Beranda » Blog » Inilah 5 Tips Ampuh Mencegah Kerontokan Bunga dan Buah Pada Tanaman Jambu Air

Inilah 5 Tips Ampuh Mencegah Kerontokan Bunga dan Buah Pada Tanaman Jambu Air

Diposting pada 27 October 2021 oleh JBM tani / Dilihat: 4.579 kali

Tips mencegah kerontokan bunga jambu

Pada dasarnya budidaya tanaman jambu air tergolong cukup mudah dilakukan, namun membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam perawatannya. Nah, salah satu masalah yang sering dialami para penghobiis hingga petani dalam membudidayakan tanaman jambu air adalah kerontokan bunga. Yups, benar sekali, sebagian besar para penghobiss merasa berhasil dimana tanaman jambu air dapat tumbuh dengan subur dan berdaun rumbun. Namun saat memasuki fase pembungaan banyak dari mereka yang kecewa karena dari bunga ataupun bakal buah yang lebat tersebut rontok sehingga tidak menghasilkan buah yang maksimal.

Saat tanaman jambu air memasuki fase berbunga memang memerlukan perawatan lebih ekstra agar bunga tanaman jambu air tidak rontok dan mampu berbuah lebat. Lalu apa saja sich faktor yang menyebabkan bunga tanaman jambu air mudah rontok dan bagaimana cara mengatasinya. Tenang saja, Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang penyebab bunga jambu air mudah rontok dan cara mengatasi kerontokan bunga pada jambu air. Untuk simak ulasan ini hingga selesai ya.

Penyebab Bunga Jambu Air Rontok

1. Faktor Fisik
Saat musim penghujan tiba dengan curah hujan yang tinggi dengan intensitas jangka waktu panjang. Hal manjadi salah satu penyebab utama rontoknya bunga atau bakal buah pasca persarian. Dalam kondisi basah, benangsari (alat kelamin jantan pada bunga) lengket satu sama lain karena terikat oleh air. Sehingga benangsari tidak bisa bertemu dan membuahi kepala putik (alat kelamin betina pada bunga).

Sebaliknya pada musim kemarau, suhu panas yang ekstrim disertai dengan pengaruh kelembaban yang rendah di siang hari, ini juga dapat menjadi faktor fisik penyebab dari kegagalan persarian. Hal ini dikarenakan pada suhu ekstrim, viabilitas atau daya hidup dan vigor benangsari menjadi sangat rendah (singkat). Sehingga sulit bagi benangsari untuk tetap viabel dan membuahi kepala putik Akibatnya, bunga akhirnya layu dan gagal membentuk bakal buah karena proses persarian bunga tidak berlangsung secara normal.

Baca Juga :   6 Jenis Jambu Air Unggul Yang Terkenal Punya Ukuran Jumbo dan Dapat dibudidayakan Secara Tabulampot

2. Faktor Nutrisi
Kekurangan air dan nutrisi juga memiliki pengaruh besar terhadap kerontokan bunga pada jambu air, Terlebih lagi tanaman jambu air yang ditanam pada pot, tentu faktor nutrisi sangat terbatas dan tergantung pada pemiliknya. Inilah yang perlu diantisipasi agar tanaman jambu air tidak mudah rontok.

Nutrisi yang diperlukan tanaman jambu air adalah Natrium (N), fosfat (P) dan kalium (potassium = K). Pemberian pupuk yang mengandung kalium harus dilakukan se awal mungkin, sebelum pembungaan berlangsung dan pasca persarian selesai sehingga pemanfaatan unsur hara oleh tanaman dapat terjadi secara optimal.

Jika kandungan kalium dalam tanah sangat terbatas, maka kerontokan buah akan menjadi lebih banyak. Kerontokan buah ini akan semakin parah jika pasokan air dari dalam tanah ke tanaman juga terbatas.

3. Serangan Hama dan Penyakit
Hama dan penyakit banyak menyerang pada Tanaman Jambu Air, yang mengakibatkan kerontokan pada daun,bunga dan buah. Hama-hama pada tanaman Jambu air ini umumnya menyerang, dimulai pada saat pembentukan kelopak bunga hingga pembentukan bakal buah pasca persarian bunga. Beberapa hama berwujud ulat yang memakan bakal buah yang baru terbentuk, hama penggerek berupa serangga yang menghisap cairan sel bakal buah yang baru terbentuk, serta beragam jenis kutu penghisap cairan sel yang mengeluarkan sejenis madu yang disukai oleh semut.

Buah Jambu air

Tips Mengatasi Bunga Jambu Air Rontok

Untuk mencegah dan mengatasi kerontokan bunga pada tanaman jambu air sebenarnya cukup sederhana. Anda cukup melakukan perawatan seperti pemupukan, penyiraman hingga mengendalian hama dan penyakit. Nah adapun beberapa tips ampuh untuk mencegah dan mengatasi bunga tanaman jambu air rontok adalah sebagai berikut:

  • Menjaga agar tanah di sekitar tanaman selalu poros, supaya air tidak gampang menggenangi tetapi juga tidak cepat mengering. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara teratur, kecuali pada saat musim penghujan.
  • Memberi pupuk yang mengandung unsur N, P, dan K yang seimbang, Untuk fase generatif, lebih dianjurkan untuk memberikan pupuk dengan kadungan P dan K yang lebih tinggi.
  • Cukup Kebutuhan Hara makro-mikro tanah dengan aplikasi pupuk organik.
  • Melakukan Pemangkasan secara berkala, hal ini bertujuan agar sinar matahari dapat diterima dengan baik ke ke seluruh bagian tanaman jambu air.
  • Melakukan pemberantasan hama & penyakit dengan rutin melakukan penyemprotan insektisidan dan fungisida minimal 1 bulan sekali.
Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat

Demikianlah informasi tentang cara mudah mengatasi bunga jambu air yang mudah rontok. tips tersebut dapat juga diaplikasikan ke seluruh jenis tanaman jambu airmulai dari jambu air madu deli hijau, jambu Taiwan super green, jambu air king rose, jambu air dalhari, jambu air citra, jambu air kesuma merah hingga jambu air cincalo. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dalam mengenali beberapa penyebab tanaman buah jambu air yang bunganya mudah rontok. Semoga bermanfaat & Terima kasih

Tags: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Inilah 5 Tips Ampuh Mencegah Kerontokan Bunga dan Buah Pada Tanaman Jambu Air

Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 5 Tips Ampuh Mencegah Kerontokan Bunga dan Buah Pada Tanaman Jambu Air

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: