Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 PANDUAN BUDIDAYA JAMBU AIR MADU DELI HIJAU Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

5 PANDUAN BUDIDAYA JAMBU AIR MADU DELI HIJAU Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Diposting pada 5 February 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 78 kali

Jambu air madu deli hijau termasuk varietas jambu air paling unggul yang bermula dari negara Taiwan. Jambu air ini akhirnya sukses pula dibudidayakan di wilayah Sumatera. Salah satunya adalah di daerah Deli yang menjadi pusat pembudidayaannya. Salah satu varietas jambu air madu ini memiliki rasa yang sangat manis, bahkan tingkat kemanisannya bisa mencapai 15 brix, sehingga banyak yang bilang bahwa rasa jambu air ini setingkat dengan rasa madu. Keunggulan lain dari buah jambu air madu dheli hijau adalah ukurannya yang sangat besar dengan daging buah yang tebal, bertekstur renyah dan banyak mengandung air.

Tanaman jambu air madu deli hijau merupakan tanaman tropis yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi selama mendapatkan sinar matahari sepanjang hari. Karakteristik jambu air madu deli hijau ini antara lain tidak memiliki biji, ukurannya mencapai 200-300 gram per buah, warna kulitnya hijau muda mengkilap, dan jika dipelihara dalam pot atau polybag rasanya manisnya menjadi luar biasa. Jambu ini termasuk jenis tanaman buah super genjah, tidak mengenal musim dan sangat produktif.

Syarat Tumbuh Jambu Air Madu Deli Hijau :

  • Tanaman jambu air madu deli hijau dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 1.000 mdpl.
  • Jenis tanah yang paling cocok untuk penanaman jambu air madu deli hijau ini adalah tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung unsur hara.
  • Membutuhkan kelembapan tetapi tidak dapat tumbuh baik bila di sekitar akarnya terdapat air yang menggenang.
  • Membutuhkan sinar matahari sebanyak 40 – 80%.
  • Tingkat keasaman tanah (pH) yang diperlukan 5,5 – 7,5.
  • Dapat tumbuh tinggi hingga lebih dari 5 meter jika tidak dilakukan pemangkasan secara rutin.

Budidaya Jambu Air Madu Deli Hijau

Kesuksesan pembudidayaan jambu air madu deli hijau di Indonesia tidak lepas dari sifat adaptasinya yang tinggi dengan iklim tropis di Indonesia. Bukan hanya mudah beradaptasi, jambu air ini juga dikenal dengan sifat super genjah. Bagaimana tidak? Hanya dalam waktu sekitar 8 – 12 bulan, tanaman ini sudah mampu berbuah dari hasil bibit cangkok atau okulasi. Pohon jambu air madu deli hijau ini mampu berbuah sebanyak 30kg/pohon dalam 1 tahun.

Menanam dan merawat jambu air madu deli hijau ini bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Apalagi cara merawat jambu air madu deli hijau ini juga tidak begitu sulit. Biaya yang dibutuhkan untuk perawatan tidak mahal dan tidak ada perlakuan khusus tertentu yang sulit dilakukan.

Baca Juga :   9 Jenis Tanaman Buah Jambu Air Unggulan Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Bagus Untuk Pembudidayaan Tabulampot atau Lahan Di Iklim Indonesia

Berikut ini adalah cara merawat jambu madu dengan baik dan benar :

1. Pemilihan Bibit

Cara merawat jambu air madu deli hijau yang pertama bisa dimulai dari proses pemilihan bibit tanamannya. Berikut adalah beberapa patokan dalam memilih bibit jambu madu deli hijau :

  1. Bibit yang berasal dari hasil penyambungan atau penempelan (okulasi) dapat dilihat dari adanya bekas okulasi atau sambung sepanjang 20 – 30 centimeter dari bagian leher akar.
  2. Pilih bibit yang sudah berusia 4 bulan dengan minimal panjang tunas adalah 30 cm serta mempunyai minimal enam helai daun.
  3. Bibit wajib bebas dari hama penyakit. Bibit yang sehat ditandai dengan batang yang mulus, tidak ada lubang, daun mulus tanpa penyakit, serta buahnya tidak busuk.

2. Penanaman

Setelah memilih bibit yang baik, maka tahap cara merawat jambu air madu deli hijau selanjutnya adalah pada proses penanaman bibit jambu tersebut. Berikut tahapan menanam bibit jambu ke dalam pot :

  • Siapkan media tanam berupa tanah gembur yang dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang, komposisinya adalah 1:1.
  • Masukan campuran ini ke dalam pot.
  • Sebaiknya, gunakan pot dengan diameter lebih dari 50 cm.
  • Padatkan tanah dengan cara menggoyang-goyangkan bagian dinding pot.
  • Siram tanah dengan menggunakan air sampai basah.
  • Biarkan sekitar 2 – 3 hari supaya media tanam tersebut stabil dan mengendap sempurna.
  • Lepaskan bibit buah jambu madu dengan menggunting bagian polybag.
  • Periksa kondisi akar bibit, Pastikan kondisi akar bibit ini sehat.
  • Masukkan bibit buah jambu air madu deli hijau ini ke dalam lubang tanam pada pot secara perlahan.
  • Urug lubang tanam menggunakan media tanam sampai batas pangkal batang.
  • Siram bibit buah yang sudah ditanam ini dengan air secukupnya.
  • Tabulampot jambu air madu deli hijau diletakkan di lokasi yang cukup teduh sampai muncul tunas baru.

3. Pemeliharaan Tanaman

a. Penyiraman

Untuk merawat jambu air madu deli hijau ini dibutuhkan dua kali penyiraman. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Tapi bila cuaca sedang hujan bibit jambu air tidak usah disiram. Usahakan penyiraman dilakukan dengan air sumur atau air bor yang tidak memiliki campuran kimia.

Baca Juga :   6 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Jambu Air didalam Pot (Tabulampot) Agar Tumbuh Optimal dan Dapat Berbuah Cepat Serta Lebat

b. Penyiangan

Sebaiknya penyiangan dilakukan sebelum proses pemupukan. Tujuannya adalah agar nantinya pemupukan bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Tanah sudah menjadi gembur, gulma pun sudah tidak ada. Proses penyiangan dilakukan dengan membuang gulma menggunakan alat cangkul atau sejenisnya.

c. Pemangkasan

Pemangkasan perlu dilakukan jika pohon sudah mencapai tinggi sekitar 2 meter. Bagian yang dipangkas adalah tunas atau cabang yang kurang produktif. Dahan yang luka, kering, sudah tua, atau yang tidak tumbuh sempurna bisa dipangkas setiap saat untuk meremajakan tanaman.

d. Pemupukan

1. Sebelum berbuah (masa vegetatif)
Untuk mendukung pertumbuhan tanaman pada masa vegetatif, berikan pupuk NPK 16:16:16 sebanyak 1 – 2 sendok setiap 10 – 14 hari sekali. Berikan juga pupuk hayati dengan kandungan hara mikro dan makro setiap sebulan sekali.

2. Setelah berbuah (masa generatif)
Pada usia 7 – 8 bulan, tanaman buah jambu madu sudah memasuki masa generatif. Berikan pupuk MKP 28% (Mono Kalium Phospat) setiap 10 hari sekali. Pemberian pupuk hayati cair juga tetap perlu dilakukan setiap satu bulan sekali. Caranya adalah dengan melarutkan 30 mL pupuk cair Biotogrow ke dalam 15 liter air untuk menyiram 7 – 9 pohon.

e. Pembungkusan

Pembungkusan dilakukan untuk merawat jambu air madu deli hijau dan melindungi buah jambu air madu dheli hijau dari serangan hama pengerat yang menyerang buah. Gunakan spunbond atau bahan kain sintetis, atau biasa dikenal dengan pur kertas atau kain kapas. Walaupun transparan bahan tersebut efektif untuk melindungi buah, memiliki sirkulasi yang baik, dan cepat kering jika terkena hujan. Jangan gunakan plastik, karena biarpun transparan plastik dapat menahan air di dalamnya, saat terjadi hujan air akan merendam buah dan membuatnya rusak.

4. Fase berbunga dan berbuah

Tanaman jambu air madu deli hijau yang bagus sudah akan mulai berbuah 8 – 10 bulan setelah dipindahkan ke pot. Permasalahan yang sering muncul pada masa ini adalah rontoknya bunga sebelum menjadi bakal buah. Masalah ini dapat diatasi dengan selalu mengusahakan kondisi tanah yang lembap,  tidak becek, rutin memberikan pupuk sesuai fasenya (berbunga atau berbuah), dan memberikan hormon buatan jika perlu.

Baca Juga :   3 JENIS JAMBU AIR UNGGULAN WARNA HIJAU Dengan Rasa Paling Manis dan Sangat Cocok Untuk Dibudidayakan Tabulampot atau Lahan di Iklim Indonesia

Agar buah yang dihasilkan memiliki ukuran yang maksimal dan rasa yang benar-benar manis, lakukan penjarangan bunga dan buah. Penjarangan bunga dilakukan dengan membuang bunga bagian tengah supaya ketika buah mulai besar tidak saling bergesekan.

Adapun penjarangan buah dilakukan dengan menyisakan 1 saja dari 3 calon buah di tiap tangkai, pilih yang bentuknya baik dan bebas penyakit. Dari penjarangan ini nantinya tiap dompol hanya akan terdiri dari 5 – 7 buah saja. Penjarangan ini juga bertujuan mencegah patahnya ranting dan batang akibat terlalu berat menahan beban.

Supaya buah terhindar dari serangan lalat buah, pada usia 14 – 15 hari setelah bunga menjadi buah lakukan pembungkusan menggunakan plastik putih transparan yang sudah diberi lapisan koran di dalamnya atau menggunakan kelambu khusus pembungkus buah.

Ketika buah mencapai kematangan 60% sudah layak petik, ditandai dengan terbuka/mekarnya cuping buah dan rontoknya bulu-bulu putik. Buah mencapai kematangan sempurna jika bentuknya sudah terlihat penuh dan tangkai putik sudah mengering. Tepatnya sekitar 2,5 bulan setelah bunga berubah menjadi buah atau 105 hari sejak pembungaan.

5. Pasca Panen

Pada umumnya, buah jambu air madu deli hijau sudah bisa dipanen setelah 3 bulan terhitung sejak terbentuknya bunga. Ada beberapa tanda yang bisa diamati jika buah sudah siap panen. Diantaranya adalah ukuran buah tidak lagi bertambah besar, tercium aroma khas jambu madu, kulit tampak mengkilap, serta ada perubahan warna menjadi hijau dengan semburat warna merah.

Tanaman Jambu Air Madu Deli Hijau sangat cocok didibudidayakan dalam pot (Tabulampot), dapat dipanen raya sebanyak tiga kali dalam 1 tahun. Selain terkenal rasa yang super masinnya. jambu air yang memiliki nama latin Syzygium aqueum ini memiliki kombinasi serat dan nutrisi dalam buahnya yang telah menunjukkan efek yang signifikan terhadap kadar kolesterol sehingga dapat mencegah serangan jantung dan stroke.

Nah, itu dia panduan lengkap cara merawat jambu air madu deli hijau dari proses pemilihan bibit hingga proses pemanenan. Dengan menerapkan cara merawat jambu air madu deli hijau dengan benar, makan buah jambu air madu yang dipanen bisa berkualitas super dan rasanya pun semakin manis. Selamat mencoba

Bagikan informasi tentang 5 PANDUAN BUDIDAYA JAMBU AIR MADU DELI HIJAU Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

5 PANDUAN BUDIDAYA JAMBU AIR MADU DELI HIJAU Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk 5 PANDUAN BUDIDAYA JAMBU AIR MADU DELI HIJAU Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 18%
Benih Kubis New Summit (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 50%
Bibit Barbados Cherry 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Bibit Mangga Garifta Merah 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mangga Garifta MerahRp 85.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 52%
Jual Bibit Durian D24 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian D24 UnggulRp 75.000 Rp 155.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 155.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR