Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 12 Jenis Tanaman Buah Rambutan Unggulan Terbaik dan Paling Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia

12 Jenis Tanaman Buah Rambutan Unggulan Terbaik dan Paling Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia

Diposting pada 10 October 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 24.591 kali

12 Jenis Tanaman Buah Rambutan Unggulan Terbaik dan Paling Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia

Mendengar nama buah rambutan, pastinya yang terbayang dalam benak kita adalah buah musiman yang memiliki bentuk yang unik dengan bulu-bulu yang menyerupai rambut disekujur buahnya dan memiliki rasa yang manis segar. Yups inilah BUAH RAMBUTAN. buah unik yang satu ini memang sudah sangat populer dan memiliki banyak penggemar bagi masyarakat Indonesia. Jika telah memasuki musim penghujan, itu artinya kita juga akan memasuki musim rambutan. Yups, Buah Rambutan yang memiliki tekstur buah lebut, buah berwarna putih, dan kulit buah berwarna merah sewaktu masak. Buah rambutan juga memiliki daging yang tebal, dengan tekstur yang renyah dengan mengandung banyak air. Buah rambutan memiliki rasa yang manis dan mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Selain itu, Daging buah rambutan tergolong tebal dan bijinya kecil. Daging rambutan juga mudah dikupas dan kulit ijinya tidak melekat pada daging buah (nglotok).

Tanaman buah rambutan merupakan salah satu tanaman buah unggulan yang cukup banyak kita jumpai di beberapa daerah seantero Indonesia. bahkan Indonesia termasuk salah satu negara penghasil buah rambutan terbaik dan terbanyak se-Asia Tenggara. Tanaman buah rambutan termasuk jenis tanaman musiman yang mulai berbuah pada bulan Desember hingga bulan Februari, tergantung pada curah hujan di masing-masing daerah. Buah rambutan termasuk jenis buah bergerombol dengan kulit buah berambut dengan warna hijau saat muda dan akan berubah menjadi merah saat matang. Buahnya berbentuk bulat hingga lonjong, dengan daging buah berwarna putih dan memiliki biji yang berbentuk menyerupai kacang almond.

Jenis Rambutan Unggulan

Jenis Rambutan Unggulan

Buah rambutan sendiri memiliki berbagai varian atau jenis, dimana masing-masing varian memiliki keunggulan dalam bentuk maupun rasanya. Ada yang mempunyai rasa yang super manis, manis asam, ada pula buah rambutan yang mempunyai tekstur yang mudah lepas dari bijinya (nglotok), ada juga yang sulit terlepas dari bijinya. Untuk lebih jelasnya, JualBenihmurah.com akan membahas jenis rambutan unggulan dengan kualitas terbaik yang layak dibudidayakan di Indonesia.

Berikut beberapa jenis rambutan unggulan terbaik yang paling cocok dibudidayakan di Indonesia :

1. Rambutan Rapiah

Rambutan Rapiah merupakan salah satu jenis buah rambutan yang paling digemari oleh berbagai masyarakat Indonesia. Walaupun memiliki ukuran buah yang relatif kecil. Akan tetapi, buah rambutan rapiah ini memiliki keunggulan dengan rasanya yang super manis. Selain itu, daging buahnya tebal, bertekstur kenyal, agak renyah, buah dan bijinya mudah terlepas atau disebut juga ‘ngelotok’. Buah rambutan rapiah berbentuk bulat dan memiliki ciri khas yakni mempunyai pelat yang terdapat di kulitnya. Warna kulit buahnya berwarna hijau-kuning-Merah, rambut buahnya cenderung pendek, jarang dan kasar.

Baca Juga :   Tertarik Budidaya Kurma Tropis?, Inilah Tips Mudah dan Sederhana Untuk Budidaya Tanaman Buah Kurma Tropis Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Pohon rambutan rapiah dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga ketinggian 500 meter dpl. Tanaman rambutan rapiah sangat menyukai iklim yang basah dengan curah hujan sejumlah 1500 hingga 3000 m per tahun. Jenis tanah yang paling cocok untuk pohon rambutan rapiah adalah tanah gambut yang masam dan tanah latosol cokelat dengan PH tanah sekitar 4-6. Pohon buah rambutan rapiah tidak terlalu lebat, dalam satu tahun panen, satu pohon rambutan rapiah mampu menghasilkan 1.000 – 1600 buah atau menghasilkan sekitar 18 hingga 30 kilogram pertahun.

Rambutan Rapiah

Rambutan Rapiah

 

2. Rambutan Binjai

Buah Rambutan Binjai memiliki keunggulan dengan rasanya yang manis dan daging buah yang tebal dan ngelotok. Buah rambutan binjai memiliki ciri khas dimana buahnya berbentuk lonjong, mempunyai rambut yang panjang, jarang dan kasar. rambutnya berwarna merah dengan ujungnya berwarna hijau. Sedangkan buah rambutan binjai berwarna merah tua, Daging buahnya berwarna putih dan bisa ngelotok kulitnya, bijinya melekat, bentuk bijinya bulat panjang seberat 2,5 gram.

Pohon rambutan binjai merupakan salah satu jenis rambutan unggulan yang berasal dari daerah Binjai, Sumatera Utara. keunggulan lainnya adalah mempunyai tingkat produktfitas yang tinggi. pohon rambutan binjai dalam satu tahun mampu menghasilkan 40-68 kg atau 1200 – 2000 buah per pohon.

Rambutan Bianjai

Rambutan Bianjai

 

3. Rambutan Lebak Bulus

Rambutan Lebak Bulus memiliki keunggulan dengan kandungan kadar air yang tinggi, selain itu, buah rambutan lebak bulus juga mempunyai rasa yang manis dengan sedikit asam menyegarkan.

Sesuai dengan Namanya, Tanaman rambutan Lebak Bulus pertama dibudidayakan di daerah Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jakarta. Buah rambutan lebak bulus mempunyai bentuk bulat, dengan rambut buah yang berwarna merah dengan ujung kekuningan. Buah Rambutan Lebak Bulus sangat cocok dijadikan sebagai manisan dan dibuat buah kalengan.

Rambutan Lebak Bulus

Rambutan Lebak Bulus

 

4. Rambutan Si Nyonya

Rambutan Si Nyonya mempunyai keunikan dengan tampilan buahnya yang sangat cantik dan menarik mata, Buah rambutan si Nyonya ini mempunyai buah berwarna menyala dan memiliki rambut yang lebat. Akan tetapi, anda jangan tertipu dengan tampilannya yang menggugah selera, buah rambutan Si Nyonya justru mempunyai rasa yang tidak manis, bahkan lebih dominan rasa asam.

Baca Juga :   17 Manfaat, Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Jambu Biji Kristal Taiwan Untuk Kesehatan Tubuh Serta Kecantikan Kulit Anda

Buah rambutan si nyonya memiliki daging buah yang lengket dengan biji sehingga rambutan ini susah dimakan. Buah rambutan ini juga memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga cenderung lembek.

Rambutan Sinyonya

Rambutan Sinyonya

5. Rambutan Si Batuk Ganal

Buah rambutan si batuk Ganal merupakan salah satu jenis rambutan yang berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Rambutan si batuk Ganal memiliki keunggulan dengan ukuran buahnya yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis rambutan lain.

Buah rambutan si batuk ganal berwarna merah kekuningan, Daging buahnya memiliki kadungan air yang cukup tinggi. Selain itu, buah rambutan ini mempunyai rasa yang manis dengan Daging buahnya yang ngelotok atau sangat mudah terlepas dari bijinya.

Rambutan Sibatuk Ganal

Rambutan Sibatuk Ganal

6. Rambutan Antalagi

Boleh dikatakan Rambutan Antalagi sebagai salah satu rambutan terbaik di Indonesia karena memiliki rasa yang sangat manis dan aromanya yang sangat khas dan kuat. Rambutan Antalagi ini berasal dari daerah Sungai Andai, Kalimantan Selatan.

Buah Rambutan Antalagi ini berbentuk bulat memanjang, sedikit pipih, buahnya memiliki rambut yang pendek berwarna hijau dan sedikit kuning. Rasanya sangat manis dan mempunyai aroma buah yang sangat harum.

Rambutan Antalagi

Rambutan Antalagi

7. Rambutan Narmada

Rambutan Narmada ini merupakan buah rambutan unggulan yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. buah Rambutan Narmada memiliki keunggulan dengan Daging buah yang cenderung kenyal, tekstur yang tidak lembek, dan mempunyai rasa manis yang khas. Buah Rambutan Narmada memiliki warna kulit buah yang cerah, yakni perpaduan antara kuning dan merah.

Rambutan Narmada

Rambutan Narmada

8. Rambutan Kapulasan

Rambutan kapulasan mempunyai ciri khas yakni mempunyai rambut buah yang sangat pendek, kaku dan cukup lebat. Buah rambutan kapulasan berwarna merah kecoklatan dengan kulit tebal, Kulit buahnya kenyal dan kering.

Nama lain dari rambutan kapulasan adalah rambutan babat. Buah rambutan kapulasan mempunyai rasa asam manis, daging buahnya kering karena tidak mengandung banyak air.

Rambutan Kapulasan

Rambutan Kapulasan

9. Rambutan Garuda

Rambutan Garuda merupaka salah satu hasil alam daerah sungai Andai, Kalimantan Selatan. Rambutan Garuda memiliki keunggulan dengan rasa buahnya yang manis, daging buahnya yang tebal, dan ukuran buahnya yang besar.

Baca Juga :   Mengenal si Buah Fenomenal Kurma Hibrida KL-1, Pohon Kurma Tropis dari Negeri Thailand Yang Sangat Adaptif dengan Iklim Tropis, Mempunyai Sifat Genjah Bahkan Mampu Berbuah Pada Usia 3 Tahun

Buah Rambutan Garuda berwarna merah dengan ujung kekuningan. Selain itu, Buah Rambutan Garuda memiliki rasanya manis, agak gurih dan cenderung lebih kering dibandingkan rambutan jenis lain.

Rambutan Garuda

Rambutan Garuda

10. Rambutan Bahrang

Rambutan Bahrang ini berasal dari daerah Langkat, Sumatra Utara. Keunggulan Rambutan Bahrang ini adalah memiliki ukuran rambut yang lebih panjang dari jenis rambutan lainnya.

Selain itu, Daging buahnrya berwarna agak sedikit kekuningan, memiliki kandungan kadar air. Buah Rambutan Bahrang ini memiliki rasa yang sangat manis lezat. Ketika sudah matang, Kulit buah Rambutan Bahrang akan berwarna jingga kemerah-merahan.

Rambutan Bahrang

Rambutan Bahrang

11. Rambutan Si Bongkok

Rambutan si bongkok merupakan salah satu rambutan kebanggaan warga Kalimantan Selatan. Salah satu ciri dari rambutan si bongkok ini adalah buahnya memiliki ukuran yang cukup besar. Buahnya berwana merah tua kecokelatan, berbentuk lonjong dengan rambut yang agak halus. Daging buah rambutan si bongkok berwarna putih bening, dengan tekstur agak kering, dan ngelotok dengan kulit biji agak melekat.

keunggulan lain adalah buah rambutan si bongkok mempunyai rasa yang manis dengan aroma khas yang kurang tajam. Bijinya berukuran relatif kecil dan berbentuk bulat panjang dengan ujung agak membengkok. Produktivitasnya per pohon 3.500-4.500 buah atau sekitar 175-225 kg per tahun.

Rambutan Sibongkok

Rambutan Sibongkok

12. Rambutan Cimacan

Rambutan Cimacan merupakan salah satu rambutan berkualitas yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Keunggulan dari rambutan cimacan ini adalah memiliki Daging buah yang lembut, tidak terlalu berair, dan kulitnya tipis dengan sedikit rambut.

Selain itu, buah rambutan cimacan juga mempunyai rasa yang manis. Akan tetapi, Rambutan cimacan ini kurang diminati di pasaran lantaran mudah busuk (karena terlalu cepat matang), sehigga membuat para penjual kurang tertarik untuk menjualnya.

Rambutan Cimacan

Rambutan Cimacan

 

Demikianlah ulasan tentang jenis tanaman buah rambutan unggulan yang paling cocok dibudidayakan di Iklim Indonesia. ternyata tanaman rambutan memiliki berbagai jenis antara lain : rambutan bijai, rambutan rapiah, rambutan lebak, rambutan cimacan, rambutan si bangkok, rambutan bahrang dan lain sebagainya. Jika anda hendak bertanam pohon rambutan, jenis rambutan unggulan tersebut dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda. semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam mengenali berbagai jenis tanaman buah rambutan terbaik dengan rasa paling manis. Terima kasih.

 

Bagikan informasi tentang 12 Jenis Tanaman Buah Rambutan Unggulan Terbaik dan Paling Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

12 Jenis Tanaman Buah Rambutan Unggulan Terbaik dan Paling Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: 12 Jenis Tanaman Buah Rambutan Unggulan Terbaik dan Paling Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 14%
Bibit Belimbing Madu Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tanaman belimbing Madu BerbuahRp 185.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 185.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
OFF 9%
Polybag Lubang 15x15cm – 1kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Polybag Lubang 15x15cmRp 25.000 Rp 27.500
Tersedia
Rp 25.000 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 22%
Jual Tanaman Calathea Black Lipstick

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 90.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 90.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Bibit Durian Pelangi Dongkelan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Durian Pelangi UnggulRp 450.000 Rp 650.000
Tersedia
Rp 450.000 Rp 650.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR