Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Anggur Ninel Agar Mampu Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

7 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Anggur Ninel Agar Mampu Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

Diposting pada 6 January 2020 oleh Ali Arwani | Dilihat: 6.765 kali

7 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Anggur Ninel Agar Mampu Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

Budidaya Anggur Ninel

Budidaya Anggur Ninel – Saat ini buah anggur ninel telah menjadi primadona baru pecinta tanaman buah anggur. Pasalnya, buah anggur yang berasal dari ukraina ini memiliki tampilan buah yang sangat cantik yakni buahnya berwarna merah keunguan saat sudah matang. Buah anggur ninel ini juga memiliki kulit buah yang tipis sehingga sangat nikmat jika disantap. Selain itu, buah anggur ninel juga dikenal dengan citarasanya yang manis sedikit asam. Bahkan tingkat kemanisan buah anggur ninel ini mampu mencapai 22 briks, 4 bricks lebih tinggi dari tingkat kemanisan rata-rata buah anggur yaitu 18 briks.

Tanaman buah anggur ninel termasuk jenis anggur import yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya anggur ninel merupakan varietas anggur import yang sudah terbukti mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di Indonesia. Selain itu, anggur ninel juga dikenal memiliki tingkat adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan, tahan dari penyakit tanaman dan tergolong mudah dalam perawatannya.

Keunggulan lain yang gak kalah istimewa adalah varietas anggur ninel ini dikenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah dan mampu menghasilkan dompolan buah anggur yang lebat.

Nah, bagi anda yang tertarik ingin bertanam anggur varietas ninel di halaman rumah. Namun bingun bagaimana cara memulainya? tidak perlu risau, kami akan berikan ulasan mengenai cara bertanam tanaman anggur ninel secara runtut dan mudah untuk diaplikasikan.

Syarat Tumbuh Anggur Ninel

  • Tanaman anggur ninel merupakan varietas anggur import yang dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah.
  • Tanaman Anggur ninel sangat menyukai jenis tanah lempung berpasir
  • Derajat keasaman pH yang paling cocok untuk tanaman anggu ninel adalah pH sekitar 6,5-7.
  • Tanaman anggur ninel membutuhkan intensitas penyinaran dari matahari yang cukup tinggi dan perlu didukung dengan musim kemarau cukup panjang berkisar 4 – 7 bulan agar mampu tumbuh dengan baik.
  • Curah hujan yang dibutuhkan tanaman anggur ninel ini hanya 800 mm per tahun. Oleh sebab itu, penyiraman yang berlebihan justru dapat mengganggu proses pembuahannya.
  • Tanaman anggur ninel agar mampu tumbuh dengan baik, sebaiknya di tanam pada daerah yang memiliki suhu berkisar antara 23-31°C dengan tingkat kelembapan udara antara 75-80%.

Budidaya Anggur Ninel

Berikut ini adalah panduan mudah budidaya anggur ninel agar mampu tumbuh optimal dan mampu berbuah dengan lebat :

Pemilihan Bibit Anggur ninel

1. Pemilihan Bibit
Hal pertama yang harus dipersiapan dalam bertanam anggur ninel adalah pemilihan bibit unggul. Dalam memilih bibit anggur ninel sebaiknya memilih dari hasil perbanyakan vegetatif melalui okulasi atau grafting. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan bibit yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Pilihlah bibit anggur ninel dengan tampilan fisik yang sehat, tegak, segar, memiliki perakaran yang kuat dan tidak terserang hama dan penyakit.

Baca Juga :   10 Keunggulan Anggur Ninel Yang Dikenal Mudah Berbuah

2. Pengelolahan Lahan
Lahan untuk budidaya anggur ninel sebaiknya dibersihkan dari gulma, tanaman liar semak semak, dan bebatuan. Jarak tanam yang digunakan 4 x 6 m. Buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang tanam 60 x 60 x 60 cm. Lubang tersebut dibiarkan terbuka selama lebih kurang 2 minggu. Saat menggali, tanah bagian atas dan bawah dipisahkan. Lubang tanam ditutup kembali dengan posisi seperti semula. Tanah bagian atas dicampur dulu dengan 25 kg pupuk kandang sebelum dimasukkan ke dalam lubang. Lubang tanam yang sudah ditutup tanah diberi tanda berupa ajir agar posisi tanam tidak keliru.

3. Penanaman Bibit Anggur
Untuk memberikan hasil yang maksimal sebaiknya tanaman anggur ditanam ketika memasuki musim kemarau.
Untuk mendapatkan bibit anggur nine kualitas unggul sebaiknya pilihlan bibit anggur ninel yang berasal dari hasil okulasi atau grafting. Adapun kriteria bibit anggur ninel yang baik adalah :

  • Lubang tanam yang telah ditutup digali lagi seukuran dengan ukuran sebesar wadah bibit anggur ninel.
  • Polybag diiris agar bibit anggur ninel bisa dikeluarkan dengan aman tanpa menggoyahkan akar bibit.
  • Bibit anggur ninel beserta tanahnya dimasukkan dalam lubang hingga leher batang. Setelah ditimbun bibit diikat dengan ajir.
  • Setiap bibit anggur ninel sebaiknya diberi naungan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, terpaan angin, maupun siraman air hujan. Naungan tersebut dibuat miring dengan bagian yang tinggi di sebelah timur.
  • Peneduh ini berfungsi sampai tumbuh tunas-tunas baru atau lebih kurang 2 – 3 minggu.

4. Tahap Perawatan
4.1 Pembuatan Para-Para
Para-para merupakan tiang-tiang yang digunakan sebagai tempat untuk merambat tanaman buah anggur, kontruksi Para-para dapat terbuat dari kayu, besi atau beton. Dengan para-para sebagai sarana rambatannya, anggur bisa mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Jarak tiang para-para 3×3 m atau 4×5 m. Para-paranya sebaiknya berupa anyaman kawat/kayu/bambo dengan mata anyaman 40 x 40 cm. Tingginya bervaiasi antara 2-3,5 m.

4.2 Pengairan
Tanaman buah anggur tidak terlalu tahan terhadap genangan air, apabila tidak ada hujan harus dilakukan pengairan dengan cara disiram, sejak saat tanam sampai saat dibuahkan. Pengairan tanaman di musim kemarau dapat diberikan 3 hari sekali dan dikurangi pada musim penghujan. Pemberian air dihentikan tiga minggu sebelum pangkas, bersamaan saat pemupukan.

Tiga hari sebelum pangkas tanaman perlu diairi lagi sampai buah menjelang tua. Pemberian air dihentikan pada saat 2 minggu sebelum buah dipanen. Kemudian 4 hari sebelum buah dipanen, tanaman kembali diairi sampai panen berlangsung.

5. Tahap Pemupukan
Proses Pemupukan tanaman buah anggur dilakukan pada tanaman anggur ninel yang masih muda sampai tanaman dewasa berupa pupuk kandang dan pupuk buatan. Pemupukan tanaman anggur ninel muda dimulai setelah tanaman berumur 10 hari sampai satu tahun.

Baca Juga :   10 Keunggulan Anggur Ninel Yang Dikenal Mudah Berbuah

Pemupukan tanaman muda (0-1 tahun).
– Umur 0-3 bulan, 10 gr urea interval 10 hari.
– Umur 3-6 bulan, 15 gr urea interval 15 hari.
– Umur 6-12 bulan, 50 gr urea.

Cara pemupukan pada tanaman muda dengan cara membuat lubang melingkar 10 cm di sekeliling tanaman sedalam 5 cm. Umur 6 bulan tiap pohon diberi pupuk kandang 60 kg. Pemupukan tanaman dewasa disesuaikan dengan waktu pangkas. Pupuk yang diberikan adalah pupuk kandang, urea atau ZA, TSP dan KCL. Pupuk kandang 100 kg per pohon dan diberikan satu kali tiap tahun, yaitu dua minggu sebelum pangkas I.

Pupuk TSP dan KCL dan Dolomit diberikan 10 hari sebelum pangkas dan pupuk urea atau ZA diberikan 5 hari sebelum pangkas dan satu bulan setelah pangkas. Pupuk kandang diberikan sekali dalam setahun yaitu menjelang pemangkasan pertama.

Pupuk buatan diberikan setiap pemangkasan sehingga apabila dalam satu tahun akan dipangkas 3 kali maka berarti harus juga diadakan pemupukan sebanyak 3 kali. Dosis pupuk dapat dinyatakan sebagai berikut :

– Pupuk kandang : 10 karung (100 kg)
– Urea : 375-750 gr per pohon
– ZA : 375-750 gr per pohon
– TSP : 375 gr per pohon
– KCL 500 gr per pohon
– Dolomit : 800 gr per pohon

Pupuk ini ditabur di sekitar pohon dan dicampur dengan tanah, kemudian diairi (dileb). Sebelum pemupukan, tanah dibersihkan dari gulma dengan dicangkul ringan seluas tanah yang akan dileb.

Perawatan Anggur Ninel

6. Tahap Pemangkasan
Dalam budidaya anggur, pemangkasan adalah kunci utama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sebenarnya pemangkasan dengan cara menggunduli tanaman anggur ninel adalah tkenik manipulasi tanaman anggur untuk mendapatkan sebuah keadaan seperti saat mereka berada ditempat asalnya yakni didaerah-daerah sub tropis dengan 4 musim. Dengan melakukan pemangkasan kita tidak hanya membantu tanaman anggur ninel untuk berbuah tetapi juga sekaligus menata percabangan sesuai dengan keinginan. Penataan yang dimaksud adalah membentuk tajuk tanaman. Adapun pembentukan tajuk tanaman anggur ninel ini tergantung dari system apa yang akan digunakan dalam penataan tersebut. Setidaknya terdapat dua metode pemangkasan pohon anggur, yaitu cane pruning dan spur pruning. Pemilihan metode pemangkasan ini didasarkan kepada kultivar anggur itu sendiri. Karena beberapa kultivar akan menghasilkan buah yang baik dengan metode pemangkasan tertentu dan kultivar lainnya bisa lebih baik dengan metode pemangkasan yang lain pula.

a. Pemangkasan Bentuk
– Bagian pucuk batang yang kulitnya sudah berwarna kecoklatan dipotong, dengan menyisakan 3-4 mata tunas.
– Pada batang yang telah dipangkas biasanya akan muncul4 tunas baru. Buang 1 tunas yang perkembangannya paling buruk dan menyisakan 3 tunas yang dipelihara.
– Atur arah tumbuh tunas, 2 tunas kekiri dan kanan sedangkan 1 tunas lainnya biarkan lurus.
– Jika sudah mencapai panjang 1 meter dan kulitnya telah berwarna kecoklatan, tunas yang tumbuh lurus dipotong dengan menyisakan 3 tunas.
– Dari ketiga tunas tersebut, atur arah tubuh tunas 2 kekiri dan kanan dan satu tunas biarkan tumbuh lurus.

Baca Juga :   10 Keunggulan Anggur Ninel Yang Dikenal Mudah Berbuah

b. Pemangkasan Pembuahan
Dalam pemangkasan pembuahan tanaman buah anggur diperlukan perencanaan yang baik. Untuk berapa kali tanaman ini akan dibuahkan, kapan akan dipangkas. Tindakan pemangkasan harus dikaitkan dengan tindakan lain seperti pengairan, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit.

Sebelum melakukan pemangkasan, sebaiknya diperiksa dahulu salah satu cabang, potong ujungnya. Apabila pada bekas potongan tersebut tidak meneteskan air, maka pemangkasan perlu ditunda dulu dan pengairannya perlu ditambah sampai apabila ujung cabang dipotong maka akan meneteskan air.

Setelah ujung cabang yang dipotong akan meneteskan air, maka pemangkasan dapat dilaksanakan. Semua cabang dibuang. Cabang subur dapat ditinggalkan 4-6 mata, sedangkan cabang kurus dan kecil tinggalkan dengan satu mata. Saat pemngakasan terbaik pada musim kemarau atau akhir musim hujan.

Pemangkasan pertama bulan Maret/April dan ke dua bulan Juli/Agustus. Pemangkasan bulan November/Desember untuk memelihara pohon agar pada musim hujan, tanaman dalam keadaan subur. Pemangkasan dilakukan dua minggu setelah panen. Dua minggu setelah dipangkas, cabang akan mengeluarkan tunas bunga dan juga tunas-tunas baru.

Apabila ada cabang pangkas yang tidak tumbuh tunas baru, maka pangkasan diulang kembali dan menggunakan atau meninggalkan 3 mata saja. Apabila dari satu sisa cabang pangkasan keluar 2 atau 3 tunas sebaiknya dipelihara satu tunas saja, agar tunasnya sehat dan subur dan menghasilkan dompolan buah yang besar.

7. Tahap Panen
Buah anggur ninel untuk dapat masak secara sempurna biasanya membutuhkan waktu antara 130 -135 hari. Adapun ciri-ciri buah anggur ninel yang telah masak dengan baik dapat terlihat tanda-tanda sebagai berikut :

  • semua buah anggur ninel dalam satu ranting masak secara merata, warna buah yang dimiliki antara buah yang satu dan yang lainnya berwarna yang seragam
  • buah anggur ninel tidak sulit untuk lepas dari rantingnya
  • tekstur buah anggur ninel tidak terlalu keras atau lunak.

Pemetikan buah anggur ninel sebaiknya dilakukan pada pagi hari disaat cuaca cerah. Adapun alat yang dipakai dengan menggunakan gunting pangkas, hati-hati agar pupur atau lapisan lilin tidak hilang buah anggur diletakkan di tempat pengumpulan antara lain, kotak karton, peti kayu, keranjang plastik. Dasar wadah diberi lapisan lunak seperti serpihan kertas atau sejenisnya.

Demikian ulasan tentang tanamaan anggur ninel agar cepat berbuah, dalam cara bertanam terdapat beberapa tahapan yang perlu dierhatikan seperti pemilihan bibit unggul, penanaman bibit, pemupukan dan perawatan anggur ninel. semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua.

Bagikan informasi tentang 7 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Anggur Ninel Agar Mampu Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

7 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Anggur Ninel Agar Mampu Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah | JualBenihMurah.com

13 komentar untuk 7 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Anggur Ninel Agar Mampu Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 35%
Jual Bibit Durian Menoreh Kuning 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian MenorehRp 75.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Jual Bibit Alpukat Wurtz 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 12%
Bibit Mangga Kweni Tanpa Serat 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mangga Kweni Tanpa Serat UnggulRp 75.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 15%
Bibit Jambu Biji Kristal Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jambu Kristal BerbuahRp 165.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 165.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR