sesaat setelah pemberian pupuk tersebut, maka air hujan yang meresap ke tanah berpotensi menggeser larutan pupuk perangsang buah yang telah diberikan sebelumnya. Sehingga, sebelum nutrisi pada pupuk perangsang buah tersebut diserap dengan baik oleh tanaman, sudah terlebih dahulu hilang tergeser oleh air hujan yang meresap kedalam tanah.

Baca Juga :   Inilah 13 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Demikainlah informasi tentang kesalahan fatal yang mengakibatkan kegagalan pembuahan pada tanaman lengkeng new kristal. Dalam melakukan pembuahan lengkeng new kristal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain : kelayakan tanaman, kondisi pucuk daun dan kelayakan lingkungan sebagai tempat hidup lengkeng new kristal. Semoga dengan informasi tersebut anda dapat lebih cermat dan memahami budidadaya lengkeng new kristal khususnya proses pembuahan. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 3 Kesalahan Fatal Pada Pembuahan Lengkeng New Kristal Sehingga Gagal Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 3 Kesalahan Fatal Pada Pembuahan Lengkeng New Kristal Sehingga Gagal Berbuah | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 3 Kesalahan Fatal Pada Pembuahan Lengkeng New Kristal Sehingga Gagal Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 32%
Bibit Sawo Kenitu Ungu 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 85.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 18%
Benih Paprika Ungu Purple Star F1 (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 21%
Benih Cabe Goat Weed Pepper (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 19.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 19.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Bibit Belimbing Dewi 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Belimbing Dewi UnggulRp 65.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR