INFO BIBIT UNGGUL
Beranda » Blog » 6 Jenis Kelengkeng Yang Terkenal Cepat Berbuah dan Cocok Ditanam Dalam Pot

6 Jenis Kelengkeng Yang Terkenal Cepat Berbuah dan Cocok Ditanam Dalam Pot

Diposting pada 19 August 2021 oleh Ali Arwani / Dilihat: 314 kali

Berikut 6 Jenis Tanaman Kelengkeng Yang Terkenal Cepat Berbuah dan Cocok Untuk Ditanam Dalam Pot

Jenis kelengkeng genjah

Kelengkeng? Yups, salah satu buah yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Meskipun memiliki ukuran yang mungil, faktany buah yang berbentuk bulat ini mempunyai citarasa yang manis dengan aroma khas yang sulit untuk dilupakan. Hal ini membuat buah kelengkeng tidak pernah kehabisan penggemar.

Buah Kelengkeng sangat cocok dinikmati secara langsung, Selain itu, buah kelengkeng yang memiliki tekstur yang sedikit berair ini juga dapat diolah menjadi minuman segar seperti es buah, jus dan puding buah.

Di balik, citarasanya yang manis, ternyata buah kelengkeng termasuk buah yang kaya vitamin C. Bahkan, kandungannya bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian lho.

Jenis Kelengkeng Genjah

Di Indonesia sendiri, terdapat beragam jenis tanaman kelengkeng unggulan yang telah beredar di pasaran. Meski sekilat terlihat tampak sama, namun setiap jenis kelengkeng memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Ingin tahu, apa saja sich jenis kelengkeng unggulan yang cepat untuk berbuah? berikut ulasannya.

Berikut adalah 5 jenis tanaman klengkeng yang terkenal mudah berbuah dan cocok di tanam didalam pot.

1. Kelengkeng Matalada

Kelengkeng unggulan pertama adalah kelengkeng matalada. Kelengkeng ini terkenal dengan sifatnya yang sangat genjah. Bayangkan saja, masa produktif kelengkeng ini dimulai saat berumur 8-12 bulan saja lho. Hebatnya lagi adalah kelengkeng diamond river mampu berbuah tanpa perlakuan khusus atau pembosteran.

Sesuai namanya, kelengkeng matalada punya biji yang sangat kecil. Buah kelengkeng matalada berukuran cukup besar. kulit buahnya berwarna cenderung putih berbintik. Daging buah tebal, tekstur renyah, juicy dan punya rasa yang manis.

Baca Juga :   3 Jenis Lengkeng Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Komersial

Tanaman kelengkeng matalada dikenal memiliki tajuk yang bagus, pohonnya rindang dan eksotis. ditambah lagi sifatnya yang genjah akan berbuah dalam waktu 1 tahunan. Oleh karena itu, tanaman kelengkeng matadala ini sangat cocok dijadikan sebagai tabulampot sebagai penghias halaman rumah anda.

Lengkeng Matalada

2. Kelengkeng Diamond River

Kelengkeng diamond river termasuk jenis kelengkeng yang cepat untuk berbuah atau genjah. Dengan perawatan yang baik, kelengkeng ini mampu berbuah setelah berumur 1-2 tahun setelah tanam.

Buah kelengkeng diamond river punya ukuran sedang. Daging buah relatif tebal, tektur renyah dan cenderung berair saat dikupas. Buah kelengkeng diamond river ini punya citarasa yang manis dengan aroma yang khas.

Tanaman kelengkeng diamond river dikenal mempunyai tajuk yang rimbun, sehingga saat cocok di tanam di halaman rumah sebagai peneduh dan mampu mempercantik tampilan rumah anda.

Lengkeng Diamond River

3. Kelengkeng Pingpong

Di beri nama pingpong karena kelengkeng ini mempunyai ukuran buah yang sangat besar layaknya bola pingpong. boleh dibilang, paling besar di antara jenis kelengkeng lainnya. Buah kelengkeng pingpong mempunyai daging yang tebal dan citarasa yang manis dengan aroma yang harum.

Tanaman kelengkeng pingpong termasuk jenis kelengkeng dengan tingkat adaptasi yang baik dan cepat berbuah. tanaman kelengkeng ini mulai berbuah setelah berumur 1-2 tahuan setelah tanam.

Selain bersifat genjah, kelengkeng pingpong ini juga mempunyai kemampuan berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. sehingga sangat rekomended untuk ditanam dihalaman rumah.

lengkeng pingpong

4. Kelengkeng Merah

Kelengkeng merah tergolong jenis kelengkeng yang unik dan langka, Sesuai dengan namanya, Kelengkeng ini mempunyai buah berwarna merah solid yang canti. Tak hanya buahnya saja, Bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelengkeng ini, mulai dari daun, batang, bahkan biji yang berwarna merah. Hal ini tentunya membuatnya tampak eksotik dan sedap dipandang.

Baca Juga :   7 Jenis Kelengkeng Unggulan Spesialis Dataran Rendah

Tanaman kelengkeng merah dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi. kelengkeng merah ini dapat mulai berbuah setelah berumur 1-2 tahun setelah tanam.

Keunggulan lainnya adalah buah kelengkeng merah mempunyai citarasa yang super manis dengan tingkat kemanisan mencapai level 21 briks lho.

Ruby Longan

5. Kelengkeng Aroma Durian

Sesuai dengan namanya, kelengkeng ini terkenal akan aromanya yang khas yakni aroma buah durian. Kelengkeng aroma durian punya citrasa yan, daging cukup tebal manis dengan tekstur renyah.

Perawatan kelengkeng aroma ini tergolong sangat mudah. bahkan kelengkeng jenis ini mampu berbuah tanpa perlakuan khusus. tanaman kelengkeng ini akan mulai belajar berbuah setelah berumur 1-2 tahun setelah tanam.

Keunggulan lainnya adalah kelengkeng aroma durian ini mampu berbuah sepanjang tahun sehingga sangat cocok mempercantik halaman rumah anda sebagai tanaman buah dalam pot.

Lengkeng Aroma Durian

6. Kelengkeng Puang Ray

Kelengkeng puangray adalah jenis tanaman buah kelengkeng unggulan yang berasal dari Negeri Thailand. Tanaman kelengkeng puangray terkenal dengan tingkat adaptasiny yang baik terhadap lingkungan dan tahan terhadap penyakit. sehingga cocok bagi anda yang hendak merawat kelengkeng namun, tak memiliki banyak waktu untuk merawatnya.

Selain adaptif, kelengkeng puangray juga terkenal genjah, tanaman ini mulai berbuah saat berumur 1-2 tahun sejak tanam.

Demikianlah informasi tentang 5 jenis kelengkeng unggulan yang terkenal denga sifatnya yang genjah. Nah, bagi anda yang hendak bertanam tanaman kelengkeng di halaman rumah. jenis kelengkeng yang telah disebutkan dapat menjadi referensi yang cocok untuk anda. terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

6 Jenis Kelengkeng Yang Terkenal Cepat Berbuah dan Cocok Ditanam Dalam Pot

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 Jenis Kelengkeng Yang Terkenal Cepat Berbuah dan Cocok Ditanam Dalam Pot

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Maryati
● online
Maryati
● online
Halo, perkenalkan saya Maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja