INFO BIBIT UNGGUL
Beranda » Blog » 7 Jenis Kelengkeng Unggulan Spesialis Dataran Rendah

7 Jenis Kelengkeng Unggulan Spesialis Dataran Rendah

Diposting pada 9 September 2021 oleh Ali Arwani / Dilihat: 300 kali

Berikut 7 Jenis Tanaman Kelengkeng Unggulan Yang Mampu Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Dengan Baik Pada Dataran Rendah

Awal mulanya budidaya tanaman lengkeng tergolong susah dan lama karena tanaman pemilik nama latin dimocarpus longan ini hanya dapat tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran tinggi saja. Di Indonesia saja, hanya ada beberapa daerah yang mampu membudidayakan tanaman kelengkeng ini seperti daerah Ambarawa, Temanggung, Jawa Tengah dan daerah Malang, Kota Batu di Jawa Timur.

Namun sekarang ini, Seiring banyaknya jenis lengkeng introduksi yang masuk di Indonesia, ada beberapa jenis tanaman lengkeng yang sudah dapat ditanam padadataran rendah dan mampu berproduksi dengan baik.

Jenis Kelengkeng dataran Rendah

Jenis Kelengkeng Dataran Rendah

Kelengkeng dataran rendah adalah jenis tanaman lengkeng yang mampu tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran rendah. jenis lengkeng ini biasanya memliki masa waktu berbuah yang tergolong pendek atau genjah. Selain itu, lengkeng dataran rendah biasanya juga mampu berbuah tanpa perlakuan khusus.

Nah bagi anda yang tinggal di daerah dataran rendah dan tertarik untuk bertanam tanaman lengkeng, kami telah merekomedasikan verietas-varietas lengkeng yang cocok di tanam pada dataran rendah. Berikut ulasannya.

Berikut ini 7 jenis tanaman kelengkeng kualitas unggulan yang mampu tumbuh dan berbuah pada dataran rendah :

1. Kelengkeng Merah

Kelengkeng merah atau ruby longan termasuk jenis lengkeng yang tergolong langka dan ekslusif. Sesuai dengan namanya, lengkeng jenis ini dikenal mempunyai buah berwarna merah solid yang sangat cantik. Tak hanya buahnya yang berwarna merah, daun, batang hingga biji lengkeng ini juga berwarna merah. Selai

Lengkeng ruby longan mempunyai postur tubuh yang tergolong pendek dan mempunyai sifat yang genjah atau mudah berbuah. Panen buah lengkeng dapat dinikmati saat tanaman berumur 1-2 tahun. Kelengkeng jenis ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias sebagai tabulampot.

Kelengkeng Merah

Kelengkeng Merah

2. Kelengkeng Matalada

Kelengkeng matalada adalah jenis lengkeng spesialis dataran rendah. Lengkeng jenis ini dikenal dengan ukuran bijinya yang kecil, buahnya berdiamater 2,5—3 cm, mempunyai daging buah yang tebal, transparan dengan tekstur yang garing karena kandungan air yang tidak terlalu banyak.

Baca Juga :   7 Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Bagus Untuk Pembudidayaan Tabulampot atau Lahan di Iklim Indonesia

Panen buah kelengkeng matalada dapat dinikmati saat sudah berumur 1-2 tahun setelah tanam. Tanaman lengkeng matalada mampu berbuah tanpa perlakuan khusus atau pembosteran.

Buah Kelengkeng Matalada

3. Kelengkeng Pingpong

Sesuai dengan namanya, Kelengkeng pingpong dikenal mempunyai ukuran buah yang besar layaknya bola pingpong, diameter buahnya bisa mencapai 2,6—3,0 cm. Buah lengkeng pingpong berwarna cokelat semburat merah dengan daging buah berwarna bening. Jika diraba, kulit buah akan terasa halus.

Tebal daging buah lengkeng pingpong berkisar 3—4 mm dengan sedikit becek berair. Rasa daging buah cukup manis sehingga buah lengkeng pingpong sering dihidangkan sebagai buah meja. Teksturnya tidak garing, tetapi berserat sangat halus.

Kelengkeng PingPong

Kelengkeng PingPong

4. Kelengkeng New Kristal

Kelengkeng new kristal dikenal dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi yakni 100-150 kg per pohon per tahun. Buah kelengkeng new kristal mempunyai rasa yang super manis dengan tingkat kemanisan 21 skala brix. Daging buahnya tebal, tekstur kering dan renyah dan tidak menempel pada bijinya /nglothok. Ketebalan daging dapat mencapai diameter 3 cm.

Tanaman kelengkeng new kristal dikenal dengan tingkat adaptasi tinggi. Yang paling menarik adalah tanaman lengkeng new kristal ini mampu berbuah sepanjang tahun dengan pembosteran yakni 3 kali panen dalam 2 tahun.

Kelengkeng New Kristal

Kelengkeng New Kristal

5. kelengkeng Aroma Durian

Sesuai dengan namanya, kelengkeng aroma durian dikenal mempunyai citarasa manis dengan aroma khas durian setengah matang. Daging buah cukup tebal dengan tekstur renyah.

kelengkeng aroma durian tergolong jenis durian yang mampu berbuah baik pada dataran rendah. Keunggulan lainnya adalah kelengkeng aroma durian ini mampu berbuah sepanjang tahun sehingga sangat cocok mempercantik halaman rumah anda sebagai tanaman buah dalam pot.

Kelengkeng Aroma Durian Unggul

Kelengkeng Aroma Durian Unggul

6. Kelengkeng Puangray

Kelengkeng puang ray termasuk jenis kelengkeng yang sangat adaptif terhadapat dataran rendah. Lengkeng puang ray dikenal dengan sifatnay yang genjah. tanaman lengkeng ini mulai berbuah setelah berumur 1-2 tahun setelah tanam.

Baca Juga :   6 Jenis Kelengkeng Yang Terkenal Cepat Berbuah dan Cocok Ditanam Dalam Pot

Buah Kelengkeng puang ray mempunyai daging buah yang tebal, bertekstur kering dan mempunyai biji yang kecil. Selain itu, kelengkeng puangray mempunyai jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan kelengkeng pingpong.

Kelengkeng Puang ray

Kelengkeng Puang ray

7. Kelengkeng Diamond River

Sama halnya dengan kelengkeng puang ray, kelengkeng diamond river juga sangat adaptif pada dataran rendah. lengkeng jenis ini dapat mulai berbuah pada usia 1-2 tahun setelah tanam tanpa perlakuan khusus. Buah kelengkeng diamond river berdaging sedang, rasa manis dan cenderung berair saat dikupas.

Kelengkeng diamond river dikenal mempunyai tajuk daun yang lebat dan melebar ke samping. Percabangannya relatif banyak, daunnya memiliki warna hijau cerah, lebar dengan tepian daun agak bergelombang.

Kelengkeng Diamond River unggul

Kelengkeng Diamond River unggul

Demikianlah informasi tentang jenis kelengkeng unggulan yang dapat tumbuh dapat berbuah dengan baik pada dataran rendah. bagi anda yang tinggal di daerah dataran rendah dan tertarik untuk bertanam kelengkeng. 7 jenis kelengkeng tersebut dapat menjadi referensi yang tepat. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tags: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

7 Jenis Kelengkeng Unggulan Spesialis Dataran Rendah

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 Jenis Kelengkeng Unggulan Spesialis Dataran Rendah

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Maryati
● online
Maryati
● online
Halo, perkenalkan saya Maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja