INFO BIBIT UNGGUL
Beranda » Blog » 9 Tips Mudah Mengatasi Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Buah Jambu Biji

9 Tips Mudah Mengatasi Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Buah Jambu Biji

Diposting pada 27 February 2019 oleh Ali Arwani / Dilihat: 14.863 kali

9 Tips Mudah Mengatasi Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Buah Jambu Biji

Hama & Penyakit Jambu Biji – Jambu biji atau yang biasa disebut jambu klutuk ini merupakan salah satu buah yang menjadi komoditas unggulan hortikultura di Indonesia. Yups, tanaman buah jambu biji banyak ditanam di beberapa wilayah dan buah jambu biji banyak digemari dan dikonsumsi masyarakat Indonesia karena memiliki kandungan vitamin C paling tinggi. Permintaan buah jambu biji yang tinggi dan ditunjang dengan nilai jual yang terbilang stabil membuat para pelaku usaha atau petani banyak yang melirik jambu biji sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Dalam budidaya tanaman jambu biji ini pastinya dalam prosesnya tidak terlepas hambatan atau permasalahan yang mengganggu pertumbuhan tanaman jambu biji. Nah, salah satu hambatan yang hampir pasti di alami petani dalam membudidayakan tanaman jambu biji ini adalah serangan hama & Penyakit. Hama dan penyakit merupakan halangan yang cukup besar dalam membudidayakan tanaman jambu biji karena dapat menurunkan kualitas dan merugikan hasil panen. Serangan hama dan penyakit ini tidak hanya menyerang tanaman jambu biji lokal saja, jenis jambu biji varietas unggul seperti jambu kristal, jambu sukun merah, jambu getas merah, jambu mutiara, jambu pear juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit ini.

Hama Penyakit Jambu Biji

Hama Penyakit Jambu Biji

Berikut ini adalah jenis hama & penyakit yang sering menyerang tanaman buah jambu biji dan tips cara pengendalian :

1. Kutu Daun

Kutu daun menetap dibawah permukaan daun. Jika serangkan kutu daun berlangsung lama, akan menjaga hitam bekas kotoran kutu.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian hama kutu daun dapat dilakukan dengan cara penyemptotan insektisida insektisida, seperti sevin dan furadan sesuai dengan dosis sesuai anjuran.
Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Cavendish Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Lebat

2. Lalat Buah

Hama ini bila menyerang buah jambu pbiji yang masih muda. Gejala yang terlihat akibat serangan lalt buah biasanya ditemukannya daging buah yang busuk.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian hama lalat buah dapat dilakukan dengan cara penggunaan perangkap petrogenol dan pembukusan buah.

3. Antraknosa

Penyakit ini menyerang tunas muda, dan buah. Hal ini berdampak pada buah menjadi keras dan bergabus. Tepi daun dan ujung daun hitam. Pada tingkat serangan berat, dapat menyebabkan gugurnya daun. Pada umumnya menyerang buah yang mulai matang dengan gejala timbul bercak–bercak.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian penyakit antraknosa pada tanaman buah jambu biji dapat dilakukan dengan cara melakukan sanitasi lingkungan tempat tumbuh dan sanitsai tanaman, mengurangi kelembapan dengan pemangkasan rutin dan periodik serta melakukan menyemprotkan dengan pestisida.

4. Kanker atau Kudis

Tanaman jambu biji yang terserang penyakit kanker ini akan tampak bercak kecil, kemudian berkembang dan membesar hingga berwarna cokelat tua dan tampak seperti kanker.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian penyakit kanker pada tanaman buah jambu biji dapat dilakukan dengan cara membrongsong buah dan membuang bagian tanaman yang sakit lalu dibakar.

5. Bercak Daun

Penyakit ini bila menyerang tanaman jambu biji gejala yang terlihat akibat serangan bercak daun adalah daun yang terserang tampak bercak–bercak bulat atau kurang teratur bentuknya, berwarna merah dan bagian tengah bercak terkadang putih.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian bercak daun dapat dilakukan dengan cara memotong dan memusnahkan bagian yang sakit dan menyemprot dengan pestidida essuai dosis anjuran.
Hama bercak daun jambu biji

Hama bercak daun jambu biji

6. Cendawan Rigidoporous Lignosus

Gejala yang terlihat akibat serangan penyakit Cendawan Rigidoporous Lignosus adalah rizom berwarna putih yang menempel pada akar, apabila akar terserang dikupas akan nampak warna kecoklatan.

Baca Juga :   4 Jenis Tanaman Buah Jambu Biji Unggulan Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Cocok Untuk diBudidayakan di Iklim Indonesia

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian pada penyakit ini dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida seperti Dlsene 200 MX.

7. Ulat Penggerek Batang

Gejala yang terlihat apabila tanaman buah jambu biji terserangan hama Ulat Penggerek Batang, maka ditemukannya lubang pada batang kayu sepanjang 30 cm.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan insektisida yang sesuai sebanyak 2 kali seminggu.

8. Ulat Putih

Gejala yang terlihat pada tanaman buah jambu akibat serangan Ulat Putih adalah pada buah jambu yang menjadi berwarna putih hitam.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida yang sesuai sebanyak 2 kali seminggu. Untuk penyemprotan insektisida dihentikan saat satu bulan sebelum panen jambu.

9. Semut dan Kutu Daun (Ceroputo)

Gejala yang terlihat pada tanaman buah jambu akibat serangan Semut dan Kutu Daun adalah timbulnya jamur hitam diatas embun pada daun atau biasa disebut embun jelaga pada permukaan daun.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian terhadap hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida, seperti sevin dan furadan.
hama semut jambu biji

hama semut jambu biji

Demikianlah informasi tentang hama dan penyakit yang sering meyerang tanaman buah jambu biji. Agar tanaman buah jambu biji mampu tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah yang bermutu maka diperlukan perhatian khusus dalam mengenali gejala-gejala serangan hama dan penyakit. Adapun Hama dan penyakit yang perlu diwaspadai antara lain Antraknosa, Kanker atau Kudis, Lalat Buah, Kutu Daun . Semoga artikel tersebut dapat bermafaat untuk menambah wawasan kita tentang budidaya tanaman buah Jambu biji. Terima kasih.

 

 


kata terkait,
jambu biji, hama jambu biji, penyakit jambu biji, hama penyakit jambu biji, bibit jambu biji unggul, tanaman jambu biji, budidaya jambu biji, tips mengatasi hama penyakit jambu biji, cara pengendalian hama penyakit jambu biji, pengendalian hama penyakit jambu biji,

Baca Juga :   Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

9 Tips Mudah Mengatasi Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Buah Jambu Biji

Komentar
  • Aji darmanto

    Jambu kristal sy banyak kutu yg warna nya hitam,akhirnya pohon kelengkeng disebelah nya jg ikutan kena. Kutu nya menempel di batang dan daun. Gimana cara menghilangkan nya n obat nya apa…

    Balas 27 December 2021 | 3:14 pm
  • Teguh Hendro

    setiap selesai bunga mekar dan mau berproses menjadi buah, tahu tahu hilang tinggal batang saja, mulanya saya pikir dimangsa tikus atau bekicot tapi saya cari cari tidak ada bekicot. moon saran

    Balas 5 November 2021 | 12:42 am
  • Ade Hatta

    Jambu kristal setiap kali berbunga rontok tidak ada yang jadi buah
    Perlakuan apa yang semestinya dilakukan terimakasih

    Balas 20 March 2021 | 12:27 pm
    • Ali Arwani Admin

      ketika tanaman jambu biji sudah mulai berbunga, sebaiknya lakukan pemupukan NPK dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi. beberapa pupuk yang sering dipake adalah MPK dan KNO3 putih. Adapun dosis yang diberikan 2 sendok makan untuk 5 liter air dengan durasi 2 minggu sekali.

      Selain itu, lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman tidak kekeringan. semoga bermanfaat terima kasih

      Balas 22 March 2021 | 5:29 am
  • Darwanto

    Saya bru tanam bibit jambu kristal, ketika tunas muncul kok pucuknya coklat kering ya…
    Sebab dan pengobatanya gmna???

    Balas 26 May 2020 | 1:28 pm
  • Nyoman suta

    Pestisida merk apa yg paling pas untuk karat merah pada daun jambu kristal saya sudah pangkas dan sudah tumbuh tunas baru.
    Tapi tunas nya bercak hitam.mohon solusinya.trimankasih

    Balas 2 May 2020 | 6:12 am
    • Ali Arwani Admin

      Buah jambu kristal yang besar akan tetapi busuk, bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satu penyebabnya kemungkinan buah jambu kristal tersebut terserang lalat buah. untuk mengantisipatinya bisa dilakukan pembungkusan pada saat buah jambu kristal masih berukuran kecil. terima kasih

      Balas 3 January 2020 | 10:20 pm

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

9 Tips Mudah Mengatasi Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Buah Jambu Biji

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Maryati
● online
Maryati
● online
Halo, perkenalkan saya Maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja