Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 4 Panduan Budidaya Tanaman Buah Sirsak Ratu didalam Pot (Tabulampot) Agar Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

4 Panduan Budidaya Tanaman Buah Sirsak Ratu didalam Pot (Tabulampot) Agar Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

Diposting pada 24 November 2016 oleh Ali Arwani | Dilihat: 4.066 kali

Inilah 4 Panduan Budidaya Tabulampot  Sirsak Ratu Agar Mampu Tumbuh Suburr dan Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

Budidaya Tabulampot Sirsak Ratu Tanaman sirsak berbentuk pardu. Pohon sirsak memiliki tajuk berbentuk unik dengan bercabang hampir mulai dari pangkalnya. Batangnya keras, tetapi berukuran kecil, liat, dan mudah patah. Akarnya berupa akar tunggang dan akar samping yang kuat serta dalam. Umumnya bentuk buah lonjong dengan bagian ujung bengkok. Kulit buah berwarna hijau kekuningan dan mengilap. Daging buahnya bertekstur lunak, berserat, berwarna putih, dan berbiji hitam. Rasa buah sirsak ratu manis segar dan terasa lengket di lidah dengan tekstur daging buah agak kering. Aromanya harum. Disamping rasanya segar, buah sirsak memiliki banyak manfaat. Malahan daunnya diyakini bisa mengobati kanker dengan cara alami.

Tanaman buah pemilik nama latin Annona muricata L ini merupakan salah satu jenis tanaman tahunan yang dapat menghasilkan buah tanpa mengenal musim. Konon ceritanya tanaman srikaya ini asalnya dari wilayah Amerika Tengah yang dibawa oleh bangsa Belanda ke Indonesia. Tanaman sirsak dapat tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis dan bisa beradaptasi baik di daerah dataran rendah hingga ketinggian 800 m dpl. Daunnya berbentuk memanjang atau oval sungsang. Bagian atas daunnya memiliki warna hijau tua, sedang bagian bawahnya dengan warna hijau muda. Buah sirsak memiliki warna hijau sampai hijau kehitaman dan mempunyai duri lunak. Daging buahnya berwarna putih gading dan ditemui banyak biji di dalamnya.

Tanaman Buah Sirsak unggulan yang berpotensi dikembangkan dan perbaikan varietas adalah sirsak ratu. Sirsak ratu dapat ditemui pada daerah di Jawa Barat. Jenis ini termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan dan tidak memerlukan perhatian khusus. Tanaman Pemilik nama latin Annona muricata L. ini dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah dan dataran tinggi maks 1.200 m dpl. Tinggi tanaman dapat tumbuh hingga 7 m.  Pada Pembudidayaan di didalam pot (tabulampot) dapat berbuah pada umur 2 tahun, jika di budidayakan dalam lahan dapat berbuah pada umur 3 tahun dengan bibit okulasi dan 6 tahun dengan bibit biji.

Budidaya Sirsak Ratu Tabulampot

Budidaya Sirsak Ratu Tabulampot

Anda tertarik membudidayakan tanaman buah Sirsak Ratu ini di halaman rumah anda?. perawatannya tergolong mudah kok, cukup pengairan dan pemupukan yang teratur pohon srikaya jumbo akn tumbuh dengan optimal. Sebelum mulai membudidayakan pohon srikaya jumbo ini, pada kesempatan kali ini, Kami akan memaparkan panduan tepat budidaya tanaman buah Sirsak Ratu agar mampu tumbuh optimal dan dapat cepat berbuah.

Baca Juga :   Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia

Berikut ini Panduan Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Sirsak Ratu Agar Mampu Berbuah Rajin Sepanjang Tahun :

1. Pemilihan Bibit
Tanaman buah sirsak ratu dapat diperbanyak melalui biji, okulasi, dan pencangkokan. Jika ditanam berasal dari biji, tinggi pohon sirsak bisa mencapai 10 meter dan masa produksi buah berlangsung ketika tanaman berumur 4—5 tahun. Sementara itu, bibit yang berasal dari okulasi dan cangkok, tinggi pohon hanya 3—5 meter dan tanaman sudah belajar berbuah ketika berumur 2—3 tahun. Sebaikya memilih bibit sriskaya ratu yang berasal dari perbanyakan cangkok atau okulasi. Pilihlan bibit yang memiliki kualitas bagus, daun banyak, batang lurus, dan sehat bebas dari hama dan penyakit. Dapatkan :  Bibit Sirsak Ratu Unggul.

2. Pemilihan Media tanam
komposisi media tanam yang dapat dijadikan rujukan untuk penanaman sirsak di dalam pot (tabulampot) antara lain : Tanah : Pupuk Kandang : sekam = 2 :1:1

3. Penanaman Bibit
Cara menanam sirsak tidak terlau sulit. Berikut tahapannya.

  • Siapkan bibit. Pilih bibit berumur sekitar 10 – 12 bulan setelah diokulasi atau disambung. Daun-daunnya akan tumbuh berwarna hijau segar dan rimbun. Batang tumbuh lurus dan kuat dengan diameter 2 – 3 cm.
  • Siapkan pot. Biasanya wadah tanam tabulampot sirsak adalah pot dari drum. Drum ini harus diberi lubang-lubang kecil di bagian dasarnya, kemudian diberi ganjalan agar pembuangan air penyiraman lancar.
  • Masukkan pecahan batu bata merah atau genting ke dalam dasar pot, lalu lapisi dengan ijuk, humus, atau daun-daun kering.
  • Keluarkan bibit beserta media tanamnya. Caranya sobek atau gunting polybag dengan hati-hati.
  • Masukkan bibit di lubang tanam dan padatkan dengan media tanam di sekitar pangkal batang.
  • Siram tanaman dan media tanam hingga basah
  • Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi.
  • Biarkan di tempat tersebut beberapa hari hingga tumbuh tunas, lalu pindahkan ke tempat yang terkena cahaya matahari, terutama pagi hari.
pohon-sirsak-ratu

pohon-sirsak-ratu

4. Tahapa Pemeliharaan 
Tanaman harus tetap diperhatikan dengan cara dirawat dengan baik. Pemeliharan yang tepat menjadi kunci keberhasilan penanaman sirsak. Berikut beberapa tips pemeliharaan yang harus dilakukan.

Baca Juga :   Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu

a. Penyiraman
Di musim kemarau, penyiraman sangat perlu. Frekuensinya satu kali sehari pada sore hari. Usahakan agar air siraman tidak menggenang lebih dari 12 jam karena akan merangsang timbulnya penyakit busuk akar.

b. Penggemburan
Penggemburan dilakukan karena media tanam memadat. Salah satu penyebabnya penyiraman yang berlebihan. Penggemburan dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak akarnya menggunakan sekop kecil.

c. Pemupukan
Tahap pemupukan pada tanaman Sirsak Ratu tabulampot antara lain :

  • Pada Umur Satu bulan setelah tanam : Berikan pupuk NPK mutiara dengan komposisi 25:7:7 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.
  • Pada Umur 3 Bulan : Berikan pupuk mutiara dengan komposisi 16:16:16 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Adapun pemberian pupuk kandang dapat dilakukan setiap enam bulan sekali. Penggunaannya untuk penanaman di pot sebanyak lima kilogram per pot, sedangkan penanaman di lahan sebanyak 15 kg per pohon.

d. Pemangkasan
Agar penampilan tetap prima, perlu dilakukan pemangkasan dan pembentukan pohon. Caranya, pelihara hanya satu batang utama (pokok) pada ketinggian 60 75 cm, tiga cabang primer terpilih sepanjang 30 – 50 cm, dan sembilan cabang sekunder terpilih sepanjang 30 – 50 cm. Lakukan pemangkasan pada musim hujan. Lakukan pemangkasan pada ujung cabang. Setelah dipangkas, olesi setiap luka pangkasan dengan minyak cat atau ter.

buah-sirsak-ratu

buah-sirsak-ratu

Tips Sukses Budidaya Tanaman Buah Sirsak Ratu Agar Rajin Berbuah Sepanjang Tahun :

  • Untuk merangsang pembungaan, lakukan stres air yang dikombinasikan dengan pemberian pupuk daun yang kandungan P-nya tinggi.
  • Gunakan bibit dari hasil okulasi.
Baca Juga :   Inilah 7 Rahasia Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Yang Layak Direkomendasikan Untuk Dikebunkan

Demikianah informasi tentang panduan budidaya pohon sirsak Ratu Tabulampot. semoga informasi tersebut menjadi dasar pengetahuan anda dalam membudidayakan tanaman buah sirsak ratu tabulampot. Baca juga : Panduan Budidaya Tanaman Buah Sawo Tabulampot.

 

 

 


kata terkait,
Sirsak Ratu, Tanaman Sirsak Ratu, Budidaya Sirsak Ratu , Cara Budidaya Sirsak Ratu , tips Budidaya Sirsak Ratu, Kiat Budidaya Sirsak Ratu, Tanaman Sirsak Ratu Tabulampot, Jual Bibit Sirsak Ratu, Jual Tanaman Sirsak Ratu, Manfaat Sirsak Ratu, Cara tanam Sirsak Ratu Tabulampot, khasiat buah sirsak ratu, tips perawatan sirsak ratu, cara perawatan sirsak ratu, cara tanam sirsak ratu, Bibit Sirsak Ratu,

Bagikan informasi tentang 4 Panduan Budidaya Tanaman Buah Sirsak Ratu didalam Pot (Tabulampot) Agar Rajin Berbuah Sepanjang Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

4 Panduan Budidaya Tanaman Buah Sirsak Ratu didalam Pot (Tabulampot) Agar Rajin Berbuah Sepanjang Tahun | JualBenihMurah.com

1 komentar untuk 4 Panduan Budidaya Tanaman Buah Sirsak Ratu didalam Pot (Tabulampot) Agar Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

  • Pram Sudharto says:

    Saya mempunyai 20-an tanaman bibit sirsak yg saya tanam dari biji. Saya ingin mencari lahan kosong untuk menanam bibit sirsak ini. Apa saya bisa di bantu?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 40%
Bibit Kayu Mahoni 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pohon Kayu MahoniRp 7.500 Rp 12.500
Tersedia
Rp 7.500 Rp 12.500
Stok: Tersedia
OFF 41%
Bibit Jeruk Dekopon 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Jeruk DekoponRp 85.000 Rp 145.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 145.000
Stok: Tersedia
Terpopuler, 8 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 11%
Bibit Jeruk Kintan Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Jeruk Kintan BerbuahRp 165.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 165.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR