INFO BIBIT UNGGUL
Beranda » Blog » Berikut 6 Jenis Jambu Air Unggulan Dengan Ukuran Jumbo dan Dapat dibudidayakan Secara Tabulampot

Berikut 6 Jenis Jambu Air Unggulan Dengan Ukuran Jumbo dan Dapat dibudidayakan Secara Tabulampot

Diposting pada 24 November 2021 oleh Ali Arwani / Dilihat: 482 kali

Jenis Jambu air ukuran Jumbo

Buah jambu air? siapa sich yang gak kenal dengan buah satu ini. buah jambu air termasuk salah satu jenis buah yang sangat populer di Indonesia. citarasanya yang manis menyegarkan dan kandungan air yang tinggi membuat buah jambu air banyak diminati banyak masyarakat. Buah jambu air dapat dinikmati secara langsung, selain itu, anda bisa menikmati buah jambu air bersama bumbu rujak yang akan menambah kenikmatan rasa dari jambu air.

Terdapat berbagai jenis Buah jambu air yang beredar di pasaran, mulai warnanya antara lain : warna merah terang, merah gelap, merah muda, hijau, hijau kekuningan sampai berwarna putih. Selain itu, ada juga buah jambu air yang memiliki ukuran yang mungil hingga yang berukuran besar.

Jenis Jambu Air Ukuran Jumbo

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis buah jambu air yang populer. Nah, salah satu jenis buah jambu yang banyak digemari adalah buah jambu dengan ukuran buah yang jumbo. Selain citarasanya yang manis, tentunya akan lebih puas jika menikmati buah jambu air yang berukuran sangat besar.

Tertarik untuk bertanam tanaman buah jambu air?. Pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan beberapa jenis jambu air unggulan yang terkenal dengan ukuran buah jumbo yang cocok di budidayakan di Indonesia. berikut ulasannya.

Berikut ini beberapa jenis tanaman buah jambu air unggulan yang cocok di tanam di Indonesia :

1. Jambu Air Bajang Leang

Jambu air bajang leang atau disebut juga pa cang lien wu atau berarti telapak tangan adalah buah jambu air jumbo yang berasal dari Thailand. Selain buahnya yang besar jambu air ini juga memiliki rasa buah yang manis dan menyegarkan karena mengandung kadar air yang cukup banyak. Penampakan buah jambu air jumbo ini sangat menarik berbentuk lonceng gemuk dengan perpaduan tiga warna, hijau, kuning, dan merah yang sangat cantik untuk dipandang.

Baca Juga :   Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Jambu Dalhari Agar Cepat Berbuah Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

Jambu air jumbo ini dapat tumbuh pada kondisi tanah apapun, baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Perawatan pohonnya juga mudah, cukup menyiram air sehari dua kali setiap pagi dan sore. Tapi jangan sampai air merendam pohonnya karena akan membuat perakarannya busuk dan rusak bahkan dapat membuat pohon jambu ini mati.

jambu bajang leang

2. Jambu Air King rose

Jambu air king rose ini termasuk jenis jambu air unggulan dikarenakan memiliki ukuran buah yang besar, daging buah yang tebal, rasa yang manis dan kandungan air yang tinggi. Ukuran buah jambu air king rose dapat dikatakan jumbo dibandingkan dengan ukuran buah jambu air lainnya. Berat buah jambu air king rose dapat mencapai 200-350 gram per buahnya. Warna dari buah jambu air kingrose ini adalah merah legam menyerupai warna bunga mawar. Terkadang buah jambu ini tidak mempunyai biji.

jambu kingrose

3. Jambu Air Taiwan Super green

Jambu Air Super green ini memiliki ukuran buah yang cukup besar (bisa mencapai ukuran gelas kemasan) dengan bentuknya yang agak melonjong dan berwarna hijau muda. Pohon dari super green sendiri juga termasuk besar. Umumnya baru akan berbuah ketika pohon berumur 1 sampai 2 tahun.

Ketika berbuah, jambu air super green menghasilkan buah yang terbilang cukup banyak meskipun tidak sebanyak jenis deli hijau. Jika ditimbang 4 jambu air super green akan memiliki berat 1 kg. Selain ukurannya yang besar, jenis jambu air ini juga memiliki rasa yang manis yang merata dan menyegarkan.

jambu taiwan super green

4. Jambu Air Citra

Jambu Air Citra menjadi salah satu jambu air yang banyak digemari para penikmat buah. Memiliki rasa buah yang sangat manis. Ukuran buah dari jambu air citra hampir sama dengan ukuran buah jambu air king rose. Buah jambu air citra memiliki bentuk menyerupai lonceng dan tidak berlekuk. Terdapat 1-12 buah jambu air citra pada setiap tandannya.

jambu citra

5. Jambu Air Bol Jamaika

Jambu air bol jamaika memiliki ukuran buah sebesar genggaman tangan orang dewasa. Jenis jambu air ini juga menjadi salah satu jenis jambu air unggulan. Buah jambu air bol jamaika memiliki daging buah yang tebal dengan rasa yang manis. Kandungan air dari buah jambu air jenis bol jamaika ini juga tinggi, sehingga bisa menghilangkan rasa haus yang kamu rasakan. Tekstur dari jambu air bol jamaika sendiri akan terasa lebih lembut sekaligus padat ketika disantap jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya.

jambu bol jamaika

6. Jambu Air Dalhari

Buah Jambu air dalhari merupakan jenis jambu kebanggan warga Yogyakarta. Buah jambu dalhari ini memang sangat terkenal memiliki tekstur buah yang padat dan bercitarasa manis. Buah jambu Dalhari berbentuk cenderung bulat seperti genta, berwarna merah darah saat sudah matang. Buahnya berukuran 5 – 8 cm dengan berat 60-150 gram/buah. Daging buahnya tebal, dan memiliki tekstur sangat renyah. Daging buah jambu air dalhari berwarna merah yang sangat menarik perhatian. Buah jambu air dalhari menawarkan citarasa manis dengan kadungan air yang tinggi. Yang istimewa dari jambu dalhari ini adalah sangat jarang ditemukan biji.

Baca Juga :   9 Jenis Tanaman Buah Jambu Air Unggulan Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Bagus Untuk Pembudidayaan Tabulampot atau Lahan Di Iklim Indonesia

Tanaman Jambu air dalhari termasuk jenis tanaman jambu air yang dikenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Dengan perawatan yang baik, tanaman buah jambu air dalhari ini mulai belajar berbuah setelah berumur 2-3 tahun dari penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok. Satu pohon jambu air dalhari mampu menghasilkan 100 – 200 kg per musim.

jambu dalhari

Demikianlah informasi tentang jenis jambu air unggulan yang sangat populer dan terkenal dengan ukuran buah yang jumbo yang layak untuk dibudidayakan dengan iklim Indonesia. Terlebih lagi setiap jenis jambu air jumbo yang telah disebutkan diatas dapat dibudidayakan secara tabulampot. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dalam mengenali beberapa jenis tanaman buah jambu air dan dapat menjadi dasar dalam menentukan jenis jambu air yang cocok untuk di budidayakan di daerah anda. Terima kasih

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Berikut 6 Jenis Jambu Air Unggulan Dengan Ukuran Jumbo dan Dapat dibudidayakan Secara Tabulampot

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Berikut 6 Jenis Jambu Air Unggulan Dengan Ukuran Jumbo dan Dapat dibudidayakan Secara Tabulampot

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Maryati
● online
Maryati
● online
Halo, perkenalkan saya Maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja