Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 13 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Inilah 13 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Diposting pada 14 September 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 12.276 kali

Inilah 13 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Alpukat – Buah alpukat belakangan ini semakin populer saja. Buah yang identik warna hijau ini memang sering menjadi bahan favorit untuk diolah dalam bentuk jus, es campur, atau pelengkap salad dan dessert. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya buah alpukat dianggap sebagai buah super oleh para pelaku gaya hidup sehat. Daging buahnya yang tebal, pulen dan citarasanya yang nikmat inilah membuat banyak orang menyukainya. Selain itu, buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi membuat buah ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Tanaman alpukat merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan monokultur yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tanaman pemilik nama latin Persea americana ini mampu tumbuh tinggi hingga 20 meter dengan daun sepanjang 12-25 cm.Buah alpukat termasuk jenis buah bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut. Sekarang ini ada beberapa jenis tanaman alpukat yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia seperti alpukat wina, alpukat kendil, alpukat tanpa biji, alpukat miki, alpukat aligator dan jenis alpukat lainnya.

Buah alpukat dapat menjadi salah satu pilihan untuk menu buah-buahanmu sehari-hari karena buah yang berwarna hijau muda didalamnya ini memiliki berbagai manfaat yang luar biasa untuk tubuhmu. Manfaat buah alpukat sangat beragam untuk kesehatanmu. Mulai dari kesehatan mata, tulang, hingga untuk diet yang sayang jika dilewatkan. Lalu apa saja manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh manusia? berikut penjelasannya :

Manfaat Tanaman Alpukat

Manfaat Alpukat

Kandungan Gizi Alpukat

Buah alpukat dianggap sebagai salah satu jenis makanan yang paling sehat di planet ini karena di dalam buah alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, K &, tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan potasium.

Baca Juga :   Inilah 5 Keistimewaan Durian Duri Hitam, Varietas Durian Unggul Yang Cepat Berbuah

Buah alpukat juga mengandung serat, protein, dan beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang dapat melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Mengurangi Resiko Stroke
Buah alpukat mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga dapat melindungi seseorang dari serangan stroke. Seseorang yang makan diet kaya folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

2. Kesehatan Jantung
Buah alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat tinggi homosistein dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Alpukat juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Mencegah Kanker
Buah alpukat dipercaya dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

4. Mengontrol Tekanan Darah
Alpukat merupakan sumber potassium/kalium yang sangat baik, yang dapat membantu mengrontrol level tekanan darah.

Jus Alpukat

Jus Alpukat

5. Sifat Anti-penuaan
Buah alpukat kaya akan antioksidan sehingga sangat bermanfaat dalam melawan gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.

6. Anti-inflamasi
Senyawa phytonutrisi yang ditemukan dalam buah alpukat, seperti polifenol dan flavonoid telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol
Buah Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

8. Bagus Untuk Kesehatan Mata
Buah Alpukat adalah sumber lutein karotenoid, yang dikenal dapat membantu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia.

es teller alpukat

es teller alpukat

9. Melawan Radikal Bebas
Alpukat mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi resiko kanker.

Baca Juga :   4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

10. Menambah Berat Badan
Buah alpukat mengandung 200 kalori dalam takaran 100 gram. Karena jumlah tinggi kalori, alpukat adalah diet terbaik bagi orang-orang yang ingin menambah berat badan. Alpukat merupakan sumber kalori yang sehat, tidak seperti banyak makanan padat kalori lainnya yang mungkin mengandung kelebihan lemak jenuh dan gula.

11. Mengontrol Kadar Gula Darah
Bagi penderita diabetes, buah alpukat sangat baik disertakan dalam pola diet diabetes. Lemak tak jenuh tunggal (baik) yang terdapat dalam buah alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang akan membantu mengatur kadar gula darah. Buah alpukat juga mengandung serat larut yang menjaga dapat kadar gula darah tetap stabil.

12. Mencegah Cacat Lahir
Buah alpukat kaya akan folat, unsur vitamin B yang biasa dikenal sebagai asam folat. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari nilai harian folat yang direkomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir bagi waninta yang sedang hamil.

13. Mengatasi Bau Mulut
Buah alpukat adalah salah satu pencuci mulut alami dan obat bau mulut terbaik. Itu karena alpukat membersihkan usus, yang merupakan penyebab utama lidah-berlapis dan bau mulut.

Nah, demikianlah informasi tentang kandungan gizi dan manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah alpukat adalah salah satu buah yang memiliki asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh yang didalamnya terdapat banyak vitamin dan mineral tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan untuk menjaga pola hidup sehat agar kita terhindar dari berbagai penyakit yang tidak kita inginkan. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 13 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 13 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 13 Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 37%
Jual Bibit Pear Coklat Asia 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 110.000 Rp 175.000
Tersedia
Rp 110.000 Rp 175.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Jual Bibit Rambutan Kualitas Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Bibit Jambu Air Kesuma Merah 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jambu Madu Kesuma MerahRp 65.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 28%
Benih Bawang Merah Tuk Tuk – 10 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bawang Merah TUK-TUK_10 Gram _Panah MerahRp 18.000 Rp 25.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 25.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR