Beranda » Blog » Inilah 4 Panduan Mudah Budidaya Kurma Tropis Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Inilah 4 Panduan Mudah Budidaya Kurma Tropis Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Diposting pada 19 May 2017 oleh JBM tani / Dilihat: 8.735 kali

Inilah 4 Panduan Mudah Budidaya Kurma Tropis Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Kurma tropis? mungkin bagi sebagian kalangan masih terdengar asing. Yups, kurma tropis dipopulerkan oleh negara tetangga kita yakni negara thailand. Di Negara gajah putih, pohon kurma tropis dapat tumbuh dengan baik dan mampu menghasilkan buah dengan baik pada iklim tropis.

Salah satu keunggulan paling menonjol dari jenis kurma ini adalah mampu tumbuh dengan baik dan berbuah di deerah tropis. Pohon kurma tropis ini memiliki keunikan dengan postur batangnya yang pendek, tinggi pohonnya rata-rata cuma 50cm – 100 cm.

Yang paling menariknya lagi adalah pohon kurma tropis sudah mampu belajar berbuah pada usia 3 sampai 4 tahun. wow keren banget bukan!!

 

Budidaya Tanaman Buah Kurma Tropis

Budidaya Tanaman Buah Kurma Tropis

Syarat Tumbuh Kurma Tropis

Kurma Tropis ini dapat dibudidayakan di lahan kebun, maupun di pekarangan rumah, pohon kurma tropis ini dapat tumbuh optimal pada dataran rendah dengan ketinggian 50 mdpl dengan curah hujan 1500 mm pertahun.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pohon kurma tropis KL-1 memerlukan penyinaran penuh dengan suhu sekitar 32-35 derajat celcius. Salah satu ciri yang menonjol dari kurma tropis ini adalah postur tubuhnya yang relatif pendek.

Pohon kurma tropis ini hanya dapat tumbuh optimal hingga ketinggian 1-2 meter saja. Yang lebih membuat menariknya lagi adalah pohon kurma tropis ini memiliki tingkat produktifitas yang tinggi, bayangkan saja, satu pohon kurma tropis mampu menghasilkan buah kurma hingga 100 kg pada usia 3 tahun.

Baca Juga :   Ini dia, 2 Cara Mudah Untuk Membedakan Tanaman Buah Kurma Jantan Dengan Tanaman Buah Kurma Betina

Saat ini bibit kurma yang paling banyak diburu adalah bibit kurma KL1 dan bibit kurma H1 yang berasal dari negeri gajah putih, Thailand. Pasalnya, bibit ini sanagt adaptif untuk daerah tropis dan tidak memerlukan waktu terlalu lama untuk berbuah.

Budidaya Kurma Tropis

Untuk tata cara penanaman pohon kurma tropis tidak sesulit yang dibayangkan. pada dasarnya hampir sama dengan menanam pohon sawit. Nah bagi anda yang tertarik untuk bertanam kurma tropis. kami akan rekomendasikan cara bertanam kurma tropis agar mampu tumbuh dengan baik dan cepat untuk berbuah.

1. Tahap Penanaman

  • Sediakan lahan dengan jarak 7×7 meter dengan kedalaman lubang 60×60 cm. Agar pelepah pohon kurma yang tumbuh tidak saling berhimpitan saat sudah tinggi dan besar dan teratur dalam memberikan pupuk sehingga produksi buah optimal.
  • Diamkan lubang yang telah disiapkan selama kurang lebih tiga hari agar disinari matahari, kemudian masukkan pupuk yang sudah siap olah dan tanam bibit kurma.
budidaya kurma tropis tahap penyiraman

budidaya kurma tropis tahap penyiraman

2. Tahap Perawatan :

Penyiraman

  • Lakukan penyiraman secara rutin pada tanaman buah kurma tropis.

Pemupukan
Tahap Pemupukan dibagi jadi dua yakni pupuk dasar dan pupuk susulan. Untuk Pupuk dasar berupa campuran pupuk kandang, tanah, dan sekam ditaburkan ke dalam lubang tanam sebelum bibit ditanam. Sementara pupuk susulan diberikan pada pertumbuhan tanaman.

budidaya kurma tropis tahap pemupukan

budidaya kurma tropis tahap pemupukan

Adapun pada tahap pemupupukan susulan menggunakan pupuk NPK yang dilakukan 3 kali dalam setahun sebagai berikut : 

  • Tahap #1 – fase vegetatif, dengan memberikan 1 kg pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 15:15:15.
  • Tahap #2 – memberikan 50 kg pupuk kandang ayam dan 30 kg kandang sapi pada tiap-tiap tumbuhan betina. Sementara terhadap tumbuhan jantan cuma 20 kg kandang sapi.
  • Tahap #3 – memberikan 1 kg pupuk NPK seimbang, kadarnya lebih tinggi yaitu 24:24:24.
Baca Juga :   Inilah 7 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Durian D24 Yang Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

3. Tahap Pembuahan

Setelah pohon kurma berbunga, baru akan kelihatan mana pohon kurma jantan dan betina. Bunga jantan cendrung putih, kelopak bunganya putih dan kecil-kecil mengandung seperti tepung. Kalau betina hampir seperti bunga kelapa ada pentol. Baca Juga : Bibit Kurma Tropis KL-1 Unggul 

Tips Budidaya kurma Tropis

Tips Budidaya kurma Tropis

Pohon kurma betina harus dibuahi oleh bibit jantan dengan cara manual, yakni dengan memotong kulit mayang pohon kurma jantan. cukup dengan memotong ujung kulit mayangnya. Setelah di potong, kemudian diserbukkan bunga jantan ke bunga betina. dengan cara mengambil bunga jantan, kemudian diselipkan diantara bunga betina sambil diikat selama satu sampai dua hari.

4. Tahap Panen

Seleksi buah
Jika pohon kurma sudah mulai berbuah sebaiknya lakukan pembungkusan agar mengoptimalkan hasil dan terhindar dari hujan dan terhindar dari serangan hama. Pembungkusan tandan buah kurma dapat dilakukan dengan membungkus tandan sejumlah 3 lapis.

budiday kurma tahap pembuahan

budiday kurma tahap pembuahan

Lapis pertama berupa plastik tranparan guna menghalangi air hujan merembes ke dalam tandan. Sementara lapis ke-2 dan ke-3 masing-masing berupa jaring plastik dan kertas bermanfaat untuk melindungi buah dari serangan burung dan serangga.

Kita tidak hanya bisa memanfaatkan buahnya saja dari tanaman buah kurma ini, Serbuk sari yang ada pada kurma jantan bisa diminum yang diyakini sebagai vitalitas pria.

Demikialah sedikit informasi tentang budidaya kurma tropis, dalam bertanam kurma tropis beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah tahap penanaman, tahap perawatan, tahap pembuahan dan tahap panen.  semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan diharapkan dapat mencobanya sendiri dirumah. Terima kasih.

Sumber : trubus.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Inilah 4 Panduan Mudah Budidaya Kurma Tropis Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Komentar

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Inilah 4 Panduan Mudah Budidaya Kurma Tropis Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: