Buka Pukul 09.00 WIB s/d Pukul 21.00 WIB, Sabtu- Minggu Tetap Buka
Beranda » Bibit Tanaman » Bibit Sawo Mentimun 70 cm

Bibit Sawo Mentimun 70 cm

Ditambahkan pada: 30 July 2016 / Kategori:
OFF 11%
Kode: -
Berat: 2 kg
Stok: Ready Stock
Dilihat: 3645 kali
Review: 2 reviews
Rp 85.000 Sebelum Rp 95.000
(OFF 11%) Hemat Rp 10.000
Cara Order How to Order!
Pesan melalui SMS? Klik SMS

Bagikan informasi tentang Bibit Sawo Mentimun 70 cm kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Bibit Sawo Mentimun 70 cm

Bibit Sawo Mentimun – Bibit Tanaman Buah Sawo Unggul Dengan Buah berbentuk Lonjong yang Cantik nan Unik, Daging Buah Tebal dan Memiliki Rasa Manis serta Juicy

Siapa sich yang tak kenal dengan buah sawo? Yups, banyak orang yang menyukai buah berwarna coklat ini, Namun pernahkan anda menikmati buah sawo yang memiliki bentuk unik layaknya mentimun. perkenalkan salah satu variets terbaru buah sawo yang wajib anda miliki, inilah SAWO MENTIMUN. sesuai dengan nama yang disematkan pada buah ini, buah sawo ini memiliki keunikan dengan bentuk buahnya yang lonjong laykanya mentimun. sekilas saja anda sudah pasti bisa mengenalinya karena buahnya memang memiliki bentuk yang unik, ukuran buahnya yang agak lonjong membuat si sawo mentimun ini berbeda dengan jenis sawo biasanya. Keuggulan lain dari sawo mentimun ini adalah daging buah yang cukup tebal, manis, mengandung banyak air dan tentu terasa lezat. Konon kabarnya, Pada zaman dahulu, para puteri keraton sangat suka menyantab buah yang beraroma wangi ini.

Pada umumnya buah sawo mentimun dikonsumsi dalam keadaan segar sebagai buah meja. Selain itu, buah sawo mentimun juga dapat pula dimanfaatkan menjadi selai, serbat (sherbet), dicampurkan ke dalam es krim. Sari buah sawo mentimun dapat dipekatkan menjadi sirup, atau difermentasi menjadi anggur atau cuka. Selain mempunyai rasa yang manis, ternyata di dalam buah sawo mentimun yang kaya akan serat ini mengandung karbohidrat, protein nabati, lemak nabati, vitamin, mineral dan senyawa penting lainnya, diantaranya adalah tanin, folat, niasin, asam pantotenat, zat besi. Mengkonsumsi buah sawo mentimun secara teratur ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh kita lho antara lain : menjaga kesehatan tulang, mencegah insomnia, untuk kesehatan mata, mengobati diare, mencegah pertumbuhan virus dan bakteri dalam tubuh dan lain sebagainya.

Sawo Mentimun

Sawo Mentimun

Tanaman buah pemilik nama latin manilkara zapota ini merupakan salah satu varietas sawo unggulan yang mempunyai bentuk buah yang unik. Pohon sawo mentimun merupakan salah satu jenis tanaman hutan tropis yang dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi, dengan ketinggian antara 700-1200 m dpl. Jenis tanah yang paling cocok untuk poho sawo mentimun adalah tanah lempung berpasir yang subur dan berpengairan baik. Curah hujan yang sesuai 1.500-2.500 mm per tahun (beriklim basah). Pohon sawo mentimun tahan terhadap kekeringan, salinitas yang agak tinggi, dan tiupan angin keras.

Pohon sawo mentimun memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan jenis sawo lainnya, pohon sawo mentimun mempunyai batang yang bertekstur kasar berwarna keabu-abuan sampai coklat tua. Daunnya berwarna hijau dan merupakan daun tunggal bunga yang tumbuh dari ketiak daun. menggantung. berbulu wama coklat di permukaan Iuarnya. Buah Sawo mentimun berbentuk lonjong dengan ujung agak mengerucut sepintas mirip mentimun. Kulit buah sawo mentimun berwarna cokelat tua dan bertekstur kasar. Daging buahya berwarna cokelat, tebal dan juicy. Biasanya dalam setiap buah terdapat 3-5 biji. Biji-bijinya berwarna hitam.

Tanaman Buah sawo mentimun

Tanaman Buah sawo mentimun

Dalam hal budidaya sawo mentimun, perawatan bibit tanaman buah sawo mentimun tergolong mudah karena pada dasarnya jenis sawo mentimun ini mampu dengan mudah menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan baru. Beberapa hal yang akan dilakukan untuk merawat pohon sawo mentimun diantaranya penyiraman, lakukan penyiraman secara teratur sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban tanah. Lakukan juga pemupukan lanjutan secara teratur teratur sesuai dosis dan umur tanaman.pemupukan ini bertujuan agar tanaman mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, Proses pemupukan dapat menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya. Hal yang tak kalah pentoing adalah Pemangkasan, proses pemangkasan dapat dilakukan seperlunya saja. Biasanya pemangkasan ini baik dilakukan ketika tanaman selesai dipanen buahnya. pangkaslah ujung-ujung dahan yang baru saja menghasilkan buah atau sisa-sisa tangkai buah sawo yang sudah dipanen.

Dengan perawatan yang baik, bibit tanaman buah sawo mentimun akan mulai berbuah pada umur 1-2 tahun sejak penanaman (hasil okulasi/sambung/cangkok). pada umumnya pohon sawo dapat dipanen dalam waktu tiga bulan sejak pohon berbunga. Hal yang perlu diperhatikan dalam memanen buah sawo mentimun adalah sebaiknya panen buah sawo sebelum matang. karena hal ini dapat menghilangkan getahnya dan mencuci kulitnya terlebih dahulu sebelum sawo tersebut matang. Buah sawo mentimun yang masih dalam keadaan mentah ketika dipanen akan matang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 7-9 hari lamanya dalam penyimpanan. sebaiknya Simpan buah sawo mentimun di tempat teduh dan lembab seperti di lantai. Jangan menyimpan buah sawo dalam bungkusan plastik atau dalam tumpukan yang terlalu banyak agar buah ini bisa matang serentak atau tidak membusuk.

Informasi Bibit Tanaman Buah Sawo Mentimun :

  • Nama : Sawo Mentimun
  • Nama Ilmiah : Manilkara zapota
  • Asal Daerah : –
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50cm – 70cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah sampai dataran tinggi
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Aroma Bunga : lembut, hanya terasa bila di hirup
  • Masa Berbuah : berbuah dalam 1 – 2 tahun
  • Buah bisa dimakan : dapat dimakan langsung
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika dibudidayakan di dalam Pot (Tabulampot) :

  • Rekomendasi Ukuran Pot : diameter lebih dari 60cm (ukuran besar)
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Penyiraman : Penyiraman satu kali sehari.
  • Tinggi Tanaman Akan Datang : tinggi 300 cm dengan batang dan akar kecil
  • Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun
  • Waktu Panen / Berbunga : kurang dari setahun
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
Bibit Sawo Mentimun Unggul

Bibit Sawo Mentimun Unggul

Tanaman buah sawo mentimun ini sering dijadikan sebagai tanaman penghijau di lahan yang gersang, getahnya juga dimanfaatkan untuk bahan baku industri permen karet. Buah Sawo mentimun memiliki daging buahnya cukup tebal, mengandung banyak air dan tentunya sangat segar. Bagi Anda pecinta tanaman tabulampot, Sawo mentimun ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. selain untuk mempercantik rumah anda tanaman buah ini juga dapat sebagai tanaman penghijau. Menanam dan menikmati buahnya secara langsung tentu akan menjadi kepuasan tersendiri. Tunggu Apalagi, Dapatkan bibit Sawo Mentimun Unggul di Tempat KAMI!.

Untuk Informasi Harga Jual Bibit Sawo Mentimun Unggul,
Silahkan Hubungi kami :

Rawa Bibit
TELP / SMS : 0857.0785.8020
WhatsApp : 0857.0785.8020

 

2 review untuk Bibit Sawo Mentimun 70 cm

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

Produk Terkait Bibit Sawo Mentimun 70 cm

OFF 31%
Delima Merah
Rp 45.000 Rp 65.000
Ready Stock
OFF 31%
Buah Naga Merah Unggul
Rp 45.000 Rp 65.000
Ready Stock
OFF 32%
Buah Jeruk Kip

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

OFF 24%
Jual Bibit Alpukat Hass
Rp 95.000 Rp 125.000
Ready Stock
Best Seller
OFF 48%
Best Seller
OFF 62%
Jual Bibit kelapa Unggul

Kontak Kami :

Hubungi Kami Kapan Saja :

 

– Hotline : 085.707.858.020
– WhatsApp : 085.707.858.020
– Gmail : rawabibit@gmail.com

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan