Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Panduan Mudah Budidaya Alpukat Hass Agar Tumbuh Subur dan Mampu Mendapatkan Hasil yang Maksimal

5 Panduan Mudah Budidaya Alpukat Hass Agar Tumbuh Subur dan Mampu Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Diposting pada 8 November 2020 oleh Rizky Erma | Dilihat: 772 kali

5 Panduan Mudah Budidaya Alpukat Hass Agar Tumbuh Subur dan Mampu Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Budidaya Alpukat Hass – Buah alpukat hass mempunyai daging buah yang tebal dengan tekstur yang super pulen. Buah alpukat Hass ini memiliki ukuran yang kecil nan mungil. Namun dibalik bentuknya yang mungil, buah alpukat hass ini menyimpan keistimewaan daging buahnya yang padat dan gemuk. Alpukat hass memiliki citarasa yang super nikmat dengan kualitas internasional. Buah alpukat hass ini memiliki rasa yang tidak manis, namun gurih kaya rasa, lezat dan termasuk salah satu alpukat paling enak yang ada. Selain itu, Alpukat hass merupakan jenis alpukat premium yang berasal dari Australia. Buah alpukat hass memiliki karakteristik yang unik dimana saat matang kulit buahnya menghitam, dan kulit buah agak bergerigil alias tidak rata.

Tanaman Alpukat Hass merupakan salah satu jenis alpukat unggulan yang berasa dari Australia. Asal mula lahirnya Hass berdasarkan tak terlepas dari tangan dingin seorang ahli holtikultura bernama Rudolph Hass yang tak lain adalah penemu jenis alpukat unggulan ini. Keunggulan lainnya adalah tanaman alpukat hass juga terkenal dengan tingkat produktivitasnya yang tinggi. Buah alpukat hass juga terkenal dengan daya tahan terhadap pembusukan yang sangat luar biasa, buah alpukat hass dapat bertahan hingga berbulan-bulan lamanya. Yang lebih menariknya lagi adalah bibit alpukat hass ini dapat ditanam didalam pot atau dibuat tabulampot alpukat hass untuk menghiasi halaman atau pekarangan rumah anda.

 

Syarat Tumbuh

  • Bibit alpukat hass dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah hingga ketinggian 200 – 1500 mdpl.
  • Tanaman alpukat hass dapat tumbuh optimal dengan tanah yang gembur, tidak mudah tergenang air, subur, dan banyak megandung bahan organik.
  • Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan alpukat adalah jenis tanah lempung berpasir (sandy loam), lempung liat (clay loam), dan lempung endapan (alluvial loam).
  • Keasaman (pH) tanah berkisar 5,6 – 6,4. Bila pH di bawah 5,5 maka tanaman akan menderita keracunan karena unsur Al, Mg, dan Fe larut dalam jumlah cukup banyak.
  • Suhu optimal untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 12,8 – 28,3 oC. Mengingat tanaman alpukat dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi, tanaman alpukat dapat mentolerir suhu udara antara 15 – 30 oC.
  • Kebutuhan cahaya matahari untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 40 – 80%
Baca Juga :   Inilah 8 Keunggulan Alpukat Hass, Jenis Alpukat Premium Yang Menjadi Pilihan Utama Para Chief Dunia

Budidaya Alpukat Hass

Sebagai jenis alpukat premium, alpukat hass memang memiliki harga yang fantastis. harga buah alpukat hass di supermarket, bisa mencapai kisaran Rp 120.000 – Rp 140.000 per kilo. Sedangkan untuk saat ini pemenuhan alpukat hass di Indonesia sebagian besar masih berasal dari Import. Bayangkan saja, jika bisa mengambil kesempatan untuk menjadi produsen alpukat hass tentunya dapat menjadi peluang usaha yang sangat mengutungkan. Di Amerika Serikat misalnya, 80% alpukat yang tersedia adalah jenis alpukat Hass. Begitu pula halnya di New Zealand, alpukat jenis ini adalah jenis yang paling banyak ditanam secara luas.

Nah, Bagi anda yang tertarik untuk budidaya alpukat hass, berikut ini adalah beberapa tahapan mudah dalam membudidayakan alpukat hass :

1. Pemilihan Bibit Unggul

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam bertanam alpukat hass adalah pemilihan bibit alpukat yang unggul. Bibit alpukat yang berkualitas unggul nantinya akan berpengaruh terhadap buah yang dihasilkan. Sehingga diperlukan kejelian ketika memilih bibit alpukat hass .Bebepara hal yang bisa dijadikan patokan ketika memilih bibit sebagai berikut.

  • Usahakan bibit alpukat hass berasal dari hasil penempelan (okulasi) atau penyambungan yang ditandai dengan adanya bekas okulasi atau sambung 20 – 30 cm dari leher akar.
  • Sebaiknya umur bibit alpukat minimal telah mencapai empat bulan dengan panjang tunas minimal 30 cm dan memiliki enam helai daun.
  • Sebaiknya bibit alpukat hass bebas dari serangan hama dan penyakit, ditandai dengan batang mulus tidak berlubang, daun mulus dan jika berbuah, buahnya tidak busuk.

2. Persiapan Lahan Dan Lubang Tanam

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya alpukat hass ini diolah terlebih dahulu, bersihkan semua gulma atau tanaman pengganggu, pepohonan, hingga batu yang ada pada lahan tanam. Setelah itu, gemburkan lahan tanam dengan cara dibajak atau di cangkul, kemudian di cangkul halus sebanyak 2 hingga 3 kali.

Baca Juga :   Inilah 8 Keunggulan Alpukat Hass, Jenis Alpukat Premium Yang Menjadi Pilihan Utama Para Chief Dunia

Setelah lahan tanam siap, selanjutnya buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang tanam sekitar 60 cm x 60 cm dengan kedalaman sekitar 60 hingga 80 cm. Jika bibit yang akan ditanam banyak maka lubang tanam dibuat dengan jarak yang sama yaitu sekitar 6 m x 6 m. Jika lubang tanam telah dibuat, selanjutnya isi lubang tanam dengan pupuk kandang hingga 2/3 bagian lubang tanam. Biarkan pupuk meresap sempurna dalam tanah maka diamkan lubang tanam selama sekitar 3 hingga 4 minggu.

3. Penanaman Bibit Alpukat

Setelah bibit alpukat hass dan lubang tanam siap, segera lakukan penanaman. Masukkan bibit alpukat hass ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan namun sebelum dimasukkan polybag semai dibuka dahulu dengan hati-hati, jangan sampai media semai hancur. Setelah bibit alpukat hass dimasukkan dalam lubang tanam, timbun kembali dengan tanah bekas galian lubang. Selanjutnya lakukan penyiraman.

4. Perawatan Bibit

Dalam pemeliharaan bibit alpukat hass ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan agar bibit alpukat hass mampu tumbuh dengan optimal antara lain : penyiraman, tahap penyiangan, tahap pemangkasan dan tahap pemupukan.

a. Penyiraman

Lakukan penyiraman setiap hari pada bibit alpukat hass yang baru ditanam karena bibit tersebut membutuhkan banyak air. Penyiraman tersebut dilakukan setiap pagi atau sore hari dan apabila hujan tidak perlu dilakukan penyiraman.

b. Penyiangan

Lakukan penyiangan secara rutin pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman alpukat hass.

c. Pengemburan Tanah

Tahap pengemburan merupakan upaya pengolahan media tanam yang bertujuan agar media mendapatkan udara dan membuat tanah semakin gembur sehingga akar tanaman alpukat tidak terhambat dalam penyerapan unsur hara.

Proses pengemburan dapat menggunakan bantuan alat cangkul dan sejenisnya. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar tidak memutus akar tanaman alpukat hass.

d. Pemangkasan

Apabila cabang yang tumbuh terlalu rapat atau cabang ada yang mati maka lakukan pemangkasan. Setelah dipangkas, bagian bekas pangkas di beri fungisida agar tidak terinfeksi jamur atau penyakit.

e. Pemupukan

Pemupukan sebaiknya dilakukan secara teratur. Sistem perakaran pada tanaman alpukat hass memiliki rambut akar yang sangat sedikit dan pertumbuhan akarnya yang kurang ekstensif. Oleh karena itu, sebaiknya pemupukan dilakukan secara kontinu dengan dosis yang kecil.

Baca Juga :   Inilah 8 Keunggulan Alpukat Hass, Jenis Alpukat Premium Yang Menjadi Pilihan Utama Para Chief Dunia

Adapun jumlah pupuk yang diberikan tergantung pada umur tanaman :

  • Tanaman alpukat umur 1-4 tahun (fase pertumbuhan) Pupuk yang diberikan adalah pupuk urea 0,27 kg – 1,1 kg, pupuk TSP 0,5 kg – 1 kg dan Pupuk KCI 0,2kg – 0,83 kg per pohonnya.
  • Tanaman alpukat umur 3-4 tahun (fase produksi) Pupuk yang diberikan adalah pupuk urea 2,22 kg-3,55 kg, pupuk TSP 3,2 kg, dan pupuk KCI 4 kg setiap satu pohonnya.

Pemupukan sebaiknya dilakukan 4 kali dalam setahun, agar pemupukan lebih efisien sebaiknya pemupukan diletakkan dengan dengan akar. Adapun caranya dengan menanamkan pupuk ke dalam lubang, buatlah lubang lubang dengan kedalaman 30cm – 40cm melingkari tanaman persis dibawah tajuk tanaman.

5. Pemanenan Buah Alpukat

Panen buah alpukat hass dapat dimulai saat tanaman alpukat sudah berumur 2-3 tahun sejak penanaman (hasil okulasi / cangkok). Ketika buah alpukat hass dipetik pada umur 6 bulan atau 8 bulan (matang sempurna) buah alpukat hass ini mempunyai kualitas yang hampir sama. Selain itu, buah alpukat hass mempunyai proses pembusukan yang tergolong lama sehingga sangat menguntungkan jika alpukat hass dikirim ke berbagai tempat yang jauh dan tidak merubah kualitas buah.

Salah satu keistimewaan alpukat hass adalah mempunyai kadar minyak yang tinggi sehingga sangat cocok sebagai pengganti margarin dalam masakan. Dalam 100 gram daging alpukat hass rata-rata mengandung 11-12 gram lemak tak jenuh. Selain kaya akan lemak tak jenuh, aplukat hass juga kaya akan vitamin C, vitamin B-16, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Demikianlah informasi tentang Panduan Budidaya alpukat hass yang perlu anda ketahui. Sebagai salah satu alpukat premium tentunya alpukat ini memiliki kualitas yang tidak bisa dipungkiri seperti rasa paling nikmat, daging super pulen, kadar minyak tinggi. Dengan segala keistimewaan yang dimiliki oleh alpukat hass, maka alpukat hass sangat rekomended untuk dibudidayakan dalam skala bisnis. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita dan bermanfaat untuk kita semua . Terima kasih

Bagikan informasi tentang 5 Panduan Mudah Budidaya Alpukat Hass Agar Tumbuh Subur dan Mampu Mendapatkan Hasil yang Maksimal kepada teman atau kerabat Anda.

5 Panduan Mudah Budidaya Alpukat Hass Agar Tumbuh Subur dan Mampu Mendapatkan Hasil yang Maksimal | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk 5 Panduan Mudah Budidaya Alpukat Hass Agar Tumbuh Subur dan Mampu Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 29%
Benih Cabe Rainbow Garda Firework (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
OFF 27%
Bibit Juwet Putih 70 cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tanaman Buah Juwet PutihRp 55.000 Rp 75.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 75.000
Stok: Tersedia
OFF 11%
Pupuk Growmore Buah 6-30-30 (100 Gram)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

GRowMore Buah 100 gramRp 15.500 Rp 17.500
Tersedia
Rp 15.500 Rp 17.500
Stok: Tersedia
OFF 13%
Jual Tanaman Aglaonema Big Apple

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 140.000 Rp 160.000
Tersedia
Rp 140.000 Rp 160.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR