Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Srikaya Jumbo didalam Pot (Tabulampot) Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Dapat Cepat Berbuah

5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Srikaya Jumbo didalam Pot (Tabulampot) Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Dapat Cepat Berbuah

Diposting pada 22 November 2016 oleh Ali Arwani | Dilihat: 8.482 kali

5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Srikaya Jumbo didalam Pot (Tabulampot) Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Dapat Cepat Berbuah

Budidaya Srikaya Jumbo Tabulampot – Tanaman Buah Srikaya Jumbo menyukai iklim panas, tidak terlalu dingin atau banyak hujan, tetapi dapat beradaptasi baik terhadap iklim lembap. Selain itu, srikaya tidak begitu menyukai tempat terbuka. Oleh karena itu, tanaman membutuhkan naungan agar sinar matahari yang diterima sekitar 50 – 60% saja. Saudara kembar sirsak ini memiliki tajuk yang indah sehingga layak dijadikan pilihan dikebunkan atau dijadikan tanaman koleksi penghias halaman. Tidak hanya itu, famili Annonaceae ini memiliki rasa manis, sangat genjah (mudah dibuahkan), dan rajin berbuah. beberapa varietas unggulan buah srikaya antara lain  : srikaya jumbo/ srikaya new varietas, srikaya merah

Varietas unggul srikaya yang kini dikenal masyarakat adalah SRIKAYA JUMBO atau sering disebut varietas baru srikaya. Srikaya jumbo memiliki sosok tanaman yang kokoh dengan ukuran daun lebih besar dan buah yang lebih besar dari buah srikaya lokal. Berat buahnya sekitar 800 g/buah, sedangkan srikaya lokal hanya 100 -200 g/ buah. Selain itu, srikaya ini sedikit berbiji dengan rasa manis segar dan lembut bertepung. Srikaya new varietas memiliki sifat genjah dan adaptif untuk ditanam baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Srikaya jumbo dapat berbuah ketika berumur satu tahun, sedangkan varietas lain seperti srikaya mini, gading, dan gundul baru dapat berbuah setelah berumur 1,5 – 2 tahun. Selain itu, daging buahnya sangat halus dengan jumlah biji yang relatif sangat sedikit.

Budidaya Srikaya Jumbo Tabulampot

Budidaya Srikaya Jumbo Tabulampot

Anda tertarik membudidayakan tanaman buah srikaya jumbo ini di halaman rumah anda?. perawatannya tergolong mudah kok, cukup pengairan dan pemupukan yang teratur pohon srikaya jumbo akn tumbuh dengan optimal. Sebelum mulai membudidayakan pohon srikaya jumbo ini. Pada kesempatan kali inikami akan memaparkan panduan tepat budidaya tanaman buah srikaya jumbo agar mampu tumbuh optimal dan dapat cepat berbuah.

Berikut ini Panduan Sukses Cara budidaya Tanaman Buah Srikaya Jumbo :

1. Pemilihan Bibit
Dalam menanam budidaya srikaya jumbo didalam pot, sebaiknya memilih Bibit srikaya jumbo yang berasal dari hasil cangkok atau okulasi bukan dari biji. Pastikan bibit buah jambu air hasil cangkok atau okulasi tersebut berasal dari tanaman induk yang sudah berbuah. Selain iti, Bibit buah jambi air yang hendak ditanam sudah berumur setidaknya 2-3 bulan. Baca Juga : Bibit Srikaya Jumbo Unggul

Baca Juga :   Anda Penikmat Buah Kurma, Inilah 11 Manfaat Buah Kurma Yang Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan jantung, Kekuatan tulang, Sistem Pencernaan, Bahkan Dapat digunakan Untuk Program Diet Lho

2. Pemilihan Media Tanam
Media tanam untuk tanaman srikaya jumbo sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan tumbuhnya. Berikut komposisi media tanam di pot untuk penanaman srikaya dengan komposisi : Tanah : Pupuk Kandang : Sekam = 2 :1 : 1

3. Tahap Penanaman Bibit
Adapun tahapan penanaman tabulampot srikaya sebagai berikut.

  • Siapkan bibit. Bibit berasal perbanyakan secara vegetatif seperti sambung atau okulasi. Tinggi bibit siap tanam mencapai 50 – 100 cm.
  • Siapkan pot berupa drum bekas dengan diameter sekitar 60 cm yang dasarnya telah dilubangi.
  • Masukkan pecahan genting, batu bata merah, atau kerikil setebal 10 cm.
  • Masukkan media tanam hingga bibir pot.
  • Buat lubang di tengah pot sesuai ukuran bibit.
  • Keluarkan bibit dengan cara polybag disobek atau digunting.
  • Masukkan bibit tanaman ke dalam lubang, lalu padatkan dengan media tanam di sekitar pangkal batang.
  • Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi hingga tumbuh tunas baru, lalu pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari pagi.

4. Tahap Pemeliharaan
Pemeliharaan yang perlu dilakukan saat penanaman srikaya berupa penyiraman, pemangkasan, pemupukan, dan perawatan buah.

a. Penyiraman
Penyiraman srikaya membutuhkan 2 -3 liter air per pohonnya. Oleh karena itu, tanaman ini membutuhkan penyiraman secara teratur per hari., terutama masa pembungaan. Pada saat tersebut, penyiraman harus rutin dilakukan agar bunga yang muncul tidak rontok akibat kekeringan. Penyiraman pada pot dilakukan setiap hari dan dapat diukur telah merata jika air telah keluar dari pot. Untuk di lahan pekarangan, penyiraman dilakukan hingga media tanam basah.

b. Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan pada tahun pertama, yakni saat tanaman mencapai tinggi 1,5 m. Sebaiknya pemangkasan dilakukan saat musim hujan tiba agar tanaman tidak kekurangan air. Pemangkasan bertujuan untuk pembentukan pohon dan percepatan berbunga atau berbuah. Perangsangan pembentukan buah dapat dilakukan dengan memangkas ujung-ujung cabang. Pemangkasan rutin sebulan sekali juga dilakukan dengan membuang pucuk tanaman sepanjang 10 – 20 cm dari ujung semua cabang.

Baca Juga :   7 Jenis Buah Durian Unggulan Paling Populer Dan Cocok Untuk ditanam Di Indonesia

Setelah ujung cabang dipangkas, tanaman disemprot dengan zat perangsang tumbuh (ZPT) agar mempercepat pembungaan. Bunga akan bermunculan mengikuti tumbuhnya tunas baru. Adapun pemangkasan peremajaan dilakukan setelah masa berbuah. Caranya dengan memangkas cabang-cabang yang menjadi lemah setelah berbunga sehingga tunas-tunas pengganti yang lebih subur dan kekar akan muncul.

c. Pemupukan
Pemupukan tanaman Srikaya jumbo tabulampot sebagai berikut :

  • Pada Umur Satu bulan setelah tanam : Berikan pupuk NPK mutiara dengan komposisi 25:7:7 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.
  • Pada Umur 3 Bulan : Berikan pupuk mutiara dengan komposisi 16:16:16 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Adapun pemberian pupuk kandang dapat dilakukan setiap enam bulan sekali. Penggunaannya untuk penanaman di pot sebanyak lima kilogram per pot, sedangkan penanaman di lahan sebanyak 15 kg per pohon.

d. Penyiangan
Penyiangan dilakukan dengan cara pencabutan gulma yang tumbuh. Penyiangan sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, pertengahan musim hujan, dan akhir musim hujan.

e. Penjarangan dan pembungkusan buah
Penjarangan atau pengurangan jumlah buah perlu dilakukan dengan cara membuang buah pentil yang bentuknya tidak normal dengan memotong tangkainya menggunakan gunting. Pilih dan pelihara buah pentil normal pada tangkai atau cabang besar agar dapat tumbuh maksimal. Selanjutnya, buah yang terpilih dibungkus kertas semen agar terhindar dari serangan ulat dan kutu putih sehingga penampilan buah tetap mulus hingga matang. Pembungkusan juga dapat menggunakan jaring berlubang rapat, atau plastik yang dilapisi dengan kertas koran agar tidak terlalu lembap.

5. Hama dan Penyakit 
a. Hama kutu putih pada tanaman srikaya
– Penyebab : kutu putih (Pseudococcus adonidum)
– Gejala serangan

  • Permukaan daun dan buah yang terserang berwarna putih.
  • Jika serangannya berat, daun dan buah bisa rontok.
  • Terdapat cairan manis atau embun madu yang dikeluarkan kutu putih.

– Pengendalian :
•Semprot tanaman dengan Bayrusil 250 EC atau Diazinon 60 EC dengan konsentrasi 2 cc/ liter air.

Baca Juga :   Inilah 3 Kesalahan Fatal Pada Pembuahan Lengkeng New Kristal Sehingga Gagal Berbuah

b. Penyakit cendawan jelaga
– Penyebab : cendawan Capmodium sp.
– Gejala serangan

  • Cendawan memanfaatkan embun madu untuk media pertumbuhannya. Oleh karena itu, sebagian atau seluruh permukaan daun tertutup cendawan jelaga yang berwarna hitam. Akibatnya, daun tidak dapat berfotosintesis sehingga pertumbuhannya terganggu.

– Pengendalian :

  • Semprot tanaman dengan insektisida untuk membunuh kutu putih, kemudian semprot dengan fungisida Dithane M-45 atau Antracol dengan konsentrasi 2 g/ liter air.

c. Penyakit antraknose pada tanaman srikaya
– Penyebab : Colletotrichum gloeospororiodes Penz
– Gejala serangan

  • Awalnya buah berbercak kecil berwarna hitam atau cokelat, lalu meluas hingga buah berwarna ungu.
  • Serangan pada buah muda/ pentil akan mengakibatkan busuk kering (busuk murni) menggantung di pohon yang berwarna cokelat kehitaman.
  • Serangan pada buah sudah tua tidak terlalu jelas, hanya bagian yang terserang berubah menjadi hitam dan keras.
  • Daun berkarat

– Pengendalian :

  • Semprot tanaman saat buahnya masih pentil dengan fungisida, seperti Dithane M-45, Antracol, atau Benlate dengan konsentrasi 2 g/ liter air.
  • Tanam bibit dengan biji yang sehat.
srikaya-jumbo-tabulampot

srikaya-jumbo-tabulampot

Triks Sukses Cara Mempercepat Terbentuknya Bunga Pada Tanaman Buah Srikaya Jumbo :

  • Pemangkasan cabang sepanjang 10 cm dari ujung cabang-cabang. Tujuannya untuk merangsang bunga sehingga muncul tunas dan bunga seperti halnya pada jambu biji.
  • Pemangkasan bentuk.
  • Pemangkasan ranting- ranting yang mati, kurus.
  • Pembuangan cabang-cabang yang tidak terkena sinar matahari karena merugikan dengan tidak menghasilkan karbohidrat karena daunnya tidak berfotosintesis.
  • Penyiraman tanaman tiga kali seminggu.

Nah itulah beberapa tips sukses dalam membudidayakan tanaman buah srikaya jumbo baik di dalam pot (Tabulampot) Maupun di lahan. semoga postingan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Baca Juga : Panduan Budidaya Tanaman Buah Sirsak Tabulampot

 

 

 


kata terkait,
Srikaya Jumbo, Tanaman Srikaya Jumbo, Bibit Srikaya Jumbo, Jual Srikaya Jumbo, Jual Bibit Srikaya Jumbo, Srikaya Jumbo Unggul, Jual Benih Murah, Cara Budidaya Srikaya Jumbo, Tips Budidaya Srikaya Jumbo, Srikaya Jumbo Tabulampot, tips budidaya Srikaya Jumbo Tabulampot, Tips Budidaya Srikaya Jumbo di Lahan, Panduan budidaya srikaya jumbo tabulampot, cara perawatan tanaman buah srikaya jumbo,

Bagikan informasi tentang 5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Srikaya Jumbo didalam Pot (Tabulampot) Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Dapat Cepat Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Srikaya Jumbo didalam Pot (Tabulampot) Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Dapat Cepat Berbuah | JualBenihMurah.com

10 komentar untuk 5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Srikaya Jumbo didalam Pot (Tabulampot) Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Dapat Cepat Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 26%
Bibit BlackBerry 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tanaman BlackberryRp 85.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 20%
Jual Bibit Mamey Sapote Akil Especia 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 2.000.000 Rp 2.500.000
Tersedia
Rp 2.000.000 Rp 2.500.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Benih Rumput Gajah Mini (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 13.000 Rp 19.000
Tersedia
Rp 13.000 Rp 19.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Bibit Buah Naga Merah 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Naga Merah UnggulRp 45.000 Rp 65.000
Tersedia
Rp 45.000 Rp 65.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR