INFO BIBIT UNGGUL
Beranda » Blog » Cara Mudah Pakai Booster Kelengkeng New Kristal Agar mampu Berbuah Dengan Lebat

Cara Mudah Pakai Booster Kelengkeng New Kristal Agar mampu Berbuah Dengan Lebat

Diposting pada 26 December 2021 oleh Ali Arwani / Dilihat: 100 kali

Cara pakai booster kelengkeng

Tanaman kelengkeng kesayangan anda yang sudah berumur bertahun-tahun tak kunjung berbunga dan berbuah. Anda sudah mencoba bermacam-macam cara, namun tetap saja tidak mau berbunga. Untuk tanaman kelengkeng yang tidak mau berbuah tersebut sebenarnya bisa diatasi akan tetapi memerlukan sedikit perlakuan khusus untuk membungakan kelengkeng. Nah Salah satunya adalah cara booster.

Pupuk booster adalah semacam pupuk yang mengandung unsur N, P, K, asam amino, dan juga mengandung potasium chlorat. Pupuk booster menjadi salah satu pupuk yang sangat direkomendasikan untuk membantu proses pembuahan pada berbagai tanaman buah termasuk kelengkeng. Pemberian pupuk booster ini bertujuan untuk mempercepat waktu berbuah, atau memilih kapan waktu untuk dapat berbuah sesuai dengan kebutuhan.

Booster kelengkeng

Berikut langkah-langkah membooster tanaman kelengkeng new kristal agar cepat berbuah :

  • Tanaman Lengkeng yang akan dibooster harus dalam kondisi yang tepat yaitu usia minimal 2.5 tahun, Pembosteran paling baik dilakukan saat daun tanaman sedang tua, dan tidak ada kuncup daun yang muda.
  • Kerok kulit ari batang pokok dan cabang-cabang primer menggunakan sebilah bambu. Jangan sampai luka, cukup kelupas bagian kulit yang tipis berwarna kecoklatan.
  • Campurkan 1 paket pupuk booster dengan 4 – 5 liter air bersih, aduk hingga larut semuanya.
  • Celupkan lap kain bersih ke dalam larutan pupuk booster. Gunakan untuk mengelap batang pokok dan cabang primer sampai basah merata. Jika perlu ulangi sampai 2 kali.
  • Larutan pupuk booster yang tersisa, siramkan disekitar pangkal tanaman yang masih terjangkau akar, larutan disiramkan sedikit demi sedikit hingga terserap sempurna.
  • Pengaplikasian booster ini jangan dilakukan pada saat musim hujan karena larutan booster bisa habis tersapu air hujan
  • Setelah aplikasi, rawat tanaman seperti biasa. Jarak seminggu dari aplikasi cukup di siram air biasa, setelah 30-45 hari pohon akan keluar bunga bersamaan dengan kuncup daun.

Namun jika lebih dari 2 bulan calon bungan belum keluar dan yang keluar hanya tunas daunnya saja, maka aplikasi dianggap gagal. Namun tak usah khawatir jika kondisi tanaman kelengkeng new kristal sehat, bisa langsung dibooster lagi.

Faktor Kegagalan Aplikasi pemboosteran pada Kelengkeng :

  • Pohon lengkeng tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup karena ternaungi oleh bangunan atau pohon-pohon lain yang lebih tinggi. Sehingga hal ini menyebabkan proses fotosintesis tidak sempurna, akibatnya nutrisi yang ada tidak bisa `diolah` dengan maksimal.
  • Kondisi pucuk daun kelengkeng yang tidak pas, mungkin terlalu tua atau terlalu muda. Harusnya kondisi pucuk daun pas pada saat pucuk setengah tua.
  • Dosis pupuk booster yang kurang. 1 paket pupuk booster harusnya digunakan pada pohon kelengkeng dengan lingkar batang maksimal 12 cm.
  • Belum ada 4 jam tetapi sudah disiram atau turun hujan. Nutirisi akan tercuci padahal
    belum diserap dengan maksimal.

Demikian informasi tentang cara mudah menggunakan booster tanaman kelengkeng new kristal. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Cara Mudah Pakai Booster Kelengkeng New Kristal Agar mampu Berbuah Dengan Lebat

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Mudah Pakai Booster Kelengkeng New Kristal Agar mampu Berbuah Dengan Lebat

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Maryati
● online
Maryati
● online
Halo, perkenalkan saya Maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja