Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » BUDIDAYA JAMBU AIR BOL JAMAIKA Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Dengan Produktivitas Tinggi

BUDIDAYA JAMBU AIR BOL JAMAIKA Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Dengan Produktivitas Tinggi

Diposting pada 4 February 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 110 kali

Budidaya Jambu Air Bol Jamaika – Pernahkah Anda mendengar nama jambu air ini? Jambu air bol jamaika adalah salah satu jenis jambu air dengan ukuran buah yang jumbo, hampir sebesar genggaman tangan orang dewasa. Tekstur dagingnya lebih padat dan tebal. Satu buah jambu bol sudah cukup untuk membuat perut kenyang. Jambu air bol jamaika dikenal dengan daging buahnya yang berwarna putih bersih. Buah jambu bol Jamaika berwarna merah saat sudah matang. Rasa buahnya yang manis menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk membudidayakannya. Pemanfaatan buah jambu bol jamaika juga sering digunakan untuk bahan baku pembuatan sirup, dijadikan asinan, sebagai bahan baku minuman kaleng atau sebagai bahan campuran rujak.

Tetapi mengapa belum banyak orang yang mengenalnya? Apakah ini varietas baru? Bukan. Jambu air bol jamaika sudah lama ditanam orang, tetapi tidak dibudidayakan. Kebanyakan menanamnya sebagai tanaman pekarangan, koleksi tanaman hias, atau sebagai pohon pelindung. Sekalipun ada desa-desa yang menjadi sentra penghasil buah ini, tetapi bukan dalam bentuk perkebunan. Itu sebabnya mengapa buah jambu air bol jamaika sulit dicari di pasaran dan harganya sangat tinggi.

Syarat Tumbuh Jambu Air Bol Jamaika :

  • Tanaman jambu air bol jamaika dapat tumbuh dengan baik di berbagai tempat karena mempunyai daya adaptasi yang sangat besar di lingkungan tropis dari dataran rendah sampai tinggi yang mencapai ketinggian 1.200 m dpl.
  • Tanaman ini membutuhkan suplai air yang konstan sehingga akan tumbuh dengan sangat baik jika ditanam di dekat kolam atau aliran air.
  • Membutuhkan sinar matahari sebanyak 40 – 80%.
  • Menyukai tanah subur, gembur, dan berlempung, banyak mengandung bahan organik dengan drainase yang baik.
  • Tipe tanah yang paling baik adalah inseptisol. Bisa juga menggunakan tanah ultisol dan oksisol (podsolik merah kuning) jika diberi tambahan pupuk dan kapur.
  • Tingkat keasaman tanah (pH) yang diperlukan 5,5 – 7,5.

Budidaya Jambu Air Bol Jamaika

Buah Jambu Air Bol Jamaika merupakan salah satu buah jambu air unggulan yang diminati banyak orang karena rasa dan aromanya. Daging buahnya padat, tebal dan berwarna putih dengan banyak sari buah dan wangi yang khas. Buah jambu air bol jamaika mempunyai rasa asam manis sampai manis. Tanaman buah Jambu Air Bol Jamaika ini juga cocok dijadikan sebagai hiasan yang mana bunga ketika masa berbuah tanaman ini akan mengeluarkan mayangnya yang berwarna pink lebat sehingga pohon terlihat berubah warna begitupun di bawah pohon yang bekas rontokannya mirip-mirip di korea gitu.

Nah bagi anda yang tertarik untuk bertanam tanaman jambu air bol jamaika ada baiknya mempelajari dan memahami syarat tumbuh dan cara budidaya jambu air secara baik dan benar. Hal ini bertujuan agar tanaman jambu air bol jamaika mampu tumbuh dengan subur dan berbuah lebat.

Berikut ini adalah tahapan dalam membudidayakan tanaman jambu air bol jamaika agar mampu tumbuh dengan subur dan cepat berbuah :

1. Pemilihan Bibit Unggul

Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam bertanam jambu air bol jamaika adalah pemilihan bibit unggul. Dalam memilih bibit jambu air sebaiknya memilih dari hasil perbanyakan vegetatif melalui okulasi atau sambung pucuk. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan bibit yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Pilihlah bibit jambu air dengan tampilan fisik yang sehat, tegak, segar, memiliki perakaran yang kuat dan tidak terserang hama dan penyakit.

2. Penanaman Bibit

Sebelum anda masuk ke proses penanaman, hal yang harus anda perhatikan adalah anda harus membuat lubang tanam yang juga harus diberi insektisida dan juga Furadan 3G sebanyak kurang lebih 100 gram kemudian anda campur dengan pupuk urea dan SP 36 serta KCl dengan perbandingan 2:1:1 sebanyak kurang lebih 100 sampai dengan 150 gram.

Langkah kedua adalah anda harus melepaskan polybag secara perlahan – lahan dan jangan sampai rusak. Selanjtunya anda masukkan bibit tanam tadi ke dalam lubang tanam dan kemudian anda timbun, setelah itu anda siram. Atau juga bisa anda siram terlebih dahulu dan baru kemudian anda timbun bibit tersebut sampai pada bagian pangkal.

Kemudian yang harus anda lakukan adalah dengan memadatkan tanah disekitar batang dan lalu anda beri tiang penyangga pada bagian kanan serta kiri tanaman. Dan setelah anda ikat dengan kuat namun tidak perlu terlalu kuat. Anda juga harus tahu tentang cara budidaya anthurium jemani.

3. Pemeliharaan Tanaman

a. Penyiraman

Tanaman jambu air bol jamaika yang masih muda memerlukan penyiraman rutin setidaknya 1 – 2 kali sehari. Gunakan embrat atau buat sistem irigasi tetes agar lebih efektif. Jika tanaman sudah cukup besar dan perakarannya dalam, penyiraman cukup 10 – 12 kali dalam satu bulan. Sirami secara merata di sekeliling tajuk.

b. Penyiangan dan Penggemburan

Jagalah sanitasi kebun/pekarangan dengan rutin menyiangi gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Gulma atau rumput liar dapat menjadi tempat hidup dari berbagai jenis serangga yang berpotensi mengganggu tanaman. Gulma yang terlalu rapat juga meningkatkan kelembapan tanah di sekitar tajuk sehingga menambah risiko tumbuhnya jamur penyebab berbagai jenis penyakit tanaman. Selain itu, kehadiran gulma dan tanaman-tanaman liar lainnya dapat mengganggu proses tanaman menyerap nutrisi dari dalam tanah.

Ketika tanaman masih muda, sebaiknya penyiangan dilakukan secara manual. Setelah dewasa dan perakarannya kuat, penyiangan dapat menggunakan alat bantu berupa cangkul atau sabit selama dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai akar. Penyiangan dengan cangkul dapat dilanjutkan dengan penggemburan tanah untuk mengembalikan kemampuan tanah menyerap air dan menghasilkan unsur-unsur hara yang diperlukan tanaman.

c. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan terhadap tanaman dengan tujuan sebagai membentuk tajuk yang ideal, sehingga tanaman Jambu Jamaika bisa tumbuh dengan baik dan rimbun.

d. Pemupukan dan Penyayatan

Pemupukan dengan kadar P dan K yang tinggi (sebaiknya pupuk dilarutkan dalam air dan lalu disiramkan). Pemberian hormon perangsang bunga juga bisa dilakukan. Satu lagi yang tak kalah penting, buat sayatan terhadap kulit batang selebar kira-kira 1/2 – 1 cm pada pangkal batang secara melingkar. Sayatan dilakukan pada pangkal batang kira-kira 5 – 10 cm dari dasar tanah.

4. Penjarangan dan Pembungkusan buah

Ketika tanaman mulai berbuah, tentunya hasil panen yang diharapkan adalah buah dengan kualitas terbaik dan ukurannya maksimal. Tujuan ini dapat diperoleh dengan cara melakukan penjarangan buah. Buah jambu bol cenderung muncul bergerombol dalam satu cluster. Terlalu banyaknya buah dalam satu cluster menyebabkan kualitas dan ukuran buah tidak bisa maksimal karena perebutan nutrisi dan benturan atau tekanan antarbuah. Kurangi jumlah buah per tandan.

Buang buah yang cacat, tampak tumbuh tidak normal, berukuran kecil, serta menunjukkan gejala-gejala penyakit atau serangan hama. Agar penampilan buah mulus dan kualitasnya prima, lindungi buah dari serangan hama dengan cara membungkus.

Pembungkusan dilakukan 7 – 10 hari menjelang panen. Selain melindungi buah dari serangan lalat buah, pembungkusan juga membuat warna buah lebih menarik. Pembungkusan menggunakan ijuk yang diikat di kedua ujung rangkaian buah atau menggunakan pembungkus kertas/plastik transparan.

5. Masa Panen

Dengan perawatan yang baik tanaman buah jambu air bol jamaika dapat mulai berbuah pada umur 3-4 tahun sejak penanaman (hasil okulasi dan cangkok). Pohon jambu bol jamaika dapat memproduksi rata-rata 80-90 kg/pohon/tahun. Tanaman buah Jambu air bol jamaika mampu berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim, sedangkan produksi maksimal dihasilkan pada saat pohon jambu bol jamaika berumur 10 tahun dengan produksi mencapai di atas 200 kg/pohon/tahun.

Ada satu trik unik cepat dan mudah untuk membuahkan tanaman jambu bol jamaika yakni dengan memberikan larutan pupuk ikan tuna, caranya dengan menyemprotkan ke bagian belakang daun pada saat pagi hari. Penyemprotan di lakukan setiap 2 minggu sekali apalagi saat muncul bakal bunga hingga panen karena pada saat ini tanaman membutuhkan lebih banyak nutrisi. Larutan ikan tuna diyakini mengandung cukup banyak unsur fosfor yang dapat merangsang pembungaan.

Selain itu, agar buahnya bertambah manis dan mencegah rontok buah dapat mencampurkan pupuk yang mengandung larutan ikan tuna tadi dengan pupuk kalium nitrat dan dolomit. Teknik ini dapat di lakukan pada saat musim penghujan yang kebanyakan karena kelebihan kadar air buah jambu jamaika menjadi kurang manis rasanya.

Demikian informasi mengenai budidaya tanaman jambu air bol jamaika agar tumbuh dengan baik, sehingga dapat berbuah dengan optimal dari pemilihan bibit hingga masa panen. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Bagikan informasi tentang BUDIDAYA JAMBU AIR BOL JAMAIKA Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Dengan Produktivitas Tinggi kepada teman atau kerabat Anda.

BUDIDAYA JAMBU AIR BOL JAMAIKA Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Dengan Produktivitas Tinggi | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk BUDIDAYA JAMBU AIR BOL JAMAIKA Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Dengan Produktivitas Tinggi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 11%
Bibit Mangga Kelapa 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Mangga Kelapa UnggulRp 85.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 10%
Pupuk Langsung Pakai (PLP) Aglonema

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pupuk Langsung pakai AglaonemaRp 43.000 Rp 48.000
Tersedia
Rp 43.000 Rp 48.000
Stok: Tersedia
OFF 14%
Benih Cabe Bara – 25 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Cabe BaraRp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
OFF 18%
Benih Tomat Tymoti F1 – 150 Butir (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tomat Tymoti F1Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR