Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Lengkeng Diamond River Agar Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Lengkeng Diamond River Agar Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Diposting pada 19 September 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 5.992 kali

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Lengkeng Diamond River Agar Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Budidaya Tabulampot Lengkeng Diamond River – Salah satu jenis tanaman lengkeng yang sudah banyak dibudidayakan di adalah Kelengkeng Diamond River. tanaman lengkeng ini sudah banyak tersebar di Indonesia, seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta, Magelang, Bogor, Jakarta, Sumatera, dan Kalimantan. Didaerah tersebut, lengkeng diamond river mampu berbuah lebat. Lengkeng Diamond River menjadi favorit karena lengkeng diamond river termasuk jenis lengkeng dataran rendah yang sangat adaptif dengan iklim tropis Indonesia. Selain itu, tanaman lengkeng Diamond River memiliki percabangan banyak dan mudah terbelah. lengkeng Diamond River memiliki tajuknya kompak dan memiliki kecenderungan tumbuh melebar kesamping daripada tumbuh keatas. sehingga sangat cocok dijadikan tanaman peneduh.Karena keunggulan inilah lengkeng diamond river banyak dijadikan tabulampot sebagai hiasan rumah.

Tanaman lengkeng diamond river konon berasal dari negeri gajah putih (Thailand). Buah kelengkeng Diamond River mempunyai ukuran yang relatif besar, dan dompolannya juga cukup banyak. Daging buahnya agak tipis dan cenderung berair (juicy) serta mempunyai rasa yang manis dengan aroma yang khas.

Tanaman lengkeng terkenal termasuk jenis lengkeng yang mudah berbuah atau genjah walaupun tanpa perlakuan khusus. Panen buah kelengkeng diamond river dapat dinikmati ketika pohon sudah berumur 8-12 bulan setelah tanam bibit hasil okulasi. Selain itu, tanaman lengkeng diamond river juga mempunyai kemampuan produktivitas yang tergolong tinggi., Mengingat masa berbuahnya yang tidak kenal musim dan hampir bisa berbuah sepanjang tahun. Dalam satu tahun, pohon tanaman lengkeng new kristal mampu berbuah 80-100 kg.

Budidaya Kelengkeng Diamond River

Budidaya Kelengkeng Diamond River

Syarat Tumbuh Lengkeng Diamond River

  • Tanaman lengkeng Diamond River lebih cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian antara 200- 400 m dpl.
  • Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan lengkeng Diamond River adalah tanah liat berpasir, dan tanah gembur yang mengandung banyak unsur hara.
  • Lengkeng Diamond River membutuhkan iklim yang ekstrim untuk berbunga. Suhu yang tepat untuk lengkeng Diamond River berbunga dan berbuah berkisar 20 – 25o C.
  • Tanaman lengkeng Diamond River cukup sensitif terhadap kelembapan tinggi.
  • Penyinaran menjadi faktor yang penting. Jika penyinaran matahari kurang, bisa menyebabkan buh rontok. Hal ini karena kurangnya produksi fotosintesis.
  • Lengkeng Diamond River dapat tumbuh dengan baik pada iklim basah, agak basah dan sedang. Intensitas curah hujan yang diinginkan tanaman lengkeng pingpong berkisar 1.500 mm/tahun.
Baca Juga :   Inilah Tahapan - Tahapan Dalam Proses Memanen Tanaman Buah Kurma Ala Thailand

Budidaya Lengkeng Diamond River

Tanaman lengkeng Diamond River memiliki pertumbuhan sangat cepat setelah berumur 1 tahun. Perawatan tanaman lengkeng diamond river ini juga tergolong sangat mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah penyiraman, penyinaran dan pemupukan. Dengan segala keunggulan yang dimiliki tanaman lengkeng diamond river ini tak heran jika banyak para penghobiis yang menjadikan lengkeng diamond river ini sebagai koleksi tabulampot untuk mempercantik halaman rumah. Nah, Bagaimana tertarik untuk mencoba bertanam lengkeng diamond river yang super genjah ini?. sebelum itu, kita ulas terlebih dahulu cara tanam dan perawatan kelengkeng diamond river agar berbuah lebat.

Berikut ini adalah panduan mudah budidaya tabulampot lengkeng diamond river agar cepat berbuah dan mampu berbuah sepanjang tahun :
1. Tahap Pemilihan Bibit Unggul
Bibit lengkeng diamond river yang berkualitas unggul memiliki ciri – ciri sebagai berikut

  • Sebaiknya memilih bibit lengkeng diamond river yang berasal dari hasil okulasi
  • Bibit lengkeng diamond river telah berumur minimal lima bulan dengan satu tunas mata tempel yang panjangnya minimal 40 cm.
  • Bibit lengkeng diamond river telah memiliki enam helai daun.
  • bibit lengkeng diamond river memiliki batang yang tegak, daun rindang dan akar yang kuat.
  • Bibit lengkeng diamond river bebas dari serangan hama dam penyakit utama, pertumbuhannya normal, serta batangnya tegak.
Bibit lengkeng diamond river

Bibit lengkeng diamond river

2. Penanaman di Pot
Tabulampot lengkeng diamond river dapat dimanfaatkan sebagai penghias tanam dan peneduh halaman rumah. Adapun Tahapan dalam menanam lengkeng diamond river dalam pot sebagai berikut.

  • Masukkan pecahan genting kedasar pot, lalu tambahkan media tanam, berupa campuran pasir malang, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 hingga mendekati bibir pot. Buat lubang tanam sebasar media tanam bibit.
  • Ambil bibit lengkeng diamond river, kemudian sobek atau buka polibag bibit dengan menggunakan pisau atau gunting untuk mempermudah mengeluarkan bibit lengkeng diamond river
  • Tanam bibit lengkeng diamond river dam tambahkan media tanam.
  • Siramlah bibit tanaman lengkeng diamond river sampai air keluar dari bagian bawah pot.
  • Biarkan tanaman lengkeng diamond river berada ditempat teduh hingga tumbuh tunas tunas baru. Setelah itu, pindahkan tabulampot lengkeng diamond river ke tempat yang terpapar sinar matahari langsung.
Baca Juga :   Inilah 5 Zat Rahasia Dan 10 Manfaat Pada Buah Durian Merah Banyuwangi Yang Harus Anda Ketahui

3. Tahap Perawatan
pemeliharaan menjadi salah satu unsur penting dalam budidaya tabulampot lengkeng diamond river karena hal ini berhubungan dengan pertumbuhan tanaman dan pembuahan. Adapun Perawatan yang perlu diperhatikan antara lain penyiraman, pemangkasan, dan cara mempercepat lengkeng berbuah.

– Penyiraman
Tanaman lengkeng perlu disiram dengan air dua kali sehari. Pada pagi dan sore hari, terutama bila kondisinya terlihat kering. Bila kondisi tanam masih terlihat basah, penyiraman cukup dilakukan sekali saja dalam sehari

– Pemangkasan
Proses pemangkasan bertujuan untuk pembentukan kanopi/tajuk tanaman dan pertumbuhan vegetatif yang sehat sebelum berbuah. Selain itu, pemangkasan juga diperlukan pada saat tanaman lengkeng pingpong memasuki masa pembungaan dan pembuahaan untuk mendapatkan jumlah dan kualitas buah yang baik.

Adapun tata cara pemangkasan lengkeng diamond river sebagai berikut :

  • Pemangkasan pertama dilakukan 2 bulan setelah bibit ditanam
  • Pemangkasan mengikuti pola 1, 3, 9, 27 dst.
  • Tanda tanaman siap dipangkas yaitu batang berwarna kecoklatan
  • Batang dipangkas 5-10 cm dari ujung pucuk, 2 cm di atas ruas batang terdekat
  • Tinggi tanaman dipertahankan 2,5-3 meter untuk memudahkan perawatan dan pemanenan
  • Tunas air dibuang, karena tanaman yang rimbun menyebabkan tingginya kelembaban sehingga mengundang hama.

4. Tahap Pemupukan
Tahap pemupukan menjadi unsur yang sangat penting dalam bertanam budidaya lengkeng diamond river. Pemupukan mempermudah tanaman lengkeng diamond river untuk mendapatkan nutrisi – nutisi yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan pembuahan.

Adapun proses pemupukan pada tabulampot lengkeng diamond river sebagai berikut :

  • Umur 1 tahun : Pupuk NPK : 15 : 15 : 15 sebanyak 1 kg/ph Frekuensi 4 x/thn, Pupuk Organik sebanyak 10 kg/ph Frekuensi 2 x/thn,
  • umur 2 tahun : Pupuk NPK : 15 : 15 : 15 sebanyak 2 kg/ph Frekuensi 4 x/thn, Pupuk Organik sebanyak 10 kg/ph Frekuensi 2 x/thn,
  • umur 3 tahun : Pupuk NPK : 15 : 15 : 15 sebanyak 2 kg/ph Frekuensi 4 x/thn, Pupuk Organik sebanyak 10 kg/ph Frekuensi 2 x/thn,
  • umur 4 tahun : Pupuk NPK : 15 : 15 : 15 sebanyak 3 kg/ph Frekuensi 4 x/thn, Pupuk Organik sebanyak 15 kg/ph Frekuensi 2 x/thn,

Tata cara Pemupukan pada lengkeng diamond river setelah berbuah :

  • 2 minggu setelah panen : Berikan NPK (20:10:10) dengan dosis 2kg/ph dan Pupuk organik 5 – 10 kg/ph. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan baru
  • Ketika tangkai bunga sudah muncul : berikan NPK (15:15:15) dengan dosis 1 kg/ph bertujuan untuk membantu pembentukan buah
  • Ketika buah terbentuk : berikan NPK (15:15:15) engan dosis 1 kg/ph bertujuan untuk membantu perkembangan buah
  • Sebulan setelah pemupukan pembentukan buah : Berikan NPK (12:12:21) 1 kg/ph bertujuan untuk membantu peningkatan kualitas buah
Baca Juga :   Inilah Keistimewaan Tanaman Durian Musang king Kaki Tiga, Lebih Cepat Besar dan Lebih Cepat Berbuah

5. Tahap Panen
Apabila dilakukan perawatan dengan baik, lengkeng diamond river sudah dapat mulai berbuah pada umur 8 bulan hingga 1,5 tahun. Pada umumnya panen buah kelengkeng diamond river dapat dilakukan saat sudah berumur 4 – 5 bulan setelah bunga mekar. Proses Pemanenan buah lengkengdiamond river sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

Cabang kelengkeng diamond river sangat mudah patah sehingga harus dibuatkan penyangga. Penyangga dapat dibuat pada saat tanaman berumur setahun, dan diperbaiki pada umur 2 tahun. Untuk tanaman berumur 1 tahun, dipasang 4 tonggak setinggi 2 m di sekeliling tanaman dengan jarak 80-100 cm dari batang. Pasang galang pada tonggak sebanyak 2 susun.

Buah lengkeng Diamond River

Buah lengkeng Diamond River

Tips Agar Lengkeng Diamond River Cepat berbuah

Untuk mempercepat masa berbuah pada tanaman lengkeng diamond river, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Stres air, karena kekurangan air akan memicu tanaman berbunga. Caranya, tanaman lengkeng diamond river dalam pot tidak disiram selama 2 – 3 hari. Setelah tanaman terlihat layu, tanaman diamond river disiram air sebanyak-banyaknya. Jika bunga tidak muncul juga, pengeringan bisa dilakukan lagi.
  • Pemberian KCIO3 (kalium klorat/ potash untuk racun ikan) atau NaCIO3 (natrium klorat), dengan cara dilarutkan dalam air dan disiramkan disekitar tajuk pada saat tanaman lengkeng diamond river tidak menghasilkan disekitar tajuk pada saat tanaman tidak menghasilkan tunas atau bseluruh daun terlihat hijau.
  • Pemangkasan, Setelah buah dipanen, juga perlu dilakukan pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan yang sehat. Caranya sebagai berikut.
    – Pangkas sisa tangkai buah.
    – Pengkas cabang dan ranting yang mengering.
    – Pangkas bagian cabang yang daun atau batangnya terkena penyakit.

Demikianlah informasi tentang 5 panduan mudah budidaya tabulampot lengkeng diamond river. Agar lengkeng pingpong mampu menghasilkan buah sepanjang tahun diperlukan beberapa tips khusus antara lain : pemilihan bibit unggul, penyiraman, pemangkasan dan pemupukan.

Lengkeng Diamond river menjadi pilihan yang cocok bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan atau daerah perumahan dengan lahan yang terbatas. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terim kasih.

 

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Lengkeng Diamond River Agar Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Lengkeng Diamond River Agar Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Lengkeng Diamond River Agar Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 37%
Benih Kangkung Salina (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kangkung Salina Panah MerahRp 9.500 Rp 15.000
Tersedia
Rp 9.500 Rp 15.000
Stok: Tersedia
OFF 18%
Benih Kubis New Summit (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 7%
Bibit Buah Persik 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Persik UnggulRp 275.000 Rp 295.000
Tersedia
Rp 275.000 Rp 295.000
Stok: Tersedia
OFF 10%
Pupuk Langsung Pakai (PLP) Buah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pupuk Langsung Pakai BuahRp 43.000 Rp 48.000
Tersedia
Rp 43.000 Rp 48.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR