Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah Agar Tumbuh Subur dan Dapat Berbuah Lebat

5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah Agar Tumbuh Subur dan Dapat Berbuah Lebat

Diposting pada 17 January 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 3.120 kali

5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah Agar Tumbuh Subur dan Dapat Berbuah Lebat

Budidaya Jambu Biji Sukun Merah – Buah Jambu sukun merah ini dikenal dengan keunggulan daging buahnya yang tebal dan tanpa biji. Buah jambu biji sukun merah memiliki bentuk bulat lonjong dan berwarna hijau agak kekuningan saat sudah matang. Bobot satu buahnya berkisar antara 200-400 gram/bush dengan diameter 5 cm. Daging buahnya tebal berwarna merah cerah dengan tekstur renyah dan beraroma wangi. Walaupun berukuran agak kecil, namun buah jambu biji ini menawarkan sensasi rasa manis dengan daging buah full tidak ada biji sehingga membuat jambu sukun makin diminati. bahkan citarasa jambu sukun merah ini bisa dikatakan lebih manis dan segar dibandingkan jambu biji pada umumnya.

Tanaman Jambu biji sukun merah merupakan salah satu jenis jambu lokal unggulan yang layak untuk dibudidayakan. Tanaman Jambu biji sukun merah berasal dari hasil mutasi tunas jambu biji getas merah yang ditemukan di Majalengka. Oleh karena mutasi itulah, buah jambu biji sukun merah memiliki kekurangan dalam hal daya simpan yang pendek karena kulitnya tipis. sehingga sangat cocok untuk dibuat jus.

Tanaman jambu biji sukun merah dikenal memiliki kemampuan adaptasi yang cukup tinggi di Iklim indonesia. Terbukti, tanaman jambu biji ini dapat tumbuh dengan baik diseluruh wilayah Indonesia. Tanaman jambu biji sukun merah juga memiliki sifat yang genjah atau mudah berbuah, dengan perawatan yang baik, buah jambu sukun merah dapat dipanen setelah tanaman berumur 1 tahun dengan bibit hasil okulasi, tempel atau cangkok. Selain itu, Tanaman jambu biji sukun merah memiliki tingkat produktifitas yang tinggi mengingat tanaman jambu sukun mempunyai kemampuan berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Budidaya Tabulampot Jambu sukun merah

Budidaya Tabulampot Jambu sukun merah

Syarat Tumbuh Jambu Sukun Merah

  • Tanaman jambu sukun merah dapat tumbuh baik didaerah tropis dengan ketinggian ideal antara 5 – 1.200 m dpl.
  • Suhu yang diharapkan untuk pertumbuhan optimal adalah 20-30o C.
  • Intensitas curah hujan berkisar 2.000 – 3.000 mm/tahun dan merata sepanjang tahun.
  • Tanaman jambu biji sukun merah membutuhkan penyinaran yang cukup sehingga peletakan tanaman sangat berpengaruh. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan penurunan hasil atau kurang smpurna (kerdil).
  • Tanaman jambu biji sukun merah dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Namun, Jenis tanah ideal untuk pertumbuhan jambu sukun merah adalah tanah yang subur dan gembur serta banyak mengandung unsur nitrogen dan bahan organik atau pada tanah yang liat dan sedikit pasir dengan kemampuan menyerap air yng baik.
  • Derajat keasamaan tanah (pH) yang dinginkan antara 6 – 6,5.
Baca Juga :   4 Jenis Tanaman Buah Jambu Biji Unggulan Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Cocok Untuk diBudidayakan di Iklim Indonesia

Budidaya Tabulampot Jambu Sukun

Pada umumnya bertanam tanaman jambu sukun merah ini tidaklah terlalu sulit, perawatannya juga cukup mudah. secara umum hampir sama dengan perawatan tanaman jambu biji pada umumnya. Selain dibudidayakan dilahan, Jambu biji sukun merah juga dapat dibudidayakan didalam pot atau tabulampot jambu sukun merah. Tertarik untuk bertanam tabulampot jambu sukun merah? Caranya sangat mudah kok!. Berikut ulasannya.

1. Pemilihan Bibit Unggul
Ciri-ciri bibit jambu biji sukun merah yang baik sebagai berikut.

  • Pastikan bibit jambu sukun merah yang akan dipilih telah disertifikasi atau berasal dari penangkar bibit terpercaya.
  • Pilihlah bibit sukun yang berasal dari okulasi (penempelan) yang sehat dan telah berumur minimal 5 – 6 bulan dengan pertumbuhan seragam dilihat dari satu cabang tunasnya yang memiliki panjang minimum 30 cm,
  • batang lurus, memiliki enam pasang daun, dan akar yang kuat.
  • Bibit jambu sukun yang terpilih harus bebas dari hama dan penyakit utama dengan ciri-ciri tidak ada kutu putih yang menempel pada daun atau batang.
Bibit Jambu Sukun merah

Bibit Jambu Sukun merah

2. Penanaman di Pot
Tahap penanaman didalam pot atau tabulampot tanaman jambu biji sukun merah sebagai berikut.

  • Masukkan media tanam, bisa berupa campuran tanah pasir, tanah liat, dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1 ke dalam pot berdiameter > 50 cm yang sudah diisi pecahan genting terlebih dahulu di bagian dasarnya.
  • Buka plastik yang melekat pada media tanam secara hati-hati agar akar tidak rusak. Agar tumhuh akar lebih banyak, potong sedikit akar tunggangnya. Untuk menjaga terjadinya penguapan yang berlebihan, potong separuh lebar daun.
  • Pindahkan bibit ke dalam pot, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot.
  • Siram tanaman hingga media menjadi basah.
  • Tempatkan tabulampot di tempat yang teduh. Jika sudah mulai tumbuh tunas, pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.
Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok Agar Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

3. Tahap Pemeliharaan
Pemeliharaan terhadap tanaman jambu biji sukun merah diperlukan meskipun tanaman jambu mampu tumbuh dan menghasilkan pada setiap keadaan tanah. Hal tersebut penting untuk menjaga hasil yang memuaskan. Pemeliharaan yang dilakukan adalah penyiraman dan pemangkasan.

– Penyiraman
Penyiramaan bertujuan untuk menjaga kelembapan tanah atau media tanam. Dua minggu pertama setelah bibit jambu biji sukun ditanam, penyiramaan dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Selanjutnya, penyiraman dapat dikurangi menjadi satu kali sehari. Apabila tanaman jambu biji telah tumbuh benar-benar kuat, penyiraman dapat dilakukan saat-saat diperlukan saja. Pada musim kemarau, sebaiknya dilakukan penyiraman sehari sekali, setiap sore hari. Penyiraman tanaman dalam pot tetap perlu dilakukan walaupun hari hujan karena tanaman pot sangat peka terhadap kekurangan air. Ketika kemarau tiba, tanaman dalam pot perlu disiram, dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

– Penggermburan
Supaya tanah tetap gembur dan subur, perlu dilakukan pembalikan dan penggemburan tanah supaya tetap dalam keadaan lunak. Hal ini dilakukan setiap satu bulan hingga tanaman dianggap telah kuat. Penggemburan dilakukan dengan membalik tanah menggunakan cangkul atau garpu.

– Pemangkasan
Pemangkasan tanaman jambu dibedakan menjadi dua, yaitu pemangkasan bentuk dan pembangkasan produksi.

  • aPemangkasan bentuk
    Pangkas bentuk dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah perawatan dilakukan pada cabang – cabang yang sudah mencapai tinggi lebih dari 1,5 m dan jika tajuk tnamn terlalu rimbun. Satu tanaman jambu sukun dipelihara maksimal lima percabangan utama. Pangkas bentuk dilakukan satu tahun sekali.
  • Pemangkasan produksi
    Pangkasan produksi dilakukan terhadap semua cabang secara periodik, yaitu tiga minggu sekali. Tujuannya untuk menstimulasi keluarnya tunas baru yang juga membawa bakal bunga. Pangkas produksi dilakukan kontinu sepanjang tahun.

4. Tahap Pemupukan
Untuk menjaga kesuburan lahan atau media tanam tetap stabil maka perlu pemupukan pada tanaman jambu biji sukun harus selalu dilakukan. Adapun tahapan dalam pemupukan jambu biji sukun merah sebagai berikut.

  • Umur 0-1 tahun, tanaman dipupuk 15 kg pupuk kandang per enam bulan, 2 cc PPC/liter air perbulan, dan 100-150 g NPK per empat bulan.
  • Umur 1-2 tahun, setelah tanaman berbuah. Pemupukan dilakukan dengan 200-300g NPK per empat bulan dan 2 cc PPC/ liter air per dua minggu, dan 20 kg pupuk kandang per enam bulan.
  • Umur 2-5 tahun, tanaman jambu biji sukun merah diberi 20 kg pupuk kandang per enam bulan, 2 cc PCC/ liter air per dua minggu, serta 350-500 g NPK per enam bulan.
  • Umur > 5 tahun Jika pertumbuhan kurang sempurna, terutama pada pertumbuhan tunas hasil pemangkasaan ranting, tanaman memerlukan pupuk kandang sebanyak 25 kh per 6 bulan per tanaman. selain itu, tanaman perlu dipupuk dengan PCC sebanyak cc/ liter air dua minggu dan 500 g NPK per enam bulan.
Baca Juga :   4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

Pemupukan tanaman dalam pot, terutama yang menggunakan pupuk buatan, pupuk harus dicairkan terlebih dahulu sebelum disiramkan kemedia tanam.

5. Tahap Panen
Panen buah jambu biji sukun merah untuk konsumsi segar dapat dilakukan pada saat buah berumur 110 – 120 hari setelah bunga mekar. Buah jambu biji sukun merah yang siap panen memiliki tanda–tanda sebagai berikut :

  • Kulit mengkilap dan berubah warna dari hijau tua menjadi hijau muda (untuk jambu biji sukun merah) atau hijau menjadi putih kekuningan (untuk jambu biji mutiara).
  • Ujung buah membuaka/merekah.
  • Aroma buah jambu sukun merah mulai tercium.

Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kualits buah. Adapun proses pemanenan buah jambu sukun merah sebaiknya menggunakan sarung tangan. Lakukan pemetikan jambu biji sukun merah menggunakan gunting panen dengan cara memotong tangkai buah dan menyisakan tangkai buah 0,5-1 cm dari pangkal. Lakukan proses pemanenan dengan hati-hati.

Demikianlah informasi tentang panduan mudah budidaya tabulampot jambu biji sukun merah. Agar tabulampot jambu biji sukun merah mampu berbuah lebat sepanjang tahun tentunya memerlukan beberapa perawatan secara intensif diantaranya pemilihan bibit unggul, penyiraman, pemangkasan, pemupukan penjarangan buah.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas tentang musuk utama yang sering menyerang tanaman jambu biji sukun merah dan bagaimana cara pengendaliannya. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah Agar Tumbuh Subur dan Dapat Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah Agar Tumbuh Subur dan Dapat Berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

4 komentar untuk 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah Agar Tumbuh Subur dan Dapat Berbuah Lebat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
Bibit Jeruk Dekopon Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Dekopon berbuahRp 185.000
Tersedia
Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Jual Bibit Anggur Akademik Avidzba 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 22%
Bibit Apel India Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Apel India Buah PutsaRp 145.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 145.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Bibit Belimbing Madu 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Belimbing maduRp 65.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR