Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 6 Cara Mudah Menanam Terong Unggu Dalam Polybag

6 Cara Mudah Menanam Terong Unggu Dalam Polybag

Diposting pada 9 April 2020 oleh Ali Arwani | Dilihat: 244 kali

Inilah 6 Cara Mudah Menanam Terong Unggu Dalam Polybag Agar Cepat Berbuah

Cara menanam terong ungu dalam polybag

Cara Menanam Terong Ungu Dalam Polybag – Terong ungu termasuk jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya sayuran yang identik dengan warnanya yang ungu ini dikenal mempunyai citarasa yang nikmat. Beraneka ragam masakan Indonesia menggunakan bahan dasar terong ungu untuk dimasak mulai dari terong sambal penyet, tumis terong, terong panggang, terong sambal bawang hingga terong goreng tepung.

Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata terong ungu juga memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Terong ungu dipercaya mampu untuk mengontrol dan bahkan menurunkan berat badan dikarenakan mengandung kadar air tinggi namun rendah kalori.

Jika anda ingin menanam terong ungu namun tidak memiliki lahan yang cukup. Menanam terong ungu dalam polybag dapat menjadi solusi tepat untuk anda. Perawatan terong dalam polybag juga tergolong mudah. Cukup lakukan penyiraman dan pemupukan secara teratur untuk menunjang pertumbuhannya. Untuk memulai budidaya terong ungu dalam polybag, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan seperti : pemilihan benih unggul, persiapan media tanam, tahap penanaman, tahap perawatan hingga tahap panen. Berikut ulasannya.

Terong ungu polybag

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam menanam terong ungu dalam polybag agar cepat berbuah dengan lebat :

1.Pemilihan Benih Unggul

Pemilihan benih unggul dapat dilakukan dengan cara membeli benih terong ungu unggul di toko pembibitan terpercaya. benih terong ungu yang berkualitas baik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : kondisi benih bersih dan mengkilat, Ukuran, bentuk, dan warna benih seragam dan tidak berbeda-beda dan Memiliki daya kecambah atau daya untuk tumbuh yang cepat, sekitar 80% dan Benih sudah melewati proses istirahat yang cukup.

2.Penyemaian Benih

Proses penyemaian benih dilakukan bertujuan untuk mendapatkan tunas terong ungu yang berkualitas baik. Adapun proses penyemaian benih terong ungu antara lain :

  • Rendam bibit terong ungu dalam air hangat selama 3-6 jam.
  • Benih yang dipilih adalah benih yang tenggelam atau tidak mengapung selama direndam.
  • Benih dikeringkan dan dimasukkan ke dalam media tanam seperti polybag yang berisi arang sekam dan tanah dengan perbandingan 1:1.
  • Lakukan penyiraman air setiap pagi dan sore hari.

Untuk mempercepat pertunasan benih, simpan benih yang akan disemai di tempat yang sejuk dan terkena sinar matahari secara langsung. Pastikan benih memperoleh air yang cukup untuk menjaga kelembabannya. Proses semai berlangsung selama kurang lebih satu bulan atau sudah memiliki sekitar 3 – 4 helai daun, bibit sudah bisa dipindahkan ke dalam polybag.

3.Persiapan Polybag

Dalam tahap persiapan polybag perlu diperhatikan dengan benar. Karena polybag inilah yang nantinya menjadi media tanam bibit terong ungu yang sudah disemai. Tahapan yang perlu dilakukan adalah:

  • Siapkan polybag dengan ukuran sedang, yaitu 40×50 cm
  • Campur tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 :1 (3 tanah : 1 pupuk kandang : 1 sekam)
  • Polybag diisi dengan campuran tanah hingga hampir penuh, dan sisakan sekitar 10 cm pada bagian atas
  • Letakkan polybag di area teduh yang tidak terkena cahaya matahari langsung, dan biarkan selama dua hari sebelum ditanami bibit terong ungu.

4.Penanaman Bibit

Setelah bibit terong ungu yang disemai sudah memiliki 4-5 helai daun, maka bibit tersebut sudah siap untuk dipindahkan ke dalam polybag yang lebih besar. Adapan cara pemindahan bibit terong ungu sebagai berikut:

  • Lakukan penyiraman terlebih dahulu pada medai semai sebelum bibit terong ungu dicabut
  • Cabut bibit terong ungu secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak akarnya
  • Buat lubang tanam pada polybag menggunakan jari atau tongkat kayu kurang lebih sedalam 5-10 cm
  • Masukkan bibit terong ungu yang sudah disemai ke dalam lubang tersebut. Sebaiknya masing-masing lubang hanya diisi dengan satu bibit terong
  • Lakukan penyiraman setelah bibit terong ungu dimasukkan dalam lubang tanam. Sebaiknya proses penanaman dilakukan di sore hari agar tidak terlalu panas

Terong ungu dalam pot

5.Tahap Perawatan

Proses perawatan bibit terong ungu juga menjadi hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar bibit terong ungu tumbuh dengan optimal dan dapat menghasilkan terong ungu yang sehat dan berkualitas. Cara perawatan terong ungu dalam polybag adalah dengan melakukan beberapa hal serikut secara rutin:

  • Penyiraman : lakukan penyiraman di pagi dan sore hari setiap hari secara rutin. Apabila terkena hujan, jangan disiram lagi.
  • Penyiangan : Bersihkan polybag secara rutin, cabut gulma dan rumput liar yang ikut tumbuh di sekitar polybag.
  • Pemupukan : Berikan pupuk secara rutin. Pupuk terong diberikan setelah tanaman berumur 2-3 minggu setelah tanam dengan menggunakan pupuk NPK. Pemupukan terong ungu berikut­nya diberikan saat tanaman berumur 2-3 bulan. Untuk mempercepat keluarnya bunga, mencegah kerontokan dan memperbanyak jumlah dan bobot buah, anda dapat aplikasikan POC setiap 1 minggu sekali pada bawah dan atas daun saat pagi hari atau sore hari.
  • Hama & Penyakit : Jika tanaman terong ungu sudah terserang hama atau penyakit, segera petik bagian tanaman terong ungu yang terkena hama atau penyakit, agar hama dan penyakit tersebut menyebar ke tanaman terong ungu yang lain.

6.Tahap Panen

Tanaman Terong sudah siap dipanen pertama kali pada umur 3 – 4 bulan setelah masa tanam. Kegiatan panen lebih baik di pagi atau sore hari. Cara memanenanya adalah dengan memetik terong pakai tangan atau pisau. Petik bersama dengan tangkainya. Setelah dipanen pertama kali, panen buah berikutnya bisa dilakukan setiap 3 sampai 7 hari sekali.

Demikianlah informasi tentang cara menanam terong ungu dalam polybag. Untuk menghasilkan terong ungu yang berkualitas diperlukan beberapa tahapan antara lain : pemilihan benih unggul, persiapan polybag, penanaman, perawatan hingga tahap panen. Jika ingin memperoleh terong yang baik untuk kesehatan, maka gunakan pupuk kandang alami yang tidak menimbulkan risiko yang dibawa oleh terong. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang 6 Cara Mudah Menanam Terong Unggu Dalam Polybag kepada teman atau kerabat Anda.

6 Cara Mudah Menanam Terong Unggu Dalam Polybag | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk 6 Cara Mudah Menanam Terong Unggu Dalam Polybag

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 23%
Jual Bibit Anggur Manicure Finger 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Cabe Chupetinho Pepper (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Cabe Chupetinho PepperRp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
OFF 20%
Benih Bayam Merah Mira (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.000 Rp 15.000
Tersedia
Rp 12.000 Rp 15.000
Stok: Tersedia
OFF 37%
Jual Bibit Mangga Irwin 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Mangga IrwinRp 85.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR