Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 6 Panduan Mudah Budidaya Jeruk Sunkist Agar Tumbuh Optimal Dan Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

6 Panduan Mudah Budidaya Jeruk Sunkist Agar Tumbuh Optimal Dan Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

Diposting pada 1 January 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 8.994 kali

6 Panduan Mudah Budidaya Jeruk Sunkist Agar Tumbuh Optimal Dan Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

Budidaya Jeruk Sunkist – Jenis jeruk yang sedang naik daun akhir-akhir ini adalah jeruk sunkist. Buah jeruk ini dapat dengan mudah kita temukan di toko buah, supermarket hingga pasar tradisional dan pinggir jalan karena memang buah sunkist tersedia sepanjang tahun. Secara fisik, tampilan buah jeruk sunkist begitu menggiurkan bagi yang melihatnya. Buah jeruk sunkist memiliki warna kuning oranye yang membalut buah seukuran bola kasti. Ketika kulitnya dibuka, daging buahnya merakah dengan serat yang relatif besar berisi air. Buah jeruk sunkist menawarkan citarasa daging buahnya sangat manis dengan aroma yang menyegarkan. Buah jeruk sunkist ini biasanya dinikmati dengan cara dimakan langsung atau dibuat menjadi jus.

Tanaman buah jeruk sunkist merupakan jenis tanaman jeruk unggulan yang berasal dari California, Arizona. Tanaman jeruk sunkist dikenal dengan kemampuan beradaptasinya yang cukup tinggi di Iklim indonesia. tanaman jeruk sunkist juga dikenal dengan sifatnya yang mudah berbuah atau genjah dan tingkat produktifitasnya yang tinggi mengingat tanaman jeruk ini memiliki kemampuan berbuah sepanjang tahun.

Budidaya Jeruk Sunkist

Budidaya Jeruk Sunkist

Syarat Tumbuh Jeruk Sunkist

  • Tanaman jeruk sunkist dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian berkisar antara 300 – 800 m dpl .
  • Jenis tanah yang disukai oleh jeruk sunkist adalah adalah tanah lempung sampai lempung berpasir dengan fraksi liat 7-27%, debu 25-50%, dan pasir < 50%; cukup humus; serta memiliki tata air dan udara baik.
  • Jenis tanah Andosol dan Latosol juga sangat cocok untuk bertanam jeruk sunkist. pH yang diinginkan adalah 5,5-6,5.
  • Temperatur optimal untuk pertumbuhan jeruk sunkist berkisar 25-30 ºC.
  • Kelembaban optimum untuk pertumbuhan tanaman jeruk sunkist sekitar 70-80%.

Budidaya Jeruk Sunkist

Pada dasarnya budidaya tanaman jeruk sunkist tidak terlalu sulit, perawatannya juga tidak meminta persyaratan yang aneh-aneh. secara umum hampir sama dengan perawatan jeruk manis, Jika kita bisa membudidayakan jeruk manis, tentunya sanggup juga menanam jeruk sunkist. Selain dibudidayakan dilahan, Jeruk sunkist juga dapat dibudidayakan didalam pot atau tabulampot jeruk sunkist. Tertarik untuk bertanam tabulampot jeruk sunkist? Caranya sangat mudah kok!. Berikut ulasannya.

Baca Juga :   5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Srikaya Jumbo didalam Pot (Tabulampot) Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Dapat Cepat Berbuah

Berikut ini adalah tahapan membudidayakana tabulampot jeruk sankist agar rajin berbuah sepanjang tahun :
1. Pemilihan Bibit Unggul
Pemilihan bibit jeruk sunkist menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan budidaya. Oleh karena itu, pemilihan bibit jeruk sunkist perlu dilakukan dengan cermat dan hati – hati.

Berikut ini adalah ciri-ciri bibit jeruk sunkist berkualitas unggul :

  • Pilih bibit jeruk sunkist yang berasal dari hasil okulasi dengan 1 cabang dari mata tunas tempel.
  • Tinggi bibit jeruk sunkist berkisar 50-70 cm dengan umur sekitar 3-6 bulan.
  • Bibit jeruk sunkist memiliki warna batang hiju tua kecokelatan, batang lurus dan tidak bercabang banyak.
  • Tampilan warna daun hijau mengilap dan telah membentuk tiga flush.
  • Bibit jeruk sunkist yang telah berbuah akan lebih bagus, tetapi umumnya lebih mahal dibandingkan bibit yang belum berbuah.
  • Bibit jeruk sunkist terbebas dari vektor dan penyakit utama.
Bibit Jeruk Sunkist

Bibit Jeruk Sunkist

2. Pengolahan Lahan
Lahan atau media tanam yang akan digunakan untuk budidaya jeruk sunkist harus bersih dari semak belukar dan juga gulma. Proses pengolahan lahan sebaiknya dilakukan sebelum musim hujan. Tentukan jarak tanam sesuai dengan jenis tanah, kesuburan tanah, jenis tanman , dan asal bibit. Bibit okulasi ditanam dengan jarak 4 m x 6 m,. ada pula yang mulai menerapkan budi daya intensif jeruk dengan jarak tanam sangat rapat 3 m x 4 m dengan populasi 833 pohon/ ha.

  • Buat lubang tanam sebesar ( 70 x 70 x 70 ) cm.
  • Pisahkan tanah galian, setengah tanah bagian atas disebelah kiri lubang, sedangkan tanah bagian bawah disebelah kanan lubang. Biarkan lubang tanam sekitar dua minggu agar bibit hama, penyakit, dan gulma mati terkena sinar matahari langsung.
  • Masukkan tanah galian bagian bawah kedalan lubang tanam hingga 1/4 volume lubang. Campur sisa tanah galian dengan pupuk kandang sebnyak 20 kg bila bibit jeruk sunkist ditanam di tanah cadas, dan 10 kg bila bibit jeruk sunkist ditanam di tanah subur.
  • Masukkan campuran pupuk kandang dan tanah galian ke dalam lubang tanam hingga menggunduk.

3. Tahap Penanaman Jeruk Sunkist
Bertanam tanaman jeruk sunkist sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan. Namun, apabila air irigasi tersedia maka penanaman tanaman jeruk sunkist dapat dilakukan kapan saja.

  • Lepaskan polibag bibit jeruk sunkist secara hati-hati agar akar tidak terputus dan media tidak hancur. Pastikan media tanam dan bibit masih menyatu saat polibag dibuka.
  • Buat lubang tanam seukuran media tanam bibit pada lubang tanam sebelumnya yang sudah diisi campuran tanah dan pupuk kandang.
  • Masukkan bibit jeruk sunkist kedalam lubang tanam sedalam leher akar. Bibit asal okulasi diarahkan kedatangannya angin agar tunas tempel tidak mudah rusak.
  • Urug dangan tanah galian sampai membentuk guludan.
  • Lakukan penyiraman tanaman yang baru ditanam dengan air hingga media tanam disekitarnya basah.
Baca Juga :   Bingung Mencari Pupuk Organik Cair Yang berkualitas?. Inilah Cara Mudah Membuat Sendiri Pupuk Organik Cair Untuk Tanaman Durian Musang King

4. Tahap Pemeliharaan
Perawatan mutlak diperlukan untuk mendapatkan tanaman jeruk sunkist dapat berbuah dengan lebat. Pemeliharaan yang perlu dilakukan pada jeruk sunkist antara lain penyiraman, penyiangan, penggemburan, pemangkasan, dan penjarangan buah.

– Penyiraman
Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari. Proses penyiraman dilakukan pada saat musim kemarau, fase menjelang pembungan (fase produktif), dan fase menjelang pembentukan buah.

– Penyiangan dan penggemburan
Proses penyiangan bertujuan untuk membuang gulma yang tumbuh disekitar tanaman jeruk sunkist. Frekuensi penyiangan disesuaikan dengan pertumbuhan gulma. Jika gulma sudah mulai tumbuh segera dilakukan penyiangan.

– Pemangkasan
Pemangkasan bertujuan untuk membentuk tanaman yang tidak terlalu tinggi sehingga mudah dikelola, percabangan teratur dan kokoh, cahaya matahari dapat merata, memperbaiki kualitas buah (ukuran, warna, dan menurunkan rasa asam), memperbanyakan tunas baru, serta mengurangi kerimbunan tanaman.

Tata cara pemngkasan sebagai berikut.
– Pemangkasan dilakukan sejak tanaman jeruk sunkist masih muda untuk membentuk pohon dan percabangannya.
– Dari batang utama, dipelihara 3 – 4 cabang yang letaknya membentuk sudut yang seimbang antar cabang dan terletak pada ketinggian yang berbeda. Cabang lain yang tidak dikehendaki dipangka sampai dengan pangkl cabang.
– Dari batang utama tersebut, masing- masing dipelihara 3 – 4 cabang demikian seterusnya sampai terbentuk percabangan yang kompak. Kanopi pohon diarahkan membentuk setengah kubah dengan penyebaran daun merata.

5. Tahap Pemupukan
Pemupukan secara berkala juga sangat penting untuk memicu pembentukan bunga dan buah. Pemberian Pupuk organik frekuensi satu kali dalam satu tahun, diberikan pada awal musim penghujan. Selain pupuk organik, pemupukan juga dapat dibantu dengan pupuk anorganik. pemberian pupuk anorganik Frekuensi dua kali dalam tahun, masing-masing 1/2 dosis anjuran. pupuk anorganik diberikan pada saat 1. Inisiasi bunga/pembentukan kuncup dengan dosis 2.5 bagian, Pada saat pemasakan buah (8bulan sejak inisiasi), dosis 1/5 bagian dan pada saat waktu setengah bulan setelah panen, dosis sisa seluruhnya.

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Belimbing Dewi Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Adapun pemberian pupuk pada tanaman jeruk sunkist sebagai berikut :

  • Umur 1 tahun : pupuk Urea=100 gram; ZA=200 gram; TSP=25 gram; ZK=100 gram; Dolomit=20 gram dan Pupuk kandang sebanyak 20 kg/pohon.
  • Umur 2 tahun: Urea=200 gram; ZA=400 gram; TSP=50 gram; ZK=200 gram; Dolomit=40 gram; dan Pupuk kandang=40 kg/pohon.
  • Umur 3 tahun: Urea=300 gram; ZA=600 gram; TSP=75 gram; ZK=300 gram; Dolomit=60 gram dan Pupuk kandang=60 kg/pohon.
  • Umur 4 tahun: Urea=400 gram; ZA=800 gram; TSP=100 gram; ZK=400 gram; Dolomit=80 gram dan Pupuk kandang=80 kg/pohon.
  • Umur 5 tahun: Urea=500 gram; ZA=1000 gram; TSP=125 gram; ZK=500 gram; Dolomit=100 gram dan Pupuk kandang=100 kg/pohon.
Buah Jeruk Sunkist unggul

Buah Jeruk Sunkist unggul

6. Tahap Panen
Buah jeruk sunkist matang setelah berumur 4 – 6 bulan sejak bunga mekar. Pemanenan buah jeruk sunkist harus harus menunggu buah sudah benar benar masak.

Berikut kriteria buah jeruk yang siap panen.
– Warna buah sudah berubah. Jeruk sunkist yang berwana hijau saat muda menjadi oranye cerah saat masak dan pori pori jelas terlihat berupa titik-titik berlekuk kedalam sepanjang kulit buah.
– Kulitnya licin mengilap dan tekstur buah sudah mulai lunak jika ditekan.
– Kulit buah tampak kencang dan berisi penuh.

Pemanenan buah jeruk sunkist sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Agar kualitasnya tetap terjaga, buah dipanen dengan menggunakn gunting. Saat memotong, sisakan tangkai 1 – 2 cm dari pangkal buah.

Demikianlah informasi tentang panduan budidaya tanaman jeruk sunkist di dalam pot. Agar tabulampot jeruk sunkist mampu berbuah lebat sepanjang tahun tentunya memerlukan beberapa perawatan secara intensif diantaranya pemilihan bibit unggul, penyiraman, pemangkasan, pemupukan penjarangan buah. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

 

Bagikan informasi tentang 6 Panduan Mudah Budidaya Jeruk Sunkist Agar Tumbuh Optimal Dan Rajin Berbuah Sepanjang Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

6 Panduan Mudah Budidaya Jeruk Sunkist Agar Tumbuh Optimal Dan Rajin Berbuah Sepanjang Tahun | JualBenihMurah.com

3 komentar untuk 6 Panduan Mudah Budidaya Jeruk Sunkist Agar Tumbuh Optimal Dan Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

  • Halidah says:

    Sy jg punya jeruk sunkist dari muda hingga matang kulitnya tetap hijau..bika natang ssngat manis ..apa betul tan. Sy i i jg sunkist

  • Khozin says:

    Saya punya jeruk Sunkist setelah berbunga hingga berbuah saya tunggu hingga 8 bulan kok warna kulit tetap hijau tidak berubah jadi kuning bahkan jeruk nya malah jadi kempos sedikit berbeda air kira kira kenapa ya

    • Ali Arwani says:

      tanaman buah jeruk sunkist yang kompos dan sedikit air biasanya kekurangan unsur “K” dan “P” kedua unsur tersebut berperan dalam meningkatkan kualitas dan memperberat bobot buah jeruk sunkist. semoga bermanfaat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 6%
Pupuk Gold Star (80 ml)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pupuk Perangsang Gold StarRp 85.000 Rp 90.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 90.000
Stok: Tersedia
OFF 27%
Bibit Durian Musangking Kaki 3 Dongkelan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Musangking UnggulRp 550.000 Rp 750.000
Tersedia
Rp 550.000 Rp 750.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Jual Bibit Anggur Romeo 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
OFF 18%
Benih Selada Green Romaine (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR