Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun

6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun

Diposting pada 17 December 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 11.087 kali

Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun

Budidaya Mangga Chokanan

Budidaya Mangga Chokanan

Bertanam Mangga Chokanan – Sekarang ini, budidaya mangga chokanan sudah menjadi pilihan fovorit para petani dalam berkebun. Hal ini tidak terlepas dari, perawatan tanaman mangga chokanan ini yang tergolong relatif mudah. Selain itu, mangga chokanan termasuk jenis mangga yang paling mudah berbuah (genjah), bayangkan saja, pada usia 1 tahun bibit mangga chokanan hasil okulasi sudah mulai belajar berbuah bahkan dalam satu tahun tanaman mangga chokanan ini mampu berbuah 2 hingga 3 kali.

Tanaman mangga chokanan ini juga terkenal memiliki produktivitas yang sangat tinggi, 1 pohon mangga Chokanan mampu menghasilkan buah sekitar 60-120 kg dalam setahun. Keunggulan lainnya adalah tanaman mangga chokanan ini sangat cocok jika dibudidayakan di dalam pot (Tabulampot). dan mampu berbuah dengan lebat.

Mangga chokanan sering disebut sebagai buah mangga madu. Hal ini dikarenakan, daging buahnya berwarna kuning merata yang cantik saat sudah matang. Selain itu, buah mangga chokanan juga mempunyai rasa manis seperti rasa madu alami. Tak anyal banyak orang yang menyukai buah mangga ini untuk dikonsumsi saat matang maupun saat masih muda. Di daerah asalnya – Thailand – Buah mangga chokanan biasanya dinikmati bersama dengan ketan.

Syarat Tumbuh Mangga Chokanan

  • Mangga Chokanan akan tumbuh optimal jika ditanam didataran rendah dan menengah dengan ketinggi < 600 m dpl.
  • Suhu yang sesuai untuk pertumbuhan Mangga Chokanan ialah 24 – 30 derajat Celcius.
  • Daerah cocok untuk berkembangnya mangga chokanan adalah daerah dengan curah hujan sekitar 750 –
    2.000 mm/tahun sangat .
  • Bulan basah rata rata 2 – 4 bulan dan bulan kering 8 – 10 bulan. Jika ditanam di daerah basah yang banyak turun hujan, tanaman akan mengalami banyak serangan hama dan penyakit serta bunga/buah mengalami kerontokan.
  • Tanah yang baik untuk budidaya mangga chokanan adalah gembur mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang seimbang serta banyak mengandung unsur hara.
  • Derajat keasaman tahan (pH tanah) yang cocok adalah 5,5 – 8 jika pH dibawah 5,5, sebaiknya media tanam (tanah) diberi kapur dolomit.

Budidaya Mangga Chokanan

Tanaman mangga chokanan memiliki sifat yang mudah dipelihara dan sangat cocok untuk ditanam di dalam pot. sehingga bertanam mangga chokanan menjadi salah aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain dapat menyalurkan hobi, ternyata budidaya mangga chokanan juga dapat menambah penghasilan lho. Pasalnya tanaman mangga chokanan memiliki kemampuan berbuah sepanjang tahun dan memiliki produktifitas yang tinggi. Nah, bagi anda yang tertarik ingin bertanam mangga chokanan, berikut ulasannya.

Baca Juga :   Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia

1. Pemilihan Bibit Unggul
Dalam budidaya mangga chokanan sebaiknya memilih bibit mangga yang memiliki kualitas unggul.

  • Pilih bibit mangga chokanan yang berasal dari penangkar bibit terpercaya.
  • Sebaiknya memilih bibit mangga chokanan dengan batang bawah yang mempunyai daya tahan tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan dan batang atas yang mempunyai produktifitas tinggi.
  • Tinggi bibit mangga chokanan antara 60 – 80 cm dan diameter 1 – 1,5 cm.
  • Warna batang hijau tua kecoklatan, serta bentuk batang lurus dan tidak bercabang.
  • Warna daun hijau mengilap dan telah membentuk tiga flush.
  • Bibit mangga chokanan yang dipilih sebaiknya telah berumur enam bulan atau lebih.
  • Bibit mangga chokanan terbebas dari serangan hama dan penyakit serta tidak cacat.
Bibit Mangga Chokanan

Bibit Mangga Chokanan

2. Pengolahan Lahan
Lahan tanam yang akan digunakan untuk budidaya mangga chokanan sebaiknya bersih dari tunggul, sisa tebang tanaman, pepohonan, semak belukar dan juga gulma. Pengolahan tanah pada lahan tanam dilakukan sebelum musim hujan. Jarak ideal untuk menanam mangga chokanan adalah 5 m x 5 atau 6×6 meter untuk bibit mangga yang berasal dari hasil okulasi.

  • Buat lubang tanah berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Biarkan terbuka selama 1 – 2 minggu.
  • Campur sisa tanah galian dengan pupuk kandang sebanyak 10 kg ditambah dengan 100 gram pupuk NPK 15:15:15.
  • Masukkan tanah campuran tersebut ke lubang tanam dimasukkan kedalam lubang tanam hingga menggunduk.
  • Diamkan selama kurang lebih 2 – 3 minggu sebelum penanaman.

3. Tahap Penanaman Bibit
Waktu yang tepat untuk bertanam mangga chokanan adalah adalah pada awal musim penghujan, namun apabila air irigasi tersedia maka penanaman bibit manggis dapat dilakukan kapan saja.

  • Lepas polibag bibit mangga chokanan dengan menggunakan gunting atau pisau. Pastikan media tanam dan bibit masih menyatu saat polibag dibuka.
  • Buat lubang tanam seukuran media tanam bibit pada lubang tanam sebelumnya yang sudah diisi campuran tanah dan pupuk kandang. Masukkan bibit mangga chokanan beserta media tanamnya kedalamnya.
  • Urug dangan tanah galian sampai membentuk guludan.
  • Siram tanaman agar media tanam tetap lembap dan tanaman tetap segar.

4. Tahap Perawatan
untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal dan buah yang bagus. bibit mangga chokanan harus mendapatkan perlakuan dan perawatan yang baik. Adapun perawatan yang perlu dilakukuan antara lain penyiraman, pemangkasan dan penyiangan

– Penyiraman
Tahap penyiraman dilakukan pada awal penanaman, sebaiknya penyiraman dilakukan secara teratur, setiap pagi dan sore hari, tergantung kondisi cuaca setempat. Demikian juga ketika musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali sehari karena media tanam akan cepat mengering. Volume air siraman tidak boleh sampai menggenang kareana akan membuat perakaran terserang cendawan akibat kelembapan yang tinggi. Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan menggunakan gembor atau spingkler agar sirama air dapat merata dan tidak merusak tanaman.

Baca Juga :   Cara Mudah Pengendalian Hama dan Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Mangga Chokanan

– Penyiangan dan pengemburan
Penyiangan pada tanaman mangga chokanan biasa dilakukan pada waktu penggemburan dan pemupukan. Rumput/gulma dicabut dengan menggunakan tangan atua cangkul, kemudian dibuang ketempat lain agar tidak tumbuh lagi. Penggemburan dilakukan pada tanah yang padat dan tidak ditumbuhi rumput disekitar pangkalbatng. Sebaiknya, penggemburan dilakukan pada awal musim hujan. Penggemburan tanah pada tanaman asal cangkokan jangan dilakukan terlalu dalam karena dapat merusak akar.

– Pemangkasan
Tahap pemangkasan ini biasanya bertujuan untuk merangsang tunas baru muncul secara bersamaaan dan mencapai umur dewasa dalam waktu yang sama pula, tanaman bebas dari cabang parasut (cabang yang daunnya tidak terkena sinar matahari langsung), membentuk tajuk tanaman yang terbentuk bulat seperti payung terbuka, mengurangi kelembapan, percabangan kokoh dan tersebar merata keseluruh penjuru angin, serta mempercepat tanaman berbuah.

Tata cara pemangkasan sebagai berikut : 

  • Pemangkasan tanaman mangga chokanan dilakukan apabila tanaman mangga sudah setinggi sekitar 80 – 100 cm.
  • Pangkas tanaman tepat pada batas bidang hijau dan cokelat untuk merangsang pertumbuhan tunas. Pilih tiga tunas seragam yang tumbuh dari ketiak yang berada.
  • Pangkas sebagian cabang tanaman dan tinggalkan minimal 3 – 4 cabang yang tumbuh sehat, kekar, tidak bersilangan dan membentuk sudut 90 – 120 derajat Celcius.
  • Ulangi pemangkasan batang pokok jika tunas yang tumbuh pada bidang pangkasan hanya satu cabang.
  • Lakukan pemangkasan berikutnya jika cabang yang dipelihara telah mencapai 1 m atau 3 – 6 bulan setelah pemangkasan pertama, sepeti syarat dan tata cara pemangkasan pertama.
  • Lakukan pemangkasan (pemeliharaan) berikutnya pada tanamn usia produktif. Cabang-cabang atau tunas liar yang tumbuh tidak pada tempatnya (misalnya dibawah percabangan pertama) harus dibuang. Demikian pula cabang cabang air, ranting, atau tunas yang sakit harus dipangkas supaya lingkungan mahkota daun dapat ditembus sinar matahari.
  • Usahakan tinggi tanaman tidak lebih dari 5 – 6 m untuk memudahakan perawatan serta bagian tanaman hampir seluruhnya mendapat sinar matahari langsung (tidak menjadi lingkungan tumbuh cendawa).

5. Tahap Pemupukan
Tahap pemupukan bertujuan agar tanaman mangga chokanan dapat tumbuh sehat dan optimal, buah rimbun , tidak cacat (berbela), dan rasanya manis.

Waktu, jenis pupuk dan dosisi serta cara pemupukan tanaman mangga chokanan sebagai berikut.

  • Tanaman umur 3 – 4 bulan : pemupukan dengan pupuk urea sebanyak 100 – 150 g per pohon. Caranya, pupuk ditaburkan tipis pada parit secara melingkar di bagian bawah lingkaran tajuk dan ditimbun tanah, kemudian diairi sesegera mungkin.
  • Tanaman umur 1 tahun : Berikan pupuk kandang sebanyak 15 kg perpohon. Pemupukan tersebut diberikan enam bulan sekali, yakni pada awal dan akhir musim hujan. Cara pemupukan dengan membenamkan pupuk dalam parit melingkari batang pohon (dibawah tajuk tanaman). Setelah pupuk dimasukkan, tanah diaduk-aduk dengan cangkul supaya tercampur merata dangan tanah dibawahnya, lalu parit ditutup tanah.
  • Tanaman menjelang berbunga : tanaman mangga yang siap berbunga membutuhkan pupuk dengan komposisi fosfor dan kalium yang tinggi. Tujunnya untuk merangsang pembungaan. Berikan NPK 15:15:15 sebanyak 1 – 2 kg/ pohon ditambah NPK 8:24:24 atau NPK 1:30:40 sebanyak 100 – 200 g/pohon atau NPK 8:16:24 dengan dosis 100 – 150 g/pohon.
Baca Juga :   7 Keunggulan Kelengkeng New Kristal, Jenis Kelengkeng Unggul Yang Dapat Berbuah Sepanjang Tahun dan Memiliki Dompolan Yang Melimpah

6. Tahap Panen
Bunga mangga dapat dipanen pada umur 70 – 80 hari setelah berbunga. Dalam memanen buah mangga chokanan sebaiknya tidak sampai masak pohon, yang penting buah harus tua (green mature). Pada tanaman mangga chokanan, fase gree mature dicapai ketika buah mangga sudah berumur 70 hari setelah buah berbentuk.

Mangga Chokanan

Mangga Chokanan

Adapun Ciri-ciri buah mangga chokanan yang siap panen, antara lain :
– bentuk buah sudah padat berisi, terutama dibagian dekat pangkal buah,
– bila buah diketuk dengan jari akan terdengar suara nyaring,
– telah terjadi perubahan warna kulit buah dari hijau menjadi kuning.
– tekstur kulit berubah menjadi halus dan lapisan bedak pada kulit semakin tebal.

Pemanenan ideal buah mangga chokanan sebaiknya dilakukan pada pukul 09.00 – 15.00 WIB karena pada waktu tersebut tekanan turgor rendah sehingga getah mangga tidak banyak keluar. Pemanenan dapat menggunakan alat sepeti gunting tangan, gunting galah, dan galah berpengait yang dilengkapi dengan anyaman rotan, jaring, atau kantong terpal. Untuk menjaga mutu hasil panen, tangkai buah sebaiknya disisakan 0,5 – 1 cm. Buah hasil panen kemudian dimasukkan dalam keranjang buah yang telah dialasi dengan daun kering.

Demikianlah informasi tentang budidaya mangga chokanan agar mampu tumbuh dengan subur dan cepat berbuah. Agar tanaman mangga chokanan mampu berbuah 3 kali dalam satu tahun diperlukan tips-tips khusus antara lain pemilihan bibit unggul, tahap penanaman hingga perawatan tanaman mangga.

Untuk artikel selanjutnya, kita akan membahas musuh besar yang sering menyerang tanaman mangga chokanan. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita tentang budidaya tanaman mangga chokanan dan diharapkan anda dapat mencobanya sendiri dirumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Bagikan informasi tentang 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 17%
Benih Caisim Shinta – 25 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Caism ShintaRp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Jual Bibit Anggur Banana 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Gambas Anggun F1 – 25 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Gambas Anggun-F1_Panah MerahRp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
Terpopuler
OFF 53%
Bibit Jambu Kristal 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tanaman buah jambu kristalRp 35.000 Rp 75.000
Tersedia
Rp 35.000 Rp 75.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR