Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » ​​Inilah 8 Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga Agar Dapat Tumbuh Optimal dan Jumlah Buah Maksimal

​​Inilah 8 Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga Agar Dapat Tumbuh Optimal dan Jumlah Buah Maksimal

Diposting pada 25 February 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 104.270 kali

​​Inilah 8 Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga Agar Dapat Tumbuh Optimal dan Jumlah Buah Maksimal

Hama & Penyakit Buah Naga – Tanaman buah naga termasuk jenis tanaman buah yang memiliki ketahanan terhadap beragai serangan hama maupun penyakit. Selain itu, perawatan tanaman buah naga ini juga relatif cukup mudah. Namun, tak berarti tanaman buah naga ini kebal terhadap serangan hama dan penyakit. Perawatan yang intensif mutlak dilakukan untuk menjaga agar tanaman buah naga tetap sehat, memiliki pertumbuhan yang optimal dan mampu menghasilkan buah yang berkualitas.

Dalam budidaya tanaman buah naga, untuk mendapatkan hasil buah naga yang berkualitas unggul, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari tata cara budidaya buah naga yang benar hingga masalah kesehatan tanaman dan lingkungan tempat tanaman buah naga itu ditanam. Dampak lingkungan baik iklim maupun sanitasi lingkungan seringkali dapat menyebabkan munculnya berbagai hama dan penyakit yang menyerang tanaman buah naga.

Nah, jika hama dan penyakit sudah menyerang tanaman buah naga, dan kita dibiarkan dalam waktu lama, akibatnya tanaman buah naga akan mengalami kerusakan, menghambat pertumbuhan dan mengakibatkan penurunan hasil produksi bahkan bisa menyebabkan tanaman buah naga menjadi mati. Yang pada akhirnya dapat berdampak kerugianbagi para petani ma upun pelaku usaha.

Hama penyakit buah Naga

Hama penyakit buah Naga

Agar tanaman buah naga dapat tumbuh optimal, jumlah buah maksimal, dan mutu buah baik maka perlu ada perhatian khusus terhadap gejala gangguan hama dan penyakit. Hama dan penyakit yang perlu diwaspadai antara lain tungau, kutu putih, busuk pangkal batang, dan fusarium. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis hama maupun penyakit yang sering menyerang tanaman pada buah naga dan bagaimana cara mengatasinya antara lain :

Baca Juga :   Inilah 7 Keunggulan Tanaman Buah Durian D24 Yang Wajib Anda Ketahui

Hama Tanaman Buah Naga

1. Tungau (Tetranychus sp)
Hama ini menyerang pada kulit batang atau cabang yang merusak jaringan klorofil yang berfungsi untuk asimilasi. Gejala yang mucul ketika terserang hama tungau adalah kulit cabang pada tanaman yang terserang akan berubah wana menjadi cokelat.

Cara Pengendalian :

  • untuk pengendalian hama tungau dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida berkonsentrasi 1 – 2 g/liter air setiap tujuh hari sekali sebanyak 2 – 3 kali pada bagian cabang atau batang.
hama tungau buah naga

hama tungau buah naga

2. Kutu putih (mealybug)
Hama ini menyerang tanaman buah naga pada permukaan batang atau cabang. Gejala yang yang muncul adalah permukaan kulit cabang berselaput kehitaman atau tampak kotor.

Cara Pengendalian :

  • untuk pengendalian hama kutu putih dapat dilakukan dengan
    menyemprotkan insektisida sistemik berkonsentrasi 1 – 2 cc/liter air setiap tujuh hari sekali pada sela-sela tanaman yang ternaungi cabang lainnya.
hama kutu putih buah naga

hama kutu putih buah naga

3. Kutu Batok (aspidiotus Sp)
Hama ini menyerang tanaman buah naga dengan cara menghisap cairan pada batang atau cabang yang menyebabkan cabang berubah menjadi berwarna kuning.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian hama Kutu Batok ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida atau kanon dengan dosis 1-2 cc/liter air dengan interval waktu seminggu sekali pada batang atau cabang yang diserang. Pada umumnya setelah dua kali penyemprotan hama kutu batok sudah hilang.

4. Kutu Sisik (pseudococus Sp)
Hama ini biasanya menyukai bagian cabang yang tidak terkena sinar matahari langsung dan cabang yang diserang hama ini menyebabkan timbul warna kusam.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida atau kanon dengan dosis sama dengan seperti pengendalian pada hama kutu putih pada sela-sela tanaman yang ternaungi atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.
Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Dalam Menanam dan Merawat Tanaman Buah Durian Petruk, Jepara Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

5. Bekicot
Hama ini dapat merusak cabang maupun batang tanaman buah naga dengan cara menggerogoti sehingga menyebabkan batang atau cabang tanaman menjadi busuk. Hama bekicot dapat menyerang tunas-tunas muda calon cabang buah naga. Pada bekas gigitan bekicot akan menyebabkan serangan hama jamur atau bakteri yang menyebabkan tanaman menjadi layu kemudian busuk. Timbulnya hama ini karena kebersihan tanaman yang tidak terjaga kebersihannya dan lembab.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan membuang dan membasmi semua bekicot yang berada ditanaman dan sekitar tanaman.
Hama bekicot buah naga

Hama bekicot buah naga

6. Semut
Hama ini pada umumnya akan muncul pada saat tanaman buah naga mulai berbunga. Semut mulai mengerubungi bunga yang baru kuncup dan akan mengakibatkan kulit buah nantinya akan berbintik-bintik berwarna cokelat yang akan mempengaruhi turunnya harga buah. Semut juga dapat masuk dan membuat rumah didalam batang. Bagian yang terserang akan berwarna kuning, berlubang kemudian kering dan mati.

Cara Pengendalian

  • Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan Gusadrin dengan dosis 2 cc/liter air. Semut merah biasanya menyerang bagian ujung batang yang masih terbilang muda dan pergelangan ruas batang.
Hama semut buah naga

Hama semut buah naga

Penyakit Tanaman Buah Naga

1. Busuk Batang
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Erwina sp. Gejala yang tampak akibat penyakit busuk batang adalah tanaman tampak layu, kusam, dan terdapat lendir putih kekuningan pada batang yang berwarna cokelat atau batang pokok.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian penyakit busuk batang dapat dilakukan dengan cara memilih bibit bebas penyakit busuk batang. Namun, jika sudah terlanjur terserang, bibit tanaman buah naga yang terjangkit penyakit sebaiknya dicabut, kemudian lubang bekas tanaman tersebut diberi Basamid dengan dosis 0,5 – 1 g dalam bentuk serbuk. Seminggu kemudian, lubang tersebut ditanami bibit buah naga baru.
Baca Juga :   6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun

2. Fusarium
Penyakit ini disebabkan oleh Fusarium oxysporium Schl. Gejala yang tampak akibat serangan jamur ini adalah cabang tanaman berkerut, layu, dan berwarna busuk cokelat.

Cara Pengendalian :

  • Untuk mengendalikan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara penyemprotan dengan Fungisida atau Benlate T 20 WP atau Derosal 60 WP dengan dosis 2g/liter air dalam seminggu 1-2 kali penyemprotan pada bagian dan cabang yang terserang penyakit.

Demikianlah informasi tentang hama dan penyakit yang sering penyerang tanaman buah naga. Agar tanaman buah naga dapat tumbuh optimal, jumlah buah maksimal, dan mutu buah baik maka perlu ada perhatian khusus terhadap gejala gangguan hama dan penyakit. Hama dan penyakit yang perlu diwaspadai antara lain tungau, kutu putih, busuk batang, dan fusarium. Semoga artikel tersebut dapat bermafaat untuk menambah wawasan kita tentang budidaya tanaman buah naga. Terima kasih.

 


kata terkait,
buah naga, bibit buah naga, hama buah naga, penyakit buah naga, pengendalian hama buah naga, pengendalian penyakit buah naga, tips pengendalian hama penyakit buah naga, tanaman buah naga, hama penyakit tanaman buah naga, cara mengatasi hama penyakit tanaman buah naga, Hama Penyakit Buah Naga,

Bagikan informasi tentang ​​Inilah 8 Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga Agar Dapat Tumbuh Optimal dan Jumlah Buah Maksimal kepada teman atau kerabat Anda.

​​Inilah 8 Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga Agar Dapat Tumbuh Optimal dan Jumlah Buah Maksimal | JualBenihMurah.com

1 komentar untuk ​​Inilah 8 Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga Agar Dapat Tumbuh Optimal dan Jumlah Buah Maksimal

  • Ali sufaat says:

    Bagaimana mengatasi bakal buah menguning setelah proses pengawinan sehingga rontok dan pangkal bunga diserang kutu sehingga membusuk dan rontok,padahal naga ini saya kasih lampu.trimakasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 41%
Bibit Jeruk Dekopon 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Jeruk DekoponRp 85.000 Rp 145.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 145.000
Stok: Tersedia
OFF 18%
Benih Daun Bawang Fragrant (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 24%
Bibit Jeruk Sunkist Varigata 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Sunkist VarigataRp 65.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 46%
Bibit Durian Bawor 3 Kaki 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Bawor UnggulRp 175.000 Rp 325.000
Tersedia
Rp 175.000 Rp 325.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR