Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 8 Panduan Tepat Cara Budidaya Tanaman Kelengkeng Itoh Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Lebat Sepanjang Tahun

8 Panduan Tepat Cara Budidaya Tanaman Kelengkeng Itoh Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Lebat Sepanjang Tahun

Diposting pada 17 September 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 3.516 kali

Inilah 8 Panduan Tepat Cara Budidaya Tanaman Kelengkeng Itoh Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Lebat Sepanjang Tahun

Mendengar kelengkeng itoh? hmmm, pasti yang tebayang dalam pikiran kita adalah buah kelengkeng dengan daging yang tebal, tekstur renyah, juicy dan rasa yang manis. Yups, gak salah lagi, kelengkeng itoh ini memang merupakan salah satu kelengkeng unggulan yang tersohor akan buahnya yang tebal dan rasanya yang super manis, mencicipi kelengkeng itoh ini rasanya kita tidak akan pernah puas, karena selalu ingin lagi, lagi dan lagi.

Keunggulan lain yang membuat lengkeng itoh ini istimewa adalah sifatnya yang genjah atau mudah berbuah, bayangkan saja bibit lengkeng itoh dapat mulai berbuah setelah berumur 2 – 3 tahun sejak penanaman (hasil okulasi/sambung/cangkok). Selain itu, lengkeng itoh ini juga mempunyai kemampuan berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi.

Budidaya Lengkeng Itoh

Menanam kelengkeng itoh dapat menjadi suatu hobi dan kebanggan yang sangat menyenangkan, apabila jika melihat pohon yang kita tanam sendiri menghasilkan buah yang bergelantungan disela-sela daun. Salah satu keunggulan pohon kelengkeng itoh yakni dapat mengatur jadwal masa panen si kelengkeng itoh. sehingga bisa kapan saja memanen buahnya. Selain dapat di ditanam sendiri di pekarangn rumah kita, kelengkeng itoh ini juga memiliki potensi yang sangat bagus untuk dibudidayakan dalam skala besar.

Dalam membudidayakan kelengkeng itoh sebaiknya dilakukan secara intensif pada tanah yang terkena sinar matahari langsung, hal ini karena lengkeng itoh sangat menyukai sinar matahari. Apabila tanaman kelengkeng itoh kekurangan sinar matahari, maka produktivitas lengkeng itoh ini akan menurun atau tidak akan berbuah bila dinaungi tanaman lain.

Panduan Budidaya kelengkeng Itoh

Panduan Budidaya kelengkeng Itoh

Syarat Tumbuh

Tanaman buah kelengkeng Itoh dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian yang dianjurkan antara 200 -1.200 m dpl. kedtinggian ideal untuk lengkeng itoh adalah ketinggian antara 200-600 m dpl yang bertipe iklim basah dengan musim kering tidak lebih dari empat bulan. Air tanah antara 50-200 cm. Curah hujan 1.500-3.000 mm per tahun dengan 9-12 bulan basah dan 2-4 bulan kering. Suhu malam yang dingin (15-20° C), selama musim kemarau mendorong tanaman lengkeng itoh untuk berbunga.

Tanaman kelengkeng itoh sangat membutuhkan penyinaran sinar matahari. Apabila tanaman kelengkeng kekurangan sinar matahari, maka produktivitasnya akan menurun atau tidak akan berbuah bila dinaungi tanaman lain. Suhu harian di sentra penghasil kelengkeng minimun antara 15-25° C dan maksimun antara 25-35° C. Tanaman lengkeng itoh ini akan tumbuh baik dan produktif bila ditanam pada suhu harian rata-rata 27° C.

Baca Juga :   5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah Agar Tumbuh Subur dan Dapat Berbuah Lebat

Lahan yang baik untuk budidaya pohon kelengkeng itoh adalah tanah vulkanik dengan Memiliki pH 5-6. Tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung zat organik. Tidak mengandung hama dan penyakit yang dapat menular melalui tanah. Memiliki drainase yang baik, air tidak menggenang tetapi cukup air terutama di musim kemarau.

Berikut ini Beberapa Panduan Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng Itoh Agar tumbuh Dengan Baik dan Berbuah Setiap Saat Tanpa Mengenal Musim : 

1. Tahap Pemilihan Bibit
Sebelum menanam kelengkeng itoh, Hal pertama dan utama yang harus kita cermati adalah pemilihan bibit kelengkeng itoh yang baik. hal in karena sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembudidayaan pohon kelengkeng. Secara fisik, bibit kelengkeng yang baik yang baik harus memiliki akar yang basah, batang yang kuat, serta daun yang segar. Bibit yang biasa dijual di polybag dapat anda peroleh dari toko bibit lengkeng yang terpercaya.

2. Tahap Penanaman Bibit
Tahapan ini kita awali dengan membuat lubang yang nantinya akan kita buat sebagai tempat bibit kelengkeng itoh, buatlah lubang dengan ukuran 80 x 80 x 80 cm atau 100 x 100 x 100 cm disesuaikan dengan ukuran bibit dan luas ukuran lahan, adapun jarak ideal yang digunakan sekitar 6-7 meter. Langkah kedua, biarkan terlebih tanah yang telah dilubangi kemudian berikan pupuk kompos sebanyak kurang lebih 60 kg perlubang, lalu tutup kembali dengan tanah. Langkah ketiga, biarkan tanah yang telah ditutup kembali tersebut selama 5-6 hari.

Langkah keempat, setelah didiamkan, pupuk diaduk kembali dengan tanah, kemudian perlu didiamkan kembali selama 1 hari saja. Langkah kelima adalah menanam bibit kelengkeng itoh yang telah dipersiapkan di area tanah yang telah diolah tersebut.

3. Tahap Pengairan
Tanaman buah kelengkeng Itoh cukup kita siram 2 hari sekali. Pengeringsan selama 2 minggu dapat menyebabkan pembungaan pada tahap dewasa.

4. Tahap Pemangkasan
Langkah ini kita lakukan agar pohon tidak tumbuh terlalu tinggi dan pembentukan cabang pohon. Banyak sedikitnya buah kelengkeng bergantung pada jumlah percabangan. Pemangkasan dapat kita lakukan sekitar 2 bulan setelah bibit kelengkeng itoh ditanam. Pola pemangkasan yang kita pakai bisa mengikuti pola 1, 3, 9, 27 dst. Adapun tanda-tanda tanaman siap untuk kita dipangkas yaitu batang berwarna kecoklatan. Pemilihan batang yang kita dipangkas adalah 5-10 cm dari ujung pucuk, 2 cm di atas ruas batang terdekat. Sebaiknya Tinggi tanaman dipertahankan 2,5-3 M untuk memudahkan perawatan dan pemanenan. Tunas air dibuang, karena tanaman yang rimbun menyebabkan tingginya kelembaban sehingga mengundang hama.

Baca Juga :   Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia

5. Tahap Pemupukan
Pemupukan tepat waktu dan tepat unsur hara bisa mengatasi beceknya buah. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk kompos padat dan cair dan diberikan ketika pohon belum berbunga (masa vegetatif). Pupuk kompos padat diberikan setiap 3 bulan sekali sebanyak 25-35 kg per pohon, sedangkan pupuk kompos cair diberikan setiap 2 pekan sekali sebanyak 1-2 liter per pohon. Maka setelah 2-3 tahun, pohon kelengkeng/lengkeng itoh siap berbuah.

6. Tahap Pembuahan / Pembosteran
Pembuahan pohon kelengkeng itoh dapat dilakukan ketika pohon siap berbuah yaitu pada usia 2-3 tahun. Tahapan pembuahan ini dimaksudkan agar pohon kelengkeng mampu menghasilkan bunga yang nanti pada akhirnya berubah menjadi buah. Untuk proses pembuahan pohon kelengkeng kita harus menyediakan nutrisi pembuahan kelengkeng. Adapun jenis pembosteran dimaksud adalah pembuahan yang dilakukan dengan melalui infus /suntik pada batang atau akar tanaman kelengkeng itoh.

Dalam melakukan pembosteran tidak semua tanaman lengkeng itoh dapat langsung diboster. sebaiknya pilih pohon kelengkeng itoh yang pertumbuhannya cukup baik dan terkena sinar matahari langsung, pilihlah pohon kelengkeng itoh yang pucuk daunnya sudah tua (bukan sedang keluar daun muda).

Adapun caranya Pembuahan sebagai berikut :

  • Campurkan Nutrisi Pembuahan khusus kelengkeng dengan air secara merata sesuai dosis yang ada di label
  • Buatlah lubang pada batang akar atau pada batang pohon kelengkeng dengan cara dibor. Adapun diameter bor adalah 10 mm, dengan kedalaman bor sekitar 6m. –
  • Apabila pohon sudah berumur 9 tahun, bisa dibuat sekitar 10 lubang,
    apabila pohon kelengkeng berumur 30 tahun dapat dilubangi sekitar 15 lubang.
  • Suntikan nutrisi pembuahan kelengkeng ke dalam lubang sebanyak 10 cc /lubang, kemudian lubang ditutup, dan dengan demikian proses pembungaan selesai.

Setelah melakukan penyuntikan hormon, tunggu selama kurang lebih 35 hari, maka pohon kelengkeng akan mengeluarkan bunga, setelah kelengkeng mengeluarkan bunga maka anda harus memberikan pupuk, gunakan pupuk NPK atau pupuk kandang.

7. Penyakit & Hama
Jenis hama & penyakit yang sering menyerang tanaman buah lengkeng itoh antara lain :

  • Trusuk
    Hama ini menyerang bagian batang, terutama batang pokoknya, yakni dengan cara membuat lubang dan masuk ke dalamnya. Kelengkeng itoh yang terserang hama trusuk menunjukkan perubahan pada warna daunnya, yakni semula berwarna hijau menjadi kunig dan akhirnya rontok dan mati. Pengendalian hama trusuk dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida pada batang yang telah terserang oleh hama tersebut. Namun akan lebih baik jika dilakukan pencegahan secara dini sebelum terserang, yakni dengan melakukan penyemprotan insektisida pada batang-batang tanaman kelengkeng yang sehat, terutama batang pokoknya.
  • Kelelawar
    Kelelawar juga termasuk hama yang sangat merugikan petani dengan memakan buah yang masak dan merontokkan buah muda. Untuk mengatasi gangguan kelelawar, buah kelengkeng pada malainya harus diberongsong dengan anyaman bambu atau tepes kelapa.
  • Jamur
    Salah satu penyakit yang sering mengganggu tanaman kelengkeng adalah Jamur. Penyakit ini pada umumnya menyerang batang pohon kelengkeng, terutama batang pokoknya. Pemberantasannya dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida pada batang yang terserang.
Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat

8. Tahap Panen
Tahapan ini mulai dengan munculnya bunga pada hari ke-35 setelah diberi nutrisi pembuahan. Ketika bunga sudah muncul, pohon perlu dirawat kembali dengan memberikan pupuk kandang dan pupuk NPK. Bunga terus dirawat hingga berubah menjadi kelengkeng sebesar kelereng. langkah selanjutnya adalah dengan membungkus calon buah kelengkeng dengan jaring khusus agar terhindar dari hama seperti kelelawar. Setelah pembungkusan tersebut, pohon kelengkeng yang terus dirawat dapat menghasilkan buah kelengkeng yang menjadi lebih besar dan dapat segera dipanen.

Ciri-ciri Buah kelengkeng yang siap panen dapat kita lihat dari kulit buah yang yang licin berwarna kuning kecoklatan, buahnya empuk dan sesuai umur. Proses panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 9 pagi, sehingga masih terjaga kesegarannya. Dengan Melakukan pembuahan diluar muasin, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang besar, jadi meskipun tidak musim kelengkeng, akan tetapi anda tetap masih bisa memanen kelengkeng. Semoga Informasi tentang Panduan budiaya kelengkeng itoh dapat bermanfaat bagi kita semua.

Demikianlah informasi tentang panduan mudah dalam membudidayakan lengkeng itoh agar cepat berbuah. Adapun beberapa tahap yang perlu diperhatikan antara lain : tahap penanaman, tahap pemupukan, tahap pembuahan dan tahap panen. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita tentang budidaya tanaman lengkeng khususnya lengkeng itoh dan diharapkan kita dapat mencobanya sendiri dirumah. Terima kasih.

Selain memiliki rasa yang manis dan nikmat, buah kelengkeng juga kaya akan khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Adapun manfaat buah kelengkeng antara lain : untuk Anti-Depresan, dapat membantu kerja jantung dan limpa, melancarkan sirkulasi darah, sumber energi, mencegah demam dan flu, berkhasiat untuk kesehatan kulit dan dapat membantu program diet.

Bagikan informasi tentang 8 Panduan Tepat Cara Budidaya Tanaman Kelengkeng Itoh Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Lebat Sepanjang Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

8 Panduan Tepat Cara Budidaya Tanaman Kelengkeng Itoh Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Lebat Sepanjang Tahun | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: 8 Panduan Tepat Cara Budidaya Tanaman Kelengkeng Itoh Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Lebat Sepanjang Tahun

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 20%
Bibit Jeruk Sunkist Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 165.000 Rp 205.000
Tersedia
Rp 165.000 Rp 205.000
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 44%
Bibit Durian MusangKing 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah durian Musang kingRp 75.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 28%
Benih Bawang Merah Tuk Tuk – 10 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bawang Merah TUK-TUK_10 Gram _Panah MerahRp 18.000 Rp 25.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 25.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Jual Bibit Anggur Nizina 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR