Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

Diposting pada 13 September 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 12.340 kali

Inilah 4 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

 

Tabulampot Jambu Kristal

Tabulampot Jambu Kristal

Budidaya Tabulampot Jambu Kristal – Melihat buah jambu biji tabulampot tampak bergelantungan diantara tajuk tanaman dipekarangan rumah anda?. Sungguh pemandangan menjadi pemandangan yang sangat indah bukan?. Buah jambu biji berukuran besar dan berkulit hijau dengan banyak biji yang keras dan banyak. Rasanya manis segar jika telah matang. Selain dapat dikonsumsi segar buahnya yang telah lunak dapat dijadikan jus atau selai. Tanaman jambu biji memiliki percabangan yang banyak, tetapi terarah. Cabang tanamannya dapat dapat dilengkungkan, kuat dan tidak mudah patah. Adapun perakarannya tergolong kuat.

Nah, bagi anda yang tertarik budidaya jambu kristal ini sebagai penghias halaman rumah anda?. ada baiknya kita mempelajari terlebih bagaimana cara bertanam dan perawatan tanaman jambu biji dengan baik dan benar. hal ini tentunya agar tanaman jambu kristal mampu tumbuh dengan baik dan dapat berbuah dengan cepat. Yups tanpa panjang lebar, pada kesempatan kali, kami akan membahas panduan sukses budiaya tanaman jambu biji agar cepet berbuah.

Syarat Tumbuh

  • Tanaman jambu biji kristal dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian 1.200 m diatas permukaan air laut.
  • Jambu biji kristal dapat berbuah sepanjang tahun, curah hujan yang paling cocok adalah 1000-1300 mm/th, pada daerah dengan curah hujan kurang atau tidak merata memerlukan pengairan, pH yang paling cocok berkisar 5.5-65, jika dibawah 4.0 pertumbuhannya tidak bagus.
  • Jenis tanah yang paling ideal adalah tanah yang lapisan atasnya tebal dan dalam dan kaya bahan organik.
  • Tentunya ditunjang dengan perawatan yang optimal, Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai ketinggian 4 sampai 10 m, akan tetapi dapat dibuat pendek dengan rutin melakukan pemangkasan.
  • Untuk Tanaman buah jambu biji yang dibudidayakan di lahan sudah dapat berbunga pada umur 1-2 tahun, sedangkan jika dibudidayakan di dalam pot dapat mulai berbuah pada umur 4 sampai 5 bulan.

Berikut ini Tips Sukses budidaya tanaman buah jambu biji Jambu biji Kristal di dalam pot Agar Cepat berbuah.

1. Pemilihan Bibit Unggul 
Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam rangka penanaman jambu biji kristal yang pasti adalah pemilihan bibit berkualitas unggul. anda dapat melakukan membibitkan sendiri dengan senggunakan cara vegetatif atau dengan generatif (dari biji). Jika anda ingin praktis dan tidak memiliki waktu, anda bisa membeli bibit jambu biji yang siap tanam di kios bibit atau toko online kepercayaan anda. Pastikan anda mendapatkan bibit jambu biji yang berkualitas. Pilihlah bibit yan sehat dan bebas dari hama dan penyakit, memiliki daun hijau segar tidak kering dan tidak layu, memiliki batang kokoh tidak kurus, percabangan yang baik.

Tanaman Jambu Biji Pear Tabulampot

Tanaman Jambu Biji Pear Tabulampot

2. Tahap Penanaman
Karena perakaran tanaman buah jambi biji kuat, sebaiknya tabulampot jambu biji menggunakan pot drum. Adapun komposisi media tanamn untuk penanaman jambu biji antara lain : Tanah : Pupuk Kandang : sekam = 2 :1:1.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Tin Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

Cara Menanam Tahapan Penanaman Jambu biji di dalam pot sebagai berikut :

  • siapkan bibit dan pot. Pastikan bibit ini berasal dari okulasi yang sehat dan telah berumur 5 -6 bulan dengan pertumbuhan seragam dilihat dari satu cabang tunasnya yang memiliki tinggi minimum 40 cm. Batang lurus, memiliki delapan pasang daun, dan akar yang kuat. Pot disiapkan berdiameter 60 cm dan tinggi 40 cm. Masukkan pecahan genting di bagian dalam pot, lalu masukkan media tanam dan buat lubang tanam.
  • keluarkan bibit dari polybag, caranya buka plastik yang melekat pada media tanam secara hati- hati agar akar tidak rusak dan bola tanah tidak pecah.
  • masukkan bibit tanaman buah jambu biji ke dalam lubang tanam.
  • Isi ruang yang masih kosong di dalm pot dengan media tanam dan padatkan di pangkal batang.
  • Siram tanaman dengan air bersih secukupnya hingga media tanam basah.
  • Letakkan di tempat yang teduh selam 1 -2 minggu.
  • Pindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

3. Tahap Perawatan
Pemeliharaan terhadap tanaman buah jambu biji tetap diperlukan agar memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. Pemeliharaan tanaman ,buah jambu biji dapat dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya : Penyiraman, pemupukan dan pemangkasan.

a. Penyiraman
Penyiraman bertujuan untuk menjaga kelembapan tanah atau media tanam. Dua minggu pertama setelah bibit di tanam, penyiraman dilakukan sebanyak satu kali sehari pada sore hari. Selanjutnya penyiraman dapat dikurangi menjadi dua hari sekali. Penyiraman dalam pot tetap dilakuakan walaupun pada musim penghujan karena tanaman buah jambu biji dalam pot sangat peka terhadap kekurangan air. Ketika musim kemarau tiba, tanaman dalam pot perlu disiram dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Jambu Biji Tabulampot

Jambu Biji Tabulampot

b. Pemupukan
untuk menjaga kesuburan lahan atau media tanam tetap stabil. Diperlukan pemupukan pada tanaman jambu biji berikut aturan pemupukannya sebagia berikut :

Baca Juga :   6 Panduan Tepat Budidaya Tabulampot Lengkeng Pingpong Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Jambu biji Kristal tabulampot
– Pada Umur Satu bulan setelah tanam : Berikan pupuk NPK mutiara dengan komposisi 25:7:7 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.
– Pada Umur 3 Bulan : Berikan pupuk mutiara dengan komposisi 16:16:16 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman. 

c. Pemangkasan
Tahap Pemangkasan tanaman jambu biji kristal dibedakan menjadi dua bagian yaitu : pemangkasan bentuk dan pemangkasan produksi. 1). Pemangkasan Bentuk : Satu bulan setelah tanam. Lakukan pemangkasan untuk pembentukan cabang baru. Pemangkasan dapat diulang sebulan sekali. Tujuan pemangkasasn bentuk untuk mempermudah perawatan tanaman dan pemanenannya. Pemangkasan juga dilakukan pada cabang-cabang yang sudah mencapai tinggi 1.5 m dan tajuk tanaman terlalu rimbun. Satu tanaman dipelihara maksimal lima percabangan utama. 2). Pemangkasan Produksi : Pangkas produksi dilakukan terhadap semua cabang secara periodik, yaitu tiga minggu sekali. Tujuannya untuk menstimulasi keluarnya tunas baru yang juga membawa bakal bunga. Pangkas produksi dilakukan kontinu sepanjang tahun.

d. Pembungkusan Buah
Pembungkusan buah jambu kristal dilakukan untuk menghindari serangan hama. Pembungkus buah tersebut dapat dilakukan setelah kelopak hampir jatuh dengan menggunakan plastik bening, namun sebelum dibungkus mengunakan plastik buah bisa disarungi dulu dengan jaring buah yang terbuat dari bahan sterofom.

Ada 2 cara pembungkusan yaitu mengikat kantong plastik pembungkus pada cabang dimana buah itu berada atau mengikat plastik tersebut pada tangkai daun. Dengan mengikat kantong plastik pembungkus pada cabang dimana buah itu berada lebih cepat, mudah dan juga buah tidak akan mudah jatuh karena angin. Jika dengan cara mengikat plastik pada tangkai daun, saat pemetikan akan lebih mudah namun kerjanya agak lambat.

Baca Juga :   9 Tips Mudah Mengatasi Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Buah Jambu Biji

4. Tahap Panen
Bibit tanaman Jambu biji kristal yang berasal dari hasil cangkok atau okulasi akan mulia belajar berbuah pada umur 6-1 tahun. Jambu yang siap panen memiliki warna putih kekuningan bila dibandingkan dengan buah yang masih hijau atau belum tua. panen sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari.

 

Tanaman Jambu Biji Tabulampot

Tanaman Jambu Biji Tabulampot

Tips Tanaman Jambu Biji Agar Cepat Berbuah

  • Berikan pupuk NPK Seimbang setiap 3-4 bulan sekali.
  • Pangkas cabang dan ranting yang tua, terutama yang sakit.
  • Setelah panen, segera pangkas pohon agar musim berikutnya tumbuh serentak sehingga panen maksimal.
  • Jaga kelembapan dengan cara selalu di beri pasokan air.
  • Pangkas secara ringan dan berulang-ulang untuk memicu pucuknya berproduksi sepanjang tahun.
  • Pemangkasan cabang dilakukan pemotongan sepanjang 10 -20 cm dari ujung cabang-cabang untuk merangsang bunga sehingga muncul tunas dan bunga.

Demikanlah informasi tentang panduan mudah budidaya Jambu Biji Kristal Tabulampot Agar Cepat Berbuah Sepanjang Tahun. Dalam budidaya tabulampot jambu kristal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain : pemilihan bibit unggul, pengelolahan lahan, tahap penanaman, tahap perawatan. Denagn perawatan yang baik tentunya akan menghasilkan buah jambu kristal yang berkualitas dan maksimal.  Snda dapat menerapakan panduan budidaya jambu kristal ini pada jenis jambu biji lainnya seperti, jambu getas merah, Jambu biji sukun merah, Jambu biji Susu, dan Jambu Biji Sukun Putih (Lokal). Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda dalam budidayan tanaman buah dan medapat memberi manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

 


kata terkait,
budidaya jambu biji Kristal, Cara Budidaya jambu biji Getas merah, Cara Budidaya jambu biji kristal, Cara Budidaya Jambu Getas Merah, cara budidaya Jambu sukun merah, cara budidaya Jambu Sukun Putih, cara budidaya Jambu Susu, Cara tanam Jambu biji kristal, Cara tanam Tabulampot jambu biji Kristal, jambu biji, jambu biji Kristal tabulampot, jual bibit jambu biji Kristal tabulampot, keunggulan jambu kristal, Perawatan Jambu biji kristal, Tabulampot jambu biji Kristal, Tanaman Buah Jambu Biji Kristal, Tips budidaya Jambu Biji Tabulampot, pemupukan jambu kristal,

Bagikan informasi tentang 4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun | JualBenihMurah.com

21 komentar untuk 4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

  • encun says:

    Saya tertarik menanam’saya beli bibit dipameran lapangan banteng yg sudah ada buahnya tapi tdk sampai matang rintok dan sampai sekarang klo berbunga selalu rontik sdh 1th tdk pernah berbuah .pupuk kandang dan npk rutin setiap 3 bln gimana nih ngatasinya

    • ALI ARWANI says:

      Untuk buah jambu biji yang rontok sebelum matang kemungkinan, media tanam mengalami kekeringan, sebaiknya lakukan Penyiraman secara tepat dan teratur. Tidak boleh berlebih ataupun mengalami kekeringan. Sebaiknya lakukan penyiraman pada media tanahnya saja sampai basah benar, jangan daun apakagi bakal buah. selain itu, Jangan lakukan penyiraman pada tengah hari. sebaiknya siram pada pagi hari atau sore hari.

      Untuk mempercepat pembuahan lakukan pemangkasan cabang dan ranting yang sudah tua. Selain itu, lakukan pemupukan degan pupuk NPK dengan kandungan P dan K tinggi untuk mempercepat pembuahan dan mencegah kerontokan. Tambahkan cucian beras dan sedikit gula dakam larutan pupuk yg akan diaplikasikan. Cucian beras mengandung vit B1 yg berguna utk pembelahan sel dan gula utk energi yg diperlukan utk pembelahan sel. Tambahan keduanya utk mempercepat proses pembelahan bakal buah, sehingga mencegah kerontokan. semoga bermanfaat. terima kasih

  • Fahmi fauji says:

    Jambu saya bayak buahnya mah cuma selalu gagal panen , pada bosok , pas waktu di panen mah cuma bintik bintik item , tapi klo sudah di diemin selam 1-2 di pada bosok , tolong kasih tipsnya

    • ALI ARWANI says:

      coba pada saat muncul pentil jambu (buah jambu yang masih berukuran kecil) segera dikasih pembungkus, adapun pembungkusnya bisa menggunakan plastik. teknik ini biasa digunakan agar buah jambu tidak diserang hama atau penyakit.

      semoga bermanfaat
      terima kasih

  • Asnawi yudhas says:

    Apakah jambu kristal yg ditanam dlm pot hasil buahnya akan maksimal atau bisa sama dgn yg ditanam dilahan?apakah baik untuk pertumbuhan klo medianya hanya sekan dan pupuk kandang tnp ada tanahnya? Termksh..mohon jwbnya…

    • ALI ARWANI says:

      untuk menghasilkan kuantitas dan kualitas yang maksimal dalam bertanam jambu kristal lebih baik ditanam dilahan. permasalahan yang ada dalam tabulampot jambu kristal adalah keterbatasan unsur hara yang dibutuhkan tanaman, jika tidak dilakukan pergantian atau peremajaan media tanam secara berkala. yang nantiny akan berdampak pada kualitas buah yang dihasilakn. sebaiknya media tanam digunakan menggunakan campuran tanah. terima kasih

  • Pak Totok Sucipto says:

    Menananm tabulampot jambu kristal harus sabar ,kita harus telaten dan mencoba dan mencoba sedikit buat riset alhamdulillah saya berhasil membuat tabulampot jambu kristal dan sudah panen.

    • ALI ARWANI says:

      alhamdulillah..
      akhirnya tabulampot jambu kristal akhirnya berbuah juga…
      semoga kabar dari bapak dapat menjadi penyemangat untuk selalu tekun dalam berkebun tabulampot
      terima kasih banyak atas informasi
      sangat bermanfaat sekali

  • Wandi Saputra says:

    Setelah panen jambu biji kristal, perlu dilakukan pemangkasan agar merangsang pucuk baru dan bunga..
    Yg ingin saya tanyakan,, pemangkasan seperti apa yang baik dilakukan?
    Terimakasih

    • ALI ARWANI says:

      setelah jambu kristal berbuah sebaiknya lakukan pemangkasan berat yakni dengan memangkas sebagian besar cabang pohon jambu kristal, adapun tujuannya untuk peremajaan dahan /cabang agar muncul dan terbentuk cabang yang muda dan siap untuk memproduksi lagi buah dengan kpasitas yang lebih banyak.
      semoga bermanfaat. terima kasih

  • Achmad fadli says:

    Saya ingin tanya gan, kenapa ya setiap kali berbunga selalu rontok atau mati bunga jambu nya dan bagaimana cara nya agar tidak rontok atau mati bunga jambu. Untuk penyiraman rutin setiap pagi dan sore hari. Mohon pencerahan nya gan, terima kasih

    • ALI ARWANI says:

      selamat pagi,
      penyebab kerontokan bunga pada jambu dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain : kekurangan air, tidak ada penyerbukan dan kekurangan nurisi. untuk mengatasi agar bunga tidak rontok, bisa melakukan perawatan khusus seperti memberikan asupan yang cukup, memberikan pupuk NPK, memberikan pupuk khusus buah dan upayakan tanaman jambu tidak hanya satu hal ini bertujuan agar bunga jambu bisa diserbuki secara silang. semoga bermanfaat dan terima kasih.

  • Budi Setiawan says:

    mohon bantuannya gan pupuk yang bagus untuk jambu kristal di Pot itu apa yah?

    • Ali Arwani says:

      Selamat pagi…
      untuk pemupukan pada tabulampot jambu kristal, lebih baik komposisinya lebih banyak menggunakan pupuk kandang, hal ini bertujuan agar unsur hara dalam media tanam tercukupi dan tetap terjaga. Adapun pupuk kandang yang digunakan bisa memakai kotoran kambing dan sejenisnya

      Selain itu, bisa juga ditambahkan pupuk anorganik untuk penunjang seperti pupuk NPK growmore dan sejenisnya.
      Semoga bermanfaat.
      Terima kasih

  • Aulia says:

    Saya punya pohon jambu kristal, sy tanam di dalam pot. Pas beli, sudah ada bakal bunga nya tapi kok semakin lama pohon nya semakin layu, daun mulai menguning dan kering. Padahal pupuk sudak ok. Masalahnya apa ya? Terima kasih

    • Ali Arwani says:

      Daun tanaman jambu kristal menguning bisa menjadi kendala dalam berkebun. Karena jika dibiarkan tanaman jambu kristal bisa mati. Apapun penyebab daun menguning jambu kristal bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

      1. Kekurangan nutrisi (misal kekurangan zat besi dll)
      Hal ini biasa tanaman jambu kristal jarang mendapatkan pupuk, oleh sebab itu, sebaiknya rajinlah memberi pupuk pada tanaman

      2. Kekurangan sinar matahari maupun kekurangan air.
      Daun menguning bisa juga disebabkan oleh kekurangan sinar matahari dan kekurangan asupan air. Oleh sebab itu, sebaiknya taruk tabulampot jambu kristal ditempal yang terkena sinar matahari langsung dan lakukan penyiraman secara teratur minimal 1 kali sehari.

      3. Serangan Hama & Penyakit
      serangan hama & penyakit menjadi momok terbesar dalam berkebun. oleh karena itu, selalu waspada dalam melakukan perawatan pada jambu kristal.

      Semoga bermanfaat.
      Salam Berkebun,
      JualBenihMurah.com

  • P. frega says:

    pada jambu kristal yg baru tanam.. berapa jarak waktu yg baik dan rutin untuk pemupukan bisa d lakukan ..terima kasih

    • Ali Arwani says:

      Tips pemupukan tanama jambu kristal

      – Setelah tanam : Berikan pupuk NPK mutiara dengan komposisi 25:7:7 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

      – Pada Umur 3 Bulan : Berikan pupuk mutiara dengan komposisi 16:16:16 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

  • Mukhammad Gufron Bisri says:

    Pada saat tahun pertama tanaman jambu kristal berbunga di tahun pertama, cara yang tepat menghilangkan bunga tanamannya gimana ya?
    Biar batang kuat terlebih dahulu maka ditahun pertama bunga tanaman ingin saya hilangkan dulu, terimakasih 🙏🏻

  • Irin says:

    Untuk mengatasi hama putih di pohon jambu yg ditanam dlm pot ..
    Mohon pencerahannya pak ..
    🙏🙏🙏😊

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 11%
Bibit Mangga Kelapa 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Mangga Kelapa UnggulRp 85.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Jual Bibit Pucuk Merah 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 25.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 25.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Jual Bibit Pisang Raja 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pisang RajaRp 45.000 Rp 65.000
Tersedia
Rp 45.000 Rp 65.000
Stok: Tersedia
OFF 18%
Benih Melon Dainty F1 (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR