Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 15 Manfaat Buah Durian Bawor bagi Kesehatan Yang Layak anda ketahui, Nomor 6 Gak Nyangka Banget!

Inilah 15 Manfaat Buah Durian Bawor bagi Kesehatan Yang Layak anda ketahui, Nomor 6 Gak Nyangka Banget!

Diposting pada 7 February 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 996 kali

Inilah 15 Manfaat Buah Durian Bawor bagi Kesehatan Yang Layak anda ketahui, Nomor 6 Gak Nyangka Banget!

Pernahkah Anda mencicipi durian bawor? Durian spesies baru yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah ini memang baru menjadi primadona durian di Indonesia. Pesonanya sudah mengalahkan rajanya durian yaitu durian montong yang berasal dari negeri Siam, Thailand. Ya, memang durian bawor layak menjadi primadona, bukan karena durian bawor adalah produk dalam negeri tetapi memang rasa dan aroma durian bawor ini terkenal sangat enak dan mampu mengalahkan pamor durian montong. Durian bawor adalah durian hasil perkawinan beberapa spesies unggulan sehingga mutu dan kualitas yang dihasilkan pun melebihi durian induknya.

Keunggulan durian bawor tidak hanya pada ketebalan daging dan rasa manis yang sedikit pahit tetapi juga pada aroma dan warna daging durian. Durian bawor adalah perpaduan keunggulan yang dimilki durian lokal dan durian montong. Sehingga tak salah apabila durian bawor diburu oleh para penggila durian dari berbagai penjuru nusantara.

Ketika mengkonsumsi durian tentu saja kita jarang sekali memikirkan apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Padahal disamping rasa yang enak dan aroma yang harum, durian ternyata punya sejuta manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Lalu apa saja manfaat durian bawor bagi kesehatan kita? Berikut adalah beberapa manfaat durian bawor yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Khasiat Buah Durian Bawor

Khasiat Buah Durian Bawor

Kandungan Gizi dan Nutrisi Durian Bawor

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat Buah durian bawor bagi tubuh, ada baiknya kita lebih dulu mengetahui kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada durian. Memang sejauh ini baru daging buah durian dan biji nya saja yang diketahui mempunyai manfaat bagi tubuh. Tetapi tidak menutup kemungkinan suatu hari ini ada bagian lain dari durian yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Sebagian besar manfaat kesehatan durian datang dari kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah. Durian kaya akan vitamin C, potasium, asam amino triptofan, asam folat, asam pantotenat, thiamin, riboflavin, niacin, dan B6.

Dalam 100 g daging buah durian mampu mencukupi 32% kebutuhan vitamin C harian. Selain vitamin C, durian mengandung senyawa antioksidan seperti asam kafeat, antosianin, dan quercetin.

Selain kalori dan vitamin C, durian juga kaya akan mineral penting lain seperti zat besi, kalsium, magnesium, sodium, seng, dan fosfor juga dapat ditemukan dalam durian. Durian pun merupakan sumber karbohidrat, lemak, serat, dan protein yang baik.

Durian bawor unggul

Durian bawor unggul

Khasiat dan Manfaat Durian Bawor

Seperti buah-buahan lain, durian memiliki berbagai manfaat kesehatan berkat nutrisi yang terkandung dalam buahnya. Berikut adalah 15 manfaat durian bawor bagi kesehatan tubuh kita:

1. Sumber energi
Sekitar 100 g daging buah durian mengandung 147 kalori yang termasuk tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Gula alami durian seperti fruktosa dan sukrosa mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat mengembalikan energi dengan cepat. Buah ini juga kaya potasium sehingga mampu membantu mengurangi rasa lelah.

Baca Juga :   4 Jenis Tanaman Buah Jambu Biji Unggulan Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Cocok Untuk diBudidayakan di Iklim Indonesia

Kondisi ini membuat durian cocok dikonsumsi atlet atau orang-orang yang membutuhkan ketersediaan energi tinggi. Namun jika Anda tidak termasuk golongan tersebut, batasi konsumsi durian karena dapat membuat berat badan Anda melonjak.

Buah Durian bawor juga mengandung tiga jenis gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa. Berkombinasi dengan serat, durian secara instant, berkelanjutan dan nyata memberikan tambahan energi bagi yang mengkonsumsinya. Penelitian membuktikan bahwa hanya dengan dua pongge durian dapat menyediakan energi untuk kerja 90 menit secara berterusan. Jika dibandingkan dengan Apel, maka durian mengandung 4 kali protein, 2 kali karbohidrat, 3 kali fosfor, 5 kali vitamin A dan zat besi, serta 2 kali untuk vitamin dan mineral yang lain.

2. Melancarkan pencernaan dan BAB
Durian kaya serat pangan yang dapat melindungi membran mukosa usus dari paparan racun dan mengikat senyawa kimia penyebab kanker. Serat pangan juga bermanfaat untuk merangsang gerakan peristaltik usus serta sekresi cairan lambung sehingga dapat melancarkan pencernaan dan BAB. Mengkonsumsi durian dapat mengatasi masalah sembelit. Selain itu durian juga dapat digunakan sebagai makanan pencegah sakit intestinal sebab durian bertekstur lunak dan lembut. Durian satu-satunya buah segar yang dapat dimakan langsung pada kasus yang telah kronis. Durian juga menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.

3. Mengontrol tekanan darah
Durian menganddng potasium dalam jumlah tinggi dan sodium dalam jumlah sedang. Potasium bertanggungjawab atas gerakan otot di seluruh tubuh termasuk jantung. Potasium mengatur detak jantung dan memastikan kelancaran aliran darah ke sistem lain. Potasium juga diperlukan untuk mengontrol kadar sodium dalam darah. Sodium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Dengan mencukupi kebutuhan potasium, tekanan pada pembuluh darah berkurang sehingga risiko serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis dapat diturunkan. Sehingga US Food and Drug Administration telah mengijinkan industri durian untuk mengajukan pengakuan resmi terhadap kemampuan durian mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan stroke.

4. Menyehatkan sistem kardiovaskular
Anda mungkin sering mendengar anggapan bahwa durian mengandung banyak kolesterol. Padahal sebenarnya, durian tidak mengandung kolesterol sama sekali. Durian justru mengandung lemak mono tak jenuh yang sehat bagi jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Serat pangan yang dimiliki durian juga membantu mengurangi dan mengeluarkan kolesterol LDL dari dalam tubuh sebelum membentuk plak pada arteri. Salah satu studi mencoba membandingkan efek penambahan durian pada pola makan tikus jantan. Para peneliti menambahkan 5% inklusi durian dan 1% kolesterol pada diet mereka. Hasilnya, penambahan durian dapat menekan peningkatan kolesterol di plasma lipid dan mencegah kehilangan antioksidan.

5. Mengatasi insomnia
Durian mengandung triptofan, senyawa asam amino yang dapat merangsang rasa kantuk secara alami. Triptofan yang memasuki otak diubah menjadi serotonin oleh tubuh serta menimbulkan rasa relaks dan bahagia. Kelebihan serotonin kemudian melepaskan melatonin ke aliran darah dan membuat tubuh merasa mengantuk. Banyak penelitian menemukan bahwa triptofan efektif dalam mengatasi stres, depresi, dan masalah kecemasan, serta insomnia.

Baca Juga :   Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Durian Bhineka Bawor Agar Tumbuh Dengan Subur dan Cepat Berbuah Serta Lebat

Selain itu durian juga mengandung Kalium. Kalium adalah salah satu mineral vital, yang membantu menormalkan denyut jantung, mengirim oksigen ke otak, dan meregulasi keseimbangan air dalam tubuh. Ketika kita stress, metabolisme kita meningkat sehingga mengurangi kadar kalium. Hal ini dapat di seimbangkan kembali dengan makan durian yang mengandung kalium tinggi. Kalium juga dapat membantu siswa lebih perhatian/serius pada pelajaran.

6. Mencegah kanker
Buah Durian Bawor kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Anti oksidan ini penting untuk mengurangi tekanan oksidatif yang dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker. Vitamin C juga diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, masih ada kandungan fitonutrien lain di dalam durian yang jumlahnya berbeda di setiap tahap pematangan buah. Misalnya saja, quercetin, asam kafeat, dan antosianin tinggi saat buah masak. Sementara itu, polifenol dan flavonoid tinggi di tahap terlalu matang (overripe) berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal “European Journal of Investigative Medicine” tahun 2011.

7. Menjaga kesehatan tulang
Mineral penting seperti magnesium, potasium, mangan, dan tembaga tersedia dalam durian. Semua mineral tersebut memerankan peranan penting dalam mempertahankan kekuatan dan ketahanan tulang. Meski durian hanya memiliki sedikit kalsium, mineral ini sudah terdapat dalam jumlah besar dalam tulang kita. Namun, distribusi dan deposisinya diatur oleh potasium. Kekurangan potasium justru dapat menyebabkan kehilangan dan pelepasan kalsium secara berlebihan dalam darah.

8. Mencegah anemia
Durian menandung asam folat tinggi yang diperlukan untuk produksi hemoglobin. Asam folat durian bahkan termasuk yang tertinggi di antara buah tropis bersama alpukat dan jambu biji. Asam folat akan menstimulasi produksi darah yang meningkatkan kemampuan tubuh dan efektifitas distribusi oksigen. Zat besi dan tembaga juga terdapat dalam durian. Meski jumlahnya kecil, namun dapat membantu produksi dan pembentukan hemoglobin serta mencegah anemia.

9. Menurunkan berat badan
Tinggi serat pangan, nol kolesterol, kaya vitamin dan mineral dengan komposisi lengkap, serta tingginya kandungan air membuat durian cocok dikonsumsi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Seperti alpukat dan kelapa, durian juga kaya lemak sehat yang baik untuk tubuh. Durian pun merupakan merupakan sumber energi instan yang dapat membuat Anda aktif sepanjang hari dan selalu berenergi saat berolahraga.
Studi di the Institute of Psychology di Austria menunjukkan bahwa tekanan pekerjaan mendorong orang banyak makan dan ngemil. Satu hasil kajian menyimpulkan bahwa untuk menghindari ngemil akibat stress, kita perlu makan makanan berkadar karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga kestabilan. Durian merupakan buah berkadar karbohidrat 20% hingga 39%.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Buah Nangka Unggulan Dengan Rasa Yang Manis dan Layak Untuk dibudidayakan di Lahan atau Tabulampot Dengan Iklim Indonesia

10. Menghangatkan tubuh
Kadar alkohol dalam durian dipercaya dapat menghangatkan tubuh meski efek ini dapat menenangkan dalam jangka pendek, saat dimakan berlebihan, durian justru dapat menyebabkan kram perut dan mual. Selain menghangatkan tubuh, kadar alkohol alam durian juga dapat meningkatkan libido dan jumlah sperma pada pria.

11. Meredakan batuk
Tak hanya daging buahnya, kulit durian juga diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu studi yang diterbitkan di “Journal of Southern Medical University”, 2010, mengungkap bahwa ekstrak kulit durian dapat meredakan batuk di tikus percobaan. Ekstrak ini juga menunjukkan efek antiobiotik dan analgesik, menunjukkan potensinya sebagai alternatif obat pereda nyeri alami. Sayangnya, mekanisme di balik efek ini belum diketahui sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

12. Mabuk perjalanan
Ketika kita melakukan perjalanan jauh baik dengan alat transportasi darat, laut dan udara ada baiknya kita membekali diri dengan membawa milkshake durian dengan campuran madu. Durian akan membantu menenangkan perut, madu akan menaikan kadar gula darah sementara susu dapat membantu mengembalikan hidrasi sistem tubuh.

13. Mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk
Sebelum anda menggunakan krim gigitan nyamuk, coba dulu gosok kulit yang digigit nyamuk dengan bagian dalam kulit durian. Banyak orang mendapati hal ini sebagai cara yang luar biasa dan berhasil untuk mengurangi bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk.

14. Mencegah penuaan dini
Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

15. Membantu berhenti merokok
Durian dapat juga membantu orang yang berusaha berhenti merokok, karena mengandung vit B6, B12, kalium dan magnesium yang membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin.

Nah, demikian manfaat durian bawor bagi tubuh kita. Meskipun banyak manfaatnya, kita tetap harus tetap mengkonsumsi durian dalam batas normal ya. Karena konsumsi yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Misalnya sebagai sumber energi, apabila kita mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan kemudian energy tidak tersalurkan maka akan menyebabkan terganggunya keseimbangan badan yang berakibat colapse. Sehingga disarankan agar makan durian cukup 100-200 gram saja setiap kali makan. Juga agar diperhatikan agar makan durian tidak dicampur dengan alkohol dan hindari makan durian pada saat menjelang tidur.

Buah Durian bawor juga tidak disarankan dikonsumsi oleh wanita hamil karena durian mengandung asam arachidonat dan alkohol. Asam arachidonat yang terkandung di dalam buah durian adalah senyawa yang memicu pembentukan prostaglandin atau senyawa yang mampu merangsang kontraksi yang mengakibatkan keguguran pada awal kehamilan dan kelahiran prematur pada usia kehamilan memasuki trimester akhir. Sedangkan kandungan alkohol yang terdapat di dalam buah durian akan mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin sehingga mengakibatkan lahir prematur dengan berat badan yang rendah saat kelahiran.

Bagikan informasi tentang Inilah 15 Manfaat Buah Durian Bawor bagi Kesehatan Yang Layak anda ketahui, Nomor 6 Gak Nyangka Banget! kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 15 Manfaat Buah Durian Bawor bagi Kesehatan Yang Layak anda ketahui, Nomor 6 Gak Nyangka Banget! | JualBenihMurah.com

1 komentar untuk Inilah 15 Manfaat Buah Durian Bawor bagi Kesehatan Yang Layak anda ketahui, Nomor 6 Gak Nyangka Banget!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 10%
Liquinox Fish Emulsion – 100 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Liquinox Fish Emulsion - 100 mlRp 17.500 Rp 19.500
Tersedia
Rp 17.500 Rp 19.500
Stok: Tersedia
OFF 38%
Bibit Durian Duri Hitam Dongkelan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Duri Hitam OcheeRp 450.000 Rp 725.000
Tersedia
Rp 450.000 Rp 725.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Bibit Alpukat Aligator 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Alpukat Aligator UnggulRp 75.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
OFF 14%
Liquinox GROW (10-10-15)-100ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Liquinox GROW 100mlRp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR