Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 3 Cara Praktis Pemangkasan Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Berbuah Lebih Lebat dan Berkualitas Unggul

Inilah 3 Cara Praktis Pemangkasan Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Berbuah Lebih Lebat dan Berkualitas Unggul

Diposting pada 4 April 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 13.095 kali

Inilah 3 Cara Praktis Pemangkasan Pada Tanaman Durian Agar Mampu Berbuah Lebih Lebat dan Berkualitas Unggul

Pemangkasan Durian

Pemangkasan Durian

Teknik Pemangkasan Durian – Durian adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Durian menempati urutan keempat sebagai buah yang paling sering dikonsumsi setelah buah jeruk, mangga dan pisang. Meskipun harga durian tergolong mahal tetapi ternyata tetap tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk membeli dan menikmati buah durian.

Indonesia memang dikenal sebagai pemilik spesies durian terbanyak didunia. Spesies durian terbanyak dipegang oleh Kalimantan, kemudian disusul oleh pulau Sumatera dan pulau Jawa. Namun, Durian Indonesia kalah bersaing dengan durian dari negara Malaysia dan Thailand karena di Indonesia budidaya durian secara komersil belum begitu dilakukan secara intensif. Durian lokal umumnya adalah tanaman liar yang tumbuh dan berkembang tanpa dipelihara dengan baik. padahal jika dikelola dan dibudidaya dengan baik maka bisa dipastikan bahwa durian lokal akan mampu bersaing dengan durian montong atau pun musang king.

Dalam membudidayakan durian supaya mampu menghasilkan buah yang maksimal kualitasnya memang kita terlebih dahulu harus tahu dan memahami apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara memelihara tanaman buah durian dengan benar. Paling tidak kita harus mengetahui syarat tanam dan apa saja yang harus kita lakukan terhadap durian supaya dapat menghasilkan buah durian yang mempunyai kualitas unggul. Dari beberapa tahapan dalam membudidayakan tanaman buah durian ini tahapan pemeliharaan memiliki perawatan memiliki peranan yang sanagt penting dalam menunjang pertumbuhan tanaman dan mempengaruhi tingkat produksi. Pemeliharaan pada tanaman durian sifatnya harus intensif dan berkelanjutan agar tanaman yang dihasilkan dapat mempunyai kualitas yang unggul. Beberapa pemeliharaan yang dapat dilakukan antara lain penyiraman, pemupukan yang tepat dan berimbang, pemangkasan, penyulaman dan penjarangan buah, serta pencegahan tenhadap hama dan penyakit. Jika pemeliharaan dilakukan secara intensif dan berkelanjutan maka hasil yang akan diperoleh pastinya akan memuaskan. Tidak hanya dari segi kualitas buah tetapi juga kuantitas.

Dari faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas durian diatas, pemangkasan tanaman termasuk dalah satu bentuk pemeliharaan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mutu tanaman. Pemangkasan tanaman durian adalah memotong bagian tanaman baik akar, ranting, tunas maupun cabang tanamana gar memperoleh tujuan yang dikehendaki.

Baca Juga :   Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Prinsip Pemangkasan

Pada prinsipnya pemangkasan dilakukan untuk membuang cabang atau ranting pohon yang tidak bermanfaat, merangsang munculnya tunas vegetatif pada ranting-ranting yang sebelumnya berbuah, sekaligus mengendalikan pertumbuhan tanaman yang berlebihan sehingga dapat mendukung kontinuitas produksi. Ranting / dahan yang perlu dipangkas adalah ranting-ranting kecil yang tidak berguna dan apabila batang sudah besar kemungkinan besar ranting tersebut akan mati, maka potonglah ranting-ranting tersebut sebelum mati dengan sendirinya, itu berlaku bagi semua ukuran pohon kecil ataupun besar.

Adapun tujuan dari pemangkasan pada tanaman durian adalah sebagai berikut :
– Pemangkasan dilakukan untuk mengurangi batang-batang yang menggangu atau sekiranya tidak terlalu penting.
– Pemangkasan dapat mempercepat pertumbuhan tanaman.
– Pemangkasan dilakukan agar pertumbuhan dan produksu tanaman menjadi optimal.
– Pembangkasan dapat membantu mempercepat pembungaan. Karena sebagian besar bunga akan tumbuh dibagian ranting yang kita pangkas.
– Pemangkasan juga dapat mempemudah tanaman dalam menyerap tanaman.
– Pemangkasan juga dilakukan untuk mempermudah pemeliharaan tanaman.
– Pemangkasan dapat membantu tanaman membentuk tajuk baru yang lebih bagus.

Jenis-Jenis Pemangkasan

Ada tiga jenis pemangkasan yang dilakukan pada tanaman durian yaitu :
1. Pemangkasan Akar
Pemangkasan akar ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi laju pertumbuhan vegetatif sebelum dipangkas ada baiknya membentuk tajuk tanaman terlebih dahulu. Jika tajuk sudah terbentuk maka sudah dapat dilakukan pemangkasan pada tanaman. Pemangkasan jenis ini dapat dilakukan pada akar tanaman.

Prinsip pemangkasan akar adalah sebagai berikut :

  • Pemangkasan akar akan menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman sampai 40% selama 1 musim. Selama itu pula tanaman tidak dipangkas. Pemangkasan akar selain membuat tanaman menjadi cepat berbuah juga meningkatkan kualitas buah, buah lebih keras dan lebih tahan lama.
  • Waktu pemotongan akar paling baik pada saat tanaman mulai berbunga, paling lambat 2 minggu setelah berbunga. Jika dilakukan melewati batas, hasil tanaman durian diiris sedalam 60-90 cm dan sejauh 1,5-2 meter dari panen berkurang dan pertumbuhan terhambat.
    Cara pemotongan: kedua sisi barisan pangkal batang.

2. Pemangkasan Bentuk
Pemangkasan bentuk ini dilakukan dengan tujuan agar tanaman mendapatkan pertumbuhan dan produksi tanaman optimal. Selain itu pemangkasan bentuk juga dilakukan untuk memudahkan pemeliharaan tanaman durian. Membentuk pohon yang membuka juga berfungsi untuk pengendalian penyakit karena memungkinkan penyebaran semprotan dan mempermudah pengeringan.

Baca Juga :   Inilah 7 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Merah Banyuwangi Agar Mampu Cepat Berbuah

Adapun bagian-bagian tanaman yang dipangkas pada pemangkasan bentuk adalah Cabang dan tunas di bawah percabangan utama, Cabang-cabang yang polanya tidak beraturan, Tunas air yang terdapat di tengah tajuk, Cabang yang kering setelah pemanenan, Cabang yang terkena serangan OPT

Prosedur pelaksanaan yang dilakukan pada pemangkasan bentuk adalah sebagai berikut :

  • Lakukan pemangkasan (pemeliharaan) pada tanaman usia produktif pada cabang atau tunas air.
  • Pangkas cabang yang bersudut kecil, cabang dan ranting yang terserang hama dan penyakit, lalu bakar pada tempat yang sudah disediakan.
  • Pangkas dahan dan ranting yang rapat, bersilangan atautersembunyi/terlindung.
  • Pangkas tajuk bagian atas mundur satu ruas ujung ranting (terminal) bekas buah dipangkas, agar dapat mempertahankan ketinggian optimal tanaman (3 m).
  • Pangkas dahan dan ranting yang pertumbuhannya ke arah dalam tajuk atau yang ke arah bawah.
Pembentukan cabang durian

Pembentukan cabang durian

Prinsip pemangkasan bentuk adalah sebagai berikut :

  • Pembentukan tajuk mulai diatur sejak tanaman berumur satu tahun. Batang utama dapat dipelihara sampai kira-kira setinggi 70—100 cm. Pilihlah hanya satu batang utama. Bila terbentuk dua batang utama, potonglah salah satunya. Setelah batang utama mencapai 1 m, pangkas pucuknya dan biarkan tumbuh tunas-tunas baru dan calon cabang primer. Pilih 6—10 calon cabang primer yang posisinya simetris supaya terjadi keseimbangan antara bentuk tajuk dengan percabangannya.
  • Selama proses pertumbuhan, singkirkan tunas-tunas liar di sekitar dahan. Mahkota tajuk dapat berbentuk cembung, seperti payung terbuka atau piramida.
  • Bagian pohon setinggi 2—3 m merupakan tajuk mahkota, sedangkan batang pokoknya yang kokoh sepanjang 0,7—1 m sebagai penyangga.
  • Pembentukan tajuk dilakukan dengan memelihara satu batang utama dan 10 calon cabang primer terpilih dan pembentukan tanaman harus diusahakan supaya terjadi keseimbangan antara bentuk tajuk dengan percabangannya.
  • Pemangkasan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan gunting pangkas untuk ranting dan gergaji pada batang yang besar.
  • Oleskan vaselin, cat minyak, atau oli pada batang/cabang besar setelah dipangkas.

3. Pemangkasan Pemeliharaan
Pemangkasan pemeliharaan pada pohon durian dapat dilakukan pada cabang dan tunas/ ranting. Pemangkasan cabang dilakukan pada cabang yang kurang produktif, seperti cabang yang rusak, tua, tumbuh ke arah dalam tajuk, dan melintang. Pemangkasan tunas/ranting, di- maksudkan untuk penjarangan agar pohon tidak terlalu rimbun yang dapat menyebabkan pertumbuhan tunas kurus dan kurang sehat karena kurangnya sinar matahari akibat rimbunnya daun.

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Buah Durian D24 Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Cepat Bebuah

Prosedur pemangkasan pemeliharaan adalah sebagai berikut :

  • Pemangkasan utama yang dapat dilakukan pada pohon durian adalah penjarangan tunas yang bertujuan agar cabang pohon nantinya dapat tumbuh dengan besar dan sehat.
  • Pemangkasan penjarangan dapat dilakukan dilakukan baik dengan pola 1-0-1- 0-1 maupun pola 1-0-0-1-0-0-1 (lihat gambar) melihat kondisi tanaman. Jika dengan pola pemangkasan 1-0-1-0-1 nantinya jarak tunas masih terlihat rapat, maka pemangkasan pola 1-0-0- 1-0-0-1 dapat dilakukan.
  • Pemangkasan pucuk dilakukan pada bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif seperti sambung, okulasi, stek dan cangkok. Pemangkasan pucuk batang dilakukan 1 cm diatas tunas pada ketinggian yang dikehendaki. Bagian yang dipangkas adalah bagian yang keras. Setelah dipangkas tutup bekas luka dengan plastik sampai kering. Setelah kering, bidang pemangkasan dapat ditutup dengan aspal, cat atau waterproofing.
Pola Pemangkasan

Pola Pemangkasan

Prinsip Pemangkasan pemeliharaan dilakukan dengan cara :

  • Tanaman yang dipangkas adalah tanaman yang sudah mulai berproduksi pertama.
  • Pemangkasan dilakukan pada cabang bersudut kecil, cabang dan ranting yang terserang hama & penyakit. Pemangkasan ranting pada cabang besar/produktif dibersihkan dengan menyisakan 1/3 bagian ujung.
    Disarankan untuk memangkas cabang/tunas liar yang tumbuh tidak pada tempatnya.
  • Selain itu pemangkasan dapat juga dilakukan pada dahan dan ranting yang rapat, bersilangan atau tersembunyi/terlindung.
  • Memangkas dahan dan rantingyang lemah serta tajuk bagian atas yakni turun 1 ruas pada ujung ranting (terminal).
  • Memangkas dahan dan ranting yang pertumbuhannya ke arah dalam tajuk atau ke arah bawah.
  • Agar dapat tumbuk optimal, pertahankan ketinggian optimal 3-4 m atau 5-6 m.
  • Setelah dilakukan pemangkasan, oleskan pada bagian yang dipangkas dengan ter/meni/pestisida.

Demikianlah sedikit informasi tentang tahap pemangkasan dalam budidaya tanaman buah durian agar tanaman dapat berbuah lebat dan mempunyai buah yang manis. . dimana kita telah membahas tentang definisi pemangkasan, tujuan pemangkasan dan jenis-jenis pemangkasan. Semoga artikel tersebut dapat menambah pengetahuan anda tentang perawatan tanaman durian dan diharapkan anda dapat mencobanya sendiri dirumah.

Untuk artikel selanjutnya kita juga akan membahas tentang tahapan pemupukan dalam membudidayakan tanaman durian yang mencakup tips pemupukan, waktu yan baik dalam pemupukan durian. Semoga bermanfaat.

 

Bagikan informasi tentang Inilah 3 Cara Praktis Pemangkasan Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Berbuah Lebih Lebat dan Berkualitas Unggul kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 3 Cara Praktis Pemangkasan Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Berbuah Lebih Lebat dan Berkualitas Unggul | JualBenihMurah.com

20 komentar untuk Inilah 3 Cara Praktis Pemangkasan Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Berbuah Lebih Lebat dan Berkualitas Unggul

  • Amat Zuhri says:

    Saya punya pihon durian yg kecil namun menjulang tinggi. Jika saya potong pada ketinggian 4 meter apakah nantinya tdk mati?

  • Abd malek HB says:

    Durian musang king saya sudah cecah 4 meter. Boleh tak saya pangkas batang atas menuju pucuk agar durian tidak tinggi ? Kalau pemangkasan batang atas boleh dilakukan, tidakkan akan merosakkan pokok durian? terima kasih atas bantuan pencerahan.

  • anton says:

    berarti agar pohon durian cepat berbuah pucuk utama harus di potong yah gan.? terus kira2 di potong brp cm?

  • Shahril says:

    Bagimana mahu buat pokok durian tidak jadi tinggi

  • Didi says:

    Pa. Montong saya tinggi 6m. Baru pertama berbuah tapi sedikit dan pemeliharaanya susah.kalo pangkas ujung sepanjang 1m apakah nanti mempengaruhi proses pembuahan?.trima kasih

    • Ali Arwani says:

      Salah satu tujuan pemangkasan pada tanaman durian adalah untuk Pemangkasan dapat mempercepat pertumbuhan tanaman dan membantu mempercepat pembungaan sehingga membantu produksi tanaman menjadi lebih optimal.

      Sedangkan jenis pemangkasan yang dapat dilakukan pada durian antara lain : pemangkasan akar, pemangkasan bentuk dan pemangkasan pemeliharaan. Semoga bermanfaat.

  • wahyu setia says:

    saat ini usia buah durian montong 120 hari, banyak muncul tunas baru di pangkal dahan….katanya saat berbuah lalu banyak tunas baru maka kualitas buah akan menurun..rasanya hambar….jika tunas baru dan cabang air di potong saat berbuah apakah berpengaruh negatif ke kualitas buah dan pohonnya pak..terima kasih

  • Azhari says:

    Kalau media tanah yg kering pada tanaman durian tabulampot yg membuat ujung daun kering, apa harus di ganti semua media tanah nya ?

    • Ali Arwani says:

      klo memang tanahnya udah kehabisan unsur hara sebagai nutrisi utama, bisa di ganti media tamam. dengan komposisi tanah : sekam bakar : pupuk kandan 2:1:1 atau 1:1:1

  • Fatimah faradila says:

    Pada pohon durian saya tumbuh tunas dari batas batang biji samubangan dengan pucuk tinggi udah 3 meter sebaik nya di potongan apae di biarkan

    • Ali Arwani says:

      jika tunas baru yang muncul dari batang bawah, maka sebaiknya di potong saja. Namun jika tunas baru muncul dari sambungan entres, maka dibiarkan saja. Semoga bermanfaat. terima kasih

      • Miftahul says:

        Pohon durian saya sudah setinggi 3 meter, belum pernah berbuah, daunnya mudah rontok. Terutama di musim kemarau, daun tinggal sedikit, hijau muda, keriting, dan ujung percabangannya mengering. Apa yang harus saya lakukan?

  • Fatimah faradila says:

    Pa pohon durian saya tinggi 3 meter kemudian tumbuh tunas dari bawah persis dari pas sambungan batang biji dan batang pucuk sebaiknya di potong apa di biarkan

  • Setiawan says:

    Pak saya baru beli bibit durian Montong setinggi 70cm, apa yg hrs saya lakukan biar bibit tersebut cpt besar n berbuah? Klo di tanam di pot apa bisa berbuah dan bagaimana cara perawatannya?

    • Ali Arwani says:

      agar bibit durian montong cepat tumbuh dan cepat berbuah lakukan perawatan secara baik terus menerus. adapun beberapa hal yang perlu dilakukan adalah :

      1. pengairan
      Lakukan penyiraman secara rutin. Pada tahap awal penanaman, penyiraman dapat dilakukan dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari tetapi jangan berlebihan.
      2. pemupukan
      pemupukan pada fase pertumbuhan sebaiknya menggukan pupuk NPK dengan kandugan N yang lebih tinggi. Selain itu dapat ditambahkan dengan pupuk organik atau kandang.
      3. pemangkasan
      Pemangkasan dilakukan untuk membentuk tajukyang baik. Selain itu pemangkasan juga berperan dalam percepatan pembuahan.
      Lakukan pemangkasan secara teratur.
      Semoga bermanfaat.

  • Jeff says:

    Pak,kemarin saya membeli bibit durian musang king yang tingginya sekitar 1 meter tapi batang bawah tidak tegak lurus,ada 2 lekukan mirip seperti keris tapi lekukannya tidak terlalu dalam.
    Apakah batang yang seperti itu nantinya bisa menghasilkan buah yang lebat (pohon dirawat dan rutin dipangkas)?
    Apakah batang yang seperti itu mempengaruhi pertumbuhan pohon?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas respon dan jawabannya.

    • Ali Arwani says:

      untuk batang bawang durian musangking tidak lurus, secara umum tidak mempengaruhi pertumbuhan bibit durian musangking asalkan sambungan antara batang bawah dengan entres bagus dan batang bawah dalam keadaan sehat.
      terima kasih

  • Nina Sopiah says:

    Saya. Punya pohon durian tua dan tinggi msih blum ber buah saya mau nanya klau d potong dan setelah d potong lalu saya tutup pkai plastik apa nanti bsa keluar tunas baru jdi lebih pendek supya nanti klau ber buah jdi g harus manjat nya terlalu tinggi sya mohon jawaban karena saya sangat merindukan pohon durian itu ber buah

    • Ali Arwani says:

      selamat siang…
      jika pohon durian sudah tua dan tinggi namun belum berbuah dapat dilakukan beberapa langkah untuk membantu pembuahan diantaranya pemupukan secara teratur, pemangkasan dan pemberian ZPT untuk merangkasan pembuahan.
      semoga bermanfaat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 30%
Benih Cabe Rawit Setan (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 10.500 Rp 15.000
Tersedia
Rp 10.500 Rp 15.000
Stok: Tersedia
Jual Bibit Anggur Sharada 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 42%
Jual Bibit Srikaya San Pablo 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 110.000 Rp 190.000
Tersedia
Rp 110.000 Rp 190.000
Stok: Tersedia
OFF 9%
Polybag Lubang 35x35cm – 1kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Polybag Lubang 35x35cmRp 25.000 Rp 27.500
Tersedia
Rp 25.000 Rp 27.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR