Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Berikut 4 Cara Ampuh Atasi Kerontokan Bunga Pada Tanaman Jambu Kristal

Berikut 4 Cara Ampuh Atasi Kerontokan Bunga Pada Tanaman Jambu Kristal

Diposting pada 15 June 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 768 kali

Berikut 4 Cara Ampuh Atasi Kerontokan Bunga Pada Tanaman Jambu Kristal Agar Mampu berbuah Dengan Lebat

Budidaya tanaman jambu kristal tergolong salah satu prospek budidaya tanama yang cukup menjanjikan. Selain memiliki perawatan yang tergolong mudah, budidaya jambu kristal ini juga mempu mendatangkan keungtungan yang menjanjikan. Walupun Budidaya jambu kristal tergolong mudah, namun dalam bertanam tanaman jambu kristal tak luput dari kendala, mulai dari serangan hama dan penyakit. Nah salah satu masalah yang sering menimpa dalam membudidayakan tanaman jambu kristal adalah kerontokan bunga. Ingin tahu, apa saja faktor penyebab kerontokan bunga jambu kristal dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk itu, sima ulasan berikut ini.

Atasi Rontok Bunga jambu kristal

Atasi Rontok Bunga jambu kristal

Penyebab Kerontokan

Kerontokan bunga pada jambu kristal termasuk salah satu kendala yang dialami oleh hampir semua pembudidaya tanaman jambu kristal. Tanaman jambu kristal yang sering mengalami kerontokan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor Fisiologi, kekurangan nutrisi hingga umur tanaman. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Berikut ini adalah 5 Penyebab Bunga Tanaman jambu biji kristal mudah mengalami Kerontokan :

  • Tanaman Masih Kecil
    Tanaman jambu kristal yang masih kecil atau tanaman yang masih berusia muda (baru ditanam) yang baru pertama kali berbunga itu biasanya secara alamiah bunganya akan rontok, bahkan meskipun diberi treatment/perlakuan khusus ataupun obat masih berkemungkinan besar akan rontok. Hal ini karena pada tanaman yang masih muda struktur akar dan juga batangnya belum bisa memenuhi suplai nutrisi untuk pembuahan karena memang masih terfokus pada pertumbuhan tanaman.

 

  • Kekurangan Nutrisi
    Pada saat tanaman jambu kristal memasuki fase berbunga dan berbuah, tanaman membutuhkan nutrisi untuk proses pembungaan dan pembuahan tersebut, terutama yaitu unsur kalium. Nah jika tanaman pada fase ini kekurangan unsur kalium maka dapat menyebabkan kerontokan bunga.
Baca Juga :   4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

 

  • Kekurangan Air
    Faktor penyebab kerontokan bunga jambu kristal berikutnya adalah tanaman kekurangan air pada saat memasuki fase berbunga. Akan tetapi kebutuhan air ini tidak berlebih, karena jika berlebihan dapat berakibat busuk akar yang justru dapat menyebabkan kematian tanaman.

 

Budidaya jambu kristal

Budidaya jambu kristal

 

Cara Atasi Kerontokan

  1. Cukupkan usia untuk dibuahkan
    Sebagaimana disebutkan diatas bahwa tanaman yang belum cukup umur jika memasuki fase berbunga kemungkinan besar bunganya akan rontok karena memang struktur pada tanaman tersebut masih terfokus pada pertumbuhan tanaman. Lantas pada usia berapa tanaman jambu kristal siap dibuahkan? Usia ideal bagi tanaman jambu kristal untuk dibuahkan minimal 4 bulan sejak penanaman atau sudah pernah berbunga paling tidak 2 kali, nah pada usia dibawah itu pangkas saja bunga yang tumbuh agar tanaman terfokus pada pertumbuhan.
  2. Pemupukan 
    Nutrisi berperan penting dalam proses pembentukan bunga serta fotosintesis tanaman jambu kristal. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman dan mencegah kerontokan bunga, pemupukan merupakan salah satu solusinya. Terutama pemberian pupuk dengan kandungan kalium, sebagaimana telah kita ketahui diantara manfaat pupuk kalium ini dapat memperkuat organ tanaman seperti daun, bunga, dan buah supaya tidak mudah rontok. Contoh pupuk yang dapat digunakan adalah KNO3 Putih dimana pupuk ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yaitu sekitar 40%. Cara aplikasinya pada tanaman adalah dengan cara dikocor, sedangkan dosisnya yaitu 1 sendok teh pupuk per 1 gayung air untuk tabulampot jambu kristal dengan ukuran pohon sebesar jempol orang dewasa, dengan interval pemberian 1 minggu sekali.
  3. Penyiraman
    Solusi untuk penyebab kerontokan yang selanjutnya pada tanaman yang kekurangan air adalah dengan melakukan penyiraman rutin setiap hari tepatnya pada sore hari. Penyiraman ini secukupnya saja jangan berlebihan karena jika berlebihan dapat berakibat busuk akar yang justru dapat menyebabkan kematian tanaman.
  4. Pangkas pucuk
    Cara terakhir untuk mengatasi kerontokan bunga jambu kristal adalah dengan melakukan pemotesan/pemangkasan pucuk (2 ruas pucuk), tujuannya tidak lain adalah agar pertumbuhan tanaman terfokus pada pembungaan dan pembuahan bukan malah terfokus pada pertumbuhan daun dan ranting.
Jambu kristal

Jambu kristal

 

Baca Juga :   9 Tips Mudah Mengatasi Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Buah Jambu Biji

Demikianlah informasi tentang cara mudah mengatasi kerontokan bunga pada tanaman jambu biji kristal. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dalam mengenali beberapa penyebab tanaman buah jambu biji kristal yang bunganya mudah rontok. Semoga bermanfaat & Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Berikut 4 Cara Ampuh Atasi Kerontokan Bunga Pada Tanaman Jambu Kristal kepada teman atau kerabat Anda.

Berikut 4 Cara Ampuh Atasi Kerontokan Bunga Pada Tanaman Jambu Kristal | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Berikut 4 Cara Ampuh Atasi Kerontokan Bunga Pada Tanaman Jambu Kristal

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 24%
Bibit Durian Namlung 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 95.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 95.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 29%
Jual Bibit Kersen 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 35.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 35.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Jual Tanaman Air Mata Pengantin Pink

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 60.000 Rp 80.000
Tersedia
Rp 60.000 Rp 80.000
Stok: Tersedia
OFF 34%
Bibit Buah Tin Green Yordan 50 cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Tin Green Yordan UnggulRp 95.000 Rp 145.000
Tersedia
Rp 95.000 Rp 145.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR