Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Cara Mudah Merangsang Stroberi Berbuah Lebat

5 Cara Mudah Merangsang Stroberi Berbuah Lebat

Diposting pada 8 June 2020 oleh Ali Arwani | Dilihat: 11.332 kali

5 Cara Mudah Merangsang Stroberi Berbuah Lebat

cara merangsang stroberi

Tips Merangsang Pembuahan Stroberi – Memiliki tanaman stroberi yang tak kunjung berbuah. Perawatan yang sekian lama tak kunjung membuahkan hasil, pastinya membuat kita sedih. Agar tanaman stroberi tumbuh dengan subur dan mampu berbuah lebat tentu harus melakukan perawatan dan trik yang betul. mulai dari pemilihan bibit unggul, pengelolahan lahan hingga pemupukan sesuai dengan dosis.

Pada dasarnya merangsang stroberi untuk berbuah tidak begitu rumit, hanya saja memang memerlukan kecermatan. Lalu seperti apa trik dan cara merangsang tanaman stroberi supaya berbuah lebat? Berikut informasinya.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah dalam merangsang pembuahan pada tanaman stroberi :  

1.Rajin Menyiram

Rajin menyiram adalah pangkal sehat bagi tanaman, karena tanaman strowberi itu sensitif sekali dengan ketersediaan air. Air begitu penting bagi tanaman strawberi yaitu sebagai pelarut, media tranport senyawa, media reaksi biokimia, memberikan turgor bagi sel, sebagai bahan baku fotosintesis dan juga menjaga suhu tanaman strawberri supaya kontan. Jika media tanam kering, tanaman stowberi bisa mudah layu.

Stroberi pot

2.Rajin Memupuk

Pupuk bisa dibilang sebagai makanan untuk tanaman stroberi agar tetap tumbuh. Pupuk dibutuhkan secara terus menerus dan bukan sekali kasih saja. Dengan pemupukan yang rutin, maka sangat menunjang dalam merangsang tanaman stroberi berbuah.

Pupuk agar tanaman stroberi berbuah harus banyak mengandung fosfat, kalium dan kalsium. Unsur-unsur ini bisa diperoleh dari bahan-bahan alami/organik, misalnya kompos yang dibuat dari kombinasi pukan ayam/burung (sumber nitrogen), batu fosfat, cangkang telur (sumber kalsium), dan kapur pertanian/dolomit (sumber kalsium dan magnesium).

Pemupukan stroberi dapat dikombinasi antara pupuk kimia dengan pupuk organik juga biar kelestarian tanah tetap terjaga dan juga kualitas buahnya tetap baik. Untuk Dosis, pupuk NPK yang diberikan jangan terlalu banyak, cukup sekitar 1-2 gram saja per pohon atau sekitar 5-10 butir. Kalau kebanyakan tanaman stroberi bisa kebakar. Adapun pupuk komposnya bisa dikasih agak banyak misalnya 1-2 genggam per pohon.

Pemupukan tanaman stroberi bisa dimulai sejak usia 7 hari setelah tanam, selanjutnya rutin 10-14 hari sekali (tergantung kondisi pertumbuhan tanaman). Dengan pemupukan yang teratur dan terus menerus, maka produksi buah stroberi bisa maksimal.

3.Rajin Memberi Perangsang Buah

Pemberian perangsang buah adalah kiat yang paling manjur dalam membuahkan stroberi. Dengan memberikan perangsang buah, biasanya tidak sampai dua minggu tanaman stroberi sudah mulai memunculkan calon bunga. Peran dari perangsang buah adalah untuk “mengarahkan” energi tanaman stroberi untuk secara fokus memproduksi bunga/buah. Rangsangan ini lazim disebut hormon atau zpt. Hormon tanaman ada banyak macamnya, namun yang kita butuhkan di sini adalah hormon perangsang buah. Salah satu yang biasa saya pakai dalam merangsang tanaman untuk berbuah tentu adalah Pupuk Organik Cair. Selain mengandung pupuk mikro yang lengkap, Pupuk Organik Cair biasanya diperkaya juga dengan zpt/hormon buah yang dapat merangsang tanaman stroberi berbuah.

Cara pemberian Pupuk Organik Cair ke tanaman stroberi adalah dengan disemprotkan ke daunnya, namun sebaiknya disemrotkan juga ke tanahnya, atau bisa disiramkan saja menggunakan gembor. Dosisnya tidak perlu banyak, cukup 1 tutup botol per 10 liter air. Semprotkan/siramkan secukupnya ke tanaman stroberi sahabat, sebaiknya di pagi atau sore hari. Intervalnya 10-14 hari sekali.

Stroberi polybag

4.Rajin Memangkas Sulur Stroberi

Sulur atau stolon adalah bagian tanaman stroberi yang menjulur panjang untuk memperbanyak dirinya sendiri secara vegetatif. Sulur stroberi panjangnya sekitar 30-50cm. Jika bagian ujung sulur stroberi ini menempel ke tanah yang lembap, maka akan keluar akar dan menembus tanah yang kemudian menjadi tanaman stroberi baru.

Sulur-sulur yang keluar dari tanaman stroberi (yang jumlahnya bisa banyak) akan menghambat atau membebani tanaman stroberi berbuah, hal ini karena energi tanaman menjadi terbagi. Untuk merangsang tanaman stroberi berbuah sebaiknya pangkaslah setiap sulur yang tumbuh dari tanaman stroberi. Gunakan gunting atau pisau tajam yang bersih untuk memangkasnya.

5.Rajin Memangkas Daun Tua dan Rusak

Seiring waktu, tanaman stroberi akan terus memproduksi daun. Daun-daun muda akan menjadi tua dan kemudian rusak dengan sendirinya. Daun-daun baru muncul lagi dan begitu terus siklusnya bergulir. Seperti halnya stolon atau sulur, daun-daun tua dan rusak cukup membebani tanaman stroberi terutama pada fase berbuah. Oleh karena itu untuk menghasilkan buah yang berkualitas dan merangsang bunga baru, daun-daun tua dan daun-daun yang rusak sudah sepatutnya kita buang. Gunakan gunting atau pisau tajam yang bersih.

Demikianlah informasi tentang trik merangsang stroberi berbuah lebat. Beberapa tahapan yang perlu dilakukan antara lain penyiraman, pemupukan, pemangkasan sulur dan pembuangan daun yang rusak. Semoga dapat dipraktekkan dirumah dalam merangsang tanaman stroberi berbuah. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang 5 Cara Mudah Merangsang Stroberi Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

5 Cara Mudah Merangsang Stroberi Berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

5 komentar untuk 5 Cara Mudah Merangsang Stroberi Berbuah Lebat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 8%
Pupuk Gold Star (30 ml)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pupuk Gold starRp 39.500 Rp 43.000
Tersedia
Rp 39.500 Rp 43.000
Stok: Tersedia
OFF 33%
Jual Bibit Mamey Sapote Pace 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 1.000.000 Rp 1.500.000
Tersedia
Rp 1.000.000 Rp 1.500.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 26%
Bibit Jambu Air Dalhari Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jambu Dalhari BerbuahRp 185.000 Rp 250.000
Tersedia
Rp 185.000 Rp 250.000
Stok: Tersedia
OFF 34%
Jual Bibit Durian Petruk 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah durian Petruk JeparaRp 95.000 Rp 145.000
Tersedia
Rp 95.000 Rp 145.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR