Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 10 Sifat Unggul Lengkeng Kateki Yang Harus Anda Ketahui, Yang Membuatnya Manjadi Primadona Baru Pecinta Tanaman Buah

Inilah 10 Sifat Unggul Lengkeng Kateki Yang Harus Anda Ketahui, Yang Membuatnya Manjadi Primadona Baru Pecinta Tanaman Buah

Diposting pada 14 May 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.464 kali

Inilah 10 Sifat Unggul Lengkeng Kateki Yang Harus Anda Ketahui, Yang Membuatnya Manjadi Primadona Baru Pecinta Tanaman Buah

Bukan tanaman buah unggulan namanya jika tidak punya keunggulan-keunggulan untuk ditonjolkan. Begitu juga bagi Buah Lengkeng Kateki ini yang memiliki segudang keunggulan-keunggulan dibandingkan tanaman sejenisnya. Yups, Lengkeng kateki merupakan salah satu jenis lengkeng unggulan yang sebelumnya dikenal dengan nama “Lengkeng New Kristal”. Lengkeng Kateki ini di lepas oleh Kementerian Pertanian (kementan) pada tahun 2016. Adapun sejarah lahirnya lengkeng Kateki ini berasal dari Pohon Induk Tunggal (PIT) milik Bapak. Samiawi yang berada di Dukuh Kateki, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Boleh dibilang, saat ini lengkeng kateki telah menjadi primadona baru bagi para pecinta tanaman buah maupun para petani. bagaimana tidak?. lengkeng kateki ini memiliki banyak sekali keunggulan-keunggulan jika dibandingkan dengan jenis tanaman lengkeng sejenisnya. Lengkeng kateki ini populer karena memiliki bentuk buah yang berbentuk bulat serta warna kulit buah coklat serta bintik pada kulit buah yang berwarna coklat tua. Disamping itu memiliki warna daging buah yang putih bening. Lengkeng kateki ini juga memiliki keunggulan dengan rasa yang manis dan ukuran buah yang cukup besar dengan daging buah yang tebal serta biji kecil. Lengkeng ini juga memiliki aroma yang lembut. Selain itu lengkeng kateki ini juga memiliki kandungan air yang sedikit sehingga renyah saat digigit.

Keunggulan Lengkeng Kateki

Keunggulan Lengkeng Kateki

Selain memiliki keunggulan dari segi buahnya, Lengkeng kateki ini juga mempunyai keunggulan dalam sifat tanamannnya antra lain lengkeng kateki ini mempunyia sifat yang genjah, lengkeng ini akan mulai berbuah pada umur 2-3 tahun sejak penanaman. Lengkeng kateki mampu menghasilkan buah antara 50-70 kg per pohon setiap tahunnya. Tidak hanya itu saja lho, masih banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh lengkeng kateki ini, Penasaran? Ingin mengetahui apa saja sich keunggulan-keunggulan yang dimiliki lengkeng kateki yang telah menjadi primadona baru pilihan bagi para pekebun buah lengkeng.

Berikut ini adalah 8 sifat unggul lengkeng kateki yang layak anda ketahui :

1. Mempunyai Daya Adaptasi Yang Luar Biasa

Salah satu keunggulan Tanaman Lengkeng Kateki adalah kemampuannya beradaptasi pada berbagai situasi dan kondisi tanam. Tanaman Lengkeng Kateki ini tidaklah rewel dalam hal penanaman dan pemeliharaannya. Hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam pembudidayaannya. Bibit tanaman Lengkeng Kateki mampu tumbuh pada berbagai jenis tanah, seperti: tanah grumosol, laktosol, andosol maupun tanah lempung berpasir dengan pH tanah 5,0-6,6. Curah hujan yang dibutuhkannya berkisar 1100 – 1500 mm/th dengan kelembaban udara 50-90%. Selain itu, Tanaman Lengkeng Kateki mampu tumbuh dengan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian tanah dari mulai 400 m hingga 1.200 m diatas permukaan laut .

Baca Juga :   Rahasia Sukses Pemupukan Tanaman Lengkeng New Kristal Agar Cepat Berbuah dan Berbuah Lebat

Layaknya tanaman tropis lainnya, Tanaman Lengkeng Kateki mampu tumbuh dengan baik asalkan mendapatkan penyinaran sinar matahari sepanjang tahun dengan suhu lingkungan 20 – 300C. Semakin penuh sinar matahari yang didapatkannya, semakin cepat pula ia tumbuh, berkembang dan berbuah lebat.

Bibit Lengkeng Kateki

Bibit Lengkeng Kateki

2. Bersifat Genjah

Keunggulan lain yang dimiliki oleh tanaman lengkeng kateki adalah sifatnya yang genjah. Lengkeng kateki sudah mulai belajar berbuah sejak berusia sekitar 2-3 tahun. Bandingkan dengan buah lengkeng pada umumnya yang memerlukan waktu sedikitnya 3-4 tahun. Pada saat berumur 2 th tersebut, Tanaman lengkeng kateki sudah menghasilkan kurang lebih 20-25 kg buah/pohon, sedangkan varietas tanaman lengkeng lainnya masih dalam fase pertumbuhannya. Selain itu, Batang dan cabang pohon lengkeng kateki ini mempunyai tekstur yang kuat untuk menahan beban dompol-dompol buah lengkeng yang sangat berat, berbobot puluhan bahkan bisa mencapai ratusan kg per pohonnya.

3. Mampu Berbuah diLuar Musim

Salah keunggulan lengkeng kateki yang tidak dimiliki semua jenis tanaman legkeng adalah kemampuan berbuah diluar musim. Selain itu, anda bisa mnegatur sendiri kapan waktu berbuah lengkeng kateki ini. Menarik sakali bukan. Namun, Untuk membuahkan Lengkeng kateki ini membutuhkan perlakuan khusus yakni dengan menambahkan zat perangsang buah (booster).

4. Super Produktif

Keunggulan lain dari lengkeng kateki ini adalah super duper produktif. bayangkan saja, pada umur 2 tahun, lengkeng kateki sudah mulai belajar berbuah dengan menghasilkan panen perdana sekitar 20-25 kg buah/pohon. Produksi pun akan terus membumbung. Pada umur 4 tahun misalnya, tiap pohon akan menghasilkan 75 kg buah lengkeng/pohon,. Usia 5 meningkat menjadi tahun 100 kg buah lengkeng/pohon. Produksi buah stabil pada kisaran 100—150 kg buah lengkeng/pohon saat berusia 5—7 tahun. Produktifitas Tanaman lengkeng kateki ini menjadi luar biasa, lantaran dibandingkan jenis buah lengkeng unggulan lain, sebut saja Tanaman Lengkeng Itoh, berbeda jauh. Secara umum rata-rata pekebun bisa memanennya antara 2 – 3 kali dalam setahun. Luar biasa bukan?

lengkeng Kateki unggul

lengkeng Kateki balitbang pertanian

5. Ukuran Buah Relatif Besar

Salah satu kriteria penting yang selalu ada dalam setiap pengukuran kualitas buah adalah ukurannya. Buah kelengkeng kateki ini terkenal mempunyai ukuran buah yang relatif besar antara 15,9-20,7gr/buah. Selain itu, buah kelengkeng kateki ini juga mempunyai daging buah yang tebal dengan biji kecil serta aroma yang lembut. Selain itu lengkeng ini memiliki kandungan air yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak becek.

Baca Juga :   Kelapa Genjah Entok, Verietas Tanaman Kelapa Unggulan Berpostur Cebol yang Menjadi Idola Para Petani

6. Memiliki Rasa Super Manis

Buah Lengkeng kateki ini mempunyai citarasa yang sangat manis dan terasa lebih kering. Tingkat kemanisan Buah Lengkeng New Crystal mencapai 21 skala Brix. Konsumen sangat menyukai buah lengkeng yang manis. Perpaduan daging buah yang tebal, tekstur yang kering dan renyah dengan rasa buah yang super manis membuat buah kelengkeng kateki ini sempurna untuk para pecinta buah kelengkeng.

7. Bunga Tahan Rontok

Beberapa hal yang dihindari dan harus diminimalisir oleh pekebun buah lengkeng adalah kerusakan yang ditimbulkan oleh angin dan hujan. Sebagai informasi, bunga pada tanaman lengkeng sangat mudah rontok akibat terpaan angin dan hujan. Buah merupakan hasil perkembangan setelah proses pembungaan. Oleh karena itu, sukses atau gagalnya proses pembungaan akan berdampak pada kuantitas/jumlah hasil panen akhir buah. Tanaman Lengkeng kateki in mempunyai ketahanan lebih bagus terhadap terpaan angin dan hujan dibanding varietas tanaman lengkeng unggulan lainnya. Secara statistik bunga lengkeng kateki ini masih bertahan ditempatnya sebanyak 75% pasca terpaan angin dan hujan. Hal inilah salah satunya yang membuat Tanaman Lengkeng New Crystal terlihat pula lebih produktif.

8. Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Salah satu hal yang mengiurkan para pekebun lengkeng kateki ini adalah saat masa panen tiba. Keuntungan besar sudah terbayang didepan mata lantaran nilai jual Buah Lengkeng keteki ini diatas harga rata-rata buah lengkeng lokal unggulan maupun import. Buah Lengkeng kateki bisa mencapai harga Rp 40.000 per kg ditingkat konsumen (ditingkat pekebun saja harga terjeleknya Rp 25.000). Lebih dari itu apabila dijual dalam bentuk paket agrowisata, harganya bahkan bisa mencapai Rp 50.000 per kg buahnya.

Baca Juga :   Inilah 7 Keunggulan Tanaman Buah Durian D24 Yang Wajib Anda Ketahui

9. Mudah Diperbanyak

Salah satu pertimbangan penting yang selalu muncul dalam diri pekebun tanaman apapun adalah kemungkinan mengembangkan jumlahnya secara mandiri. Tanaman Lengkeng kateki merupakan jenis tanaman lengkeng unggul yang mudah untuk diperbanyak secara vegetatif (buatan). Baik dilakukan secara cangkok, sambung pucuk, sambung sisip, tempel maupun okulasi. Jadi proses perbanyakan dapat dilakukan dengan mudah sesuai dengan keinginan dan kemampuan para pekebun. Belum lagi kemungkinan meraih pendapatan tambahan karena permintaan Bibit Lengkeng kateki sampai saat ini terus meningkat, tidak tertutup kemungkinan untuk menjual bibitnya selain menjual buah yang diproduksi dari pohon.

10. Dapat di Tanam didalam Pot (Tabulampot)

Selain menjadi pilihan utama dalam membudidayakan lengkeng dalam skala bisnis. Tenyata, lengkeng kateki ini juga sangat cocok untuk dibudidayakan di dalam pot (Tabulampot). Perawatan tabulampot lengkeng kateki ini juga tergolng mudah. cukup lakukan penyiraman secara teratur dan pemangkasan secara teratur diperlukan untuk membuat lengkeng tumbuh dengan proporsional. Daunnya yang rindang dan buah kelengkeng yang bergelantungan diantara daun akan menjadi pemandangan yang sangat cantik dan menarik.

Demikian sedikit informasi mengenai keunggulan- keunggulan yang dimiliki oleh Tanaman Lengkeng kateki yang membuatnya menjadi primadona baru pilihan bagi para pekebun buah lengkeng. seperti yang telah dijelaskan diatas, lengkeng kateki ini mempunyai segudang keunggulan mulai dari daya adaptasi yang luar biasa, bersifat genjah, Mampu berbuah diLuar musim, super produktif, Ukuran buah relatif besar, memiliki rasa super manis, bunga tahan rontok, memiliki nilai ekonomis tinggi, mudah Diperbanyak, dapat ditanam didalam pot (Tabulampot). Kami harap sedikit banyak bisa membantu Anda untuk lebih memahami tanaman lengkeng ini.

Jika anda ingin bertanam jenis tanaman lengkeng yang menjadi primadona ini, tidak ada salahnya anda mempelajari terlebih dahulu tentang panduan budidaya lengkeng kateki agar mampu cepat berbuah. Di dalam panduan tersebut telah di utarakan beberapa tahapan antara lain tahap pemilihan bibit, tahap penanman, tahap pemupukan, tahap pembuahan dan tahap panen. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 10 Sifat Unggul Lengkeng Kateki Yang Harus Anda Ketahui, Yang Membuatnya Manjadi Primadona Baru Pecinta Tanaman Buah kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 10 Sifat Unggul Lengkeng Kateki Yang Harus Anda Ketahui, Yang Membuatnya Manjadi Primadona Baru Pecinta Tanaman Buah | JualBenihMurah.com

1 komentar untuk Inilah 10 Sifat Unggul Lengkeng Kateki Yang Harus Anda Ketahui, Yang Membuatnya Manjadi Primadona Baru Pecinta Tanaman Buah

  • Syamsul anam says:

    Pingin punya kalau kayak gini, berarti kelengkeng asli Indonesia punya top markotop kelengkengnya tidak kalah dari Thailand punya👍👍👍👍👍👍👍

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 32%
Benih Rumput Gajah Mini (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 13.000 Rp 19.000
Tersedia
Rp 13.000 Rp 19.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Mangga Yu Wen 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mangga Yu wenRp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Jual Tanaman Calathea Jago

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 30.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 30.000
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 13%
Jual Bibit Kelengkeng Merah 150cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kelengkeng Merah Ruby LonganRp 325.000 Rp 375.000
Tersedia
Rp 325.000 Rp 375.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR