Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Ini dia, Cara Tepat Yang Digunakan Dalam Memperbanyak Tanaman Kurma

Ini dia, Cara Tepat Yang Digunakan Dalam Memperbanyak Tanaman Kurma

Diposting pada 25 December 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.816 kali

Ini dia, Cara Tepat Yang Digunakan Dalam Memperbanyak Tanaman Kurma

Salah satu hal yang ingin diketahui oleh para pekebun baru dalam budidaya tanaman kurma adalah bagaimana cara memperbanyaknya. Apakah cukup dengan menanam bijinya? Cara apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman kurma? Seberapa besar tingkat keberhasilan dan kegagalannya? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing cara? Bagaimana langkah-langkah untuk melakukannya dengan benar? Berikut adalah informasi berikut penjelasannya.

cara memperbanyak tanaman kurma

cara memperbanyak tanaman kurma

Cara Perbanyakan Pohon Kurma

Ada 3 cara dalam perbanyakan tanaman kurma. Cara pertama dengan biji, kedua dengan anakan (offshoot), dan ketiga dengan kultur jaringan. Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

1. Perbanyakan dengan Biji
Perbanyakan tanaman kurma bisa dilakukan dengan biji. Bahkan perbanyakan biji merupakan cara paling mudah untuk memperoleh bibit dalam jumlah banyak. Menurut pengalaman pribadi seorang pekebun persentase kecambah biji kurma cukup tinggi mencapai 80%. Artinya, bila pekebun menyemai 100 biji maka 80 biji akan berkecambah dan bertahan hidup. Dengan bibit itu 3—4 tahun kemudian tanaman mulai berbuah.

Kekurangan dari cara ini adalah ada kemungkinan sifat anak berbeda dengan sifat indukannya. Meliputi variasi dalam hal produksi dan kualitas buah. Selain itu resiko lainnya adalah bibit dari biji belum jelas jenis kelaminnya. Jenis kelamin baru bisa dipastikan setelah ia berusia 3-4 tahun kemudian. Seperti yang diketahui bahwa Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious atau berumah dua. Artinya memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Yang jantan tidak menghasilkan buah, melainkan hanya yang betina saja.

Secara umum menurut pengalaman seorang pekebun asal Thailand, perbanyakan dengan biji sangatlah mudah. Cukup meletakkan setiap biji di polibag berisi sekam bakar lalu meletakkannya di bawah jaring peneduh berkerapatan 70%. Bibit mulai memunculkan daun setelah berumur sebulan. Saat berumur setahun, ia memindahkan bibit siap tanam tersebut ke kebun.

perbanyakan biji by trubus

perbanyakan biji (foto : trubus)

Secara detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Belilah biji kurma untuk bibit Kurma di toko yang menyediakannya
  • Cuci biji kurma dengan air hingga bersih.
  • Rendam dalam larutan hormon akar dengan dosis sesuai anjuran selama satu malam
  • Saring biji kemudian semai kedalam pot berdiameter 20 cm yang sudah berisi media sekam bakar
  • Letakkan biji semai kedalam rumah sungkup hingga tumbuh satu pucuk daun
  • Pindahkan bibit kedalam polibag tunggal yang berisi media campuran tanah dan cacahan sabut kelapa dengan komposisi 50:50.
  • Terakhir letakkan bibit dibawah jaring peneduh dengan kerapatan 70%.
Baca Juga :   Inilah Tips Sederhana dan Mudah Dalam Mengenali Buah Durian Musang king Agar Tidak Tertipu

2. Perbanyakan dengan anakan (offshoot)
Cara ini dilakukan dengan menumbuhkan anakan (offshoot) pada pangkal pohon betina dewasa. Satu pohon kurma muda bisa menghasilkan 3 batang anakan (untuk varietas Barhee) sampai 30 batang anakan (untuk varietas Medjoul). Anakan selalu ditanam bersama akarnya.

Salah satu kelebihan cara perbanyakan dengan anakan (offshoot) adalah sifat genetik antara anakan yang dihasilkan sama persis dengan induknya. Selain itu jenis kelamin anakan segera dapat diketahui. Ini menguntungkan dalam memperhitungkan jumlah rasio tanaman jantan dan betina yang dibutuhkan dalam perkebunan nantinya.

Anakan berkembang dari tunas samping pada batang dekat permukaan tanah semasa tahap juvenile pohon kurma. Anakan menempel pada pohon induk akan berakar dan dapat ditanam terpisah dari induk. Pada saat itu anakan tersebut akan mulai membentuk bunga dan berbuah.

Perlu diingat juga anakan yang layak ditanam harus bebas dari hama dan penyakit. Bibit asal anakan mudah dikenali yakni tidak memiliki akar di salah satu sisinya. Bagian itu merupakan titik sambungan dengan induk.

perbanyakan offshot by trubus

perbanyakan offshot (foto : trubus)

Berikut ini detail langkah-langkah pemisahan anakan:

  • Pilihlah anakan yang sudah memiliki akar sendiri atau berumur sekitar 2 tahun.
  • Pangkas daun yang paling bawah lalu ikat sisanya dengan tali untuk mempermudah pemisahan.
  • Potong anakan dengan hati-hati. Pastikan bagian tengah anakan tidak terluka atau ada tanah yang menempel pada akarnya.
  • Bukalah ikatan daun, potong dan sisakan 10-12 daun disekitar kuncup. Kemudian pangkas ujung daun untuk mengurangi penguapan.
  • Tanam anakan di pot yang berisi media tanam tanah dan sekam bakar dengan perbandingan 50-50
  • Letakkan anakan tersebut dibawah jaring peneduh dengan kerapatan 70% hingga tumbuh akar dan daun baru.
  • Pemeliharaan anakan dalam proses nursery (pembibitan) biasanya berlangsung selama 1-2 tahun sebelum dipindah ke lapang.
Baca Juga :   WAJIB TAHU, Inilah Fase-Fase Kematangan Buah Kurma Untuk Menentukan Waktu Yang Tepat Dalam Memanen Sesuai Dengan Keperluan

3. Perbanyakan dengan Kultur Jaringan
Metode perbanyakan kurma yang ketiga adalah melalui kultur jaringan, yaitu dari ujung tunas baik melalui embryogenesis atau organogenesis. Pertama kali dikembangkan tahun 1970 hingga 1980 an. Organogenesis dapat dicapai menggunakan tunas samping dan meristem apikal, sedangkan embryogenesis melalui kalus yang terbentuk dari tunas, daun muda, batang dan rachilla.

Membutuhkan waktu 6 tahun untuk mencapai produksi melalui proses kultur jaringan.
Bila dibandingkan dengan 2 metode sebelumnya memang metode kutur jaringan terkesan lebih canggih dan lebih mahal dari segi harga. Bibit tanaman buah kurma dari hasil perbanyakan biji memang memiliki harga yang relatif lebih murah, akan tetapi, bibit hasil perbanyakan generatif ini memiliki kendala dimana proses penentuan jenis kelamin harus menunggu hingga bibit tersebut tumbuh besar dan berbunga. Sehingga untuk membeli bibit kurma dari biji memang harus berani berspekulasi. Dan apabila bibit kurma hasil perbanyakan generatif ini digunakan untuk budidaya skala besar tentunya akan menjadi kendala yang sangat berarti.

Solusi dari masalah tersebut adalah mendapatkan bibit kurma dari anakan kurma. Pohon kurma betina akan beranak dari usia 7 tahun sampai 10 tahun, sedangkan pohon jantan tidak. Anakan tersebut jelas berjenis kelamin betina. Namun untuk mendapatkan bibit dari anakan harus menunggu pohon kurma mengeluarkan anak sendiri, itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Perbanyakan kurma kuljar

Perbanyakan kurma kuljar (Foto : trubus)

Solusi paling cepat dari masalah itu semua adalah dengan sistem kultur jarungan atau Tissue Culture. Metode ini menghasilkan anakan yang 100% sama dengan induknya, segera diketahui jenis kelaminnya, dan bersifat genjah. Genjah artinya lebih cepat menghasilkan buah. Sebagai contoh Bibit kurma barhee yang merupakan bibit kurma unggulan hasil kultur jaringan, dapat mulai berbunga dan berbuah pada umur 4 tahun. Jauh lebih cepat dari hasil perbanyakan generatif (biji) yang membutuhkan waktu sekitar 7-8 tahun untuk berbuah.

Baca Juga :   Ini dia, 2 Cara Mudah Untuk Membedakan Tanaman Buah Kurma Jantan Dengan Tanaman Buah Kurma Betina

Lantas berapa sih kira-kira harga anakan yang menggunakan metode kultur jaringan? Menurut pengalaman Anurak Boonlue, pekebun kurma di Kanchanaburi, Thailand, yang saat ini sedang mencoba menanam kurma hasil kutur jaringan, setelah sebelumnya sudah pula mencoba metode offshoot. Anurak mendatangkan kultivar barhee dengan harga 1.400 baht setara Rp560.000 per bibit umur 2 tahun.

Nah, cara apa yang anda pilih, itu terserah Anda. Tidak ada cara yang 100 persen pasti benar. Masing masing cara memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Pertimbangkan dengan bijak pilihan Anda. Sesuaikan dengan kesenangan, gaya kerja dan biaya Anda. salam sukses!!

Bagikan informasi tentang Ini dia, Cara Tepat Yang Digunakan Dalam Memperbanyak Tanaman Kurma kepada teman atau kerabat Anda.

Ini dia, Cara Tepat Yang Digunakan Dalam Memperbanyak Tanaman Kurma | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Ini dia, Cara Tepat Yang Digunakan Dalam Memperbanyak Tanaman Kurma

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 35%
Jual Bibit Belimbing Wuluh 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Jual Bibit Tabebuya Kuning 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 25.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 25.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Ketimun Metavy F1 – 25 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Ketimun Mentavy F1Rp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
OFF 20%
Benih Kangkung Bangkok LP-1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.000 Rp 15.000
Tersedia
Rp 12.000 Rp 15.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR