Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu

Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu

Diposting pada 31 March 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 3.634 kali

Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu

Jika Anda melihat buah durian yang dijual dipinggir jalan tentu anda akan tertarik untuk membelinya. Disana Anda akan disuguihi pemandangan buah durian yang ukurannya besar, warna kulit buah yang maenarik serta aroma khas durian yang sangat menggoda. Selain itu penjual yang menawarkan tentu akan berkata bahwa durian yang dijualnya pasti enak dan manis rasanya. Tapi jangan salah tidak semua durian yang dipajang dan dijual dipinggir jalan itu enak dan manis. Jangan sampai Anda kecewa karena durian yang anda pilih tidak sesuai dengan harapan Anda.

Pernahkah Anda merasa kecewa ketika memilih buah durian? Durian yang Anda pilih sekilas tampak enak, buah nya besar, aroma tajam, warna kulit durian kuning terang, tetapi ketika dibuka rasa nya hambar dan daging buah tidak segar. Pernahkah Anda mengalami hal seperti itu?yups, mungkin hampir para pecinta durian pernah mengalami hal tersebut, mendapatkan buah durian yang tidak sesuai harapan. Lalu bagaimanakah ciri-ciri durian yang enak dan bagaimana cara mengetahui jika durian itu enak atau tidak. Tidak perlu menjadi petani durian atau orang berpengalaman, bahkan orang awam sekalipun dapat mengetahui ciri-ciri durian enak. Lalu bagaimanakan ciri-ciri durian enak?

Tips memilih durian matang

Tips memilih durian matang

Durian enak dalam artian durian yang mempunyai rasa buah yang manis dan daging yang tebal dan mempunyai tekstur lembut adalah durian yang masak dipohon. Tidak semua durian yang dijual dipasar atau dipinggir jalan adalah durian masak pohon. Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa durian yang dijual dipinggir jalan tidak masak pohon. Salah satu penyebabnya adalah jarak antara kebun dan tempat penjualan yang cukup jauh membuat penjual terpaksa memanen durian yang belum masak. Selain itu harga durian yang tinggi membuat petani terpaksa menjual durian meskipun durian belum matang.

Sebelum kita mengetahui ciri ciri buah durian yang masak pohon ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tahapan panen pada tanaman buah durian. Tanaman buah durian akan mulai berbunga pada musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni sampai September. Tanaman buah Durian yang berbunga pada bulan-bulan tersebut pada akhirnya akan berbuah pada bulan Oktober sampai Februari dan sudah siap dipetik. Proses Panen buah durian sebaiknya dilakukan sebelum musim hujan tiba, hal ini dikarenakan buah durian yang terkena air hujan, sangat rentan dengan berbagai penyakit fisiologis yang dapat merusak kualitas buah. Buah durian yang terkena air hujan biasanya akan terserang penyakit yang biasa disebut inti basah yaitu buah durian berair dan sangat lembek karena masuknya air hujan kedalam buah dan membuat buah menjadi busuk. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memanen durian pada saat musim kemarau dan menjauhkan durian dari air hujan.

Baca Juga :   Inilah Peluang Usaha dan Analisis Keuntungan Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor, Menggiurkan Sekali

Buah durian yang sudah masak biasanya berwarna hijau kekuning-kuningan , namun, ada beberapa jenis durian yang sudak masak warnanya tetap hijau. Buah durian yang masak biasanya mempunyai aroma harum yang khas dan menyengat. Pada durian yang sudah masak bila diketuk duri atau buahnya akan terdengar dentang udara antara isi dan kulitnya. Buah durian yang sudah matang biasanya akan jatuh sendiri dari pohon. Sangat disarankan untuk menjaga jangan sampai buah durian bersentehan dengan tanah karena akan menyebabkan buah durian matang terkena penyakit dan dapat mempengaruhi kualitas durian.

Berikut ini adalah 10 tanda durian masak pohon yang wajib anda tahu supaya anda tidak kecewa ketika membeli durian : 

1. Perhatikan Warna Durian

Tidak semua durian matang berwarna kuning. Anda mungkin mengira jika durian berwarna kuning maka sudah dapat dipastikan bahwa durian tersebut sudah matang. Ini adalah pemahaman yang keliru, ada tiga macam warna durian yaitu hijau, kuning dan coklat tergantung dari kultivarnya. Kadang anda akan menemukan durin berwarna hijau ternyata sudah matang.

2. Perhatikan Bentuk Durian

Pada umumnya buah Durian yang sudah matang umumnya berbentuk bulat, bentuk bulat ini menandakan daging buah yang besar dan banyak. Durian lonjong biasanya memiliki daging buah lebih sedikit. Namun untuk beberapa jenis, durian dengan bentuk yang lonjong lebih cenderung mempunyai daging yang lebih tebal.

3. Perhatikan Tangkai durian yang dipilih

Sebagian orang memilih buah durian berdasarkan warna, ukuran, dan aromanya saja. Padahal, ada tips jitu untuk mendapatkan buah durian dengan daging yang tebal dan banyak. Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa isi buah tersebut banyak dan tebal. Sementara itu, durian bertangkai ramping dan panjang merupakan petunjuk bahwa buah durian tersebut memiliki daging yang sedikit dan tidak terlalu tebal. Jadi, mulai sekarang cobalah memperhatikan tangkai durian yang akan Anda beli jika ingin menyantap daging buah durian yang lebih tebal.

Baca Juga :   9 Tips Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Durian Agar Mampu Tumbuh Optimal, Cepat Berbuah dan Berproduksi Tinggi

4. Perhatikan Aroma Durian

Buah durian yang sudah matang memang sangat identik dengan aromanya wangi dan harum. Tetapi anda jangan sampai terkecoh oleh aroma wangi karena kadang-kadang bau wangi bukan berasal dari durian tetapi sengaja disemprotkan sisa air kobokan durian kepermukaan kulit durian oleh pedagang durian yang nakal.

Lalu bagaimanakah jika anda ingin mengetahui apakah aroma itu berasal dari buah durian atau bukan, apakah harus dibelah durian kemudian dicium? Tidak perlu seperti itu, untuk mengetahui aroma durian cukup angkat buah durian lalu dekatkan hidung anda. Durian yang mempunyai kualitas baik akan menebarkan aroma yang sangat khas mekipun dalam keadaan tertutup.

Cium Aroma Durian

Cium Aroma Durian

5. Perhatikan Bentuk Duri Durian

Buah Durian dengan duri yang pendek dan jarang biasanya mempunyai daging buah yang rasanya lebih manis. Selain itu, buah durian yang berduri pendek dan jarang juga menandakan bahwa durian mempunyai buah yang kering. Bila anda menemukan durian yang mempunyai duri panjang maka bisa dipastikan kandungan airnya banyak sehingga daging buahnya mempunyai tekstur lembek dan becek.

6. Perhatikan Bobot Durian

Anda pasti berpikir bahwa semakin berat durian maka durian itu akan semakin banyak isinya. Ini addalah pemahamah yang sangat keliru, alih alih berisi banyak, durian yang mempunyai bobot yang berat umumnya malah isinya sedikit. Oleh karena itu ketika memilih durian pilihlah durian yang memiliki bobot lebih ringan.

7. Berbunyi Nyaring

Jika hendak memilih durian yang matang, cobalah untuk memegang durian tersebut dan cobalah untuk membunyikan buah durian, Adapun cara membuyikannya bisa menggunakan bantuan kuku jari dengan menggesek ke bagian duri durian. Durian yang belum matang akan berbunyi nyaring, seperti “plek-plek” jika diketuk. Akan tetapi, jika durian yang Anda pilih sudah matang maka bunyinya akan terdengar sedikit berat dan teredam, seperti “kruk-kruk”.

Ketuk ketuk buah durian

Ketuk ketuk buah durian

8. Pilihlah Durian masih dalam kondisi tertutup

Daging buah durian yang terkena angin terus-menerus dapat mengurangi rasa manisnya dan cenderung akan hambar. Oleh karena itu buah durian yang masih dalam kondisi tertutup akan lebih baik karena belum terkontaminasi oleh angin.

Baca Juga :   Inilah 5 Tips Mudah Agar Buah Durian Mempunyai Rasa Yang Manis dan legit, Caranya Mudah Banget Kok !

Banyak orang yang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Mereka berpikir bahwa membeli durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya.

9. Musim Kemarau

Masa panen durian umumnya terjadi pada musim kemarau. Petani sangat menghindari memanen durian dimusim hujan karena air hujan dapat merusak kualitas buah durian. Oleh karena itu jika ingin mendapatkan durian dengan kualitas terbaik carilah durian yang dipanen pada musim kemarau.

10. Cicipi Dahulu

Sebelum anda ingin membeli durian ada baiknya anda mencicipi terlebih dahulu durian yang akan anda beli. Banyak pedagang yang menyediakan tester yang dapat kita coba, jangan ragu untuk mencobanya supaya anda mendapatkan buah durian yang berkualitas dengan rasa dan aroma unggulan.

Demikianlah informasi tentang 10 tanda durian matang pohon yang wajib anda ketahui. Semoga informasi tersebut dapat menambah penegetahuan kita, dan agar kita tidak tertipu dalam memilih dan menikamati buah durian. Semoga bermanfaat.

Untuk artikel selanjutnya kita akan mencoba membahas tentang faktor apa saja yang menyebabkan bunga dan bakal buah pada tanaman durian mudah rontok dan bagaimana untuk mengatasi masalah kerontokan bunga pada durian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 20%
Benih Tomat Tantyna F1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.000 Rp 15.000
Tersedia
Rp 12.000 Rp 15.000
Stok: Tersedia
OFF 0%
Benih Cabe Pretty Purple (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 15.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 15.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Jual Tanaman Air Mata Pengantin Putih

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 60.000 Rp 80.000
Tersedia
Rp 60.000 Rp 80.000
Stok: Tersedia
Inilah 5 Panduan Sederhana Budidaya Tabulampot Kelengkeng Merah Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Panduan Budidaya kelengkeng Merah*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
SIDEBAR