Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 3 Jenis Lengkeng Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Komersial

3 Jenis Lengkeng Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Komersial

Diposting pada 4 September 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 22 kali

Berikut 3 Varietas Tanaman Lengkeng Unggulan Yang Sangat Rekomended Untuk Budidaya Skala Komersial

Buah kelengkeng? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini. Buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki nama latin Dimocarpus longan ini mempunyai bentuk bulat, dikenal dengan citarasanya yang manis juicy serta banyak juga sekali dijual di pasaran. Karena keunggulan inilah banyak petani yang mencoba membudidayakan tanaman lengkeng ini untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Jenis Lengkeng Komersial

Saat ini budidaya Lengkeng menjadi salah satu jenis prospek usaha sangat menjanjikan. Pasalnya, Permintaan yang tinggi akan buah kelengkeng ini dan nilai ekonomis yang tinggi mampu memberikan keuntungan yang berlebih bagi para petani. Nah bagi anda yang tertarik membudidayakan tanaman kelengkeng kami akan memberikan rekomendasi varietas tanaman lengkeng yang cocok untuk budidaya skala komersial. Berikut ulasannya.

Berikut ini adalah rekomendasi varietas kelengkeng yang sangat cocok untuk budidaya skala Komersial :

1. Kelengkeng New Kristal

Kelengkeng New kristal termasuk jenis kelengkeng banyak diburu petani. Kelengkeng new kristal atau sering disebut kelengkeng kateki ini dikenal dengan tingkat produktifitas yang tinggi. Produktivitas pohon pada panen perdana mencapai 10—70 kg tergantung perawatan. Seiring dengan penambahan umur, produksi pun terus membubung. Pada umur 4 tahun, misalnya, sebuah pohon menghasilkan 75 kg, 5 tahun 100 kg. Produksi stabil pada kisaran 100—150 kg ketika pohon berumur 5—7 tahun.

Tanaman kelengkeng kateki mampu menghasilkan dompolan-dompolan buah yang sangat besar hingga mencapai 3-4 kg/ tandan. Selain itu, Buah kelengkeng new kristal berukuran besar, dengan diameter 2,8—3 cm serta berbiji kecil, 0,7—0,8 cm. Daging buah tebal, Tekstur renyah dan kering. Selain itu, Buah kelengkeng new kristal mempunyai citarasa yang manis dengan kadar kemanisan mencapai 24° briks.

Baca Juga :   Inilah 3 Kesalahan Fatal Pada Pembuahan Lengkeng New Kristal Sehingga Gagal Berbuah

Tanaman kelengkeng new kristal dikenal dengan tingkat adaptasi yang tinggi, bersifat genjah dan mampu berbuah sepanjang tahun. Yang paling disukai pekebun dari tanaman kelengkeng new kristal adalah tahan rontok. bayangkan saja, tingkat kerontokan bunga dan buah hanya 10—15% dari total calon bunga.

Lengkeng Kateki

2. Kelengleng Itoh

Kelengkeng itoh terkenal dengan citarasanya yang manis dengan tingkat kemanisan mencapai 19° briks. Buah kelengkeng itoh juga mempunyai ukuran yang besar dengan diameter 2—2,8 cm dengan ukuran biji 0,8—1cm. Adapun beratnya mampu mencapai 7,7 – 9,4 g per buah. Daging buahnya tebal dan bertekstur kering, sehingga tidak akan mudah busuk.

Tanaman lengkeng itoh adalah jenis kelengkeng unggulan yang dihasilkan dari penyambungan jenis lengkeng diamond river dengan lengkeng asal Thailand. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian 1 – 400 mpdl.

Selain itu, tanaman kelengkeng itoh juga dikenal dengan Itingkat produktifitasnya yang tinggi. Saat tanaman sudah berumur 5 Tahun, dalam satu tanaman dapat menghasilkan buah sebanyak 1.857 – 5.180 buah. Produktivitas lengkeng itoh pun mencapai 14,3 – 48,5 kg/pohon/tahun.

Lengkeng Itoh

3. Kelengkeng King Long

Kelengkeng King Long adalah salah satu jenis kelengkeng unggulan yang berasal dari kendal, Jawa Tengah. Buah kelengkeng king long dikenal dengan ukuran buahnya yang tebal dengan diameter sampai 3 cm. Ketebalan daging buahnya mencapai 75% dengan tekstur padat serta biji yang kecil. Keunggulan lainnya adalah kelengkeng king long ini mempunyai citarasa manis yang pas, hal ini membuat kelengkeng ini enak dinikmati dalam jumlah yang banyak.

Tanaman lengkeng king long dikenal sangat adaptif, tanaman kelengkeng ini dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah asalkan mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.

Baca Juga :   Inilah 10 Sifat Unggul Lengkeng Kateki Yang Harus Anda Ketahui, Yang Membuatnya Manjadi Primadona Baru Pecinta Tanaman Buah

Tanaman kelengkeng king long dikenal dengan sifatnya yang mudah berbuah, tanaman kelengkeng ini mulai belajar berbuah saat berumur 2-3 tahun setelah tanam. Selain itu, tanaman kelengkeng king long juga memiliki tingkat produktivits sangat tinggi, sehingga sangat menguntungkan bagi pembudidayanya. Satu pohon kelengkeng king long mampu memproduksi buah hingga 30 kg setiap periode produksi.

lengkeng king long

Demikianlah informasi tentang jenis kelengkeng unggulan yang rekomended untuk dibudidayakan untuk skala komersial. Pemilihan varietas yang tepat tentunya akan mampu mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang 3 Jenis Lengkeng Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Komersial kepada teman atau kerabat Anda.

3 Jenis Lengkeng Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Komersial | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk 3 Jenis Lengkeng Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Komersial

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 18%
Bibit Durian Super Tembaga 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 225.000 Rp 275.000
Tersedia
Rp 225.000 Rp 275.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Sphagnum Moss Super

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sphagnum Moss SuperRp 32.500 Rp 37.500
Tersedia
Rp 32.500 Rp 37.500
Stok: Tersedia
OFF 30%
Tanaman Anggrek Dendrobium Yellow Purple Blush

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Anggrek Dendrobium Yellow Purple BlushRp 105.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 105.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Jambu Air Liliphily 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR