Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 6 Panduan Mudah Menanam Bayam Dalam Polybag

6 Panduan Mudah Menanam Bayam Dalam Polybag

Diposting pada 29 May 2020 oleh Ali Arwani | Dilihat: 57 kali

Inilah 6 Panduan Mudah Menanam Sayuran Bayam Dalam Polybag

cara tanam bayam

Cara Tanam Bayam Polybag – Siapa sich yang tidak mengenal sayuran bayam? Sayuran yang identik dengan popaye ini memang sudah amat sangat populer di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak sampai dewasa menyukai jenis sayuran ini. Bahkan orang tua hingga kakek dan nenek juga menyukai sayuran bayam ini. Sayuran bayam memang dikenal termasuk jenis sayuran hijau yang kaya akan gizi, terutama zat besi/Zinc yang cukup tinggi. Pengolahan sayuran bayam ini juga tidak terlalu sulit, cukup menambahkan beberapa butir bawang merah, bawang putih, cabai dan sedikit penyedap. Sayuran bayam sudah siap untuk disantap bersama keluarga.

Sayuran bayam adalah jenis tumbuhan yang ditanam untuk diambil daunnya sebagai sayuran. Tanaman sayur ini berasal dari daerah tropik Amerika tapi sekarang sudah banyak tersebar di seluruh dunia. Bayam memiliki batang berair dan agak berkayu, daun bertangkai dengan bentuk bulat telur berwarna hijau. Sayuran bayam ini dapat tumbuh dengan mudah di semua jenis tanah, termasuk di Indonesia sendiri dimana hampir seluruh tanahnya adalah tanah subur dengan curah hujan yang cukup.

Cara Menanam Bayam Polybag

Menanam bayam dalam polybag atau pot menjadi solusi yang tepat bagi anda yang hendak bertanam sayuran jenis ini. Anda tidak perlu memiliki pekarangan yang luas untuk menanamnya. Selain membuat pekarangan anda tampak lebih indah. bertanam sayuran bayam juga dapat mencukupi kebutuhan sayur keluarga melalui tangan anda sendiri. Tertarik untuk bertanam bayam dalam polybag? caranya cukup mudah dan gak ribet kok dan sayuran bayam dapat langsung kita petik dari pekarangan. Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam menanam sayuran bayam dalam polybag agar cepat Tumbuh :

Bayam

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam menanam terong ungu dalam polybag agar cepat berbuah dengan lebat :

Baca Juga :   Inilah 12 Jenis Sayuran Yang Memiliki Nilai Jual Tinggi dan Mudah Untuk Dibudidayakan

1.Pemilihan Benih

Langkah pertama dalam bertanam adalah pemilihan benih unggul. Pemilihan benih bayam dapat diperoleh dari tanaman bayam yang sudah tua atau membeli benih bayam di toko pertanian.

  • Pilihlah benih bayam yang sehat, tidak terkena penyakit, dan tidak terkena serangan hama pada waktu penanaman sebelumnya.
  • Pilihlah benih tanaman bayam yang pada bagian kecambahnya memiliki kemampuan untuk memiliki kecambah diatas 80%.

2.Penyemaian Benih

  • Siapkan media tanam berupa campurkan tanah, pupuk kompos, dan pupuk kandang hingga merata. kemudian masukkan ke polybag kecil atau tray semai.
  • Semai 2-3 benih bayam ke dalam polybag berukuran kecil terlebih dahulu atau bisa juga menggunakan tray semai (wadah khusus tempat penyemaian).
  • Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi hari dan sore hari. Atau tergantung dengan keadaan media tanam yang sedang digunakan untuk dilakukannya penyemaian.
  • simpan benih yang akan disemai di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tunas bayam yang telah tumbuh dibiarkan dulu selama 5-14 hari sebelum dipindahkan ke polybag yang lebih besar.

Bayam Polybag

3.Penyiapan Media Tanam

Untuk menatanam bayam dalam polybag, bisa menggunakan polybag dengan ukuran minimal 20cm atau sejenisnya. Isikan polybag dengan media tanam yang berupa campuran tanah, arang sekam dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

Dalam membuat media tanam usahan dibuat sehalus mungkin dengan cara mengayaknya. Campurkan sekitar 1-2 sendok NPK dalam setiap polybag. Aduk hingga campuran tersebut benar-benar rata.

4.Penanaman Bayam

Proses pemananam bayam diawali dengan mencabut bibit bayam sawi dari tempat penyemaian. Sebelum pencabutan sebaiknya tempat pesemaian disiram terlebih dahulu. Lakukan pencabutan bibit bayam dengan hati-hati agar akar bibit bayam tidak terputus.

Baca Juga :   Inilah 12 Jenis Sayuran Yang Memiliki Nilai Jual Tinggi dan Mudah Untuk Dibudidayakan

Setelah selesai ditanam, lakukanlah penyiraman secara rutin pagi dan sore hari. Jangan lupa juga memberikan pupuk organik selama 1 minggu sekali supaya bibit bayam bisa tumbuh lebih subur.

5.Perawatan Bayam

Perawatan menjadi salah aspek terpenting dalam menanam bayam dalam polybag. Hal karena proses perawatan mempunyai peranan yang besar dalam pertumbuhan bibit bayam sehingga mampu mengasilkan bayam yang berkualitas unggul. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam merawat tanaman bayam antara lain.

  • Penyiraman : Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari. Selama masa pertumbuhan bibt bayam sangat membutuhkan air untuk pertumbuhan, usahakan ketersediaan air tetap cukup untuk tanaman bayam.
  • Pemupukan : Pemupukan susulan dapat dilakukan dengan cara sistem kocor. Larutkan pupuk NPK kedalam air dengan jumlah 1 gr/Liter, dilakukan secara interval selang waktu 5 atau 6 hari sekali selama penanaman.
  • Hama & Penyakit : Lakukanlah pengusiran hama secara berkala, lakukan dengan tangan jika hanya ada 1 atau 2 hama saja, seterusnya untuk pengendalian secara penuh,sebaiknya menggunakan pestisida alami, dengan menggunakan kulit bawang, daun sirsak dsb. Hindari pengunaan pestisida kimia untuk meminimalisir gangguan kesehatan.

Sayuran Bayam

6.Tahap Panen

Pemanenan sayuran bayam dapat dilakukan setelah tanaman bayam sudah berumur sekitar 20-25 hari setelah tanam. Adapau cara memanen bayam dapat dilakukan dengan cara mencabut sayuram bayam secara langsung.

untuk dapat menghasilkan bayam secara rutin, caranya adalah dengan menanam bayam secara berkala setiap 3 hari atau 4 hari sekali menanam dengan jumlah polybag yang dapat disesuaikan. Hal ini akan membantu kita untuk tetap dapat melakukan pemanenan bayam setiap 3 hari atau 4 hari sekali, cukup mudah bukan.

Demikianlah informasi tentang cara mudah bertanam sayuran bayam dalam polybag atau pot. Untuk mendapatkan sayuran bayam yang berkualitas unggul diperlukan perawatan yang intensif. seperti pemilihan benih, penanaman, perawatan, pemupukan hingga pemanenan bayam. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga :   Inilah 12 Jenis Sayuran Yang Memiliki Nilai Jual Tinggi dan Mudah Untuk Dibudidayakan

Bagikan informasi tentang 6 Panduan Mudah Menanam Bayam Dalam Polybag kepada teman atau kerabat Anda.

6 Panduan Mudah Menanam Bayam Dalam Polybag | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk 6 Panduan Mudah Menanam Bayam Dalam Polybag

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 27%
Bibit Duku Longkong 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Duku LongkongRp 200.000 Rp 275.000
Tersedia
Rp 200.000 Rp 275.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Bibit Sawo Manila 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Sawo ManilaRp 85.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 7%
Pupuk NPK Growmore Bunga 10-55-10 (454 Gram)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

PUPUK NPK GROW MORE BUNGA 10-55-10Rp 32.500 Rp 35.000
Tersedia
Rp 32.500 Rp 35.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Cabe Black Royal (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

benih-cabe-black-royal-pepperRp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR