Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 3 Cara Mudah Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Tin

Inilah 3 Cara Mudah Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Tin

Diposting pada 26 February 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 5.276 kali

Inilah 3 Cara Mudah Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Tin

Hama & Penyakit Tanaman Buah Tin – Memiliki koleksi tanaman buah tin di pekarangan atau halaman rumah pastinya dapat membuat kita sehat dan bahagia. Hal ini bukan tanpa alsan. Pasalnya, selain dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman buah yang juga dikenal dengan pohon ara ini juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Buah tin mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh, mengobati luka luar, merangsang pembentukan hemoglobin darah, serta mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi tanpa menyebabkan diabetes.

Tanaman buah tin yang dalam bahasa Inggris disebut fig ini mempunyai bentuk semak dan berkayu. Secara penampilan, tanaman buah tin ini memiliki daun yang menjari, ukurannya sebesar telapak tangan, buah tin muncul dari ketiak daun, ukurannya sebesar bola pingpong, ada yang bentuknya lonjong, ada juga yang berbentuk bulat, warnanya bermacam-macam, seperti hijau dan ungu, tergantung varietasnya. Yang menjadikan tanaman buah tin ini memiliki nilai jual tinggi adalah kelangkaan dan mafaatnya.

Hama penyakit tanaman buah tin

Hama penyakit tanaman buah tin

Dalam budidaya tanaman buah tin, pastinya tidak selalu berjalan dengan mulus, selalu ada hambatan-hambatan dalam setiap prosesnya. Nah salah satu hambatan yang paling sering dialami bagi para petani dan pelaku usaha dalam membudidayakan tanaman buah tin ini adalah serangan hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman buah tin. bahkan yang paling parah bisa menyebabkan tanaman buah tin mati. Hama dan penyakit yang perlu diwaspadai antara lain mati pucuk, kanker bakteri dan penyakit karat. Lalu bagaimana pengendalian hama dan penyakit tersebut, berikut ulasannya.

Baca Juga :   Inilah 5 Keistimewaan Durian Duri Hitam, Varietas Durian Unggul Yang Cepat Berbuah

Berikut ini adalah hama & penyakit yang sering menyerang tanaman buah tin dan bagaiman cara pengendaliannya :

1. Mati Pucuk

Penyakit mati pucuk disebabkan oleh Botrytis cinerea (teleomorph: Botryotinia fuckeliana). Gejala yang terlihat akibat penyakit mati pucuk adalah infeksi awal pada pangkal daun muda yang menunjukkan gejala layu, menggulung dan berubah warna menjadi hijau pucat dan cokelat. Serangan ini bisa menyebabkan mati pucuk. Infeksi dapat menyebar ke cabang, pangkal batang, atau tangkai buah.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian penyakit mati pucuk dapat dilakukan dengan melakukan pemupukan tepat dan penyiraman selama musim kemarau, usahakn tidak ada naungan agar kelembapan tidak tinggi, pemotongan bagian yang terkena dan segera olesi dengan fungisida dengan bahan aktif iprodione sesuai dengan konsentrasi dan dosis yang tertulis pada kemasan.

2. Kanker Bakteri

Penyakit Kanker bakteri pada tanaman buah tin disebabkan oleh penyebab Pseudomonas fici. Gejala yang terlihat akibat penyakit Kanker bakteri adalah mulai terlihat pada cabang, seperti bercak basah, selanjutnya mengering dan menyebabkan pecahnya kulit batang dan cabang. Pada serangan yang lebih berat menyebabkan matinya cabang tersebut.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian penyakit Kanker bakteri dapat dilakukan dengan cara memotong bagian yang terserang dan buang serta oleskan bubur Bordearux pada bagian yang dipotong.

3. Penyakit karat

Penyakit karat disebabkan oleh Puccinia polysora. Pada umummnya penyakit karat menyerang daun muda yang menyebabkan defoliasi (perontokan daun). Gejala yang terlihat akibat penyakit karat adalah terdapat bintik-bintik kuning-hijau kecil yang muncul pada daun. Jika tidak segera diatasi, bintik- bintik ini lambat laun akan membesar dan berubah warna menjadi cokelat kekuningan, kemudian rontok.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian penyakit karat dapat dilakukan dengan cara menjaga sanitasi, menyemprot daun menggunakan pestisida sesuai dosis anjuran.
Penyakit karat buah tin

Penyakit karat buah tin

Demikianlah informasi tentang hama dan penyakit yang sering penyerang tanaman buah tin. Agar tanaman buah ara mampu tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah yang bermutu maka diperlukan perhatian khusus dalam mengenali gejala-gejala serangan hama dan penyakit. Adapun Hama dan penyakit yang perlu diwaspadai antara lain Mati Pucuk, Kanker Bakteri dan Penyakit karat . Semoga artikel tersebut dapat bermafaat untuk menambah wawasan kita tentang budidaya tanaman buah tin. Terima kasih.

Baca Juga :   Gampang Banget!. 6 Tips Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Cempedak Agar Mampu Tumbul Bagus dan Berbuah Unggul

 


kata terkait,
tanaman buah tin, budidaya buah tin, hama buah tin, hama penyakit tanaman buah tin, hama tanaman buah tin, tanaman ara, budidaya tanaman ara, penyakit buah tin, mengatasi hama tanaman buah tin, mengatasi penyakit tanaman buah tin, cara mudah mengatasi hama penyakit tanaman tin,

Bagikan informasi tentang Inilah 3 Cara Mudah Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Tin kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 3 Cara Mudah Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Tin | JualBenihMurah.com

3 komentar untuk Inilah 3 Cara Mudah Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Tin

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 27%
Bibit Durian Bawor Kaki 3 Dongkelan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 550.000 Rp 750.000
Tersedia
Rp 550.000 Rp 750.000
Stok: Tersedia
OFF 74%
Bibit Black Murbei 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Bibit Durian Pelangi Kaki 3 Dongkelan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Pelangi 3 KakiRp 450.000 Rp 650.000
Tersedia
Rp 450.000 Rp 650.000
Stok: Tersedia
Pupuk Farmpion

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
SIDEBAR