Beranda » Tanaman Perkebunan » Bibit Kopi Robusta 50cm
click image to preview activate zoom
Diskon
44%

Bibit Kopi Robusta 50cm

Rp 25.000 Rp 45.000
Hemat Rp 20.000
Stok Tersedia
Kategori Tanaman Perkebunan
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Bibit Kopi Robusta 50cm

Bibit Kopi Robusta – Bibit Tanaman Kopi Unggul Dengan Tekstur Kopi Yang Cenderung Kasar, Warna bervariasi dan Memiliki Rasa Yang lebih Kuat

Jika membahas tentang KOPI, pastinya akan sangat menarik minat sebagai penikmat kopi. Yups, Kopi memang sering dijadikan sebagai menu pembuka dalam mengawali aktivitas kita. Bagi pecinta kopi, meminum kopi pada pagi hari dapat membuat pikiran lebih fresh dan meningkatkan suasana hati, yang hal ini sangat baik untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Yups, salah satu jenis kopi yang sering digunakan pada pagi hari adalah KOPI ROBUSTA. Sosok kopi robusta mempunyai keistimewaan dengan biji kopinya yang lebih bulat jika dibandingkan kopi arabika. bentuknya juga cenderung lebih kasar. Selain itu, Biji Kopi robusta memiliki aroma yang tidak terlalu kuat jika dibandingkan dengan kopi arabika. Selain itu, Kopi robusta terkenal memiliki tingkat kekentalan (body) sedang hingga berat dan dengan identik bercita rasa pahit. Yang lebih mantab lagi adalah kopi robusta memiliki kandungan kafein dua kali lipat dari kopi arabika, yakni berkisar 1,7- 4%. tak heran jika kopi jenis robusta ini lebih banyak diminati oleh kaum laki-laki.

Usut punya usut, ternyata kata Robusta yang dipakai pada kopi jenis ini berasal dari kata robust yang memiliki makna kuat. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan penampakan biji kopinya yang memiliki postur dan tingkat kekentalan yang kuat. Selain sebagai teman dipagi hari, ternyata mengkonsumsi kopi secara bijak mampu membantu mencegah dan mengatasi depresi, meningkatan memori otak, meningkatkan kinerja dan performa, membantu mencegah diabetes dan masih banyak lagi. keren banget bukan!!!.

Kopi Robusta

Kopi Robusta

Tanaman Kopi Robusta merupakan jenis tanaman kopi yang dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah. Ketinggian paling optimal untuk membudidayakan pohon kopi ini antara ketinggian 400 hingga 700 meter dpl. Suhu yang paling cocok untuk pertumbuhan tanaman kopi jenis robusta ini berkisar antara 24-30oC dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun. Kopi robusta sangat cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Agar berbuah dengan baik, tanaman ini membutuhkan waktu kering 3-4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali turun hujan. Tanaman kopi robusta menghendaki tanah yang gembur dan kaya bahan organik. Tingkat keasaman tanah (pH) yang ideal untuk tanaman ini 5,5-6,5. Kopi robusta dianjurkan dibudidayakan dibawah naungan pohon lain.

Secara fisik, tanaman kopi robusta memiliki cabang reproduksi yang berbentuk tegak lurus. Buah kopi dihasilkan dari cabang primer yang tumbuh mendatar. Cabang primer ini cukup lentur sehingga membentuk tajuk seperti payung. Bentuk daun membulat seperti telur dengan ujung daun runcing hingga tumpul. Daun-daunnya tumbuh pada batang, cabang dan ranting. Pada batang dan cabang tumbuhnya tegak lurus dengan susunan daun berselang-seling. Sedangkan pada ranting dan cabang-cabang mendatar pasangan daun tumbuh pada bidang yang sama. Robusta lebih relatif tahan terhadap penyakit karat daun.

Tanaman kopi robusta sudah mulai berbunga pada umur 2 tahun. Bunga tumbuh pada ketiak cabang primer. Setiap ketiak terdapat 3-4 kelompok bunga. Bunga biasanya mekar diawal musim kemarau. Berbeda dengan arabika, bunga robusta melakukan penyerbukan secara silang. Buah yang masih muda berwarna hijau, setelah masak berubah menjadi merah. Meski telah matang penuh, buah robusta menempel dengan kuat pada tangkainya. Jangka waktu dari mulai berbunga hingga buah siap panen berkisar 10-11 bulan. Tanaman kopi robusta memiliki perakaran yang dangkal. Oleh karena itu membutuhkan tanah yang subur dan kaya kandungan organik. Tanaman ini juga cukup sensitif terhadap kekeringan.

Informasi Bibit Tanaman Kopi Robusta :

  • Nama : Kopi Robusta
  • Nama Ilmiah : –
  • Asal daerah : –
  • Asal Bibit : Hasil Biji
  • Ukuran Tanaman Saat Ini : 30 cm – 50 cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah ketinggian 400 hingga 700 meter dpl / suhu antara 24-30 derajat Celcius.
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa Berbunga : dalam bulan tertentu
  • Jumlah bunga per tanaman : puluhan kuntum
  • Aroma Bunga : sangat kuat
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Tinggi Tanaman Akan Datang : tinggi +- 3 meter dengan batang dan akar kecil
  • Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun, Dan pupuk kandang 3 bulan sekali.
  • Informasi Tambahan : pohon kopi ini jenis pendek, bisa berbuah walaupun tinggi pohon 1 meter, akan mulai berbuah pada usia 2 thn bisa menghasilakan 1,5ton /hektar/ tahun.

Keunggulan lain dari pohon kopi robusta ini adalah perawatannya yang relatif lebih gampang, selain itu, tanaman kopi robusta tergolong lebih cepat berkembang dan memproduksi buah jika dibantingkan pohon arabika. Namun, untuk harga jualnya?. kopi robusta mempunyai nilai jual yang lebih rendah jika dibandingkan kopi arabika. Bagaimana tertarik untuk membudidayakan tanaman kopi dataran rendah ini? tunggu apalagi, Ambil Bibit Robusta unggul sekarang Juga!.

Untuk Informasi Harga Jual Bibit Kopi Rabusta Unggul, 
Silahkan Hubungi Kami :

Rawa Bibit
TELP/SMS/WA : 085.707.858.020
Jaminan Bibit Tanaman Berkualitas Unggul Dengan Harga Murah

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Bibit Kopi Robusta 50cm

Berat 2 gram
Kondisi Baru
Dilihat 3.221 kali
Diskusi Belum ada komentar

Mohon maaf, form diskusi dinonaktifkan pada produk ini.

Produk Terkait
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Order Via WhatsApp?
Klik untuk chat dengan customer support kami

maryati
● online
maryati
● online
Halo, perkenalkan saya maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja