Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Durian Musang King – Raja dari Segala Raja Durian Yang tersohor akan Kelezatan Rasanya

Durian Musang King – Raja dari Segala Raja Durian Yang tersohor akan Kelezatan Rasanya

Diposting pada 26 June 2020 oleh Ali Arwani | Dilihat: 96 kali

Durian Musang King – Raja dari Segala Raja Durian Yang tersohor akan Kelezatan Rasanya

Durian musang king

Durian Musang King – Siapa sich yang gak kenal dengan durian musang king? Yups, saat ini durian Musang King menjadi salah satu durian paling populer. Buah durian yang berasal dari Malaysia ini memang terkenal enak, berdaging tebal, manis dan legit. Bahkan saking enaknya, kepopuleran durian ini bahkan mampu mengalahkan durian montong asal Thailand yang lebih dulu populer.

Sejarah Durian Musangking

Durian musang king atau di negara asalnya dikenal dengan sebutan mao shan wang yang artinya raja kucing. Durian ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990. Pada saat itu kawasan Tanah Merah di Kelantan Malaysia sempat heboh karena pohon durian di kawasan ini menghasilkan buah yang berkualitas. Warna dagingnya kuning, tebal, lembut, manis sedikit pahit serta memiliki biji yang kecil dan hampir kempis.

Selanjutnya pada 1993 ada seorang warga bernama Wee Chong Beng mendaftarkan durian ini sebagai durian unggul dengan nama Raja Kunyit. Nama ini disematkan karena durian ini memiliki warna daging kuning seperti kunyit. Namun sebagian besar warga menyebutnya durian raja kunyit musang king. Sebutan musang king ini disertakan karena lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang di Kelantan.

Hasil panen dengan kualitas durian yang stabil membuat populasi durian musang king ini semakin berkembang. Pihak Kementerian Pertanian Malaysia bahkan sudah mencatat varietas durian ini sebagai varietas durian ke-197. Alhasil buah ini mendapat kode D-197.

Kelebihan Durian Musang King

Daging Durian Musang king

Durian Musang King populer dengan warna daging khas kuning layaknya kunyit. Oleh karena itu, durian Musang King ini disebut sebagai raja kunyit. Durian Musang King juga mempunyai daging yang sangat unik. Dagingnya sangat tebal dengan biji yang tipis dan kecil. Untuk soal rasa? Buah durian musang king populer dengan rasa dominan manis dan sedikit semburat pahit di mulut. Rasa dagingnya juga tebal dan creamy, sangat berbeda dari varian lain. Durian Musang King cocok bagi anda yang menyukai daging durian yang legit. Salah satu ciri khas buah durian musang king adalah memiliki tanda bintang atau star dibagian pandat yang sangat jelas.

Baca Juga :   Inilah 7 Keunggulan Tanaman Durian Musangking Yang Perlu anda Ketahui, Nomor 4 Tergolong sangat Menguntungkan

Harga Durian Musang King

Durian Musang King punya harga yang cukup mahal dibandingkan durian lain. Harga durian Musang King mampu mencapai Rp 280.000 per kilogram. Citarasa dan kualitas durian musang king yang memang jauh berbeda dari durian lainnya, termasuk daging buah yang tebal jadi salah satu alasan mengapa durian ini memiliki harga jual yang tinggi.

Di Indonesia sendiri musang king masih terbilang langka dan harganya tinggi. Hanya penjual buah besar dan supermarket buah saja yang menyediakan durian ini. Umumnya dijual dalam keadaan beku.

Budidaya Durian Musang King

Buah durian Musang king

Perawatan pohon durian Musang King tergolong memiliki tingkat yang sedang hingga sulit. pohon durian Musang King terkenal lebih rawan terkena penyakit dibandingkan pohon durian lain. Salah hama penyakit yang perllu diwaspadai adalah cancer pohon. Pohon Musang King mudah kena hama cancer pohon. Jika pohon musangking yang terkenal cancer pohon harus segera ditebang. Selain itu, pohon durian musang king juga memerlukan perawatan yang intensif dan pupuk yang khusus.

Pohon durian Musang King biasanya akan siap berbuah setelah berumur 3- 4 tahun. setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi. Namun kadang bisa lebih cepat atau lambat. tergantung pada jarak penanaman bibit pohon yang dilakukan. Masa panen durian musangking adalah dua kali dalam satu tahun. Biasanya pada bulan Juni dan Juli serta Desember dan Januari. Sekali panen biasanya bisa berlangsung satu hingga dua bulan lamanya.

 

Daftar Pustaka :

  • Syifa Nuri Khairunnisa, 2020. “Raja dari Segala Raja Durian, Musang King, Harga Per Kilo Capai Rp 280.000, Apa Keistimewaannya?”, Tribunternate.com. Online: https://tinyurl.com/yaovw88f diakses pada 26 Juni 2020
  • Devi Setya, 2018. “Ini Asal Usul dan Ciri Durian Musang King yang Tersohor Lezat Rasanya“. Food.detik.com. Online : https://tinyurl.com/ya665bj7 diakses pada 26 Juni 2020
Baca Juga :   Inilah Tips Sederhana dan Mudah Dalam Mengenali Buah Durian Musang king Agar Tidak Tertipu

Bagikan informasi tentang Durian Musang King – Raja dari Segala Raja Durian Yang tersohor akan Kelezatan Rasanya kepada teman atau kerabat Anda.

Durian Musang King – Raja dari Segala Raja Durian Yang tersohor akan Kelezatan Rasanya | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Durian Musang King – Raja dari Segala Raja Durian Yang tersohor akan Kelezatan Rasanya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Jual Bibit Alpukat Pinkerton 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
OFF 14%
Benih Cabe Pelita F1-25 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Cabe PELITA F1_Panah MerahRp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
Terpopuler
OFF 14%
Tray Semai 50 Lubang

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Media Tray Semai 50 lubangRp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Benih Terong Putih Kania F1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.500 Rp 18.000
Tersedia
Rp 12.500 Rp 18.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR