Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Mangga di dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Lebat, Tanpa Mengenal Musim

5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Mangga di dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Lebat, Tanpa Mengenal Musim

Diposting pada 14 September 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 11.357 kali

5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Mangga di dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Lebat, Tanpa Mengenal Musim

Panduan Budidaya Mangga Mahatir Tabulampot – Tanaman buah mangga dapat dijumpai baik dikota maupun didesa. Tanaman yang satu ini memang sudah sangat familiar dengan masyarakat indonesia, hampir disetiap sudut desa maupun daerah kita selalu berjumpa dengan buah mangga. Tanaman ini sangat terkenal dengan ketahanan terhadap penyakit dan cukup rajin berbuah dan dapat mudah berbuah, bahkan diluar musim. Pada umumnya tanaman ini dapat hidup hingga lebih dari 100 tahun. Pohon mangga berbentuk seperti payung, dengan buah yang dihasilkan berukuran relatif besar dengan bentuk bulat hingga lonjong / memanjang. Bijinya besar gepeng yang diliputi daging buah yang tebal, lunak serta enak dimakan. Buah yang matang ada yang berwarna kuning, kemerahan hingga hijau kebiruan serta beraroma harum. Rasa daging buahnya masam hingga manis. tergantung dengan jenis dan varietasnya. Selain dapat kita nikmati secara langsug ketika matang, buah mangga juga kerap disantap bersama sambal rujak ketika masih muda dengan rasa agak masam dan segar.

Tanaman pemilik nama latin Magifera Indica L. ini dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah dengan ketinggian < 600 m diatas permukaan air laut. Tanaman ini dapat mencapai tinggi hingga lebih dari 5 meter jika dibudidayakan di lahan. Jika dibudidayakan dengan optimal tanaman buah mangga dapat mulai berbunga dan berbuah umur 3-4 Tahun jika dibudidayakan di Lahan, Ketika di budidayakan di dalam pot (tabulampot) tanaman buah mangga dapat berbuah pada umur 2-3 tahun.  Beberapa varietas unggulan tanaman buah mangga yang layak untuk dibudidayakan baik di lahan maupun di dalam pot antara lain : mangga golek, mangga arumanis, mangga manalagi, mangga apel, dan mangga chokanan, mangga irwin, haden, dan kisingtoon, dermayu, ( indramayu), gedong gincu.

Budidaya Mangga Tabulampot

Budidaya Mangga Tabulampot

Bagi Pecinta tanaman buah mangga, saat ini yang tanaman yang memiliki daging buah yang tebal dan rasa yang manis ini ternyata dapat dibudidayakan di dalam pot juga lho. jadi makin asyik kan?. Bagi anda yang memiliki lahan yang sempit, tabulampot tanaman mangga ini sangat cocok bagi anda, karena tidak memerlukan lahan yang luas, yang terpenting adalah cukup sinar matahari. Yups, tanpa panjang lebar, kami akan memaperkan beberpan panduan tepat budidaya tanaman buah mangga di dalam pot agar rajin berbuah.

Baca Juga :   Inilah 7 Keistimewaan Tanaman Buah Durian Montong, Si Rajanya Buah Durian Dari Negeri Gajah Putih

Berikut ini Tips cerdas budidaya tanaman buah Mangga di dalam pot agar rajin berbuah :

1. Pemilihan Bibit
Dalam rangka budidaya mangga didalam pot sebaiknya memilih bibit mangga yang memiliki sifat genjah atau mudah berbuah, hal ini bertujuan agar anda tidak terlalu lama menunggul tanaman mangga anda berbuah, adapun jenis mangga yang bersifat genjah seperti : mangga chokonan, mangga arumanis dan mangga manalagi. Selian itu, pilihlah bibit mangga yang yang berasal dari hasil cangkok dan okulasi. Baca Juga : Bibit Mangga Chokanan Unggul

2. Pemilihan Media Tanam
Dalam budidaya mangga didalam pot, sebaiknya memilih media tanam yang mempunyai tekstur remah, gembur, agak berbutir dan tentunya kaya akan unsur hara dan juga porous, Usahakan media tanam memiliki berat yang cukup ringan, hal ini bertujuan memudahkan anda apabila hendak dipindahkan. Selain itu, media juga harus bebas dari hama dan penyakit.

Media tanam yang sering dipakai untuk tanaman mangga yang akan ditanam di dalam pot yaitu dengan perbandingan Tanah : Pupuk kandang : Sekam = 2 : 0 : 1 : 1. Bibit tanaman buah yang baik digunakan untuk tabulampot mangga adalah bibit yang diperoleh dari hasil okulasi dan cangkok.

3. Tahap Penanaman Bibit
Berikut ini tahapan menanam mangga di dalam pot :

  • Siapkan bibit, pilihlah bibit dengan tinggi antara 50 -70 cm dan diameter batang 1 – 1,5 cm, warna batang hijau tua kecokelatan, serta bentuk batang lurus dan tidak bercabang, warna daun hijau megkilap dan telah membentuk tiga flush dan berumur enam bulan atau lebih.
  • Siapkan pot dengan diameter 60 yang memiliki lubang dasarnya sebagai tempat keluarnya air siraman.
  • Masukkan potonga batu bata atau genteng ke dasar pot dengan ketinggian sekitar 5 cm agar media tanam tidak terbawa bersama air siraman.
  • Isikan media tanam ke dalam pot hingga mendekati bibir pot
  • Lepaskan polibag dengan cara digunting, lalu ditarik perlahan-lahan agar tanaman tidak rusak. Tanah yang yang menempel pada akar tetep dibiarkan ikut masuk ke dalam pot.
  • Masukkan bibit tanaman buah mangga ke dalam pot, kemudian atur posisi hingga tepat.
    tutup bagian yang kosong dengan campuran media tanam hingga mendekati bibir pot
  • Lakukan penyiraman media tanaman sehingga memadat secara alami
  • Biarkan tabulampot mangga berada ditempat yang teduh hingga muncul tunas – tunas baru, kemudian pindahkan ke bagian halaman yang terpapar sinar matahari.
Mangga Tabulampot

Mangga Tabulampot

4. Tahap Perawatan
Agar tanaman mangga bisa berbuah dengan optimal tanaman harus mendapatkan perawatan yang intensif yang meliputi penyiraman, penyinaran, penggemburan dan pemupukan.
a. Penyiraman
Sebaiknya Penyiranamn dilakukan secara teratur setiap sore hari, terutama awal penanaman dan musim kemarau. Setelah agak dewasa penyiraman dilakukan tiga kali dalm seminggu. Penyiraman hingga media tanam basah, tetapi tidak menggenang dengan penggunaaan gembor atau spingkler agar siraman air dapat merata dan tidak merusak tanaman.

Baca Juga :   Cara Mudah Mengawinkan Kurma Jantan Dengan Kurma Betina Agar Dapat Segera Menghasilkan Buah

b. Penyiangan dan pengemburan
Penyiangan dilakukan saan penggemburan dan pemupukan. Gulma dicabut dengan menggunakan tangan atau cangkul. Pengemburan dilakukan pada tanah yang padat pada tanaman asal cangkulan jangan dilakukan terlalu dalam karena dapat merusak akar.

c. Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan saat tanaman setinggi 70 – 80 cm. Adapun cara pemangkasannya sebagai berikut

  • Pangkas tanaman Tepat pada batas bidang hijau dan coklat untuk merangsang pertumbuhan tunas baru pilih tiga tunas seragam yang tumbuh dari ketiak daun yang berbeda-beda.
  • pangkas sebagian cabang tanaman dan tinggalkan maksimal tiga cabang yang tumbuh sehat dan kekar
  •  ulangi pemangkasan batang pokok jika tunas yang tumbuh pada bidang pangkasan hanya satu cabang.
  • Lakukan Pemangkasan berikutnya jika cabang yang dipelihara telah mencapai 70 cm – 80 cm atau 3 – 6 bulan setelah pemangkasan pertama dan saat tanaman usia produktif.
  • Cabang-cabang atau tunas liar yang tumbuh tidak pada tempatnya ( misalnya dibawah percabangan pertama) harus dibuang. Cabang-cabang air, ranting, atau tunas yang sakit harus dipangkas supaya lingkungan mahkota daun dapat ditembus Sinar matahari. Usahakan tinggi tanaman tidak lebih dari 5 – 6 meter untuk memudahkan perawatan dan pemanenan.

d. Pemupukan
Pemupukan tanaman buah mangga tabulampot :

  • Pada Umur Satu bulan setelah tanam : Berikan pupuk NPK mutiara dengan komposisi 25:7:7 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman. Baca Juga : Pupuk NPK GrowMore Daun 32-10-10
  • Pada Umur 3 Bulan : Berikan pupuk mutiara dengan komposisi 16:16:16 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman. Baca Juga : Pupuk NPK Dekastar Plus (13-13-13+TE) 

Adapun Pemberian Pupuk kandang dapat dilakukan setiap enam bulan sekali. Penggunaannya untuk penanaman di pot sebanyak lima kilogram per pot, sedangkan penanaman di lahan sebanyak 20 kg per pohon.

Baca Juga :   7 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Nangka Mini didalam Pot (Tabulampot) Agar Rajin Berbuah Dengan Lebat

5. Tahap Panen
Masa berbuah tanaman mangga berbeda-beda, jika tanaman mangga berasal dari hasil cangkok biasanya akan berbuah pada umur 4 tahun, sedangkan mangga hasil okulasi akan berbuah pada umur 5-6 tahun. Pada panen tahun pertama mungkin hanya sedikit buah yang dihasilkan sekitar 10-15 buah. produski buah akan meningkat seiring pertambah umur. Dalam memanen sebaiknya lakukan pemetikan buah pada sore hari dengan menggunakan pisau dan usahakan jangan sampai terpotong, tercongkel atau jatuh memar.

 

Tanaman Mangga Tabulampot Berbuah

Tanaman Mangga Tabulampot Berbuah

Tips sukses agar tanaman mangga tabulampot agar cepat berbuah dengan lebat :

  • Tambahkan Zat pengatur tumbuh Paclobutrazol untuk menghentikan pertumbuhan vegetatif dan merangsang pembungaan deng konsentrasi 5 – 10 cc per liter air yang disiramkan ke pangkal batang. Baca Juga : Pupuk ZPT Gold star
  • Mengerat kulit pohon secara melingkar selebar 1 – 2 cm sampai terlihat kayu pohon pada ketinggian 50 cm di atas tanah.
  • Prunning : memangkas daun, cabang, dan ranting hingga pohon gundul tersisa sedikit daun.
  • Pelukaan : melukai kayu dengan mencacah, mengiris kulit kayu kira-kira 3 – 5 cm dari permukaan tanah.
  • Pengikatan : mengikat pohon dangan kawat agar hasil fotosintesis terhambat tersalurkan oleh pembuluh floem dan terjadi akumulasi karbohidrat di bagian atas tanaman yang akan mendorong pertumbuhan vegetatif ke generatif
  • Streessing air : Tidak menyiram tanah hingga titik layu permanen kemudian menggenangi perakaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu. Streessing air Dilakukan waktu daun berwarna hijau tua.

Demikianlah informasi panduan tepat budidaya tanaman mangga tabulampot, panduan budidaya ini dapat diterapkan pada berbagai jenis mangga unggulan seperti : mangga golek, mangga arumanis, mangga manalagi, mangga apel, mangga chokanan, mangga irwin, mangga dermayu ( indramayu) dan mangga gedong gincu. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam budidaya tanaman mangga tabulampot. Terima kasih. Baca Juga : 14 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit 

 


kata terkait,
cara budidaya mangga, budidaya mangga didalam pot, budiday mangga tabulampot, cara tanam mangga didalam pot, cara tanam mangga tabulampot, cara budidaya mangga choakanan tabulampot, cara budidaya mangga irwin tabulampot, cara budidaya mangga manalagi tabulampot, cara budidaya mangga arumanis tabulampot, cara budidaya mangga gedong gincu tabulampot, cara budidaya mangga indramayu tabulampot,

Bagikan informasi tentang 5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Mangga di dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Lebat, Tanpa Mengenal Musim kepada teman atau kerabat Anda.

5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Mangga di dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Lebat, Tanpa Mengenal Musim | JualBenihMurah.com

1 komentar untuk 5 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Mangga di dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Lebat, Tanpa Mengenal Musim

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 25%
Benih Bunga Lavender English (Haira Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.000 Rp 16.000
Tersedia
Rp 12.000 Rp 16.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Bibit Durian Musang King Kaki Empat 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Durian Musang King kaki 4 70cmRp 125.000 Rp 165.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 165.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Buncis Perkasa (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buncis Perkasa Panah MerahRp 12.500 Rp 15.000
Tersedia
Rp 12.500 Rp 15.000
Stok: Tersedia
OFF 12%
Bibit Jeruk Keprok Brazil 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Keprok Brazil UnggulRp 75.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR