Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Ini dia, Tips Tepat Agar Tanaman Buah Lengkeng Tabulampot Mampu Tumbuh Subur & Rajin Berbuah

Ini dia, Tips Tepat Agar Tanaman Buah Lengkeng Tabulampot Mampu Tumbuh Subur & Rajin Berbuah

Diposting pada 21 December 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 4.042 kali

Tips Tepat Agar Tanaman Buah Lengkeng Tabulampot Mampu Tumbuh Subur & Rajin Berbuah

Lengkeng merupakan salah satu tanaman buah favorit yang sudah memiliki banyak penggemar saat ini. Ketika musim panen tiba, sudah bisa dipastikan daerah – daerah sentral penghasil buah kelengkeng ini pasti diserbu oleh para penggemarnya. Buahnya berbentuk bulat dan berukuran kecil, hadir dengan rasa yang manis membuat para pecinta buah tak ingin melewatkan untuk menikmatinya. Menikmati segenggam buah kelengkeng ini rasa gak bakalan cukup, rasanya pasti ingin nambah lagi dan lagi.

Kondisi inilah yang menarik banyak petani atau pecinta buah untuk membudidayakannya. Baik sebagai tanaman hias yang ada di hhalaman rumah dengan tabulampot, mauun dengan menanam tanaman lengkeng dalam skala kebun komersil.

Melihat pohon lengkeng di dalam pot atau tabulampot yang sudah tumbuh dengan subur dihalaman atau pekarangan rumah memanglah menjadi pemandangan yang sangat menyenagkan, namun akan berbeda ceritanya, jika melihat pohon lengkeng yang hanya tumbuh rimbu saja tanpa memunculkan bunga dan buah.

Tips membuah Lengkeng Tabulampot

Tips membuah Lengkeng Tabulampot

Pembudidayaan tanaman lengkeng dalam pot memanglah membutuhkan perawatan yang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pembudidayaan di lahan. Tanaman lengkeng tabulampot memerlukan perawatan yang lebih ekstra agar tanaman lengkeng mampu tumbuh subur dan mampu berbuah. Tanaman buah lengkeng di dalam pot akan rajin berbuah jika dilakukan pemeliharaan denga baik yang meliputi penyiraman, pemupukan dan pemangkasan secara teratur dan berkala.

Berikut ini beberapa Tips tepat untuk membuahkan tanaman buah lengkeng di dalam pot :

1. Tahap penyiraman

Penyiraman tanaman lengkeng dilakukan secara rutin yaitu dua kali sehari jika cuaca cerah. Namun, jika dalam kondisi hujan, cukup satu kali sehari. Khusus dipot, penyiraman dilakukan dengan cara menyiramkan air ke media tanam dan dihentikan setelah air siraman sudah keluar dari dasar pot. Penyiraman yang berlebihan dapat mengakibatkan akar terendam, busuk, bahkan tanaman bisa mati.

Baca Juga :   Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya

2. Tahap Pemupukan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, perlu dilakukan pemupukan secara berkala, dengan demikian, tanaman akan tumbuh sehat dan rajin berbuah. Pada masa pertumbuhan vegetatif, tanaman lengkeng dapat diberi pupuk NPK 20:20:20 setiap bulan sekali. Adapun dosisnya setengah dari dosis anjuran. Memasuki masa tanaman dimana siap berbuah (masa generatif) sebaiknya diberikan pupuk NPK dengan kandungan fosfor (P) dan kalium (K) yang tinggi.Pupuk NPK dengan komposisi 6 :30:30 diberikan setiap bulan dengan dosis setengah dari dosis anjuran yang tercantum dalam label kemasan. Diharapkan dengan pemberian pupuk , akan memacu munculnya bunga. Saat bunga sudah muncul, disarankan untuk tidak memberikan pupuk lagi agar bunga tidak rontok.

Selain itu, dalam tahap pemupukan ada baiknya melakukan kombinasi penggunaan pupuk kandang dengan pupuk NPK. Pemberian pupuk NPK dilakukan setiap bulan, sementara pemberian pupuk kandang dilakukan tiga bulan sekali dengan dosis anjuran. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kondisi media tanam tetap gembur. Yang perlu dierhatikan, Pada saat pemberian pupuk kandang, sebaiknya pupuk NPK tidak diberikan pada bulan tersebut. Setelah berumur satu tahun tanaman lengkeng diberi pupuk NPK dengan komposisi 12 :6:24 dengan dosis 10 g/tanaman.

3. Tahap Pemangkasan

Tahapa pemangkasan ini bertujuan untuk membentuk tajuk tanaman supaya bagus seta untuk merangsang muncul dan terbentuknya bunga. Tanaman lengkeng bisa dilakukan pemangkasan setelah mencapai ketinggian 60-80cm. Hasil pemangkasan akan tumbuh tunas cabang baru. Cabang baru tersebut sebaiknya dipilih tiga cabang yang tumbuh simetris. Selanjutnya, pangkas cabang pilihan tersebut setelah tumbuh dengan baik pada ketinggian 30-40cm dari pangkasan yang pertama. Dari pemangkasan tersebut terbentuk 3-4 cabang baru. Untuk tanaman yang pertumbuhannya memanjang sebaiknya disiapkan tiang penyangga yang dipasang disekeliling pohon.

Baca Juga :   5 Paduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Jeruk Manis Tabulampot Agar Cepat Berbuah dan Sebagai Peluang Bisnis Yang Menggiurkan

Saat tanaman memasuki masa pebungaan, dilakukan pemangkasan ringan untuk mendapatkan jumlah dan kualitas buah yang baik. Adapun cara pemangkasannya berupa pemangkasan tandan bunga bila lebih panjang 10 cm, pemangkasan tandan buah sebaiknya 10% dari buah yang terbentuk, dan pemangkasan tunas air agar pembentukan buah optimum. Setelah buah sudah dipanen semua, sebaiknya lakukan pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan yang sehat dengan memangkas sisa tangkai buah, memangkas cabang dan ranting yang mengering atau terkena penyakit.

4. Pengendalian Hama dan Penyakit

Kelelawar atau codot merupakan salah satu hama utama dari tanaman lengkeng. Hewan ini menyerang bauh yang sudah matang dipohon. Untuk mencegah terjadinya serangan hama kelelawar sebaiknya, bauh kelengkeng dibrongsong menggunakan plastik yang sudah diberi lubang-lubang kecil, ayaman bambu atau kain kasa.

Selain kelelawar, ulat pemakan pucuk juga manjadi salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman lengkeng ini. Pada dasarnya, hama ini memberikan dampak kerusakan tanaman yang relatif kecil. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara manual, yakni dengan membuang hama tersebut satu persatu. Untuk tindakan pencegahan, dapat disemprot dengan pestisida sesuai denga anjuran.

Untuk serangan penyakit, beberapa penyakit yang perlu diwaspadai antara lain : penyakit antraknosa. Penyebab serangan ini adalah collectotricum gloeosporoides. Serangannya terhadap buah dan daun. Untuk pengendaliannya sebaiknya memusnahkan bagian tanaman yang terserang, melakukan sanitasi dengan baik, atau menggunakan fungisida sesuai aturan dab rekomendasi pada kemasan.

Bercak daun yang disebabkan oleh cendawan pestalotia sp. Atau fusarium sp. Patut diwaspadai juga serangannya. Gejala penyakit ini adalah timbulnya bercak-bercak coklat kelabu pada bagian tepi daun yang terinfeksi. Pada pusat bercak, terdapat bintik-bintik hitam halus. Gejala serangan oleh fusarium ialah timbulnya bercak pada daun yang tidak teratur. Untuk pengendaliannya secara manual dengan memotong dau yang masug sakit ringan atau memangkas ranting yang sudah sakit berat. Pengendalian secara kimiawi dengan menyemprotkan fungisida pada tanaman yang terserang.

Itoh Tabulampot

Itoh Tabulampot

5. Tahap Panen

Tanaman buah lengkeng termasuk jenis tanaman yang masuk dalam kelompok buah nonklimakterik sehingga harus dipanen setelah matang dipohon karena tidak dapat diperam. Buah lengkeng dapat dipanen pada usia 4-5 bulan setelah bunga mekar. Ciri-ciri buah kelengkeng siap dipanen antara lain : warna kulitnya berubah warna, perubahan terjadi dari warna hijau berubah menjadi warna kuning kecoklatan, Sedangkan untuk jenis Lengkeng merah, perubahan terjadi dari warna kemerahan menjadi warna merah solid. Ciri lainnya adalah buah yang siap panen biasanya mengeluarkan aroma yang khas dan rasanya manis jika dicicipi, serta buah terasa lunak saat ditekan dengan jari.

Baca Juga :   7 Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Bagus Untuk Pembudidayaan Tabulampot atau Lahan di Iklim Indonesia

Memanen buah kelengkeng dilakukan dengan cara manual yakni dengan memotong tangkai rangkaian buah menggunakan gunting panen. Untuk waktunya, sebaiknya proses pemanenan dilakukan pada waktu pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu panas.

Demikanlah informasi tentang tips sederhana, mudah dan pastinya tepat untuk membuat tanaman buah lengkeng tabulampot kesayangan anda mampu tumbuh dengan subur dan rajin berbuah. Tips ini dapat di aplikasikan untuk berbagai jenis lengkeng unggulan seperti : Lengkeng Merah, Lengkeng Itoh, Lengkeng New Krital Lengkeng Kateki, Lengkeng Pingpong, Lengkeng Matalada, Lengkeng Aroma durian, lengkeng Puangray, Lengkeng Diamond River dan jenis lengkeng lainnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang seluk beluk tanaman Lengkeng., Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Ini dia, Tips Tepat Agar Tanaman Buah Lengkeng Tabulampot Mampu Tumbuh Subur & Rajin Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Ini dia, Tips Tepat Agar Tanaman Buah Lengkeng Tabulampot Mampu Tumbuh Subur & Rajin Berbuah | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Ini dia, Tips Tepat Agar Tanaman Buah Lengkeng Tabulampot Mampu Tumbuh Subur & Rajin Berbuah

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 18%
Benih Selada Krop General (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 31%
Bibit Durian Montong Kaki 3

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Montong kaki 3Rp 175.000 Rp 255.000
Tersedia
Rp 175.000 Rp 255.000
Stok: Tersedia
OFF 14%
Bibit Alpukat Kelud 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 175.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 175.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 14%
Bibit Belimbing Dewi Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Belimbing Dewi TabulampotRp 185.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 185.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR