INFO BIBIT UNGGUL
Beranda » Blog » Inilah 10 Cara Mudah Dalam Pengendalian Serangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Jambu Air

Inilah 10 Cara Mudah Dalam Pengendalian Serangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Jambu Air

Diposting pada 2 April 2019 oleh Ali Arwani / Dilihat: 36.681 kali

Inilah 10 Cara Mudah Dalam Pengendalian Serangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Jambu Air, Agar Jambu Air Tumbuh Dengan Optimal

Hama penyakit Jambu Air

Hama penyakit Jambu Air

Tips Pengendalian Hama dan Penyakit Jambu Air – Tanaman buah jambu air merupakan salah satu jenis tanaman buah yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Yups, Buah musiman yang satu ini dikenal memiliki kandungan air yang tinggi dengan citarasa yang manis menyegarkan. Bahkan sekarang ini, tanaman buah jambu mulai kembali marak ditanam karena dapat ditanam dalam pot atau tabulampot Jambu Air. Tabulampot jambu air sudah dapat belajar berbuah ketika berumur 2 tahun dengan tinggi tanaman rata-rata mencapai 2—2,5 m. Adapun Jenis jambu air unggulan yang sering dibuat tabulampot antara lain : jambu madu deli hijau, jambu king rose, jambu black diamond, jambu citra dan jenis jambu yang lainnya.

Dalam budidaya tanaman buah jambu air, tentunya kita akan menghadapi beberapa kendala atau masalah dalam perawatannya. Nah salah satu kendala yang menjadi momok terbesar bagi para petani adalah Serangan Hama dan Penyakit. Keberadaan hama dan penyakit ini memang sangat meresahkan karena dapat menyebabkan kerugian, baik bagi tanaman itu sendiri maupun bagi para petani. Serangan hama dan penyakit dapat mengakibatkan menurunnya tingkat produksi dan kualitas buah jambu yang hasilkan, bahkan serangan hama dan penyakit dapat pula menyebabkan kematian. Lalu hama dan penyakit apa saja sich yang sering menyerang tanaman jambu air. secara umum ada beberapa jenis hama dan penyakit yang perlu diwaspadai dan sering menyerang pada tanaman jambu air antara lain ulat pagoda, penggerek batang, lalat buah, antraknosa, codot, benalu. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman buah jambu air dan bagaimana cara mengendalikan dan mengatasi hama dan penyakit pada jambu air tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga :   Inilah 5 Tips Ampuh Mencegah Kerontokan Bunga dan Buah Pada Tanaman Jambu Air

Berikut ini adalah jenis hama & penyakit yang menyerang tanaman jambu air dan cara pengendalian hama penyakit jambu air antara lain :

Hama Tanaman Jambu Air

1. Ulat pagoda (pagodiella hekmeyeri)
Hama ini menyerang daun, gejala yang tampak adalah daun menjadi bopengam dan rusak akibat dimakan oleh ulat. Tanaman tetap menghasilkan buah, tetapi jumlah buahnya berkurang.

Cara Pengendalian :

  • hama ulat pagona dapat dikendalikan dengan cara mengumpulkan telur, ulat ,dan kepompong untuk dimusnahkan. Selain itu, dilakukan penyemprotan pestisida sistemik dengan dosis sesuai anjuran.

2. Ulat Kupu-kupu Gajah
Hewan ini memiliki bentuk dengan ukuran panjang sekitar 12 cm, mempunyai warna hijau muda hingga kebiru-biruan, badan gemuk dan lunak. Akan bertelur di tepi-tepi daun dan kepompong bergelantungan pada daun, terlihat juga pada daun berlubang-lubang karena dimakan ulat tersebut. Bila dibiarkan daun akan mengerut, menguning dan kemudian mati.

Cara Pengendalian :

  • hama ulat kupu-kupu gajah dapat dikendalikan dengan cara mengumpulkan telur, ulat, serta kepompongnya lalu dimusnahkan. Dapat juga dengan menggunakan pestisida namun hal ini tidak disarankan.
hama kutu putih jambu air

hama kutu putih jambu air

3. Kutu Perisai Hijau
Jenis hama ini memiliki ukuran kecil sekitar 3-5 mm, dengan memiliki warna hijau sedikit kemerahan. Menempel di bagian bawah daun dan mengakibatkan munculnya bercak hitam seperti jelaga.

Cara Pengendalian :

  • hama kutu perisai hijau dapat dikendalikan dengan cara memberikan musuh alami seperti kepik. Namun pada saat musim penghujan hama ini akan musnah dengan sendirinya karena serangan beragam cendawan.

4. Codot
Hama ini memakan pada buah hingga daging buah sehingga buah terkelupas dan kemudian jatuh. Hal ini bila dibiarkan akan mengurangi dan mengganggu proses pembuahan sehingga peoduktivitas tanaman menjadi menurun.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jeruk Nagami Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Cara Pengendalian :

  • Jenis hama ini dapat dikendalikan dengan cara memberikan selambu pada sekitar tanaman atau dengan membungkus bakal buah satu persatu sehingga terhalangi dari jenis hama ini.

5. Benalu
Hama benalu menyerang dengan menyerap sari pada tanaman sehingga kualitas serta pertumbuhan tanaman tersebut menjadi terganggu.

Cara Pengendalian :

  • Dapat dikendalikan dengan sanitasi lahan, membuang dan membersihkan dari tanaman.

6. Lalat Buah
Hama ini menyerang pada bagian buah tanaman, : hama ini disebabkan oleh ulat atau lalat buah (Bactrocera sp.) dan sejenis cendawan yang mengakibatkan buah rontok dan busuk. Serangan ini langsung kecokelatan atau kehitaman dipermukaan buah.

Cara Pengendalian :

  • membungkus buah dengan kertas karton semen, atau plastik sewaktu masih di pohon dan melakukan penyemprotan insektiida sesuai dosis anjuran

7. Penggerek Batang
Hama ini menyerang bagian batang tanaman, gejala yang tampak pada tanama yang terserang penggerek batang adalah batang menjadi berlubang, bisa terlihat pada batang yang kulitnya terkelupas dan mengeluarkan getah.

Cara Pengendalian :

  • Hama ini dapat dikendalikan dengan cara menggunakan kapas yang telah direndam dengan insektisida yang disumbatkan dibagian yang berlubang tersebut. Pemberian dihentiukan apabila tanaman sedang berbuah karena pestisida sistemik (seperti Actara) bekerja dengan merasap kedalam tanaman yang akan dimakan oleh hama sehingga dikhawatirkan buah akan mengandung racun.
Hama Tengau

Hama Tengau

Penyakit Tanaman Jambu Air

1. Antraknosa
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Collectotrichum gloeosporioides Penz. Gejala yang terlihat adalah munculnya seperti bercak-bercak coklat kehitaman pada daun-daun tua pada tanaman. Mengakibatkan pada buah-buah yang membusuk dan berjatuhan, tunas muda mengering dan mati.

Cara Pengendalian :

  • penyakit ini dapat dikendalikan dengan cara memotong dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang oleh penyakit atau dapat juga dilakukan denga penyemprotan fungisida seperti Dithan M-45 atau Blue sesuai petunjuk.
Hama belalang jambu air

Hama belalang jambu air

2. Penyakit Fisiologis
Penyakit fisiologis disebabkan oleh perawatan yang kurang terkondisi. Hal ini dapat membuat rusaknya akar dan muncul cendawan yang merugikan tanaman. Akibatnya akar bisa membusuk, buah rontok dan berakhir dengan kematian tanaman.

Baca Juga :   Inilah 5 Cara Mudah Budidaya Tanaman Jambu Air Madu Dheli Hijau Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Cara Pengendalian

  • Penyakit ini dapat dikendalikan dengan perawatan sesuai petunjuk terutama dalam pemberian pupuk serta penyiraman rutin.

3. Embun Jelaga
Penyakit ini disebabkan oleh kapang Capnodium sp. Gejala serangan terlihat pada permukaan bagian daun yang tertutup oleh lapisan berwarna hitam.

Cara Pengendalian :

  • Jenis penyakit ini dapat dikendalikan dengan cara menyemprotkan insektisida untuk membunuh kutu daun, serta memotong dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang untuk mencegah penyebaran penyakit.

Demikianlah informasi tentang jenis hama dan penyakit yang menjadi musuh utama petani jambu air. Dalam artikel tersebut telah kita bahas beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman jambu air dan bagaimana cara mudah pengendaliannya. Pengendalian terhadap hama penyakit tanaman jambu sebaiknya lebih mengutamakan keselamatan lingkungan dan ekosistem, yakni dengan cara menggunakan teknik-teknik dan obat-obat yang ramah lingkungan sehingga tidak merusak lingkungan dan ekosistem yang sudah terbentuk. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

 

 


kata terkait,
jambu air, tanaman jambu air, hama penyakit jambu air, hama penyakit jambu air madudeli hijau, cara pengendalian hama jambu air, cara pengendalian penyakit jambu air, jenis hama jambu air, jenis penyakit jambu air, tips mengatasi hama penyakit jambu air,

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Inilah 10 Cara Mudah Dalam Pengendalian Serangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Jambu Air

Komentar
  • Sudirman

    Terima kasih kepada Pengasuh Rubrik ini. Saya mengajukan permasalahan tentang buah tanaman jambu saya. Saya punya dua jenis tanaman jambu, yaitu 1. jambu Madu Deli Hijau 2. jambu Lonceng ( jambu air juga ), dan 3. jambu Bol. Permasalahannya selalu terkena hama lalat buah di dalam daging buahnya apabila sudah masak. Padahal sejak sebelum bunga mekar telah disemprot dengan insektisida Matador / Santador atau Hanfos sesuai petunjuk. Bunga tidak disemprot pada saat : 1. penyerbukan dan 2. buah menjelangmasak. Tetapi masih juga terkena lalat buah. Bagaimana pengendalian hama yang efektif ? Terima kasih.

    Balas 17 November 2020 | 6:23 am
  • Bambang Wisnu Cahyono

    gejala penyakit yang menyerang pohon jambu air saya adalah seperti dimakan ulat lalu layu dan akhirnya menggulung sendiri tapi dalam gulungan itu tidak ada ulatnya…terkena penyakit apa jambu air saya dan bagaimana cara mengatasinya…selama ini saya sudah memangkas daun daun yang terkena tersebut,tetapi selalu ada lagi..saya belum menggunakan pestisida soal nya saya belum tahu penyakit yang menyerang pohon jambu air saya..terima kasih atas penjelasannya..

    Balas 27 June 2020 | 3:02 am
  • Ragil

    Bunga jambu air saya, berbintik hitam dan berair seperti di sengat tawon, mohon cara untuk mengatasinya gan. Dan apa yg cocok untuk pestisidanya.

    Balas 23 June 2020 | 3:46 pm
  • Wiwik

    Tanaman jambu sy diserang hama penggerek batang, padahal sebelum berbuah sdh sy semprot insectisida .
    Sekarang dalam kondisi berbuah. Apa yg hrs sy lalukan

    Balas 30 May 2020 | 1:30 am
  • gofer abdul

    Daun jambu air saya berlubang tidak terlihat jenis hama apa yang memakannya terutama daun yang muda atau baru tumbuh malah bisa sampai habis daunnya, bagaimana solusinya?

    Balas 12 May 2020 | 12:59 am
  • Malik

    Daun jambu jamaikanya hampir semua terkena bentol bentol di semua daunnya padahal udah disemprotkan pestisida sebelumnya, alhasil tak bebuah pas saat musim berbuah. Mohon arahannya. Trims

    Balas 11 May 2020 | 5:50 am
  • Siti undayah

    Tanaman jambu air jenis jamaika saya kalau berbuah selalu di serang lalat buah sehingga buah yang tadinya bagus menjadi peot dan keriput dan kalau dibuka didalam buahnya ada serangga hitam kecil2 seperti semut, bagaimana ya cara mengatasinya

    Balas 16 April 2020 | 4:47 am
  • Zikra

    Halo, aku merasa putik calon bibit buah di pohon yanh aku tanam itu banyak banget. Mesti aku sortir ga ya? Trus ada tips untuk mensortir biar mereka semua bisa dibungkus.
    Sama kemaren pas berbuah aku udah membungkus tetep ada ulat putih-putih di dalam buah sehingga pas mereka sedikit tua, jambunya copot dan busuk. Dari yang aku baca diatas aku ga menemukan hama yang mirip. Atau mungkik aku yang kurang membaca dengan hati-hati ya? Mohon bantuanya. Terima kasih 😊😊😊

    Balas 12 April 2020 | 11:23 pm
    • Ali Arwani Admin

      Untuk putik bunga pada tanaman jambu air tidak perl di sortir.
      Sedangkan untuk memaksimalkan buah jambu yang dihasilkan dapat dilakukan dengan cara mensortir buah jambu saat masih berukuran kecil. usahakan dalam satu dompol tidak terlalu banyak buah. Hal bertujuan agar menghasilkan buah jambu yang berukuran besar.
      Untuk pembungkusan buah jambu, sebaiknya dilakukan pada saat buah masih berukuran kecil. Sebelum melakukan pembungkusan buah, sebaiknya diteliti terlebih dahulu jika ada hama & penyakit sebaiknya dibuang.
      semoga bermanfaat.

      Balas 13 April 2020 | 4:26 am
  • Marlin Amupa

    Salam santun. Mohon pencerahannya, saya memiliki pohon jambu air madu yg berasal dari Medan yg terkenal dgn jambu madu Medan. Yg ingin saya tanyakan kenapa 2 bulan ini batang dari pohon jambu ini di penuhi dengan jamur putih seperti salju berbintik-bintik, utk tahap awal dibulan pertama saya lakukan penyemprotan dgn WINDER 100 EC secara berkala seminggu sekali, tapi sampai bulan ke dua jamur itu masih tetap ada, utk solusi terakhir saya pangkas batangnya hingga gundul namun batang intinya masih tetap ada jamurnya. Mohon pencerahannya dan bantuan solusinya, Krn kalau dimusnahkan sangat sayang Krn bibitnya mahal. Tks 🙏🙏🙏

    Balas 10 April 2020 | 8:02 am
    • Ali Arwani Admin

      sebaiknya lokasi jambu madu deli terkenal sinar matahari secara langsung, hal ini mengurangi serangan hama jamur.
      jika ditanam tabulampot. Untuk sementara bisa dipindahkan ke tempat yang lain. Selain itu, coba lakukan lagi penyemprotan fungisida secara berkala. semoga bermanfaat

      Balas 13 April 2020 | 4:35 am
    • Ali Arwani Admin

      untuk pengendalian lumut sebaiknya dilakukan dengan cara manual yakni dengan membersihkan dengan tangan. semoga bermanfaat

      Balas 13 April 2020 | 4:28 am
  • Ani herlina

    Jambu air saya kalau sudah merah d bagian bawah banyak semut hitamnya obat apa yang cocok buat ngilangin semutnya

    Balas 29 March 2020 | 11:37 am
    • Ali Arwani Admin

      untuk menghilangkan serangga dapat menggunakan insektisida seperti decis atau alika. Adapun untuk pemakaian bisa sesuai dengan dosis. Sedangkan untuk pencegahan dapat memberikan pembungkus buah. terima kasih

      Balas 2 April 2020 | 11:08 pm
    • Ali Arwani Admin

      buah jambu yang mempunyai warna yang kurag cantik (tidak seberapa merah) bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain penyinaran sinar matahari, terserang hama & penyakit. kekurangan nutrisi dan Curah hujan yang tinggi. Untuk itu, untuk mendapatkan buah jambu air yang berwarna cantik dan mempunyai citarasa yang mantab. Sebikanya tanaman jambu air mencapatkan sinar matahari yang cukup dan pemberian pupuk secara teratur. Semoga bermanfaat.

      Balas 9 March 2020 | 1:53 pm
    • Ali Arwani Admin

      hama ulat dapat dikendalikan dengan cara mengumpulkan telur, ulat ,dan kepompong untuk dimusnahkan. Selain itu, dapat dilakukan penyemprotan pestisida sistemik (merk : alika atau sejenisnya) dengan dosis sesuai anjuran. semoga bermanfaat.

      Balas 4 February 2020 | 3:09 am
  • Sulistya

    Jambu air saya ( jambu citra) busuk sejak buah setengah tua ciri… buah terdapat bercak basah dan semakin lebar… Kelamaan terlihat jamur kehitaman di cekungan kelopak buah… Bagaimana solusinya.. terimakasih

    Balas 13 November 2019 | 10:47 am
    • Ali Arwani Admin

      Buah jambu air yang terkena hama dan penyakit sebaiknya segera diambil dan dibuang, hal ini bertujuan agar buah jambu air ainnya tidak terkena dampaknya.
      Sedangkan untuk mengantisipasi buah jambu air agar tidak terkena hama dan penyakit sebaiknya lakukan pembungkusan bakal buah jambu. Hal ini bertujuan agar bakal buah jambu air tidak mudah terserang hama dan penyakit dan perkembangan bakal buah menjadi optimal. terima kasih.

      untuk informasi bibit jambu air berbuah silahkan kunjungi website kami : jualbenihmurah.com

      Balas 16 November 2019 | 1:55 pm
  • diha

    kenapa ya bibit jambu air citra (tinngi 35cm) saya tidak muncul tunas baru, sudah hampir 3 bulan, awalnya muncul kemudia daun mudanya yg paling ujung rontok, skrng tinggal 3 helai daun,,,gak muncul daun baru lagi…apakah memang seperti itu..?
    terimakasih

    Balas 24 October 2019 | 10:39 pm
    • Ali Arwani Admin

      untuk langkah awal coba ditaruh ditempat teduh jangan terkena sinar matahari. coba lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari. selain itu, beri pupuk organik untuk merangsang pertumbuhan tunas baru
      semoga bermanfaat

      Balas 25 October 2019 | 11:32 pm
      • Komarudin

        Saya ada pohon jambu air, kalo berbuah ga bisa dimakan karena didalamnya selalu ada ulatnya, ato busuk semua buahnya, mohon sarannya. Terima kasih

        Balas 17 November 2019 | 11:04 pm
        • Ali Arwani Admin

          Untuk mengatasi buah jambu yang dimakan ulat, sebaiknya sejak muncul bakal buah, lakukan pembungkusan bakal buah jambu. Hal ini bertujuan agar bakal buah jambu tidak terserang hama penyakit dan perkembangan buah jambu air semakin optimal.
          terima kasih

          Balas 19 November 2019 | 4:09 am
  • Fauzi

    Jambu saya di pucuk pucuk atau daun muda ada bintik2 putih nantinya jadi hitam bintiknya sepertinya kupu2 kecil atau kutu ya?, pakai apa hilangkannya, suka lihat terbang2 putih kecil

    Balas 28 September 2019 | 12:43 am
    • Ali Arwani Admin

      Hama kutu putih biasanya bersarang dibagian bawah daun dari tanaman inang, pada lipatan-lipatan ujung tunas, dan daun-daun yang masih muda karena hama kutu putih tidak menyukai sinar matahari. Dan, jika tidak ditangani dengan benar dikhawatirkan dapat mengakibatkan perkembangan tumbuhan jadi terhambat karena bagian-bagian tanaman dijadikan sarang dan dimakan oleh hama kutu putih ini. Akibat yang paling buruknya adalah tanaman menjadi layu dan mati.

      Cara Mengatasi Hama Kutu Putih pada Tanaman jambu air :
      1. Air sabun cuci piring
      anda bisa menggunakan air sabun cuci piring yang disikatkan pada daun atau batang yang terkena kutu putih ini. anda juga bisa memasukkan air yang berisi sabun cuci piring ini kedalaman kedalam botol semprotan.

      2. Rebusan air serai
      anda juga bisa menggunakan air rebusan batang serai. Cukup siapkan serai sebanyak 1 kilogram, potong pendek-pendek lalu blender sampai halus. Atau kalau tidak ada blender, kamu bisa menggeprek ujung batang serai supaya aroma serai lebih keluar saat direbus. Kemudian serai yang sudah dihaluskan atau yang sudah digeprek tadi dimasukkan ke dalam panci yang sudah diisi air sebanyak 3 liter. semoga bermanfaat.

      Balas 4 October 2019 | 2:06 am
    • Ali Arwani Admin

      Cara Mengatasi kerak hitam pada tanaman jambu air :
      1. Air sabun cuci piring
      anda bisa menggunakan air sabun cuci piring yang disikatkan pada daun atau batang yang terkena kutu putih ini. anda juga bisa memasukkan air yang berisi sabun cuci piring ini kedalaman kedalam botol semprotan.

      2. Rebusan air serai
      anda juga bisa menggunakan air rebusan batang serai. Cukup siapkan serai sebanyak 1 kilogram, potong pendek-pendek lalu blender sampai halus. Atau kalau tidak ada blender, kamu bisa menggeprek ujung batang serai supaya aroma serai lebih keluar saat direbus. Kemudian serai yang sudah dihaluskan atau yang sudah digeprek tadi dimasukkan ke dalam panci yang sudah diisi air sebanyak 3 liter. semoga bermanfaat.

      Balas 4 October 2019 | 3:05 am
    • Taufikelis

      Cara mengatasi daun jambu bolong bolong karena ada bintik hitam kecil di daun
      Sudah pemangkasan daun tapi begitu lagi

      Solusinya bagaimana ya
      Terima kasih

      Balas 19 September 2020 | 2:00 am
  • Suroto

    Tanaman jambu saya terserang jamur putih di helaian dau bawah berwarna putih sdh di semprot menggunakan dithane 45 tidak hilang juga apa sebenarnya obat yg cocok gan?

    Balas 10 August 2019 | 2:21 pm

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 10 Cara Mudah Dalam Pengendalian Serangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Jambu Air

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Maryati
● online
Maryati
● online
Halo, perkenalkan saya Maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja